Artikel

  • 31/10/2018
    Jenis dan Fungsi Mobil Truk Besar

    Setiap kendaraan pastinya memiliki fungsi utama sehingga dapat digunakan untuk beragam keperluan. Hingga sekarang terdapat jenis mobil truk besar dimana sanggup menghadirkan banyak fungsi terutama dalam bidang kontraktor ataupun pembangunan. Maka dari itu setiap jenis mobil truk besar tersebut harus diketahui seperti apa fungsinya kemudian seperti apa spesifikasinya hingga daya angkutnya. 


    Sebagian besar dari jenis mobil truk besar yang sekarang sudah banyak beredan memang menghadirkan berbagai desain, bahkan kendaraan pengangkut barang hingga jenis truk lainnya sudah familiar di bidang konstruksi sehingga siapa saja bisa langsung menggunakannya untuk keperluan tertentu. Maka dari itu akan kita lihat seperti apa jenis beserta fungsi dari setiap jenis mobil truk besar seperti berikut ini.

    Jenis Truk Tronton

    Pertama ada jenis truk tronton yang mana sampai sekarang masih banyak digunakan untuk keperluan pengangkutan muatan dengan kisaran 20 ton bahkan bisa lebih. Kini desain dan bentuk dari truk tronton sendiri terbilang kecil karena menggunakan 3 sumbu roda dengan tambahan diameter tujuh sampai sembilan meter hingga lebarnya antara 2,3 ataupun 2,5 meter saja. Biasanya beban buatan yang diberikan dilihat berdasarkan jenis truk dan kelasnya. Untuk tiga sumbu roda pada umumnya diberikan beban mencapai 23 ton, sedangkan dari jenis empat sumbu bisa diberikan muatan totalnya mencapai 30 ton. Jadi jumlah muatan harus diatur untuk memberi aspek keamanan saat berkendara.

    Jenis Truk Kontainer atau Trailer

    Kedua ada jenis truk yang masuk dalam daftar mobil truk besar besar karena bisa mengangkut berat barang yang lebih besar. Biasanya ada dua jenis truk kontainer yakni 20 kaki dan 40 kaki, bahkan dari sisi dimensinya memiliki perbedaan. Kemampuan mengangkut berat baik itu dari 20 sampai 27 ton sangat tergantung dari jumlah sumbu roda yang digunakan, maka dari itu kemampuan angkut barang antara truk tonton dengan kontainer sebenarnya hampir sama, akan tetapi desain truk sudah jelas berbeda sehingga fungsinya terbilang penting dalam aktivitas mengangkut barang dalam kapasitas besar.

    Jenis Truk Molen

    Masih ada daftar mobil truk besar jenis molen yang mana masih digunakan dalam keperluan konstruksi ataupun kontraktor. Menariknya desain dari truk molen ini berbeda-beda namun fungsinya tetap sama yakni mengangkut material cor beton dalam kapasitas besar. Maka dari itu truk molen sendiri sering disebut sebagai truk mixer karena memang dapat mencampur material cor beton dalam kapasitas besar. Ada dua jenis yakni molen mini dengan molen besar, dari jenis molen mini ini memiliki volume maksimal empat meter kubik, sedangkan truk molen standar masih memberikan kapasitas volume sampai tujuh meter kubik. Biasanya jarak tempuh dari truk molen ini masih dikatakan jarak dekat karena kita tahu material cor beton ini akan cepat mengeras dalam waktu dua jam.

    Truk Wing Box

    Ada jenis mobil truk besar wing box dimana menjadi salah satu jenis truk paling besar. Untuk dimensi boks pada truk satu ini terbilang besar karena memang rata-rata menggunakan panjang 8.85 meter ditambah lebar 2.4 meter, dan tinggi mencapai 2.1 meter. Biasanya volume dari truk satu ini mencapai 34 kubik karena memang besarnya kapasitas truk satu ini bisa membawa muatan mencapai 36 ton.

    Jadi itulah berbagai macam jenis mobil truk besar yang masih umum terlihat dalam aktivitas konstruksi gedung ataupun pembangunan jalan dan sebagainya sehingga masyarakat mampu membedakan satu-satu sesuai fungsinya.

    Read More
  • 30/10/2018 - Indo Autozone
    Tips Menjaga Mesin Mobil Truk

    Mobil truk memiliki kondisi dan spesifikasi yang berbeda dengan jenis mobil lainnya. Sebabnya karena truk juga dikerjakan untuk kondisi yang berbeda tidak seperti jenis mobil penumpang yang hanya digunakan untuk bepergian atau sekedar berjalan di tengah kota. Salah satu yang membedakan adalah jenis mesin yang digunakan yang membutuhkan bahan bakar selain bensin yaitu solar atau dikenal dengan nama diesel. Agar mesin truk bisa bertahan dalam kondisi yang lebih lama maka perawatan dan perbaikan harus menyeluruh dan dilakukan secara berkala. Jangan sampai mobil yang sudah dibeli dengan harga mahal harus rusak sia-sia karena perawatan dan penggunaan yang kurang benar. 


    Cara memelihara mesin agar tidak cepat rusak

    Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk Anda agar bisa menjaga mesin mobil truk sehingga masa pakai mesin bisa lebih panjang dan lama.

    • Untuk pertama kali mobil akan digunakan harus diingat bahwa memanaskan mesin mobil adalah sebuah hal yang sangat penting. Panaskan mesin paling tidak 15 menit sebelum menjalankan mobil. 


    • Berikutnya adalah pastikan untuk menjaga stock bahan bakar truk agar tidak pernah kosong dan selalu terisi penuh. Minimal jika kapasitas tangki mencapai 1/3 dari kapasitas full maka Anda sudah harus mengisi tangki kembali. 

    Jangan membiarkan truk sampai kehabisan bahan bakar dan yang harus digunakan adalah pompa injeksi yang mana sesuai dengan jenis solar yang tidak gampang menguap seperti bensin. 


    • Ketika Anda mendapati mesin injeksi rusak maka langsung saja segera membawa truk ke bengkel terdekat. Hindari membenarkan dengan cara sendiri yang belum tentu sesuai dengan prosedur yang seharusnya dan justru berpotensi membuat kerusakan bertambah parah. Perbaikan truk dengan mesin diesel harus dilakukan di bengkel yang khusus menangani mesin-mesin seperti itu pula. 


    • Kemudian jangan lupa untuk selalu membersihkan saringan udara setiap kali mobil sudah berjalan sejauh 20 kilometer. Kerja mobil truk lebih berat sehingga perawatannya pun seharusnya lebih baik dan detail. Jika filter tidak dibersihkan dan dibiarkan kotor maka debu yang ada akan menyumbat ruang bakar dan menjadi aus karena ring piston dan silinder akan tergesek oleh debu yang tajam. 


    • Tidak hanya itu, filter solar juga harus lebih diperhatikan dan ketika sudah rusak maka penggantian harus segera dilakukan. Jika dibiarkan tersumbat karena sampah maka hal itu justru akan membahayakan karena sumbatan yang ada.


    • Semua filter selalu harus dibersihkan dengan rutin dan wajib Anda ganti ketika sudah digunakan selama 16 ribu kilometer. 


    • Berikutnya adalah perhatikan bagian busi dan juga baterai pada mobil truk. Tahun truk yang baru sudah dilengkapi mesin lebih baik namun tetap komponen seperti itu adalah vital. Gunakan proses prosedur mobil diesel dengan cara yang benar demi kelangsungan hidup yang panjang. Karena jika komponen sudah rusak maka biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

    Ada banyak jenis mobil truk di pasaran yang bisa Anda pilih baik dalam kondisi second atau baru. Masing-masing bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika memang dirasa medannya berat maka pilih truk khusus untuk lokasi tambang atau outdoor yang sulit sehingga semua bagian truk memang bekerja sesuai kapasitasnya. Untuk service terbaik disesuaikan dengan kilometer nya saja sesuai dengan yang ada pada buku pedoman sehingga jika ada sesuatu yang harus dibenarkan pun tidak akan memakan banyak biaya. Untuk brand yang recommended bisa mencari sesuai dengan kebutuhan saja karena setiap brand punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

    Read More
  • 29/10/2018 - Indo Autozone
    Beli Crane Roda Ban Online

    Di era yang serba digital seperti sekarang, rasanya untuk menemukan beragam produk ataupun barang bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Salah satunya melalui belanja online. Belanja online tak hanya mencakup pembelanjaan produk-produk fashion saja melainkan juga beragam barang lainnya, termasuk berbagai produk spare part kendaraan bahkan berbagai jenis ban alat-alat berat. Namun demikian, belanja online juga tak semudah yang dibayangkan, terlebih dengan semakin banyaknya toko online yang tersedia saat ini dan tak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Inilah mengapa bila Anda memang membutuhkan crane roda ban dan berencana untuk membelinya secara online maka pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.


    Tips Beli Crane roda ban Online

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin belanja beragam produk spare part untuk alat-alat berat secara online. Pada dasarnya tips berikut ini bisa diterapkan untuk belanja online beragam produk.

    1) Kenali keaslian barang: Bila Anda memutuskan untuk berbelanja secara online maka Anda sebaiknya memastikan bagaimana keaslian dari produk yang Anda beli. Memang tak semua orang mencari produk yang asli untuk memenuhi kebutuhannya. Hanya saja, mengetahui keaslian produk akan memudahkan Anda dalam mengetahui bagaimana kualitas produknya. Sebagaimana yang diketahui bahwa produk crane roda ban yang tersedia saat ini beragam baik dari merk serta originalitasnya. Hal ini sebaiknya dipahami sehingga Anda bisa mendapatkan produk ban yang sesuai dengan kebutuhan.


    2) Bandingkan produknya: Sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda sebaiknya tak lupa untuk melakukan perbandingan produk terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan produk dengan kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau. Produk crane roda ban pastinya memiliki harga yang cukup tinggi sehingga sebelum Anda merasa menyesal setelah membelinya maka pastikan untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu.


    3) Periksa anggaran: Selain kualitas produk, pastinya saat berbelanja produk apapun akan berhubungan dengan anggaran karena ini terkait dengan masalah harga produk. Sebagai pengelola perusahaan persewaan alat-alat berat, Anda mungkin sudah cukup familiar dengan biaya perawatan ataupun perbaikan alat. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mencari informasi yang detail dan valid tentang harga barang yang Anda butuhkan supaya bisa lebih memudahkan dalam mengatur rencana anggaran untuk belanja barang tersebut. Anda bisa melihat daftar harga crane roda ban dari penyedia produk-produk spare part ataupun ban alat berat terpercaya untuk mengetahui berapa kisaran anggaran yang perlu dipersiapkan.


    4) Baca review secara detail: Bila Anda masih baru berkecimpung dalam usaha penyewaan ataupun penyedia alat berat, Anda mungkin akan kesulitan untuk mengetahui di mana penyedia crane roda ban yang berkualitas terbaik dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Dalam hal ini, Anda bisa membaca sejumlah review ataupun testimoni yang ada di internet. Anda pun bisa mendapatkan informasi dari rekomendasi orang-orang yang Anda kenal sebelumnya yang sudah bergelut di bidang tersebut.


    5) Cek pesanan barang: Sebelum melakukan konfirmasi pembayaran, pastikan Anda melakukan pengecekan barang Anda. Pastikan barang yang Anda pesan telah sesuai dengan apa yang Anda butuhkan dan inginkan mulai ukurannya, harga, kualitas, kuantitasnya, dan lainnya.

    Dengan kecanggihan teknologi saat ini, siapapun bisa dengan mudah mendapatkan beragam produk yang di inginakan melalui belanja online termasuk ketika membutuhkan berbagai komponen ataupun suku cadang alat berat. Namun demikian, pastikan untuk selalu memilih penyedia barang terpercaya sehingga bukan hanya harganya yang menarik tetapi kualitas produk dan pelayanannya pun memuaskan. Hal ini akan membuat Anda menemukan crane roda ban yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus anggaran.

    Read More
  • 26/10/2018 - Indo Autozone
    Tips Memilih Toko Ban Terpercaya

    Dalam sebuah kendaraan bermotor, ban menjadi salah satu komponen penting yang fungsi utamanya sebagai penopang sekaligus penggerak dari kendaraan tersebut. Selain itu, ban juga berperan penting terhadap kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Dengan melihat fungsi dan peran ban yang cukup penting pada sebuah kendaraan, sangat penting untuk memilih produk ban yang tepat dan sesuai. Dalam hal ini, menemukan toko ban terpercaya tentu akan sangat membantu memudahkan dalam menemukan produk ban kendaraan yang berkualitas terbaik. 


    Di era yang lebih modern dan didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, menemukan toko ban berkualitas mungkin tak sesulit di masa-masa sebelumnya. Meski Anda tinggal di kawasan terpencil sekalipun yang dulunya sangat sulit menemukan ban-ban dengan kualitas dan spesifikasi yang sesuai, kini Anda bisa menemukan toko yang menyediakan beragam ban lebih mudah secara online. Meski demikian, belanja ban secara online juga tak semudah yang dibayangkan, apalagi saat ini semakin banyak situs-situs ataupun penjual online palsu ataupun penipu yang seringkali menawarkan produk dengan kualitas rendah bahkan situs abal-abal hanya untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Selain itu, belanja ban secara online menjadi sedikit menyulitkan karena Anda tidak bisa mengecek kualitas produk secara langsung.

    Tips Memilih Toko ban Online Terpercaya

    Belanja di toko ban online memang lebih memungkinkan bagi Anda untuk menemukan jenis ban dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Tentunya juga harus lebih hati-hati dan selektif saat Anda ingin melakukan pembelian ban kendaraan baik mobil, truk, ataupun kendaraan lainnya secara online. Pastikan Anda belanja di toko yang benar-benar terpercaya dan memiliki kredibilitas bagus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin belanja ban secara online.

    Pertama, Anda sebaiknya memilih toko ban online yang memiliki reputasi bagus. Hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan yang cukup tinggi di situs toko online tersebut. Selain itu, toko tersebut juga memiliki jumlah pembelian yang tinggi. Anda bisa melihatnya dari testimoni ataupun review yang diberikan pelanggan toko tersebut di halaman khsusu yang tersedia di toko online tersebut. Pastikan bahwa testimoni serta review yang Anda baca juga merupakan testimoni yang sebenarnya karena tak sedikit pula situs toko yang memiliki testimoni palsu hanya untuk lebih meyakinkan calon pembeli.

    Kedua, Anda sebaiknya mengutamakan untuk memilih toko online yang menyediakan deskripsi lengkap terkait produk ban yang ditawarkan mulai jenis, merek, ukuran, serta spesifikasi lain terkait produk bannya. Dengan deskripsi yang lengkap, ini sangat memudahkan bagi calon pembeli untuk mengetahui gambaran terkait produk yang akan dibeli.

    Ketiga, pastikan untuk memilih toko ban yang jelas keberadaannya. Hal ini bisa dilihat dari alamat situsnya, alamat kantor atau tokonya, serta nomor kontak yang tersedia. Anda bisa mencoba menghubungi kontak toko tersebut untuk lebih memastikan bagaimana respon dari penjual. Bila penjual memberikan respon yang cepat, ramah, serta profesional, ini menunjukkan bahwa toko tersebut memang dikelola secara baik.

    Keempat, untuk lebih memudahkan dalam melakukan transaksi pembelian, pilih toko yang menyediakan beberapa metode pembayaran seperti transfer via bank, COD, kartu kredit, dan lainnya. Dengan adanya beberapa metode pembayaran yang ditawarkan, ini akan lebih memudahkan bagi para calon pembeli untuk menentukan jenis pembayaran apa yang paling nyaman bagi mereka.

    Belanja online memang lebih mudah dan praktis untuk mendapatkan beragam produk yang dibutuhkan, termasuk sejumlah ban kendaraan. Namun demikian, bila Anda ingin belanja ban berkualitas, pastikan untuk belanja di toko ban online terpercaya dan berkualitas terbaik yang tak hanya menawarkan kualitas produk dan pelayanan terbaik tetapi juga harga menarik

    Read More
  • 24/10/2018 - Indo Autozone
    Tips Sukses Bisnis Spare Part Alat Berat

    Menjalankan bisnis spare part alat berat sejenis forklift atau yang lainnya merupakan sebuah pilihan yang sangat recommended. Kenapa begitu? Di Indonesia khususnya, alat-alat berat harga barunya masih sangat tinggi. Mereka yang bisa dan ingin membeli artinya harus memiliki kondisi financial yang baik dan mapan terlebih dahulu sekalipun membeli dengan cara mencicil. Itulah kenapa kemudian banyak yang memutuskan membeli alat berat dalam kondisi second. Selain karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga alat yang masih baru. Dan karena barang second lebih murah biasanya justru spare partnya yang membutuhkan penggantian. Inilah kenapa bisnis jual spare part seperti ini justru laris manis. 


    Setiap alat berat dan spare part nya memiliki masa pakai yang berbeda antara satu dan lainnya. Masa ideal menggunakan spare part tersebut sesuai dengan batas yang sudah ditentukan sehingga fungsi dan kondisinya tetap bisa terjaga dengan baik. Jika Anda memaksakan menggunakan alat berat dengan kondisi spare part yang sudah rusak atau yang sudah waktunya di ganti maka resiko kerusakan bagian yang lain akan lebih besar. Oleh sebab itu jangan sampai semua terjadi karena salah langkah.

    Beberapa tips sukses menjalankan bisnis jual spare part alat berat:

    • Pilihlah showroom atau tempat usaha spare part yang strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Dengan begitu siapa saja yang membutuhkan bisa langsung datang tanpa harus kesulitan mencari. 


    • Jual hanya spare part alat berat yang berkualitas baik. Jika memang ingin yang terjamin maka Anda bisa memilih menjualan suku cadang original sehingga jenis alat berat apapun yang membeli akan sudah dipastikan cocok dan sesuai dengan kualitasnya. Jika Anda menjual produk original atau berkualitas jangan khawatir jika harganya memang harus lebih tinggi dibandingkan dengan suku cadang palsu. Hal ini karena masa pakainya juga lebih lama dan kualitas serta ukurannya sama persis dengan yang dibuat oleh pabrik. 


    • Berikutnya adalah masalah harga. Anda bisa memutuskan menjual spare part dengan harga yang bisa dijangkau oleh pemilik atau pengusaha yang menggunakan alat berat sebagai alat kerja mereka. Terjangkau bukan berarti murah karena setiap alat sudah memiliki standard harga jual tertentu yang harus diikuti. Tidak perlu banting harga demi mendapatkan konsumen langsung atau menjual terlalu tinggi hanya demi profit yang besar. Dalam bisnis ini pemikiran jangka panjang yang harus dikedepankan. 


    • Untuk memperbesar income yang masuk ke kantong Anda maka Anda juga bisa melebarkan sayap dengan berjualan online. Saat ini banyak bisnis besar yang juga melebarkan sayapnya dengan system online yang kemudian membuat pangsa pasar yang bisa diraup semakin besar lagi. Dengan memasarkan produk dagangan secara online maka pasar yang Anda jangkau semakin tidak terbatas, perputaran uang semakin lancar dan stock spare part alat berat yang dijual ke pasaran juga semakin banyak.

    Menjalankan bisnis spare part alat berat seperti ini membutuhkan kerja keras dan perjuangan yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis lainnya dikarenakan ini sangat segmented. Tidak semua orang membutuhkan spare part seperti itu dan hanya khusus alat berat saja. Untuk itulah dalam memperhitungkan segala sesuatunya Anda juga harus lebih teliti dan tidak boleh sekedar hanya mencari keuntungan rupiah semata. Namun juga belajar cara management konsumen sehingga nantinya bisa kembali order di tempat Anda.

    Read More
  • 22/10/2018 - Indo Autozone
    Definisi dan Jenis-Jenis Tandem Roller

    Dalam sejumlah pekerjaan di bidang konstruksi seperti konstruksi jalan, bandar udara, ataupun lainnya seringkali membutuhkan stabilitas dan kepadatan tertentu. Untuk melakukan pekerjaan tersebut dibutuhkan peralatan pemadat tanah yang ternyata terdapat beberapa jenisnya. Bila sebelumnya proses pemadatan lahan tersebut dilakukan secara manual oleh manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ditujukan untuk memudahkan berbagai pekerjaan manusia maka muncullah sejumlah inovasi dengan adanya teknologi alat berat. Salah satunya adalah keberadaan tandem roller yang difungsikan untuk memadatkan tanah.


    Alat berat yang berfungsi sebagai alat pemadat biasanya dikenal sebagai compactor yang memang fungsinya adalah untuk memadatkan lahan atau area tertentu untuk mendapatkan tingkat kepadatan tertentu sesuai dengan kebutuhan. Dan, sebenarnya ada beberapa jenis compactor yang tersedia saat ini. Namun demikian, biasanya compactor menggunakan roda besi ataupun ditambahkan dengan pemberat baik berupa air, pasir, ataupun lainnya. salah satu jenis compactor untuk memadatkan tanah dengan roda besi adalah tandem roller yang seringkali terlihat di area konstruksi jalan-jalan. Sedangkan untuk compactor berukuran kecil, ada juga yang menggunakan roda ban biasa. Secara umum, compactor tersebut berfungsi untuk memadatkan tanah, memadatkan lapis perkerasan, serta memadatkan lapis atas.

    Compactor atau pemadat ini memiliki jenis yang beragam dan pastinya memiliki spesifikasi tersendiri sesuai dengan kebutuhannya. Kali ini yang akan dibahas adalah tandem roller atau penggilas tandem. Alat ini biasanya digunakan dalam proses penggilasan terakhir. Misalnya pada konstruksi jalan aspal beton maka alat berat penggilas ini akan digunakan untuk menggilas aspal beton tersebut supaya bisa mendapatkan hasil akhir dengan permukaan yang rata.

    Jenis-jenis alat penggilas yang bisa digunakan

    Alat penggilas tandem ini terdiri dari dua jenis yaitu two axle tandem roller serta three axle tandem roller. Sesuai dengan namanya two axle tandem roller menggunakan dua as. Biasanya alat penggilas tandem ini memberikan lintasan yang sama pada masing-masing rodanya. Berat jenis tandem ini sekitar 8 hingga 14 ton. Sedangkan untuk jenis three axle tandem roller memiliki tiga as. Jenis tandem ini biasanya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang lebih berat seperti untuk proyek konstruksi landasan pesawat terbang ataupun digunakan dalam proyek pondasi jalan. Bila tandem tiga as ditambahkan satu roda depan yang dipasang pada walking beam maka ini akan bergerak bebas secara naik turun mengikuti kondisi tidak rata dari permukaan jalan. Walking beam sendiri bisa dikunci untuk bergerak ke atas saja pada permukaan yang tidak rata. Selain itu, bila dilakukan penguncian penuh maka walking beam tidak akan bergerak sama sekali.

    Selain tandem roller sebenarnya ada beberapa jenis compactor lainnya yang secara umum memiliki fungsi yangs ama yaitu untuk memadatkan. Salah satu jenis compactor lainnya adalah segment roller atau penggilas dengan roda tersendiri yang terbuat dari lempengan. Alat yang satu ini biasanya digunakan pada tanah yang mengandung tanah liat atau lempung. Pada permukaan tanah yang basah dan mengandung lempung, penggunaan roller dengan batang besi anyaman roda tentu tidak cocok karena tanah akan tertinggal. Inilah mengapa pada segment roller menggunakan roda dengan lempengan-lempengan baja kecil.

    Sebenarnya ada juga vibration roller yang bisa dikatakan tergolong dalam tandem roller. Alat ini menggunakan getaran dalam proses pemampatannya. Butir-butir tanah akan cenderung mengisi bagian yang berongga sehingga pemadatan akan berlangsung lebih sempurna. Melihat jenis compactor yang cukup beragam, proses pemampatan ataupun pemadatan tanah pastinya akan lebih mudah untuk dilakukan.

    Read More
  • 19/10/2018 - Indo Autozone
    Bagaimana Cara Pemakaian Vibratory Roller

    Sebagian besar masyarakat pastinya sudah sangat memahami adanya beragam kendaraan hasil perkembangan teknologi yang semakin canggih untuk menunjang kehidupan manusia. Namun demikian, tak sedikit yang belum memahami kendaraan seperti apa yang pernah dijumpai di sejumlah proyek jalan raya ataupun area konstruksi lainnya. Salah satunya adalah vibratory roller. Ini merupakan semacam alat yang digunakan untuk memadatkan tanah dengan menggunakan sistem getaran. Getaran yang dihasilkan dari alat tersebut mampu menghasilkan semacam gaya tekanan vertikal pada tanah yang dilaluinya sehingga kerikil ataupun tanah yang ada di area tersebut menjadi padat.


    Jenis vibrator yang perlu diketahui

    Secara umum, ada dua jenis vibratory roller tersebut, yaitu single drum vibrator roller dan double drum vibrator roller. Tentu saja, keduanya memiliki perbedaan dan kesamaan. Secara fungsi dan perannya, keduanya sama-sama digunakan sebagai pemadat tanah. Hanya saja, yang membedakan keduanya adalah keberadaan silinder drum yang digunakan. Pada single drum vibrator roller tentu hanya ada satu silinder drum yang digunakan. Sedangkan pada double drum vibrator roller terdapat dua silinder drum. Kapasitas serta tekanan yang dihasilkan kedua jenis vibrator drum tersebut pastinya juga berbeda yang mana double drum vibrator roller memiliki kapasitas serta tekanan yang lebih berat dibandingkan jenis single drum vibrator roller. Alat pemadat tanah atau vibratory roller tersebut banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi serta jasa bangunan. Tentunya dengan pemakaian serta perawatan yang tepat akan membuat peralatan ini akan lebih tahan lama dan awet yang mana ini akan sangat menekan biaya perawatannya menjadi lebih murah. 


    Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Apa Itu Vibratory Roller


    Setelah mengetahui apa sebenarnya vibratory roller serta jenisnya, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bagaimana cara pemakaiannya. Sebelum mengoperasikan alat pemadat tanah tersebut, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan pengecekan pada mesin, antara lain:

    • Pengecekan bahan bakar untuk memastikan bahwa telah terisi penuh.
    • Pengecekan tangki bahan bakar untuk memastikan ada atau tidaknya kebocoran. Bila terjadi kebocoran tentu perlu segera mendapatkan tindakan.
    • Pengecekan terhadap tangki air untuk memastikan telah terisi penuh.
    • Mengecek kondisi mesin apakah masih dalam kondisi prima dan baik.
    • Mengecek oli mesin untuk memastikan bahwa telah terisi.
    • Mengecek koneksi kabel untuk memastikan apakah sudah berada di posisi yang kencang dan benar.
    • Mengecek kondisi stang ataupun tuas gas untuk memastikan kondisinya pada posisi netral.

    Setelah melakukan sejumlah langkah pengecekan di atas, barulah bisa mengoperasikan alat pemadat tanah tersebut. Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk mengoperasikan vibratory roller yang ternyata cukup sederhana:

    • Mengatur tuas gas pada posisi minimum supaya tarikan gas tidak terlalu kencang ketika mesin dijalankan.
    • Membuka katup bahan bakar supaya bahan bakar yang ada pada tangki bisa turun ke mesin.
    • Sebelum menyalakan mesin, putar kunci ke posisi on.
    • Untuk menghidupkan mesin, Anda bisa menarik tuas gasnya. Setelah mesin menyala, perlu dilakukan pemanasan mesin selama 5 hingga 10 menit supaya oli merata di mesin.
    • Saat mesin telah siap, Anda bisa mengatur tuas gas dengan kecepatan sesuai kebutuhan.
    • Untuk mengarahkan mesin dalam rangka memadatkan tanah, Anda bisa menggunakan batang kemudinya.

    Ternyata untuk mengoperasikan vibratory roller tidak terlalu rumit. Namun demikian, untuk mengoperasikan alat pemadat tanah tersebut hendaknya dilakukan oleh operator profesional. Selain itu, alat pemadat tanah yang tersedia pun hadir dari beberapa pabrikan yang biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga pengoperasiannya pun akan sedikit berbeda.

    Read More
  • 17/10/2018 - Indo Autozone
    Harga Ban Truk Crane Tidak Murah, Pastikan Tahu Cara Merawat yang Tepat

    Siapapun pasti sangat memahami mengapa harga ban truk crane terbilang cukup tinggi. Inilah mengapa mengetahui cara merawat ban truk crane tentu akan membuat anggaran lebih hemat. Selain itu, melakukan perawatan yang tepat bisa membuat daya tahan ban lebih lama dan awet.


    Cara merawat ban truk agar tetap berumur panjang

    Pertama, pastikan untuk menjaga tekanan angin ban crane yang tepat untuk lebih memaksimalkan produktifitas alat. Bila tekanan angin pada ban crane kurang tepat maka ini bisa memperlambat siklus kerja keseluruhan alat berat crane. Selain itu, bila tekanan angin kurang tepat maka ini akan mengganggu stabilitas serta kinerja unit crane. Padahal, stabilitas crane sangatlah dibutuhkan dalam proses mengangkat serta menurunkan barang. Selain itu, stabilitas tersebut juga dibutuhkan untuk menyeimbangkan unit saat membawa barang.

    Kedua, hindarkan perputaran ban crane yang berlebihan. Sebagai pemilik alat berat crane ataupun kepala konstruksi, Anda sebaiknya memahami bagaimana cara kerja alat-alat berat yang digunakan di lokasi tersebut, termasuk crane. Anda bisa menginstruksikan kepada operator crane untuk menggunakan crane secara tepat. Hal ini untuk menghindarkan perputaran ban crane yang berlebihan. Ketika terjadi perputaran ban secara berlebih, ini bisa membuat ban crane menjadi lebih mudah dan cepat tipis. Tentunya, bila Anda tak ingin menghabiskan banyak biaya untuk sering mengganti ban karena harga ban truk crane yang mahal, pastikan Anda memahami apa saja yang membuat ban crane lebih cepat menipis.

    Ketiga, periksa perangkat crane setiap sebelum dioperasikan. Pengecekan perlu dilakukan operator pemeliharaan setiap hari untuk memastikan segala sesuatu pada ban crane aman. Operator pun perlu mengecek apakah terdapat retakan, potongan, kembangan yang menipis serta tidak teratur pada ban, ataupun lainnya. dengan melakukan pengecekan setiap hari terutama sebelum dioperasikan, ini akan memungkinkan untuk melakukan perbaikan dengan biaya yang lebih murah. Ketika kerusakan yang terjadi sudah cukup parah, hal ini mungkin akan mengharuskan untuk proses penggantian ban yang tentunya akan butuh biaya jauh lebih besar. Ini sangat wajar karena harga ban truk crane memang tidaklah murah. Inilah mengapa penting untuk mengecek kondisi crane termasuk bannya untuk memastikan segala sesuatunya baik dan aman.

    Bila memang kondisi ban crane sudah cukup tipis ataupun membutuhkan penggantian, ini tentu juga harus sesegera mungkin dilakukan. Menggunakan ban crane dalam kondisi tipis serta cukup rusak tentu bukan solusi yang aman untuk dilakukan bahkan ini cukup berbahaya. Ketika ban crane rusak maka stabilitas dan kinerjanya pun akan semakin buruk. Tentunya, ini bisa membuat keseimbangan truk crane mengalami masalah yang bisa saja memberikan risiko kecelakaan kerjaan seperti crane yang terguling ataupun lainnya. inilah mengapa ketika kondisi ban crane sudah cukup buruk maka alangkah baiknya segera diganti. Dengan harga ban truk crane yang mahal, menyiapkan anggaran sejak awal tentu menjadi yang perlu dilakukan.

    Banyak orang seringkali kurang memperhatikan perawatan ban kendaraan yang digunakan. Mereka baru menyadari pentingnya perawatan ban saat kondisi ban sudah cukup buruk untuk digunakan ataupun saat ban sudah aus dan mengalami kerusakan yang menimbulkan masala. Tentunya melakukan perbaikan akan membutuhkan biaya yang lebih besar apalagi bila membutuhkan penggantian ban. Inilah mengapa untuk lebih menghemat biaya serta supaya ban bisa lebih awet tahan lama maka mengetahui perawatan ban secara tepat sangatlah dibutuhkan. Dengan melakukan perawatan ban secara tepat maka ini akan sangat membantu dalam menghemat anggaran karena sebagaimana diketahui harga ban truk crane juga tidaklah murah.

    Read More
  • 15/10/2018 - Indo Autozone
    Jenis-jenis Truk dalam Berbagai Ukuran

    Truk adalah salah satu jenis kendaraan yang juga sering digunakan sebagai alat transportasi di Indonesia. Transportasi disini tentu saja bukan sebagai alat transportasi manusia tetapi sebagai alat angkut barang atau material seperti kayu, bahan hasil tambang, batu atau lainnya. Ada banyak sekali jenisnya yang bisa ditemukan di pasaran yang memang dijual karena fungsi dan kegunaannya sendiri sangatlah banyak. Truk khusus tambang misalnya, dari segi ukuran dan kekuatan maksimalnya saja sudah berbeda. Kemudian ada juga angkutan khusus container yang kapasitas dan spesifikasinya juga berbeda. 


    Jenis-jenis truk yang perlu diketahui

    Berikut ini beberapa jenis truk yang perlu Anda ketahui sehingga nantinya disaat mungkin membutuhkan salah satu atau beberapa Anda tidak akan salah memilih:

    • Colt Diesel Engkel
    Ukurannya cukup kecil dan cocok digunakan untuk kebutuhan dijalanan kecil seperti gang. Maksimal beban yang bisa masuk ke dalam kendaraan yang sering disebut sebagai CDE ini adalah sebanyak 2 ton.

    • Colt Diesel Double
    Ini juga biasa dikenal dengan nama CDD yang ukurannya juga termasuk kecil. Hanya saja roda di bagian belakang jumlahnya 4 buah dan di bagian depan jumlahnya 2 buah. Kapasitas maksimal yang bisa diangkut oleh kendaraan ini sebesar 4 ton.

    • Tronton
    Siapa yang tidak pernah bertemu dengan tronton? Ini adalah kendaraan truk yang jumlah ban nya cukup banyak yaitu 10 buah. Ban di bagian depan jumlahnya tetap 2 buah dan 8 ban lainnya terletak di bagian belakang. Untuk maksimal beban yang bisa diangkut oleh kendaraan ini seberat 10 ton. Dan tentu saja harga per unitnya tidak bisa dikatakan murah.

    • Fuso
    Kendaraan angkut yang satu ini hampir mirip dengan Colt Diesel Double. Hanya saja perbedaannya terletak pada maksimal beban yang bisa diangkut oleh truk tersebut. Kapasitas yang mampu diangkutnya mencapai 7 ton.

    • Trailer
    Ini adalah salah satu jenis truk angkut yang masuk dalam golongan kelas berat. Jumlah ban yang dimiliki oleh kendaraan ini minimal sebanyak 16 buah dan maksimal 26 buah. Dan untuk beban maksimal yang bisa diangkut oleh kendaraan ini seberat 26 ton. Ini adalah kendaraan angkut kelas besar yang bisa mengangkut kendaraan lain diatasnya. Biasanya terlihat untuk mengangkut alat berat dan sejenisnya.

    • Pick Up
    Selain itu, ada juga pick up yang masuk sebagai kendaraan angkut dengan kapasitas kecil dan banyak dimiliki untuk kebutuhan personal. Kapasitas maksimal yang bisa diangkut oleh pick up adalah sebesar 2 ton. Dan untuk yang dilengkapi dengan box maka kapasitasnya lebih kecil yaitu sekitar 1,5 ton saja.

    • Wingbox
    Jenis berikutnya adalah Wingbox. Kelebihan dari kendaraan ini adalah sisi kanan kiri dan belakangnya juga bisa dibuka semuanya. Waktu kerja untuk menurunkan dan menaikkan muatan akan lebih cepat dilakukan. Untuk kapasitas maksimalnya berbeda tergantung jenisnya.

    • Container
    Untuk yang satu ini lebih dikenal dengan nama peti kemas yang sengaja dibuat untuk menyimpan dan membawa berukuran besar dan aman. Container sendiri pasti berpasangan dengan truk trailer karena tidak ada roda yang bisa membuatnya berjalan sendirian. Untuk ukuran container sendiri ada 3 buah yaitu high cube, 20 feet dan juga 40 feet. Dan typenya ada 2 jenis yaitu reefer container dan juga dry container.

    Untuk pemesanan truk diatas maka bisa langsung datang ke dealer terkait sehingga bisa memilih langsung sesuai spesifikasi yang Anda butuhkan.

    Read More
  • 12/10/2018 - Indo Autozone
    Kenali Ragam Manfaat Mobil Eskavator

    Mobil eskavator merupakan salah satu jenis alat berat yang seringkali dijumpai di beberapa lokasi. Jenis alat berat yang satu ini memiliki beberapa bagian yang cukup khas seperti adanya lengan bahu dan keruk. Fungsi utama dari alat berat ini adalah untuk kebutuhan penggalian. Namun demikian, alat berat yang satu ini nyatanya bisa digunakan untuk berbagai pekerjaan lainnya. Bahkan, di hampir setiap lokasi pembangunan bisa dijumpai alat berat ini, meski di luar area konstruksi un juga banyak dijumpai. 


    Ukuran mobil eskavator sendiri cukup beragam yang bisa memudahkan dalam pemilihan sesuai dengan kebutuhan mulai dari yang mini, sedang atau standar, dan besar.

    Macam-macam eskavator yang ada di Indonesia

    Eskavator Mini
    Eskavator berukuran mini biasanya digunakan untuk mendukung beberapa pekerja di area perkebunan. Biasanya kendaraan tersebut difungsikan untuk penggalian serta pengelolaan lahan perkebunan. Selain itu, kendaraan berat berukuran mini tersebut juga bisa digunakan dalam proses pembuatan parit ataupun jalan akses di area perkebunan. Dengan ukurannya mini, hal ini ternyata tak membuat kendaraan tersebut memiliki kapasitas yang mini pula. Kapasitas eskavator mini tersebut terbilang sangat besar sehingga tak jarang kendaraan berat tersebut juga digunakan dalam pembuatan jalan raya di sejumlah negara. Ukurannya yang mini memungkinkan untuk menunjang sejumlah pekerjaan yang tidak bisa diakses oleh eskavator berukuran standar.

    Eskavator Sedang atau Standar
    Selain mobil eskavator berukuran mini, terdapat pula eskavator dengan ukuran sedang atau standar yang sering dijumpai di sejumlah lokasi konstruksi ataupun proyek pengerjaan jalan raya. Eskavator berukuran standar tersebut paling umum dijumpai dalam proses pembangunan sejumlah infrastruktur. Bukan hanya untuk proyek-proyek konstruksi saja, eskavator standar juga digunakan untuk membantu dalam proses evakuasi timbunan akibat bencana alam seperti gempa, longsong, ataupun beberapa bencana alam yang menyebabkan sejumlah korban tertimbun dan sulit dievakuasi secara manual tanpa bantuan alat berat.

    Eskavator berukuran standar juga seringkali digunakan untuk mengangkat lumpur-lumpur yang mengendap di dasar sungai, terutama ketika mulai memasuki musim penghujan. Endapan lumpur ketika dibiarkan saja di sungai maka bisa membuat dasar sungai semakin tebal sehingga jumlah air yang mampu ditampung sungai semakin berkurang. Hal ini bisa menyebabkan risiko banjir. Di sisi lain, proses pengangkatan lumpur di dasar sungai juga bukan hal yang mudah dilakukan tanpa bantuan sejenis alat berat seperti mobil eskavator tersebut. Inilah mengapa saat memasuki musim penghujan, banyak dijumpai eskavator yang digunakan untuk membantu proses pengangkatan lumpur di sejumlah sungai yang rawan banjir.

    Eskavator Besar
    Sebenarnya selain eskavator berukuran mini ataupun standar, ada juga eskavator berukuran besar. Namun, alat berat yang satu ini tidak sembarangan digunakan di sejumlah area karena ukurannya yang memang cukup besar. Eskavator besar biasanya digunakan di area-area pertambangan baik untuk penggalian, pengerukan lahan, ataupun lainnya untuk mendukung pekerjaan penambangan.

    Penggunaan sejumlah alat berat memang memudahkan berbagai pekerjaan terutama untuk kebutuhan konstruksi, perkebunan, pertambangan, ataupun lainnya. Dengan adanya ukuran yang bervariasi, ini juga semakin memudahkan untuk menggunakan alat berat sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Saat ini, untuk mendapatkan berbagai alat berat sudah bukan hal yang terlalu sulit dilakukan. Dalam hal ini, ada sejumlah perusahaan yang menyediakan layanan pembelian ataupun penyewaan alat-alat berat. Tentunya, menemukan alat berat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan akan membuat pekerjaan bisa dilakukan lebih optimal dan efektif. Bila sebelumnya semua pekerjaan dilakukan secara manual yang tak hanya menghabiskan banyak waktu dan tenaga, kini dengan adanya alat-alat berat seperti mobil eskavator tentunya bisa membuat pekerjaan bisa diselesaikan lebih tepat waktu dan sesuai dengan keinginan.

    Read More
  • 11/10/2018 - Indo Autozone
    Spesifikasi Truk Gandeng

    Di Indonesia ada banyak sekali alat transportasi yang digunakan baik untuk angkutan umum atau bahkan angkutan manusia. Jasa angkutan memegang peranan penting untuk bidang ekonomi. Tentu saja dalam hal ini banyak proses distribusi barang pasti membutuhkan truk apalagi untuk mengangkut barang dalam kapasitas yang cukup besar. Nah, truk terus diminati salah satunya adalah jenis truk gandeng karena sangat handal dalam segala macam jenis medan baik ringan maupun berat dan dari sisi biaya juga lebih ekonomis karena bisa mengangkut barang skala besar hingga kapasitas diatas 20 ton. 


    Truk gandeng adalah truk yang memiliki gandengan pada bagian belakangnya. Jumlah gandengan ini ada yang hanya satu namun juga ada yang dua buah untuk kapasitas angkut yang cukup besar. Untuk truk jenis gandeng ini memiliki daya muat yang berbeda yaitu ada bagian engkel atau kepala yang kapasitas muatannya sebesar 14.000 kilogram. Dan juga bagian gandeng atau ekor yang kapasitas muatannya sebesar 16.000 kilogram. Biasanya barang yang akan dikirim akan dimuat di dalam bak yang kondisinya terbuka lalu kemudian akan ditutup dengan menggunakan terpal dari bahan plastic atau parasit. Dalam kapasitas pengiriman jumlah yang besar maka biaya nya lebih hemat apalagi jika dibandingkan dengan truk jenis engkel.

    Variabel-variabel dalam truk yang perlu diketahui

    Untuk daya angkut truk sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis variable yang mengikuti jumlah ban yang ada, jumlah sumbu yang ada, kekuatan ban, lebar tapak yang dimiliki ban truk gandeng, hingga daya dukung jalan yang dilewati. Masing-masing truk memiliki kapasitas maksimal yang bisa ditampung dan jika kelebihan muatan maka sangat tidak disarankan karena khawatir akan menimbulkan kecelakaan yang berbahaya. Lalu untuk mekanisme kemudinya juga berbeda. Untuk jenis kemudi truk king maka bagian lengan kemudi akan berputar langsung di titik pusat. Jika sudut belok yang tidak disesuaikan maka yang terjadi adalah ban bisa tergesek dengan jalanan yang dilewati. Untuk itu biasanya driver yang mengemudikan truk gandeng ini harus menguasai skill menyetir dengan kemampuan khusus begitu juga dengan jenis SIM yang digunakannya maka berbeda dengan driver mobil biasa.

    Karena body truk ini memang cukup besar bahkan tidak jarang membuat jalan raya menjadi penuh maka mengendalikan truk memang merupakan tantangan yang sangat berat. Selain itu yang harus disiapkan juga masalah stamina karena biasanya perjalanan memerlukan waktu yang lama apalagi jika pengantaran barang harus melewati banyak propinsi seperti dari Jawa ke Sumatera atau dari Bali ke Jawa dan seterusnya. Semakin banyak jumlah gandengannya dan semakin besar kapasitas yang mampu ditampungnya maka jumlah ban truk gandeng juga akan semakin banyak. Untuk system gandengannya sendiri juga tidak hanya asal pasang karena ini sudah ditetapkan dalam ijin khusus dan ada aturan yang harus ditaati. Selain memperhitungkan standard keselamatan juga terkait dengan kondisi keamanan barang dan kendaraan itu sendiri saat diperjalanan.

    Truk gandeng berkapasitas besar sehingga memang harus taat aturan karena terkait dengan kondisi jalan yang harus dijaga usianya. Jika truk terus dimuati beban yang melebihi kapasitasnya maka nantinya dikhawatirkan usia pakai jalan tidak akan lama dan mudah rusak maka akan menimbulkan biaya operasional yang lebih besar untuk perbaikan disana sini. Untuk usia gandengannya sendiri berbeda tergantung dengan tahun pembuatan dan perakitan truk itu sendiri. Untuk keluaran terbaru harganya memang jauh lebih mahal namun menggunakan teknologi yang lebih modern dibandingkan truk keluaran lama.

    Read More
  • 10/10/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Fungsi dan Apa Itu Vibratory Roller

    Setiap kebutuhan konstruksi dalam skala besar ataupun kecil hingga sekarang memang menjadi salah satu akses paling mudah dan cepat sehingga siapa saja langsung mendapatkan manfaat terbaik jika menggunakan perangkat berat tambahan salah satunya Vibratory roller. Memang belum banyak yang mengerti seperti apa fungsi dan bentuk dari perangkat berat Vibratory roller ini, akan tetapi fungsi sebenarnya sangatlah penting hingga dapat memberikan manfaat terbaik bagi proses sebuah konstruksi.


    Baca Juga: Bagaimana Cara Pemakaian Vibratory Roller


    Vibratior Roller sendiri menjadi salah satu alat berat yang digunakan untuk menggilas kemudian masih bisa digunakan untuk memadatkan hasil timbunan. Maka dari itu menggunakan perangkat berat vibration roller ini akan membuat kepadatan tanah menjadi lebih sempurna kemudian efeknya juga membuat permukaan tanah lebih dinamis seperti adanya butiran tanah yang cenderung sanggup mengisi bagian-bagian kosong yang ada sehingga kekuatan tanah bisa lebih optimal. Lalu seperti apa fungsi utama lainnya dari perangkat berat satu ini?

    Fungsi Alat Berat Vibratory Roller

    Sebuah alat berat berupa Vibratory Roller ini masuk dalam kategori tandem roller dimana sanggup menggilas sampai memadatkan semua hasil timbunan. Proses pemadatan tanah melewati beberapa cara pemampatan bahkan memakai metode getaran sehingga sangat baik diaplikasikan pada jenis tanah berpasir ataupun dengan kontur kerikil berpasir. Dari penggunaan vibration roller tersebut bisa memperlihatkan pemampatan yang dihasilkan lebih sempurna sehingga sangat cocok untuk proses pembuatan jalan yang lebih sempurna.

    Efisiensi pemampatan tanah memang terlihat lebih optimal karena adanya gaya dinamis terhadap permukaan tanah. Bahkan dari setiap butiran tanah yang cenderung bertebaran merata akan sanggup mengisi berbagai bagian yang kosong sehingga tekstur tanah akan terlihat sempurna dan rata. Dalam proses pemampatan menggunakan alat berat vibratory roller tersebut diperlukan faktor-faktor tertentu mulai dari frekuensi getaran, gerak sentrifugal, hingga adanya amplitudo getar.

    Ketiga faktor tersebut yang terdiri dari frekuensi getar, amplitudo getar, kemudian adanya gaya sentrifugal akan menghadirkan hasil sempurna kepada permukaan tanah sehingga proses pemampatan tanahnya sangat efektif hingga dapat menghadirkan kontur tanah lebih sempurna. Perlu diketahui bahwa dalam konstruksi jalan raya memang butuh perangkat berat seperti vibratory roller ini, akan tetapi diperlukan berbagai macam faktor penting lainnya yang menghadirkan kualitas akhir proses pembuatan jalan raya lebih cepat hingga dapat memperlihatkan proses lebih cepat.

    Untuk sebuah kontraktor dengan skala besar biasanya sudah memiliki beragam metode terbaik yang sampai sekarang diandalkan untuk proses membuat jalan ataupun menggunakannya dalam keperluan lainnya. Memahami banyak perangkat alat berat dalam bidang konstruksi memang sangat penting akan tetapi bagi kontraktor ataupun dalam bidang pembangunan biasanya sudah memberikan standar prosedur terbaik.

    Dari sektor upah kerja hingga operator Vibratory roller ini masih tergantung pada lokasi pekerjaan ataupun perusahaan bersangkutan kemudian masih ada aspek peraturan di lokasi hingga kontrak kerja dengan beberapa pihak. Oleh sebab itu 0banyak kalangan termasuk di bidang konstruksi masih terus memperlihatkan banyak kualitas dalam perangkat-perangkat beratnya.

    Penggunaan vibration roller ini sangat menarik hingga akhirnya sering digunakan untuk pembangunan jalan ataupun dalam bidang lainnya. Sekarang banyak kontraktor sampai pengembang pembangunan berskala besar menggunakan perangkat berat terbaik dan sehingga dalam prakteknya benar-benar memberikan solusi lebih cepat hingga efisien yang sampai sekarang belum banyak diterapkan oleh berbagai macam pengembang. Jadi itulah informasi seputar penggunaan alat berat vibratory roller yang sampai detik ini sanggup menjadi pilihan terbaik dalam pembangunan jalan hingga pengerasan tanah.

    Read More
  • 09/10/2018 - Indo Autozone
    Tips Memilih Ban Truk yang Tepat dan Berkualitas

    Banyak yang kurang memahami pentingnya menggunakan ban truk yang tepat dan berkualitas bagus. Hal ini bukan hanya untuk kenyamanan saat berkendara tetapi juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Usia ban kendaraan terpengaruh oleh banyak faktor mulai dari kondisi jalanan, cara mengemudikan kendaraan, kondisi cuaca, dan lainnya. saat ban kendaraan menunjukkan tanda mulai aus, tak ada salahnya memikirkan untuk membeli ban yang baru. Tentunya, beli ban baru juga tak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ban supaya tidak kecewa setelah belanja. Selain itu, dengan selektif dalam memilih ban maka ini juga akan membantu menemukan ban mana yang benar-benar sesuai dengan kendaraan serta cara mengemudikan kendaraannya.


    Baca Juga: Tips Memilih Ban Truk


    Sebelum memilih ban truk yang baru, pastikan memahami bahwa ban truk biasanya memiliki ukuran yang lebih besar serta dinamis dibandingkan kendaraan lainnya. jenis truk pun beragam yang mana hal ini akan penting untuk diperhatikan dalam memilih ban nantinya. Secara umum, ada dua jenis ban yang digunakan untuk truk yaitu all season truck dan all terrain. Untuk jenis all season truck memiliki tepian membulat yang dirancang untuk segala macam kondisi, terutama untuk on road driving. Sedangkan untuk jenis all terrain biasanya dirancang untuk jenis off road ringan dengan adanya tambahan traksi untuk jalanan yang bersalju ataupun jalanan tidak rata.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih ban truk yang tepat dan berkualitas untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

    Faktor yang perlu diperhatikan pada ban truk

    1. Utamakan keselamatan
    Hal pertama dan yang penting untuk diperhatikan saat memilih ban adalah utamakan keselamatan dan keamanan. Carilah ban yang saat dipakai saat handling, pengereman, ataupun hydroplaning memiliki kualitas yang baik. Bagaimana keselamatan menjadi hal utama untuk diperhatikan ketika berkendara.

    2. Baca petunjuk yang ada
    Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan produk ban truk yang kamu pilih memiliki jaminan yang diberikan oleh pihak produsen seperti adanya jaminan penggantian kerugian bila ban mengalami kerusakan ataupun masalah dalam jarak tempuh sesuai yang ditetapkan. Biasanya semakin jauh jarak tempuh pad aban maka nilai penggantian untuk produk ban tersebut juga semakin kecil. selain itu, jaminan produsen terhadap produk ban biasanya juga hanya mencakup kerusakan yang disebabkan penggunaan reguler dan bukan sebab kerusakan jalan ataupun bahaya jalanan. Inilah mengapa penting untuk membaca secara detail tentang petunjuk yang ditetapkan oleh pihak produsen.

    3. Kenali ukuran ban
    Tentunya, ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ingin beli ban truk baru. Pastikan untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh perusahaan kendaraan. Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban bisa dilakukan pengecekan pada bagian plakat yang ada di laci kendaraan, penutup bahan bakar, ataupun buku panduan pemilik. Memilih ban yang sesuai dengan tipe dan ukuran yang direkomendasikan pabrikan kendaraan tentu akan jauh lebih aman.

    4. Dapatkan harga terbaik
    Bila spesifikasi ban yang dibutuhkan telah sesuai, maka yang tak boleh ketinggalan adalah memperhatikan bagaimana harga ban tersebut. Masing-masing supplier ban biasanya akan menawarkan harga yang beragam. Ketika merasa produk ban yang ditawarkan memiliki harga yang cukup tinggi, melakukan perbandingan dengan beberapa penyedia produk ban truk lainnya tentu bisa jadi solusi. Pastikan pula bahwa harga yang tercantum apakah sudah termasuk balancing, mounting, serta katup baru. Lebih jeli dan teliti saat belanja tentu akan lebih menguntungkan mengingat harga ban juga tidak murah.

    Read More
  • 08/10/2018 - Indo Autozone
    Tips Memilih Alat Berat Sesuai dengan Kebutuhan

    Untuk mempermudah pekerjaan dalam sebuah proyek yang berhubungan dengan konstruksi bangunan maka dibutuhkan alat berat untuk memudahkan pekerjaan. Dengan alat tersebut para pekerja dalam sebuah proyek bisa menghemat waktu terutama untuk memindahkan material yang berat dan besar. Jika dikerjakan dengan tenaga manusia tentu membutuhkan waktu yang lama serta tenaga yang lebih banyak. Akibatnya pekerjaan tak kunjung selesai serta membuat biaya tenaga kerja menjadi lebih besar. Untuk itulah dibutuhkan alat yang berat serta berkualitas terbaik sehingga sangat tepat untuk membantu mempermudah pekerjaan dalam sebuah proyek. 


    Baca Juga: Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsinya


    Saat ini memang semakin banyak jenis alat berat yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan dalam sebuah proyek. Namun pastikan Anda memilih alat yang tepat dan sesuai kebutuhan sehingga nantinya alat tersebut bisa berfungsi secara optimal dalam mempercepat dan meringankan pekerjaan. Dibalik ukurannya yang besar ternyata hal tersebut sesuai dengan kinerja dan fungsinya yang memang lebih tangguh dibandingkan alat-alat biasa. Berikut ini akan dijelaskan tips memilih alat yang berat sesuai kebutuhan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

    Tips menyeleksi alat berat untuk kebutuhan operasional

    1. Sesuai dengan Skala serta Batas Waktu Proyek
    Dalam memilih alat berat, upayakan untuk mengetahui skal serta batas waktu penyelesaian proyek tersebut. Sebab pemilihan alat tersebut nantinya akan berpengaruh pada lama waktu penyelesaian proyek serta budget yang dibutuhkan. Untuk proyek yang berskala besar akan membutuhkan alat yang lebih banyak supaya cepat selesai. Namun biasanya proyek yang berskala besar memiliki batas waktu yang lebih lama sehingga penggunaan alat tersebut tidaklah terlalu banyak.

    2. Sesuai dengan Pekerjaan
    Pilihlah alat yang efektif sesuai dengan pekerjaan tertentu akan akan dikerjakan. Untuk saat ini sebagian besar alat tersebut memang didesain khusus supaya bisa melakukan pekerjaan secara lebih spesifik sehingga fungsinya menjadi lebih maksimal.

    3. Pertimbangkan Membeli atau Menyewa
    Ketika Anda memutuskan untuk membeli maka Anda harus mempersiapkan budget yang besar karena harga alat berat yang cukup mahal. Sedangkan bila Anda memilih untuk menyewa maka untuk jangka panjang juga akan membutuhkan biaya yang besar. Untuk itulah jika Anda memilih untuk menyewa maka sebaiknya silakan gunakan secara efektif. Bila perlu gunakan alat tersebut tanpa waktu istirahat sehingga biaya yang dikeluarkan untuk sewa alat tersebut memang bisa dipakai dengan sebaik mungkin. Bila kontraktor sudah mempunyai tim perawatan alat yang sudah ahli maka tidak ada salahnya untuk memilih membeli alat bekas atau second untuk mendapatkan harga beli yang lebih murah.

    4. Spesifikasi Sesuai Kebutuhan
    Untuk saat ini sudah banyak alat berat yang mempunyai berbagai jenis pilihan mulai dari ukuran dan spesifikasinya. Untuk ukuran alat yang lebih kecil biasanya memiliki batas kemampuan yang lebih kecil pula bisa dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar. Namun pastikan untuk memilih alat yang sesuai kebutuhan dan fungsinya sehingga bisa disesuaikan dengan batas kemampuan. Jika Anda terlalu memaksakan sebuah alat untuk bekerja di luar batas kemampuan maka alat tersebut nantinya menjadi mudah mengalami kerusakan bahkan bisa membahayakan operator maupun pekerja lainnya di lokasi proyek tersebut.

    Demikianlah penjelasan mengenai tips memilih alat berat sesuai kebutuhan yang bisa menambah wawasan Anda. Melalui informasi di atas kini para kontraktor proyek bisa lebih teliti dalam memilih alat yang tepat. Tentunya pemilihan alat yang tepat akan membuat pekerjaan dalam proyek menjadi lebih lancar dan efektif sehingga proyek bisa selesai sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

    Read More
  • 05/10/2018 - Indo Autozone
    Langkah Mudah Perawatan Dump Truck supaya Awet

    Perawatan merupakan bagian penting untuk dilakukan supaya dump truck yang Anda miliki bisa lebih awet dan tahan lama, terutama bagi para pemilik bisnis yang fokus dalam bidang konstruksi serta pertambangan. Truk yang memiliki kualitas dan kinerja bagus tentunya akan menjadikan proyek konstruksi bisa berjalan lebih baik. Untuk mendapatkan kinerja truk yang andal maka perawatan dibutuhkan. Tentunya, melakukan perawatannya pun harus tepat. ini tidak harus menghabiskan banyak biaya. Bahkan, dengan perawatan yang tepat, biaya yang dibutuhkan tentu akan jauh lebih kecil dibandingkan ketika terjadi kerusakan.


    Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Bagian Penting Dump Truck


    Dalam bisnis angkutan, perawatan truk memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga umur kendaraan supaya bisa lebih awet dan tahan lama. Namun demikian, banyak pengusaha yang memberikan beban berlebih pada kendaraan dan ini bisa memperpendek umur kendaraan. Bagaimanapun setiap kendaraan dump truck memiliki kemampuan maksimum yang mana ini tidak boleh dilampaui. Ketika kelebihan beban dilakukan secara terus menerus maka ini akan berpotensi membuat kontrol kendaraan menjadi berkurang dan risiko kecelakaan akan semakin besar.

    Beberapa hal yang perlu diketahui untuk merawat truk.

    1. Melakukan pemanasan mesin bisa dilakukan selama sekitar lima menit sebelum digunakan. Pemanasan mesin ini difungsikan supaya seluruh komponen mesin bisa terlumasi secara merata sebelum nantinya digunakan untuk membawa beban berat.

    2. Biasakan untuk senantiasa melakukan pengecekan tangki bahan bakar. Pastikan tangki berisi bahan bakar untuk mencegah kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Ketika mesin truk kehabisan bahan bakar maka sistem injeksi perlu melakukan pemompaan. Bila proses pemompaan bermasalah maka perlu dilakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Inilah mengapa sebelum masalah timbul, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan sebelum digunakan.

    3. Penggunaan oli mesin pun sebaiknya tidak asal-asalan untuk menjaga kualitas mesin. Dalam hal ini, menggunakan oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan bisa jadi pilihan yang masuk akal. Selain itu, pemeriksaan oli mesin perlu dilakukan lebih sering ketika truk digunakan di area tambang setidaknya satu minggu dua kali.

    4. Dump truck lebih sering digunakan di area konstruksi ataupun pertambangan yang mana biasanya daerah tersebut lebih rawan debu yang menyebabkan filter cepat kotor. Inilah mengapa untuk merawat truk sebaiknya tidak lupa untuk mengganti filter solar secara rutin. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kotoran halus tidak masuk ke mesin.

    5. Perawatan yang tak kalah penting untuk kendaraan berat seperti dump truck adalah bagian hidrolik. Kedudukan hidrolik pada truk dump sama pentingnya dengan mesin sehingga perawatannya sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah bagian batangan besi untuk memastikan tidak terjadi kebocoran. Selain itu, pastikan untuk menjauhkan batang besi hidrolik tersebut dari goresan benda tajam karena goresan tersebut bisa mempercepat aus pada karet sel yang memicu kebocoran. Setelah digunakan, akan lebih baik bila selalu dibersihkan dengan menggunakan oli berkualitas untuk menjaga kinerja hidrolik.

    6. Sangat penting untuk memperhatikan beban muatan kendaraan. Setiap kendaraan memiliki beban maksimal. Hal ini hendaknya tidak digunakan melebihi kapasitas maksimalnya untuk mencegah masalah. Kendaraan yang mendapatkan beban muatan melampaui batas maksimal akan lebih mudah rusak serta berisiko terjadi kecelakaan.

    Meskipun memiliki kekuatan yang lebih tangguh dibandingkan kendaraan mobil kecil, perawatan tentu sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa perawatan untuk menjaga supaya dump truck lebih awet dan tahan lama sebenarnya tidak sulit dilakukan yang terpenting dilakukan secara rutin.

    Read More
  • 03/10/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Fungsi Alat Berat Bego yang Perlu Anda Ketahui

    Excavator atau bego merupakan jenis alat berat yang sering digunakan sebagai mesin pengeruk. Alat berat bego ini terdiri dari tongkat, batang, keranjang serta rumah-rumah dalam wahan putar serta dipakai sebagai penggalian. Untuk rumah-rumah pada alat berat ini diletakkan di atas kereta bawah yang juga dilengkapi dengan roda atau roda rantai. Bego ini biasanya menggunakan kabel winch serta tali besi untuk bergerak. Untuk bego kabel merupakan perkembangan alami dari penggaruk uap dan disebut juga dengan power shovel. 


    Sedangkan bego hidrolik menggunakan cairan hidrolik, motor hidrolik dan silinder hidrolik untuk menggerakkannya. Karena pengaktifan secara linier dilakukan oleh silinder hidrolik maka mode operasi bego hidrolik berbeda dengan bego kabel. Meskipun memiliki jenis yang berbeda namun pada umumnya bego dipakai untuk memudahkan pekerjaan pemindahan material dari suatu tempat ke tempat lainnya. Tetapi selain itu alat berat bego juga memiliki fungsi yang lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan lainnya yang sifatnya bukan sebagai pekerjaan utama. Untuk menambah wawasan serta pemahaman Anda mengenai bego maka berikut ini akan dijelaskan fungsi bego yang perlu Anda ketahui.

    Fungsi bego untuk kebutuhan konstruksi

    1. Alat berat bego dipakai untuk menancapkan batang pondasi yang mungkin pekerjaan ini akan sulit dilakukan dengan tenaga manusia. Terlebih batang pondasi memiliki ukuran yang besar dan berat sehingga dengan menggunakan bego maka pekerjaan tersebut semakin mudah dan hemat waktu. 


    2. Bego juga dipakai untuk menggali parit, pondasi bangunan serta menggali lubang. Dimana jika dikerjakan menggunakan tenaga manusia maka membutuhkan waktu yang lama serta tenaga yang lebih besar. 


    3. Alat berat bego bisa dipakai untuk pekerjaan kehutanan seperti menggali tanah atau pengolahan hutan yang ingin kembali ditanami. 


    4. Kebanyakan proyek konstruksi bangunan telah menggunakan bego sebagai alat untuk penanganan material terutama untuk memindahkan material. Jumlah material yang banyak dan berat memang membutuhkan tenaga yang besar sehingga dengan bego ini pekerjaan memindah material menjadi lebih praktis dan efektif. 


    5. Bego bisa mempermudah aktivitas pengerukan sungai yang sudah mulai dangkal. Biasanya sungai tersebut sudah terutup oleh pasir maupun sampah yang mengendap dan bila dibiarkan akan menimbulkan banjir. Untuk itulah pengerukan sungai bisa dilakukan secara cepat menggunakan bego. 


    6. Bego bisa digunakan untuk pertambangan terutama pada pertambangan pit terbuka. Seperti yang telah diketahui dalam industri tambang membutuhkan peralatan berat supaya pekerjaan semakin mudah dan cepat. 


    7. Untuk penghancuran bangunan akan lebih cepat dengan menggunakan bego karena alat berat ini memiliki kemampuan yang besar serta bisa mengangkut material bongkaran yang lebih berat. 


    8. Untuk proses perataan tanah bisa lebih mudah jika dilakukan dengan menggunakan bego sebab bego bisa membawa banyak material tanah yang akan diratakan sehingga pengerjaannya lebih cepat dan mudah. 


    9. Bego bisa digunakan dalam pengolahan tanah karena bisa membantu merobohkan pepohonan yang dianggap mengganggu pekerjaan sekaligus menyingkirkan pohon tersebut. 


    10. Alat berat Bego bisa digunakan sebagat alat pemancangan tiang pancang dengan ukuran yang tidak terlalu besar serta relatif pendek. Biasanya pekerjaan ini dilakukan untuk tiang pancang kayu dengan ukuran panjangnya sekitar 4 meter.

    Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai fungsi alat berat bego yang bisa menambah wawasan Anda. Dengan memiliki banyak fungsi maka tak heran jika bego kini semakin banyak digunakan untuk berbagai jenis proyek terutama yang berkaitan dengan konstruksi bangunan. Tentunya dengan menggunakan bego akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan terutama lebih hemat waktu dan tenaga dibandingkan dikerjakan dengan tenaga manusia.

    Read More
  • 01/10/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Sejumlah Perbedaan Alat Berat Beko dan Eskavator

    Saat ini, peralatan yang digunakan untuk menunjang sejumlah pekerjaan yang cukup berat baik di area konstruk, pertambangan, perkebunan, ataupun lainnya semakin beragam. Bila sebelumnya berbagai pekerjaan harus dilakukan secara manual yang pastinya membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, kini sudah tersedia sejumlah alat berat seperti alat berat beko, eskavator, ataupun lainnya yang bisa memudahkan pekerjaan tersebut sehingga bisa terselesaikan tepat waktu dan hemat tenaga. 


    Saat membicarakan tentang alat berat yang digunakan dalam proses penggalian, banyak yang langsung terpikirkan tentang eskavator. Ini memang cukup wajar karena memang alat berat tersebut lebih umum digunakan untuk berbagai pekerjaan terutama dalam hal penggalian. Namun demikian, untuk proses penggalian, ada sebuah alat berat yang memiliki bentuk mirip eskavator. Alat tersebut adalah alat berat beko yang memang mirip dengan eskavator. Inilah mengapa untuk menghindari kesalahpahaman yang seringkali menyamakan kedua alat berat tersebut, tak ada salahnya bila mengetahui beberapa perbedaan antara keduanya.

    Perbedaan yang perlu diketahui antara Beko dan Eskavator

    Eskavator
    Alat berat yang satu ini memiliki suatu komponen yang biasa disebut dengan cab atau yang bisa juga diartikan sebagai ruang kerja operator. Cab tersebut berada di bagian atas roda serta mampu berputar hingga 360 derajat saat dioperasikan. Dengan adanya fitur tersebut membuat alat berat eskavator bisa memudahkan proses penggalian tanpa harus berpindah-pindah lokasi karena memang bisa menggali dari berbagai sisi dengan muda. Selain keberadaan cab, alat berat eskavator tersebut juga mampu melakukan sejumlah pekerjaan dengan menggunakan beberapa sistem penggalian. Ini tentu akan sangat memudahkan urusan penggalian di berbagai area baik di pertambangan, perkebunan, ataupun konstruksi. Sejumlah eskavator hadir dengan ukuran yang cukup ramping dan kecil sehinga memudahkan proses pemindahan lokasi saat ingin digunakan. Ini juga memungkinkan untuk menggunakannya di lahan yang terbatas.beberapa hal tersebut menjadi kelebihan dari alat berat eskavator dibandingkan alat berat beko yang memiliki bentuk hampir mirip.

    Beko
    Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari alat berat eskavator, kini tak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang alat berat beko yang banyak dianggap mirip dengan eskavator. Alat berat yang satu ini ternyata memang sama-sama memiliki arms atau lengan, boom, serta bucket. Dengan beberapa komponen tersebut, tak heran bila banyak yang menganggap bahwa kedua alat berat tersebut adalah alat yang sama. Namun, ada perbedaan yang cukup mendasar dari keduanya yaitu di bagian belakang beko terdapat sebuah komponen yang disebut dengan loader. Komponen tersebut berfungsi untuk mendorong tanah sebagaimana yang dada pada buldozer ataupun mengangkut tanah hasil galian ke kendaraan pengangkut. Perbedaan lain yang bisa dijumpai antara eskavator dan alat berat beko adalah kemampuan alatnya. Bila eskavator memiliki kemampuan berputar hingga 360 derajat, beko memiliki keterbatasan dalam gerak. Hanya bagian arms dari alat ini yang bisa bergerak ke kanan ataupun ke kiri sementara cab atau ruang operatornya tidak dapat berputar.

    Meski terlihat mirip, ternyata keduanya memang memiliki sejumlah perbedaan. Ketika ditanyakan mana yang lebih, ini tentu tergantung pada kebutuhannya sendiri seperti apa. Kedua alat berat tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing yang mana saat digunakan sesuai dengan kebutuhan tentu ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan optimal. Untuk kecepatan serta kemampuan kerja dari kedua alat berat tersebut sangat bergantung pada kualitas alat yang digunakan serta kemampuan operator dalam mengendalikan alat tersebut. Inilah mengapa baik eskavator ataupun alat berat beko akan bekerja secara maksimal saat dikendalikan oleh operator berpengalaman.

    Read More
  • 28/09/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Fitur dan Keunggulan Kalmar Container Reach Stacker

    Perkembangan teknologi sepertinya menyasar ke hampir semua aspek kehidupan termasuk di bidang industri yang memunculkan beragam produk teknologi untuk memudahkan aktivitas manusia. Salah satunya adalah kemunculan kendaraan alat berat yang berfungsi sebagai alat angkat terutama di kawasan pelabuhan ataupun depo peti kemas. Alat berat yang satu ini dikenal dengan sebutan reach stacker yang memiliki kemampuan menumpuk peti kemas ataupun kontainer hingga 6 susun secara vertikal. Kalmar sebagai salah satu pabrikan yang bergerak di bidang peralatan, otomatisasi, serta jasa ini juga ingin menawarkan salah satu produknya berupa Kalmar container reach stacker yang belum lama ini juga telah memasuki dunia industri Indonesia.


    Mengapa harus menggunakan Kalmar Container?

    Kehadiran Kalmar container reach stacker merupakan salah satu bentuk respon atas kebutuhan pasar yang terus mengalami peningkatan terkait alat berat yang digunakan sebagai alat angkat secara efektif dan efisien saat bongkar muat peti kemas atau kontainer baik di pelabuhan ataupun depo-depo peti kemas. Spesifikasi alat berat yang satu ini juga beragam tergantung ukuran serta jenisnya. Reach stacker dari Kalmar memiliki kemampuan untuk mengangkut beban hingga 45 ton. Selain itu, alat angkat ini juga bisa memudahkan proses penumpukan peti kemas hingga sehingga enam susun secara vertikal. Meskipun digunakan sebagai alat angkat peti kemas dengan beban angkut yang cukup besar, kendaraan ini juga didesain mampu bergerak lincah sebagaimana kendaraan penumpang dengan beban yang lebih ringan.

    Kalmar sendiri merupakan pabrikan berbagai alat angkat dari Italia yang menyediakan beragam jenis alat angkat untuk pelayanan bongkar muat peti kemas atau kontainer. Salah satu jenis alat angkat yang ditawarkan adalah Kalmar container reach stacker sebagaimana yang dijelaskan di atas. Alat angkat ini merupakan kombinasi dari lift truck dan mobile crane yang dirancang khusus untuk menjalankan fungsi stacking serta unstacking di pelabuhan ataupun lapangan penumpukan. Fitur spreader yang ada di alat angkat ini juga bisa berputar hingga 360 derajat sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya.

    Selain Kalmar container reach stacker, pabrikan alat angkat dari Italia tersebut sebenarnya juga mengembangkan jenis angkat lainnya. Salah satunya adalah Kalmar straddle carrier yang merupakan peralatan yang dipergunakan untuk mengangkut peti kemas atau kontainer dari berbagai lapangan penumpukan kontainer. Alat angkat yang demikian tentunya sangat cocok untuk digunakan pada penumpukan serta pembongkaran baik dari ataupun ke chassis. Pengembangan alat angkat yang satu ini diharapkan mampu bekerja secara optimal pada setiap operasi yang ada di pengangkutan dermaga hingga ke lapangan penumpukan kontainer.

    Keberadaan Kalmar container reach stacker ini sangat membantu memudahkan penumpukan kontainer ataupun peti kemas baik di pelabuhan ataupun depo-depo peti kemas. Dengan menggunakan alat angkat reach stacker, ini bisa memenuhi kebutuhan untuk mengangkat sejumlah material serta barang-barang industri baik logistik, kehutanan, energi, ataupun lainnya dengan aman. Tentunya, alat angkat ini juga mendapatkan sejumlah pengembangan dan inovasi supaya bisa dioperasikan dengan lebih optimal seperti dengan adanya proses otomatisasi yang membuat kendaraan bisa menyesuaikan beban sehingga bisa menghemat penggunaan daya. Selain itu, dengan perputaran hingga 360 derajat tentu sangat memudahkan dalam proses operasi pengangkatan serta penumpukan beban.

    Sebenarnya selain Kalmar container reach stacker, ada pula beberapa pabrikan lain yang mengeluarkan jenis kendaraan alat berat yang spesialisasinya di bidang alat angkat tersebut. Inilah mengapa para pelaku usaha di bidang penumpukan peti kemas bisa lebih selektif dalam memilih untuk menemukan kendaraan alat angkat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan serta kelancaran dalam proses operasionalnya.

    Read More
  • 27/09/2018 - Indo Autozone
    Jenis-Jenis Perawatan Beko Alat Berat

    Alat berat merupakan jenis peralatan yang digunakan dalam sebuah proyek untuk membantu memudahkan pekerjaan yang berat. Dengan menggunakan alat berat ini pekerjaan pemindahan material hingga penggalian tanah bisa dilakukan secara lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia. Salah satu jenis alat berat yang saat ini banyak dipakai dan populer adalah beko alat berat. Tak heran bila alat berat yang satu ini lebih mudah ditemukan dalam proyek-proyek bangunan bila dibandingkan dengan jenis alat berat lainnya. 


    Penggunaan beko alat berat yang saat ini semakin meningkat dan digunakan dalam jangka panjang tentunya akan membuat kondisi beko tersebut mudah mengalami penurunan. Jika beko sudah tidak prima seperti pada awalnya kinerja beko juga akan semakin menurun. Bila sudah demikian sebaiknya perlu dilakukan perawatan dengan sebaik mungkin sehingga beko tersebut tidak akan mudah mengalami kerusakan. Sangat disarankan untuk melakukan perawatan secara rutin pada bego supaya kondisi alat berat tersebut tetap bagus seperti sedia kala.

    Jenis-jenis perawatan beko yang perlu Anda ketahui.

    1. Preventive Maintenance
    Jenis perawatan beko alat berat yang satu ini merupakan perawatan preventif yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan maupun gangguan pada mesin serta alat berat. Untuk perawatan ini biasanya dilakukan dengan tidak harus menunggu adanya kerusakan pada beko tersebut. Bisa dikatakan bahwa perawatan ini bisa dilakukan secara rutin sehingga bisa membantu menjaga kualitas dari mesin dan alat berat tersebut,

    2. Periodic Maintenance
    Jenis perawatan yang satu ini merupakan perawatan secara berkala yang dilakukan setiap alat berat dipakai untuk jumlah jam operasional tertentu. Untuk jumlah jam operasi tersebut juga disesuaikan dengan jumlah waktu yang terdapat pada alat karena sudah tercatat jam operasi di alat tersebut. Dengan demikian memudahkan Anda saat akan melakukan perawatan secara berkala pada alat berat tersebut.

    3. Daily Maintenance
    Untuk daily maintenance merupakan bagian dari periodic maintenance. Dimana untuk perawatan ini dilakukan setiap hari ketika alat berat belum dipergunakan. Dengan perawatan ini diharapkan bisa memudahkan operator untuk mengetahui kondisi mesin beko alat berat tersebut apakah masih layak untuk dioperasikan ataupun tidak. Untuk perawatan harian ini meliputi beberapa jenis perawatan mulai dari memeriksa oli sebelum mesin dihidupkan, memeriksa bahan bakar, memeriksa air radiator, memeriksa fungsi hidrolik, memeriksa mesin dan memeriksa baterai hingga ke kabel-kabelnya.

    4. Condition Base Maintenance
    Perawatan ini bisa dilakukan sesuai kondisi mesin dan biasanya dilakukan hanya saat terdapat indikator kerusakan pada mesin. Dimana jenis kerusakan tersebut bisa berupa kerusakan berat maupun ringan. Tujuan dari perawatan CBM ini untuk menemukan kerusakan yang terjadi pada mesin sehingga Anda bisa lebih mudah menentukan perawatan untuk saat yang dibutuhkan dan bukan dilakukan sebelumnya.

    5. Overhaul Maintenance
    Perawatan ini bertujuan untuk pengembalian performa mesin agar kembali seperti semula sesuai standar dari pabrik. Perawatan ini akan membuat performa mesin beko optimal kembali dengan penggantian ulang komponen sesuai petunjuk penggunaan komponen sesuai standar dari pabrik. Untuk perawatan secara overhaul ini biasanya dilakukan secara berbeda pada setiap mesin.

    Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis perawatan beko alat berat yang bisa menambah wawasan Anda. Perawatan terhadap beko memang sangat penting dilakukan supaya kinerja beko tetap maksimal sehingga membantu memudahkan pekerjaan dalam sebuah proyek. Selain itu, dengan rutin melakukan perawatan maka beko tidak akan mudah rusak sehingga Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan yang lebih besar.

    Read More
  • 26/09/2018 - Indo Autozone
    Inilah Fakta Ban GT Radial yang Jarang Diketahui

    Ban GT radial merupakan salah satu produk ban yang cukup populer di pasaran. Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa ban tersebut merupakan produk ban asli dari Indonesia yang kualitasnya mampu bersaing dengan produk ban luar negeri. Produk ban ini sudah meramaikan pasaran sekitar 60 tahun. Bahkan, di kalangan motorsport, produk ban tersebut sudah sangat terkenal, terutama dengan kemampuan yang luas biasa. Salah satunya adalah tipe Champiro SX2 yang menjadi produk ban pilihan para mobil juara yang berlaga di arena balap baik skala nasional hingga internasional. Ini merupakan salah satu prestasi di dunia otomotif yang patut dibanggakan.


    Meski ban ini sudah malang melintang di dunia otomotif sebagai salah satu produk ban ternama, nyatanya masih banyak yang belum mengetahui sejumlah fakta tentang ban tersebut. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang ban GT radial yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

    Fakta menarik tentang GT Radial

    Pertama, meski GT Radial merupakan produsen ban lokal asli Indonesia, nyatanya perusahaan ban ternama ini menjadi salah satu produsen ban yang telah mendapatkan pengakuan dunia internasional secara luas, terutama dari organisasi kelas atas. Selain itu, perusahaan ini juga pernah mendapatkan penghargaan dari General Motor sebagai perusahaan supplier ban besar dunia. Fakta ini benar-benar menunjukkan bahwa layak berbangga dengan produk asli Indonesia yang berhasil menembus pasar dunia.

    Kedua, GT radial yang merupakan produsen dari ban GT radial telah memasuki dunia otomotif selama lebih dari 60 tahun yang tentu dengan pengalaman yang dimiliki mampu menghasilkan produk-produk ban dengan kualitas tinggi. Perusahaan ini juga fokus pada produksi, kinerja, keamanan saat berkendara, dan tentunya kualitasnya. Inilah mengapa dengan semakin bertambah usia operasi dari perusahaan, hal ini mampu membuat konsumen semakin mempercayakan kebutuhannya terhadap produk ban yang ditawarkan.

    Ketiga, perusahaan ban GT radial memiliki standar sangat tinggi untuk semua produk yang diluncurkan. Melalui prosedur Quality Control yang tinggi, hal ini mampu menjadi sistem pengontrol kualitas yang tak hanya memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan tetapi juga menjamin keselamatan penggunanya.

    Keempat, perusahaan ban GT radial didukung lebih sari 600 engineer berpengalaman pada bidang R dan D yang mana telah tersebar ke sejumlah pelosok dunia. Selain itu, perusahaan ini juga menggunakan sejumlah peralatan canggih yang mampu menjamin kualitas produk yang dihasilkan supaya memenuhi standar tinggi yang telah ditentukan.

    Kelima, meski perusahaan GT Radial merupakan produsen ban asli Indonesia, hal ini tak membuat perusahaan ini hanya berdiam di dalam negeri saja. Ini dibuktikan dengan adanya cabang perusahaan sekitar 100 negara yang ada di seluruh pelosok dunia karena telah percaya dan puas dengan kualitas produk ban tersebut. Pengguna produk ban ini sendiri mencakup semua kalangan mulai dari sopir hingga pembalap profesional kelas internasional. Dengan dukungan kinerja terbaik serta jaringan dealer yang telah tersebar membuat ban GT radial memiliki nama besar baik di bidang kualitas, keamanan, serta kinerjanya.

    Produk ban dari perusahaan ini telah mendapatkan pengakuan dunia. Ini tentu menjadi prestasi yang sangat membanggakan dan tentu akan semakin menambah kecintaan terhadap tanah air untuk selalu bangga menggunakan produk dalam negeri. Mengapa harus beli ban mobil produk import yang memiliki harga cukup tinggi ketika produk ban dalam negeri mampu memberikan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Keunggulan menggunakan ban GT radial adalah produk ba tersebut sangat cocok dengan medan jalanan Indonesia yang masih banyak berlubang dan kurang nyaman.

    Read More
  • 25/09/2018 - Indo Autozone
    Bandingkan Harga Ban Crane untuk Dapatkan yang Terbaik

    Bagi Anda yang sering bekerja di bidang konstruksi pastinya sudah tidak asing dengan keberadaan crane. Ini memang merupakan salah satu jenis alat berat yang banyak dijumpai di kawasan konstruksi ataupun manufaktur. Salah satu yang berpengaruh terhadap kinerja crane adalah bagian bannya. Ukuran crane yang beragam tentunya membutuhkan ban yang sesuai untuk menunjang kinerjanya. Inilah mengapa saat ingin membeli ban crane, pastikan untuk memahami apa saja yang perlu dipertimbangkan. Selain harga ban crane, ada beberapa hal yang tak boleh dilewatkan saat ingin membeli produk ban alat berat yang satu ini. 


    Sebagaimana yang diketahui, crane merupakan salah satu alat berat yang memang banyak digunakan di bidang industri. Salah satu jenis alat berat tersebut menggunakan sistem kontrol, rantai, tali kawat, dan lainnya, crane tentu membutuhkan pendukung yang berkualitas supaya bisa dimanfaatkan secara optimal. Crane sendiri berfungsi sebagai pengangkat ataupun penurun berbagai benda berat serta memindahkannya secara horizontal. Untuk menunjang kinerja crane dibutuhkan velg serta ban crane yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, ada beberapa jenis ukuran, pola kembang, serta ketebalan ban ataupun velg crane yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya dengan pilihan produk ban yang beragam, ini membuat harga ban crane yang tersedia pun bervariasi.

    Selain Harga Ban Crane, Jangan Lupa Pertimbangkan Hal Berikut

    Saat memilih ban crane, tentu bukan soal harga ban crane saja yang perlu dipertimbangkan melainkan ada beberapa hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

    Pastikan untuk memilih ban dengan mengutamakan keselamatan. Meski ban crane tidak bekerja secara langsung untuk mendukung teknis pengangkatan ataupun pemindahan benda-benda, kualitas ban yang teruji tentu akan lebih aman untuk keselamatan saat digunakan. Ketika ban yang digunakan tidak seimbang, risiko kecelakaan sangat mungkin terjadi. Dalam hal ini, pastikan memilih ban yang baik saat dipakai dalam tes pengereman, handling, ataupun lainnya.

    Selain itu, pastikan untuk mengetahui tipe berkomitmen ukuran ban yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Sebagaimana yang diketahui bahwa ukuran velg ataupun ban crane bervariasi yang tentu secara tak langsung juga berpengaruh terhadap harga ban crane itu sendiri. Memilih ukuran dan tipe ban yang tepat tentu akan membuat kendaraan alat berat tersebut mampu dipergunakan dengan lebih aman.

    Jangan lupa untuk membeli ban di supplier ataupun distributor yang terpercaya. Produk ban yang tersedia di pasaran sangat beragam kualitasnya. Tentu saja, untuk kendaraan alat berat seperti carne membutuhkan ban yang berkualitas untuk lebih menjamin keselamatan saat digunakan. Inilah mengapa penting untuk memilih penyedia ban yang berkomitmen untuk menjaga kepercayaan berkomitmen kepuasan dari para pelanggan. Selain dilihat kualitas produknya, kualitas pelayanan juga perlu menjadi bahan pertimbangan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan pemesanan produk ban yang dibutuhkan.

    Setelah mempertimbangkan tentang kualitas produk ban ataupun spesifikasi ban yang dibutuhkan, pastinya penting juga mempertimbangkan masalah harga ban crane yang akan dipesan. Masing-masing penyedia ban biasanya menawarkan harga ban yang berbeda bukan hanya dilihat dari kualitas dan ukurannya saja melainkan juga dari mereknya. Sebelum melakukan pemesanan, alangkah baiknya bila mencari informasi lebih detail tentang harga ban tersebut apakah sudah mencakup mounting, katup baru, berkomitmen balancing. Bagaimanapun harga ban crane tentu tidaklah murah sehingga selektif untuk memilih tentu sangat disarankan supaya tidak merasa dirugikan dan dikecewakan. Salah satunya dengan membandingkan satu toko dengan lainnya untuk mendapatkan yang terbaik.

    Read More
  • 24/09/2018 - Indo Autozone
    Alasan Menggunakan Vibro Roller Dalam Bidang Pembangunan

    Sebuah alat berat dengan bentuk dan ukuran tertentu pastinya memiliki banyak fungsi utama. Rata-rata bidang konstruksi saat ini sudah mengandalkan berbagai macam perangkat canggih untuk memudahkan serta memberikan kecepatan proses pembangunan. Kini ada perangkat berat berupa vibro roller yang sampai sekarang dijadikan solusi tepat meskipun dalam skala kecil pemadatan tanah. Oleh sebab itu kita sering melihat bahwa perangkat berat vibro roller ini menjadi perangkat vital dalam proses pemadatan tanah.


    Meskipun alat berat berupa vibro roller masih banyak dimanfaatkan akan tetapi belum banyak yang mengetahui seperti apa alasan-alasan penggunaanya. Sejauh ini solusi paling tepat untuk menghadirkan kualitas sampai proses efisien dalam pembangunan memang harus memanfaatkan alat berat, oleh sebab itu kenapa vibro roller ini jadi salah satu cara terbaik dalam bidang pembangunan yang sekarang banyak dipilih para pengembang. Lalu seperti apa alasan menggunakan alat berat vibro roller tersebut?

    Proses Pemadatan Tanah Lebih Sempurna

    Proses pemadatan tanah akan terasa lebih sempurna bahkan cukup mudah bila menggunakan alat berat berupa vibro roller ini. Meskipun membutuhkan ketelitian dalam mencermati hasil akhirnya, tetap saja proses pemadatan tanah akan jauh lebih sempurna jika Anda menggunakan perangkat berat vibro roller. Jadi tak heran bila para pengembang selalu memanfaatkan vibro roller ini sehinga semua proses pemadatan tanahnya benar-benar lebih baik hingga mendatangkan pengalaman paling mudah dalam proses pemadatan tanah untuk keperluan pengaspalan ataupun lainnya.

    Lebih Sederhana atau lebih simple

    Kini ada alat berat berupa vibro roller dengan ukuran cukup kecil sehingga dapat dijadikan solusi terbaik untuk melakukan proses pemadatan tanah. Berkat adanya alat berat berukuran lebih kecil tersebut, pengembang akan merasakan proses pemadatan tanah yang lebih sempurna akan tetapi bisa dihasilkan dengan metode-metode lebihs sederhana. Jadi semua pekerjaan seputar pemadatan tanah ataupun keperluan pembuatan jalan raya akan jauh lebih cepat selesai.

    Memenuhi Standar Operasional

    Proses pembangunan jalan hingga konstruksi pastinya memiliki standar operasional untuk menghadirkan kualitas hasil sempurna. Karena kita tahu bahwa standar pembuatan jalan tetaplah menjadi prioritas sehingga siapa saja termasuk para pengembang harus bisa menggunakan alat berat vibro roller tersebut karena memang sudah masuk ke dalam SOP ataupun standar minimal yang sudah diwajibkan dalam sebuah pengembang ternama ataupun yang masih berkembang.

    Segala macam perangkat vital dalam proses pembuatan jalan ataupun dalam kebutuhan tertentu memang harus menggunakan standar kualitas terbaik sehingga siapapun yang sekarang membutuhkan hasil sempurna dalam pemadatan jalan ataupun permukaan tanah bisa mengandalkan alat berat hingga akhirnya mendatangkan pengalaman sampai hasil akhir lebih sempurna.

    Bidang konstruksi sangatlah penting menggunakan berbagai macam alat berat sehingga siapa saja harus bisa mengoperasikannya kemudian memikirkan untuk menggunakan peralatan tambahan lainnya. Beberapa pengembang ternama sekalipun sudah menggunakan banyak perangkat berat guna mempercepat sekaligus menghadirkan proses pembangunan secara maksimal. Biasanya untuk masa pembangunan berkala digunakan alat berat dengan bentuk serta ukuran lebih besar dibandingkan memanfaatkan vibro roller tersebut.

    Meskipun dari penggunaan vibro roller tersebut masih dalam skala kecil karena memang ukurannya tidak terlalu besar namun fungsinya sangat penting untuk menutup permukaan jalan berlubang menggunakan aspal. Tidak hanya itu saja karena semua akses untuk memanfaatkan vibro roller ini sangat membutuhkan operator berpengalaman sehingga hasil akhirnya benar-benar memberi solusi dalam menutup jalan hingga melakukan pemadatan tanah dengan ukuran tertentu ataupun skala tertentu.

    Read More
  • 23/09/2018 - Indo Autozone
    Tips Cerdas Membeli Sparepart Alat Berat yang Perlu Anda Ketahui

    Supaya sebuah alat berat bisa berfungsi dengan baik serta tidak mudah mengalami kerusakan maka sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan sparepart atau suku cadang yang digunakan. Sebetulnya suku cadang tersebut tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada kendaraan bermotor. Namun untuk suku cadang alat berat tersebut biasanya disesuaikan dengan masing-masing jenis alat berat karena terdapat berbagai jenis alat berat yang saat ini banyak digunakan untuk sebuah proyek mulai dari dozer, loader hingga excavator atau bego. Selain itu, suku cadang alat berat tersebut juga terdiri dari berbagai merk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. 


    Seiring dengan semakin tingginya penggunaan alat berat maka semakin tinggi pula permintaan terhadap sparepartnya. Tak heran jika kini banyak merk suku cadang alat berat yang hadir di pasaran dan membuat Anda semakin bingung untuk memilihnya. Sebagai solusi, Anda bisa mendatangi teknisi atau supplier alat berat untuk memperoleh informasi suku cadang yang sesuai dengan spesifikasi alat berat. Untuk memudahkan Anda saat membeli sparepart alat berat maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tipsnya untuk Anda.

    Tips membeli onderdil alat berat

    1. Kebutuhan
    Sebelum Anda membeli sparepart alat berat, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kebutuhannya untuk perbaikan atau penggantian. Periksalah kriteria suku cadang yang Anda butuhkan dan jangan anggap remek karena harga suku cadang tersebut memang tidaklah murah. Bila Anda salah beli maka akan membuat Anda rugi dan membuang uang begitu saja karena suku cadang tersebut akhirnya tidak terpakai.

    2. Mengecek Spesifikasi
    Sebelum membeli suku cadang sebaiknya silakan cek terlebih dahulu spesifikasinya terutama jika Anda ingin mengganti yang lama dengan yang baru. Untuk memudahkan Anda saat membeli maka silakan catat spesifikasi suku cadang yang lama sehingga Anda tidak akan salah saat membeli.

    3. Membandingkan Harga
    Ketika Anda sudah menemukan suku cadang yang Anda butuhkan maka lakukan perbandingan harga terlebih dahulu dari toko satu ke toko lainnya. Perbandingan harga ini bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan merk serta kualitas yang sama. Dengan demikian Anda bisa menghemat budget pembelian suku cadang alat berat yang sesuai dengan kebutuhan.

    4. Mengecek Keaslian
    Saat ini memang semakin banyak sparepart tiruan atau palsu yang dibuat oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Untuk itulah sebagai konsumen Anda harus cermat dengan memeriksa keaslian suku cadang tersebut sehingga Anda tidak dirugikan karena salah membeli barang tiruan.

    5. Ketersediaan dan Waktu Pengiriman
    Sebelum membeli sebaiknya pastikan terlebih dahulu ketersediaan suku cadang tersebut serta waktu pengirimannya. Bila suku cadang yang Anda butuhkan ternyata stoknya tidak tersedia maka Anda harus menunggu lebih lama hingga stoknya tersedia lagi.

    6. Memilih Supplier Terpercaya
    Dalam membeli suku cadang alat berat, sebaiknya jangan mudah tergiur oleh harga murah yang belum tentu bisa menjamin kualitasnya. Untuk itulah pastikan memilih supplier yang resmi karena bisa dipastikan terbukti terpercaya dan berpengalaman. Selain itu, supplier yang resmi sudah pasti menyediakan suku cadang yang asli sehingga bisa disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan alat berat yang Anda gunakan.

    Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai tips membeli sparepart alat berat yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Melalui penjelasan di atas kini bagi Anda yang membutuhkan suku cadang alat berat maka pastikan lebih cermat dalam membeli. Dengan demikian Anda bisa memperoleh suku cadang yang asli, berkualitas dan pastinya lebih terjangkau.

    Read More
  • 23/09/2018 - Indo Autozone
    Inilah Alasan Kenapa Banyak Operator yang Memilih Bego Alat Berat

    Saat ini kebanyakan operator alat berat banyak yang memilih excavator atau bego dibandingkan dengan jenis alat berat lainnya. Tentunya pilihan operator tersebut bukan tanpa alasan karena operator memilih bego alat berat untuk dijadikan pedoman stAndar seorang operator alat berat. Sebab ternyata bila seorang operator alat berat bisa menjalankan dan menguasai bego maka nantinya ia bisa menguasai dan mengoperasikan alat berat lainnya. Tentu saja hal ini sangatlah penting untuk diketahui sebab saat ini alat berat semakin banyak dibutuhkan karena memberikan banyak keuntungan dalam sebuah pekerjaan proyek. 


    Sebetulnya selain bego, terdapat pula bulldozer yang memiliki kelas di atas bego. Dengan demikian jika seorang operator alat berat bisa mengoperasikan sebuah bulldozer dengan baik maka bisa dipastikan ia juga lebih mudah mengoperasikan serta menguasai alat berat lainnya termasuk bego. Namun operator alat berat lebih banyak yang memilih belajar mengoperasikan bego alat berat dibandingkan dengan bulldozer.

    Alasan penggunaan bego dbanding alat berat lainnya

    1. Tampilan Visual yang Menarik
    Perlu Anda ketahui bahwa secara visual bego alat berat mempunyai tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan jenis alat berat lainnya. Untuk itulah ketika mengoperasikan bego maka seorang operator akan terlihat lebih keren. Terlebih badan operator juga lebih bersih dan rapi meskipun harus mengoperasikan alat berat hal ini karena operator senantiasa terlindungi dari hujan, panas maupun debu.

    2. Bego Nyaman di Badan
    Orang yang mengoperasikan bego biasanya akan merasa lebih nyaman sebab alat ini tidak akan berjalan kemana-mana tidak seperti jenis alat berat lainnya. Ketika mengoperasikan alat berat ini, operator hanya perlu duduk sambil mengoperasikan bego. Tentu saja badan operator tidak akan merasa letih bila dibandingkan dengan mengoperasikan jenis alat berat lainnya.

    3. Jumlah Operator Bego yang Belum Terlalu Banyak
    Untuk saat ini, jumlah operator bego alat berat memang terlalu banyak bila dibandingkan dengan operator alat berat lainnya. Hal ini disebabkan karena profesi menjadi operator bego dianggap belum pasaran. Dengan demikian profesi ini mempunyai kelebihan tersendiri dan pastinya memiliki peluang kerja yang lebih besar dibanding operator alat berat lainnya.

    4. Great yang Lebih Tinggi
    Menjadi operator excavator memang mempunyai great yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan operator alat berat jenis lainnya. Untuk itulah menjadi operator bego bisa memperoleh gaji yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan operator alat berat lainnya.

    5. Banyaknya Proyek Pembangunan
    Seiring berkembangnya zaman menjadikan semain banyaknya pembangunan berbagai jenis fasilitas yang membutuhkan bego sebagai salah satu peralatan penting. Tentunya semakin banyak permintaan terhadap bego maka peluang operator bego juga semakin besar sehingga memberikan keuntungan tersendiri.

    6. Fungsi Bego yang beragam
    Saat ini bego tidak hanya digunakan untuk penggalian tanah atau bebatuan saja tetapi juga pengolahan lahan, alat pemancangan dan alat pemindah material dalam sebuah proyek. Dengan semakin banyaknya fungsi bego maka jumlah permintaan terhadap bego juga kian meningkat sehingga pekerjaan akan semakin mudah dan cepat selesai jika dibandingkan dikerjakan menggunakan tenaga manusia.

    Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai alasan kenapa operator alat berat banyak yang memilih bego alat berat dibandingkan dengan alat berat lainnya. Berdasarkan alasan-alasan di atas kini penggunaan bego memang semakin banyak sebab fungsinya yang semakin besar serta banyak keuntungan yang dirasakan oleh para operator bego. Tak heran jika kini bego menjadi favorit banyak operator maupun kontraktor proyek.

    Read More
  • 23/09/2018 - Indo Autozone
    Pertimbangkan Hal Berikut selain Harga Ban Reach Stacker saat Belanja

    Bagi para pekerja di area pelabuhan yang seringkali berhubungan dengan kegiatan bongkar muat kontainer ataupun peti kemas pastinya sudah cukup familiar dengan kendaraan alat berat yang satu ini. Reach Stacker merupakan sebuah kendaraan alat berat yang digunakan untuk menumpuk kontainer secara vertikal yang dituntut untuk bisa bergerak lincah saat mengangkut beban. Salah satu penunjang kendaraan tersebut supaya bisa tetap stabil adalah ban yang digunakan. Ketika ban reach stacker mulai menunjukkan kinerja yang tak prima maka mau tak harus segera menggantinya. Sekedar diketahui harga ban reach stacker pastinya juga tak murah. Inilah mengapa penting untuk memiliki beberapa pertimbangan saat akan membeli ban alat berat tersebut.


    Hal-hal yang menjadi pertimbangan untuk membeli ban

    Meski harga ban reach stacker menjadi salah satu pertimbangan penting saat memilih produk ban tersebut, hal ini bukan berarti bahwa harga menjadi satu-satunya pertimbangan saat akan membeli ban alat berat tersebut. Ada beberapa pertimbangan lain yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

    Dalam belanja produk ban, sangat penting untuk memperhatikan spesifikasi dari ban yang Anda butuhkan. Ban depan ataupun ban belakang dari alat berat yang satu ini memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda sehingga spesifikasi yang dibutuhkan pastinya juga berbeda. Spesifikasi yang dibutuhkan mencakup ukurannya, tingkat ketebalannya, daya tahannya, serta beberapa faktor lain yang memang sesuai dengan kebutuhan dari alat berat tersebut. Pastikan produk ban yang dipilih sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Ini akan lebih menjamin kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara saat mengoperasikan kendaraan tersebut. Meski harga ban reach stacker terbilang mahal ketika Anda bisa menemukan produk dengan spesifikasi yang tepat maka harga tersebut sangatlah sebanding.

    Pastikan untuk membeli ban reach stacker di supplier ataupun distributor ban yang terpercaya. Saat ini, Anda mungkin bisa menemukan beberapa penyedia produk ban terutama untuk alat-alat berat seperti reach stacker. Namun demikian, tak semua penyedia ban mampu memberikan produk serta pelayanan berkualitas terbaik. memilih untuk belanja di supplier ataupun distributor ban terpercaya, selain bisa mendapatkan penawaran harga ban reach stacker yang lebih masuk akal, ini juga akan lebih menjamin kualitas produk yang tersedia. Bukan hanya itu saja, keuntungan Anda belanja ban di supplier yang terpercaya adalah Anda bisa mendapatkan jaminan ketersediaan stok dengan kualitas terbaik karena bagaimanapun supplier serta distributor terpercaya sangat berkomitmen untuk memberikan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

    Masalah harga ban reach stacker pun penting menjadi pertimbangan. Setelah Anda mengetahui produk ban seperti apa yang Anda butuhkan, Anda mungkin mendapatkan beberapa penawaran harga yang berbeda dari sejumlah supplier. Dalam hal ini, sebelum mengambil keputusan untuk berbelanja, Anda bisa melakukan perbandingan dari satu supplier ke supplier lainnya untuk mendapatkan penawaran terbaik. Anda mungkin akan menemukan penawaran harga ban yang cukup terjangkau. Namun sebelum Anda mengambil keputusan, Anda sebaiknya juga memeriksa apakah harga yang ditawarkan tersebut sudah mencakup mounting, balancing, ataupun lainnya. Bila belum, Anda bisa membandingkannya dengan supplier lain.

    Menemukan produk ban untuk berbagai kendaraan alat berat mungkin tidak semudah mencari ban untuk kendaraan bermotor lainnya. Selain spesifikasi yang khusus, harga ban alat berat juga terbilang cukup mahal. Tentunya, untuk mencegah kekeliruan saat memesan, pastikan untuk selektif dalam memilih supplier. Selain itu, memahami spesifikasi yang dibutuhkan juga sangat penting untuk dilakukan. Ini akan membuat Anda akan tetap puas meski harus membayar mahal atas harga ban reach stacker yang Anda beli.

    Read More
  • 21/09/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Apa itu Excavator

    Ketika mendengar kata excavator mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi. Namun demikian, nyatanya masih sedikit orang yang benar-benar memahami seperti apa alat berat tersebut. Inilah mengapa tak ada salahnya membahas tentang salah satu alat berat yang sering dijumpai di area proyek konstruksi tersebut mulai definisinya, bagian atau komponennya, cara kerjanya, dan lainnya. Ekskavator sendiri bekerja menggunakan sistem hidrolik sehingga alat ini juga dikenal dengan sebutan ekskavator hidrolis. Namun, memang lebih umum dikenal dengan istilah ekskavator saja.


    Excavator merupakan salah satu dari jenis alat-alat berat yang secara spesifik sebagai salah satu peralatan konstruksi. Biasanya alat berat yang satu ini digunakan untuk menggali serta memuat tanah ke truk pengangkut. Alat berat ini juga bisa digunankan untuk mencabut tanggul, memecah batu, proyek pembongkaran aspal, ataupun lainnya. sebenarnya ada alat konstruksi lain yang memiliki bentuk hampir sama dengan ekskavator yang disebut sebagai backhoe atau beko. Dengan bentuk yang terlihat mirip, tak heran bila sebagian orang menganggap beko sebagai ekskavator.

    Beko sendiri selain memiliki bentuk yang mirip dengan ekskavator, alat berat ini juga dilengkapi dengan bucket pada bagian belakangnya. Bucket inilah yang berfungsi sebagai pendorong tanah sehingga mirip dengan bulldozer. Bucket tersebut juga bisa digunakan untuk mengangkut ataupun memuat tanah ke truk pengangkut. Namun dari beko dan ekskavator yang cukup membedakan adalah ruang operator ekskavator mampu berputar hingga 360 derajat sedangkan pada beko tidak.

    Penggunaan ekskavator ini dinilai lebih efektif dan efisien untuk melakukan sejumlah pekerjaan terutama di bidang penggalian dibandingkan saat menggunakan tenaga manusia secara manual. Selain itu, dengan desain ekskavator yang memang dirancang untuk berbagai pekerjaan di segala medan pastinya memudahkan dalam melakukan sejumlah pekerjaan. Saat ini, ukuran excavator yang tersedia lebih beragam karena kebutuhan yang juga bervariasi.

    Empat ukuran ekskavator yang harus diketahui

    • Ekskavator mini yang biasanya digunakan untuk beberapa pekerjaan penggalian skala kecil seperti plumbing, landscaping, ataupun penggalian saluran.
    • Ekskavator kecil yang juga bisa digunakan untuk penggalian skala lebih besar. Biasanya digunakan di lapangan konstruksi.
    • Ekskavator sedang memiliki fungsi tak jauh berbeda dengan ekskavator kecil.
    • Ekskavator supersize yang biasanya digunakan di area pertambangan.

    Masing-masing jenis dan ukuran ekskavator yang tersedia menyesuaikan kebutuhannya. Ketika area konstruksi memiliki area yang cukup sempit dan tidak memungkinkan untuk menggunakan ekskavator berukuran sedang maka bisa menggantinya dengan ekskavator yang kecil.

    Secara umum, sebuah alat berat excavator terdiri dari tiga bagian utama yaitu work equipment yang merupakan bagian tuas dan berfungsi untuk memuat serta menggali atau menggaruk, upper structure meruakan bagian kabin atau ruang operator, mesin, dan lainnya, serta lower structure merupakan bagian bawah yang berupa track serta rangkaian mekanik untuk penggerak. Pada area lower atau bawah pada alat berat ekskavator tidak selalu menggunakan jenis crawler.

    Biasanya jenis crawler digunakan di lapangan konstruksi termasuk area dengan tanah lembek dan basah. Selain itu, ekskavator juga bisa menggunakan jenis roda terutama untuk area perumahan ataupun perkotaan sehingga tidak merusak jalanan yang dilalui. Tentunya baik yang jenis crawler ataupun wheel (roda) memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya. Hanya saja, kedua jenis ekskavator tersebut tersedia untuk memungkinkan penggunaan alat berat tersebut di berbagai medan. Dengan tersedianya beberapa jenis dan ukuran excavator yang ada akan semakin memudahkan pekerjaan manusia terutama di bidang konstruksi.

    Read More
  • 20/09/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Alat Berat Tire Roller

    Berbagai macam bentuk ataupun produk alat berat kini semakin banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Sampai detik ini setiap konstruksi pastinya memiliki proses dan perencanaan secara matang, oleh sebab itu jenis alat berat tire roller masih sering digunakan untuk menghadirkan berbagai macam manfaat utamanya. Biasanya jenis alat berat tertentu disesuaikan dengan tujuan serta fungsinya sehingga dapat bekerja maksimal.


    Jenis alat berat tire roller ini memang menghadirkan ciri khas menarik hingga berbeda dengan jenis alat berat lainnya. Maka dari itu siapa saja yang tertarik ingin menggunakan tire roller ini sebaiknya cermati dahulu seperti apa fungsi serta kriteria sampai spesifikasinya.

    Alat Berat Tire Roller

    Pada umumnya jenis alat berat tore roller ini masih bisa digunakan untuk pekerjaan penggilasan bahan granular kemudian masih bisa digunakan untuk penggilasan lapisan hit mix. Maka dari itu banyak kalangan menyebutkan perangkat satu ini sebagai penggilas antara yang mana memberikan hasil lebih sempurna.

    Tidak hanya itu saja, untuk bagian roda penggilasnya juga terdiri dari roda dengan bahan dasar karet yang kemudian dipompa atau disebut penumatic. Untuk susunan roda bagian belakang dan depannya memperlihatkan keunikan menarik karena dibuat dengan sistem selang-seling sehingga bagian yang tak tergilas pada roda depan akan digilas langsung oleh roda bagian belakangnya. Oleh sebab itu kenapa jenis tire roller ini bisa dikatakan menarik dan efektif dalam proses penggilasan tanah karena memang memperlihatkan kemampuan roda lebih efektif.

    Untuk sebuah perangkat berat tire roller ini masih dibagi menjadi beberapa konfigurasi terutama pada bagian rodanya. Kini jumlah roda pada alat berat ini mencapai 9 sampai 19 buah dengan komposisi pada 9 buah terbagi menjadi 4 roda depan kemudian 5 roda di bagian belakang. Sedangkan dari komposisi 11 buah roda terbagi menjadi 5 roda depan kemudian 6 roda belakang. Masih ada lagi komposisi roda mencapai 13 buah yang mana terbagi menjadi 6 roda depan kemudian 7 roda belakang. Sedangkan dari tekanan yang dihasilkan terhadap permukaan tanah masih bisa diatur dengan mengandalkan pengubahan di sektor tekanan ban.

    Ternyata masih ada kriteria ataupun fungsi menarik yang mana sebuah perangkat berat tire roller ini mampu menghadirkan tekanan ban cukup besar dimana semakin besar tekanan ban maka tekanan yang terjadi pada bagian tanah akan semakin besar pula. Kemudian pada bagian sumbu roda bisa bergoyang ataupun bersifat fleksibel sehingga dapat mengikuti kontur permukaan tanah hingga akhirnya mampu memperbesar kneading action.

    Mungkin masih banyak masyarakat belum terlalu memahami seperti apa karakter sampai spesifikasi sebuah perangkat berat tire roller ini, akan tetapi tekstur tanah menjadi faktor penting dalam menentukan jenis roda tire roller apa yang digunakan. Kita bisa melihat bahwa sifat dari tekanan ban yang semakin besar maka tekanan pada tanah akan semakin besar juga menjadi salah satu karakter alat berat yang wajib dipahami oleh setiap kalangan. Maka dari itu segala macam keunggulan dari tire roller ini diharapkan bisa memberi solusi terbaik kepada siapa saja termasuk kontraktor yang sekarang membutuhkan perangkat alat berat terbaik untuk mempercepat kerja mereka.

    Dengan adanya tire roller tersebut diharapkan semua kebutuhan konstruksi dalam hal pengerasan jalan ataupun memadatkan permukaan tanah bisa dijalankan lebih efisien hingga akhirnya proses pembangunan dapat berjalan lebih cepat hingga menghadirkan kualitas terbaik.

    Read More
  • 19/09/2018 - Indo Autozone
    Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsinya

    Dalam bidang kontraktor ataupun konstruksi pastinya terdapat berbagai macam jenis alat berat yang digunakan untuk berbagai fungsi utama. Dengan bantuan alat-alat berat tersebut semua aktivitas konstruksi bisa dilakukan lebih cepat sehingga siapa saja termasuk pengembang akan lebih mudah dalam mengatur serta merancang bahan-bahan lainnya hingga mempercepat proses pembangunan. Oleh karena itu Anda harus mengerti seperti apa klasifikasi alat-alat berat tersebut berdasarkan fungsinya.


    Baca Juga: Tips Memilih Alat Berat Sesuai dengan Kebutuhan


    Setiap alat berat memiliki fungsi tertentu sehingga siapa saja sanggup mendapatkan pengalaman menarik dalam hal menggunakan alat berat sesuai klasifikasinya ataupun fungsinya. Maka dari itu agar Anda lebih mengerti bagaimana fungsi alat berat berikut ada informasi yang penting.

    Peralatan Pengolah Lahan

    Pertama ada peralatan berat yang mana sering digunakan untuk mengolah lahan dengan kondisi tertentu. Biasanya alat pengolah lahan ini digunakan untuk membuka lahan baru ataupun memberikan ruang baru untuk dijadikan tempat pembangunan. Sedangkan dari spesifikasinya memiliki perbedaan yang dilihat dari sisi rodanya ataupun bentuknya. Dari ketersediaan pengolah lahan bisa terdiri dari beberapa perangkat mulai dari swamp bulldozer, wheel tractor dozer, dozer, crawler tractor dozer, dan scraper. Untuk bentuk dan ukuran peralatan dalam pengolahan lahan biasanya cukup besar sehingga proses pembukaan lahan ataupun pengolahan tanah bisa dilakukan lebih cepat.

    Peralatan Penggali

    Selain ada alat berat untuk mengolah lahan baru, juga tersedia peralatan penggali tanah dan sering dikenal dengan sebutan excavator. Adapun beberapa peralatan berat memang digunakan menggali tanah serta bebatuan bahkan tersedia juga beberapa pilihan mulai dari front shovel, dragline, backhoe, dan clamshell. Tentu saja konstruksi dari peralatan berat untuk menggali tanah ini memiliki ciri khas yakni terdapat sebuah bagian untuk mengeruk tanah ataupun batu dalam kapasitas besar sehingga prosesnya lebih mudah.

    Peralatan Pengangkut Material

    Terdapat peralatan berat yang sering digunakan untuk pengangkut material atau masuk dalam kategori pengangkut material yang biasanya dilakukan secara vertical ditambah lagi bisa memindahkan secara horizontal dalam jarak yang relatif kecil. Maka dari itu adapun beberapa peratan masih digunakan mulai dari belt, wagon dan truck. Dari beberapa peralatan berat tersebut masih memerlukan peralatan tambahan yang bisa digunakan untuk membantu memuat material ke dalamnya.

    Peralatan Pemadat

    Masih terdapat alat berat berupa peralatan pemadat ataupun penimbunan tanah dimana sangat penting untuk proses pembangunan jalan. Proses pengerasan tanah menggunakan peralatan pemadat akan dikerjakan lebih cepat kemudian masih terdapat beberapa alat pemadat mulai dari penumatic tired roller, tamping roller, hingga compactor dan masih ada lainnya. Biasanya proses pembangunan landasan pesawat terbang, jalan raya, kemudian tanggul sungai dan lainnya memang butuh peralatan tersebut sehingga dapat memberikan akses lebih optimal.

    Peralatan Pemindahan Material

    Untuk peralatan pemindahan material memang masih bisa digunakan bahkan terdapat beberapa alat untuk transportasi hingga dapat memindahkan material ke peralatan lainnya. Jenis alat berat yang digunakan untuk pemindahan material ini terdiri dari dozer dan loader sehingga cocok digunakan sebagai alat pemindahan material.

    Jadi sudah bisa kita lihat bahwa masih ada berbagai macam peralatan berat tambahan yang sekarang digunakan untuk memperlancar proses konstruksi. Untuk setiap alat berat pastinya memiliki fungsi masing-masing sehingga siapapun akan merasakan seperti apa peluang lebih mudah dalam membangun sebuah konstruksi mengandalkan banyaknya peralatan berat tersebut. Informasi di atas semoga bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang masih penasaran untuk mengenal seputar peralatan berat dan lainnya.

    Read More
  • 18/09/2018 - Indo Autozone
    Pengaruh Mengganti Ukuran Ban Crane

    Banyak orang seringkali menyukai untuk melakukan penggantian suku cadang ataupun modifikasi di bagian tertentu pada kendaraan yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan mengganti velg ataupun ban kendaraan dari ukuran standar yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan menjadi lebih kecil ataupun lebih besar. Dan penggantian ukuran ban tidak hanya dilakukan terhadap kendaraan bermotor seperti mobil pada umumnya melainkan juga pada beberapa kendaraan alat berat seperti crane. Sebenarnya, apakah penggantian ukuran ban ataupun velg tersebut memiliki pengaruh secara khusus pada kinerja kendaraan. Berdasar dari ahli otomotif, perubahan ukuran ban crane tentu memiliki efek secara langsung pada kendaraan tersebut.


    Seiring dengan perkembangan teknologi, kendaraan alat berat yang tersedia pun hadir dalam berbagai ukuran dan kebutuhan. Tentunya, untuk mendukung kenyamanan dan keamanan alat-alat berat tersebut juga disediakan sejumlah suku cadang dan komponen termasuk ban yang tersedia dalam beberapa ukuran ban crane yang sesuai dengan kebutuhan. Namun demikian, tak sedikit yang kurang memahami bahwa mengganti ukuran ban bisa berpengaruh secara langsung terhadap kinerja dari kendaraan tersebut.

    Faktor ban yang akan mempengaruhi kinerja kendaraan

    Pertama, ini akan berpengaruh pada akselerasi kendaraan. Ketika ban crane diganti dengan ban yang memiliki tapak lebih besar maka luas bidang gesekannya pun akan semakin bertambah. Hal ini akan membuat akselerasi kendaraan menjadi berkurang terlebih pada tarikan awal yang terasa semakin berat, namun demikian, ketika tapak ban dibuat menjadi kecil, ini juga akan membuat kendaraan memiliki tarikan yang lebih ringan. Akan lebih baik bila ukuran ban cranee yang digunakan tetap menyesuaikan dengan ukuran yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan untuk mendapatkan akselerasi yang pas.

    Kedua, penggantian ukuran ban crane juga bisa berpengaruh terhadap masalah pengereman. Bila tapak ban menjadi lebih besar akan menyebabkan akselerasi menjadi berkurang, namun ini ternyata bisa membuat pengereman menjadi lebih baik dan efektif. Namun ketika ban memiliki tapak yang lebih tipis, ini menjadikan gesekan menjadi lebih sedikit sehingga untuk melakukan pengereman dibutuhkan jarak serta waktu yang lebih banyak. Meski demikian, memilih ukuran ban yang sesuai tentu akan lebih baik untuk mendapatkan efektifitas dan serta kinerja pengereman yang optimal.

    Ketiga, mengganti ban crane dengan ukuran yang berbeda dari ukuran yang direkomendasikan pabrikan kendaraan juga bisa berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. Ketika ukuran ban diperbesar maka ini akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk menggerakkan ban sehingga konsumsi bahan bakarnya pun akan lebih besar bila dibandingkan untuk menggerakkan ban yang berukuran standar ataupun lebih kecil.

    Keempat, penggunaan ban dengan tapak yang melebihi standar dari pabrikan kendaraan bila tak diikuti dengan jarak pijaknya maka ini akan menambah lebar posisi tapak ban secara keseluruhan. Hal ini akan membuat radius putar kendaraan juga akan bertambah. Bila salah dalam memperhitungkan maka saat kendaraan berputar maka akan rentan untuk menyangkut.

    Meski ukuran velg dan ban crane yang tersedia saat ini lebih bervariasi, memilih ukuran yang sesuai dengan rekomendasi dan standar pabrikan kendaraan tentu akan memiliki efek secara langsung pada unit kendaraan itu sendiri. Meski tidak semua modifikasi ataupun perubahan ukuran ban bisa berdampak buruk pada kinerja kendaraan, memilih ukuran yang paling sesuai dengan ukuran standar tentu bisa jadi pilihan yang lebih aman. Selain ukuran ban crane, yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti ban adalah kualitasnya yang terbaik untuk keamanan dan kenyamanan saat dipakai.

    Read More
  • 17/09/2018 - Indo Autozone
    Kenali Jenis dan Spesifikasi Truk Besar di Indonesia

    Perkembangan teknologi tentunya sangat berpengaruh terhadap industri yang ada saat ini. Salah satunya adalah dengan semakin beragamnya jenis-jenis truk pengangkut berukuran besar yang mampu memuat beban cukup besar untuk beragam kebutuhan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis truk besar yang digunakan untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan mulai konstruksi, pertambangan, perniagaan, dan lainnya. Namun, tidak semua truk tersebut bisa dijumpai di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis kendaraan truk dengan ukuran dan muatan besar yang bisa dijumpai di Indonesia dengan jenis dan spesifikasi yang berbeda. Mengetahui jenis dan spesifikasinya tentu akan memudahkan dalam mengenali jenis truk tersebut.


    Spesifikasi truk-truk yang ada di Indonesia

    - Truk Tronton
    Jenis truk besar yang satu ini bisa dikatakan sebagai truk terkecil di antara truk-truk bermuatan besar lainnya. Spesifikasi truk ini terdiri dari tiga sumbu roda serta memiliki dimensi tertentu. Panjang truk kisaran tujuh hingga sembilan meter. Beban muatan yang diperbolehkan untuk jenis truk yang satu ini bervariasi. Untuk truk bersumbu 3 kelas 2 maksimal muatan hingga 22 ton, sedangkan untuk kelas 3 maksimal muatannya adalah 20 ton. Ini berbeda dengan jenis truk bersumbu 4 yang mana kelas 2 total mualan adalah 30 ton dan kelas 3 adalah 26 ton.

    - Truk Kontainer atau Trailer
    Truk kontainer ataupun trailer juga termasuk salah satu truk besar yang ada di Indonesia. Jenis truk ini pada dasarnya ada dua yaitu kontainer 20 kaki serta kontainer 40 kaki. Keduanya memiliki dimensi yang berbeda yang mana truk deham 20 kaki memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan truk 40 kaki. Selain dimensinya yang berbeda, daya muat ataupun volume dari keduanya pun tentu berbeda. kemampuan mengangkut beban dari truk kontainer tergantung pada jumlah sumbu roda yang digunakan. Kisaran beban yang mampu diangkut adalah 20 hingga 27 ton.

    - Truk Molen
    Jenis truk yang satu ini juga menjadi salah satu truk pengangkut berukuran besar. Hanya saja, truk ini mengangkut material cor beton. Selain truk molen, truk ini juga dikenal dengan sebutan truk mixer karena memang memiliki fungsi untuk mencampurkan material cor beton. Truk ini terbagi menjadi dua jenis yaitu truk molen mini dan truk molen standar yang masing-masing memiliki volume berbeda. Dibandingkan dengan jenis truk besar lainnya, truk molen memiliki jarak tempuh paling pendek. Ini dikarenakan muatan dari truk ini berupa material cor beton yang bisa segera mengeras dalam waktu setidaknya dua jam.

    - Truk Wing Box
    Dari beberapa jenis truk besar yang ada di Indonesia, truk wing box merupakan jenis truk yang paling besar. Truk ini memiliki dimensi box yang cukup besar. Standarnya, box untuk truk ini memiliki panjang 8.85 meter, lebar 2.4 meter, dan tinggi 2.1 meter yang mana ini diukur dari bagian dalamnya. Kapasitas truk ini mencapai volumer 34 kubik yang sanggup membawa beban sekitar 32 hingga 36 ton. Truk ini biasanya digunakan di area industri besar untuk mengangkut berbagai barang dari ataupun ke pabrik.

    Keberadaan jenis truk besar yang ada di Indonesia pastinya masih cukup kecil dibandingkan yang ada di luar negeri. Kebutuhan truk di negara ini masih terbilang belum cukup mendesak. Namun demikian, beberapa jenis truk berukuran besar di atas sudah terbilang cukup mewakili truk-truk yang ada di Indonesia. Jenis-jenisnya beragam yang terbagi lagi berdasar kapasitas muatan, konstruksi truk, termasuk ukurannya

    Read More
  • 15/09/2018 - Indo Autozone
    Laba Bisnis Sewa dan Jual Forklift

    Untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia alat berat pasti sudah mengenal yang namanya forklift. Forklift banyak digunakan sebagai alat angkut barang baik untuk kebutuhan indoor atau outdoor. Pilihannya disesuaikan dengan jenis transmisi baik manual atau automatic. Jika Anda punya modal besar Anda bisa menjalankan bisnis sewa dan jual forklift. Tentu saja, karena termasuk alat berat yang menunjang berjalannya sebuah bisnis maka bisnis ini juga akan sangat oke untuk dijalankan. Banyak pengusaha yang membutuhkan forklift untuk menunjang usaha yang mereka geluti. Tentu saja kapasitas perusahaan besar, gudang makanan, supplier atau kebutuhan outdoor seperti tambang tidak mungkin angkutan barang masih menggunakan system manual dengan tenaga manusia padahal jaman sudah semakin modern seperti sekarang. Selain tidak efisien dan memakan banyak waktu juga menghambat proses produksi dan kelangsungan bisnis. 


    Namun, kebanyakan perusahaan tidak selalu membeli forklift karena mereka merasa harganya masih sangat tinggi. Padahal untuk penggunaan jangka panjang, membeli justru lebih efisien karena nantinya juga bisa dijual kembali atau disewakan jika memang dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi. Untuk itulah kenapa potensi sukses jual forklift dan bisnis sewa ini masih terbuka cukup besar. Jika harga pasaran mencapai 200 jutaan per unit maka untuk menggaet pasar baru Anda bisa menjual dengan harga dibawah itu sehingga selisihnya saja sudah bisa membuat konsumen tertarik. Jika ingin membuat konsumen menjadi tergantung dengan Anda maka Anda juga bisa sekaligus menyediakan jasa sewa forklift. Disata nanti konsumen-konsumen Anda membutuhkan forklift baru maka Anda bisa menerima kembali forklift mereka untuk disewakan atau dijual dalam bentuk second.

    Jual forklift sendiri bisa memilih yang baru atau second. Untuk produk baru jelas saja masih sangat terjamin kualitasnya namun konsumen harus mau membayar harga lebih mahal karena semua komponen, spare part dan fisik benar-benar baru keluar dari pabrik. Kelebihan yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen disaat mereka memilih membeli produk baru dari Anda adalah bahwa garansi yang akan di dapatkan juga masih penuh dan mendapatkan jasa service sesuai dengan ketentuan yang ada. Harga jual setiap unit forklift sendiri berbeda berdasarkan tahun pembuatan / perakitan karena nantinya disaat alat tersebut rusak akan berhubungan dengan suku cadangnya. Semakin lama usia forklift tersebut maka jika terjadi kerusakan akan semakin sulit mendapatkan spare partnya dikarenakan sudah tidak produksi lagi.

    Tentukan harga pasar untuk forklift

    Agar bisnis jual forklift Anda laku keras maka ada baiknya Anda menentukan pangsa pasar sesuai dengan produk dagangan Anda. Tidak mungkin Anda menjual forklift tetapi ke mahasiswa atau ke pedagang tekstil yang tidak mempunyai pabrik. Namun bisa memilih menawarkan ke perusahaan dengan gudang besar seperti distributor, tambang, pabrik dan lainnya. Berikan beberapa penawaran sehingga konsumen bisa punya beberapa pilihan yang berbeda. Jelaskan juga spesifikasi dengan detail sehingga konsumen bisa paham dan benar-benar memilih forklift yang sesuai dengan kepentingan mereka. Untuk kebutuhan outdoor tawarkan manual forklift namun untuk kebutuhan indoor lebih baik Anda menawarkan automatic forklift. Yang membedakan adalah system transmisinya. Laba dari hasil bisnis sewa dan jual forklift jelas besar karena sebanding dengan besarnya modal yang Anda keluarkan diawal mendirikan usaha tersebut. Oleh sebab itu jika Anda menjalankan bisnis ini dengan baik maka keuntungannya juga akan lumayan. Dan bahkan bisa menambah asset untuk kemudian dijual kembali ke pasaran.

    Read More
  • 14/09/2018 - Indo Autozone
    Cara Menggunakan Forklift Manual dan Automatic

    Forklift banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan. Alat ini juga dikenal dengan nama lift truck yang kebanyakan dipakai untuk dunia perlogistican. Fungsi utama dari forklift adalah untuk mengangkut berbagai benda hingga digunakan sebagai sarana dan pra sarana transportasi. Forklift sendiri ada 2 jenis yaitu forklift automatic dan juga forklift manual. Pertama kali meluncur di pasaran adalah sekitar tahun 1906. Saat itu mulai di perkenalkan ke khalayak luas truk dengan baterai yang mampu mengangkat barang dari satu tempat ke tempat lain. Nah karena dunia semakin modern dan teknologi juga semakin canggih maka perkembangan teknologi forklift juga mengikuti. Walaupun memang focus forklift adalah untuk alat angkut dan transportasi namun tetap disisipkan teknologi untuk mendukung semuanya agar bisa mengikuti perkembangan jaman. 


    Tentu saja jika bicara mengenai cara menggunakan forklift manual dan forklift automatic keduanya akan berbeda. Sebelum Anda belajar bagaimana cara mengoperasikan mesin yang ada pada forklift.

    Bagian-bagian Forklift yang perlu diketahui oleh calon pengguna

    • Counterweight -> yang merupakan penyeimbang beban forklift itu sendiri dan posisinya berada di arah yang berlawanan dengan fork nya.
    • Mast -> dua besi berukuran tebal yang berhubungan dengan hydrolic. Fungsi utamanya untuk tilting dan juga untuk lifting barang.
    • Fork -> ini adalah bagian paling utama yang fungsinya untuk membawa dan menopang barang yang akan diangkat. Ukuran panjangnya kebanyakan sekitar 2,5 meter dan berbentuk besi dengan potongan lurus.
    • Overhead Guard -> ini adalah alat untuk melindungi pengemudi forklift yang tujuannya untuk mengantisipasi saat benda yang diangkut akan naik atau turun. Tidak hanya itu, fungsi lainnya adalah untuk melindungi saat sedang hujan atau saat cuaca cukup panas.
    • Carriage -> Ini adalah alat untuk menghubungkan antara fork dan juga mast. Fork akan terpasang langsung di carrier yang fungsinya untuk pengaman barang.

    Untuk forklift manual atau forklift automatic sendiri berhubungan dengan system transmisinya. Untuk yang transmisi manual bahan bakar yang digunakan berjenis solar. Kapasitas yang tersedia mulai dari angka 3 ton, 5 ton dan ada yang diatas kapasitas 8 ton. Untuk pedalnya seperti yang banyak digunakan di mobil yaitu terdiri dari rem, gas dan juga kopling. Forklift manual ini banyak digunakan untuk kebutuhan areal outdoor karena memang asap yang dihasilkan dari knalpotnya dan proses mengendarainya seperti saat Anda mengendarai mobil dan dilengkapi dengan roda yang berfungsi untuk membelok.

    Lalu ada bagian handle forklift yang berfungsi untuk persneling maju dan mundur lalu persneling bergambar kura-kura yang artinya adalah ada di posisi persneling 1 dan untuk gambar kijang ada di posisi persneling 2. Handle kiri yang ada di posisi kemudi untuk posisi naik turun dan juga cungkil. Yang membuat forklift manual menjadi berbeda dengan forklift automatic adalah tidak tersedianya tuas untuk bergerak maju dan juga mundur sehingga memang lebih rumit. Kemudian untuk jenis matic kebanyakan digunakan untuk area indoor karena tidak memproduksi asap dan polusi yang mengganggu. Lalu untuk jumlah roda nya juga ada 4 buah dan cara mengendarainya cukup mudah hanya tinggal memainkan pedal dan kopling atau rem nya saja. Pada forklift automatic tidak terdapat persneling gigi dan hanya butuh panel untuk bergerak maju dan mundur. Sangat praktis sekali kan? Untuk pilihan terbaik bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

    Read More
  • 14/09/2018 - Indo Autozone
    Tipe dan Harga Forklift Secara Umum di Pasaran

    Mencari forklift yang tepat untuk kebutuhan bisnis dan usaha anda memang membutuhkan pemahaman khusus yang berkesinambungan antara kebutuhan dan jenis mesin yang tersedia agar dapat menghasilkan produktifitas unggulan dan ongkos yang efektif. Dengan pemilihan selektif tersebut diharapkan anda bisa menyimpan sedikit uang dengan menekan ongkos belanja yang menyesuaikan fungsionalitas dan harga forklift dengan kebutuhan kerja. Hal ini dapat menghindarkan anda dalam membeli kendaraan forklift dengan fitur dan ukuran yang tidak sesuai yang dapat menjadi beban pengeluaran berlebih. 


    Oleh karena itulah, Anda perlu memahami tipe forklift apa saja yang pada umumnya tersedia di pasaran, berapa harga forklift, dan seberapa efektif mesin untuk pekerjaan Anda. Untuk mempermudah anda memahami jenis dan fungsionalitas forklift agar tak salah pilih, silahkan simak ulasannya berikut ini.

    Fungsi dan macam-macam forklift yang harus dipahami

    • Tipe Order Picker
    Untuk penggunaan lingkungan kerja seperti gudang barang dan retail, jenis forklift order picker mampu memudahkan operator dalam meraih barang yang tersimpan di rak setinggi 8 hingga 11 kaki. Tipe ini sendiri sebagian besar digunakan hanya untuk kebutuhan indoor ataupun luar ruangan yang telah memiliki lantai dari paving semen yang halus.

    Kapasitasnya sendiri memiliki rentang dari 180 kg hingga 320 kg, bahkan beberapa mesin sanggup membawa 1600 kg. Mengingat memang sengaja didesain hanya untuk muatan ringan dan penggunaan indoor, tipe order picker ditenagai dengan baterai dan seringkali sudah dipasangi dengan baterai yang dapat diisi ulang.

    Untuk segi biaya, harga forklift dengan tipe order picker ini memiliki rentang dari 44 jutaan 145 jutaan. Bagi anda yang ingin memperoleh kualitas prima dan terpercaya, harganya jatuh di kisaran 72 jutaan lebih.

    • Tipe Pallet Jack
    Masih memiliki lingkup kerja yang sama dengan tipe pertama untuk kebutuhan gudang, tipe pallet jack ini memang sengaja ditujukan untuk mempermudah pemindahan pallet barang saat diturunkan dari truk atau memindahkan muatan dari yang berada di lantai ke lokasi atau tempat lain sehingga tak menyediakan kapabilitas untuk pemindahan secara vertikal.

    Secara umum, ada dua jenis pallet jack yaitu elektrik dan manual. Keduanya mendukung muatan dengan beban 1360 kg hingga 1815 kg. Jenis manual merupakan tipe yang paling umum karena lebih mudah digunakan mengangkat dan juga lebih murah. Untuk ongkos pengadaan, harga forklift tipe ini biasanya berkisar antara 3,6 jutaan hingga 10 jutaan untuk model manual, sementara model elektrik dihargai sekitar 40 hingga 160 jutaan.

    • Tipe Reach Truck
    Tipe ketiga ini masih sama untuk penggunaan pemindah barang di gudang, hanya saja dilengkapi dengan kemampuan untuk menarik barang di rak penyimpanan dengan cara memasang garpu dan pengangkut yang dapat dipanjangkan. Truk forklif dengan single-reach dapat memanjang hingga jarak 1 pallet sementara forklift dengan double-reach mampu memanjang hingga dua jarak pallet atau peti kemas.

    Tak seperti halnya tipe order picker yang menawarkan beban muatan minim, reach truck ini sanggup memindahkan pallet dengan kapasitas beban dari 1130 kg hingga 2500 kg. kaki penyangga bagian depan mampu mendukung beban muatan hingga lebih dari 30 kaki. Harga forklift baru untuk tipe ini mulai dari 270 jutaan hingga 430 jutaan. Sementara yang bekas mulai dari 21 jutaan hingga 116 jutaan.

    • Tipe sit-down counterbalance
    Dari sekian tipe di atas, tipe inilah yang paling umum digunakan karena menyediakan kapasitas muatan tinggi baik dari segi ketinggian ataupun berat muatan. Karena alasan inilah banyak gudang penyimpanan hingga kebutuhan konstruksi menggunakannya.

    Dengan desain yang telah dipasangi beban pada kendaraan truk forklift ini, beban bodi belakang akan menjadi penyeimbang muatan berkapasitas tinggi yang dibawa pada bagian depan. Untuk muatannya sendiri sanggup membawa 1360 kg hingga 3630 kg. Kebanyakan model forklift tipe ini mampu mengangkat beban hingga ketinggian 10 sampai 15 kaki. Harga forklift baru dengan model elektrik berada di angka 360 jutaan, sedang untuk model IC berada di 720 jutaan.

    Read More
  • 13/09/2018 - Indo Autozone
    Kiat Pemilihan Ban Forklift yang Tepat

    Saat anda mengunjungi dealer atau website dari perusahaan forklift dan memilah-milah apa yang mereka tawarkan, anda mungkin akan menemukan beberapa truk pemindah barang ini digolongkan berdasarkan jenis ban yang digunakannya. Tipe ban truk pengangkat dan pemindah barang ini memang didesain untuk mendukung performa dan kinerja bagaimana mesin tersebut dipergunakan dalam lingkungan kerja. Secara umum terdapat tiga tipe ban untuk mesin ini, yakni ban pneumatic, ban karet solid, ban press-on solid, dan ban polyurethane.


    • Ban Pneumatic
    Ban pneumatic atau ban isi angin merupakan ban forklift yang paling umum digunakan dengan sebagian besar beban bertumpu pada angin bertekanan tinggi. Dibandingkan dengan tipe ban lain, jenis ban ini dibuat dari bahan karet tebal dan memiliki ulir yang lumayan dalam untuk meningkatkan kestabilan dan daya pakainya. Ban jenis ini sendiri dapat memperpanjang masa pakai mesin pemindah barang karena fleksibilitas dan suspensi yang dihasilkan oleh isi udara di dalamnya sehingga cocok untuk digunakan pada pemakaian berat dan permukaan medan yang kasar luar ruangan sekalipun.

    Hampir sebagian besar ban pneumatic ini dibuat dengan konstruksi ban bias, tapi ada beberapa yang menggunakan konstruksi radial sehingga membuat ban lebih lebar untuk kebutuhan angkutan intensitas tinggi. Ban tipe pneumatic juga membutuhkan ban dalam dan pelapisnya sehingga lumayan rentan akan tusukan dan bocor.

    Jenis-jenis Ban Forklift dan peruntukannya

    • Ban Karet Solid
    Ban jenis karet solid ini hampir mirip secara bentuk dengan ban pneumatic, hanya saja tanpa dukungan fleksibilitas yang disediakan oleh bantalan dan fleksibilitas angin di dalamnya. Dengan begitu, ban solid ini memiliki defleksi lebih rendah yang menghasilkan stabilitas lebih sebagai ganti hilangnya suspensi tadi. Karena alasan tersebut ban forklift solid lebih enak digunakan pada permukaan kerja yang rata. Daya tahannya terhadap tusukan dan kebocoran juga menjadikan ban ini akan tahan lebih lama.

    • Ban Press-on Solid
    Ban press-on solid merupakan ban karet yang dibuat dengan menyematkan pita metal di dalamnya. Sebagaimana namanya, ban jenis ini akan membutuhkan press ban hidrolik untuk memasang dan melepaskannya dari roda forklift. Tipe ban ini sangat unggul dalam hal daya tahan dan sangat rata sehingga memberikan dukungan keamanan lebih. Stabilitas dan daya kapasitas beban muatan yang dihasilkan tinggi namun memberikan lebih sedikit suspensi daripada ban solid biasa. Ban jenis ini juga membutuhkan pelek khusus yang tak bisa diganti dengan ban solid biasa ataupun ban pneumatic.

    • Ban Polyurethane
    Tipe terakhir yakni ban polyurethane yang secara mendasar merupakan sebuah ban press-on yang terbuat dari polyurethane atau sejenis plastik polimer. Ban ini menghadirkan sebuah pilihan tepat untuk ban ringan yang memiliki traksi mumpuni dengan resistansi rolling yang rendah. Ban tipe ini kebanyakan bisa ditemukan di berbagai jenis mesin pengangkut barang elektronik indoor. Ban ini dapat membawa beban lebih yang merupakan salah satu pertimbangan untuk menyeimbangkan berat yang dihasilkan baterai pada mesin. Layaknya ban press-on karet, ban press-on dari plastik polimer ini juga membutuhkan press ban untuk pemasangan dan pencopotannya.

    • Menyesuaikan Jenis Ban Forklift Untuk Kebutuhan di Lapangan
    Lokasi atau medan kerja yang spesifik akan menentukan ban forklift tipe apa yang cocok untuk menangani pekerjaan tersebut. Banyak mesin pemindah barang ini yang didesain hanya untuk ban tertentu dan tak dapat diganti dengan tipe lainnya, oleh karenanya pemilihan yang tepat tak bisa ditawar lagi. Mesin pengangkut outdoor memiliki kerja yang berkaitan dengan kerja berat yang butuh traksi dari ban pneumatic. Di sisi lain, mesin angkut elektrik yang berukuran lebih kecil digunakan untuk pekerjaan melewati lorong atau celah sempit yang membutuhkan ban polyurethane untuk radius belok yang pendek dan rolling traksi yang lembut.

    Read More
  • 13/09/2018 - Indo Autozone
    Kiat Pemilihan Ban Loader Alat Berat yang Tepat

    Loader hadir dengan berbagai tipe, mesin loader pada umumnya digunakan untuk mengumpulkan dan mengangkut bahan material seperti pasir, tanah, batu, aspal, dan lain sebagainya guna dilanjutkan pada truk untuk pemindahan jarak jauh. Mengingat pentingnya peran loader pada berbagai macam proses konstruksi dan pemindahan beban berat, pemilihan ban loader alat berat tentu saja tak bisa dianggap sebelah sehingga diacuhkan begitu saja. Tepatnya ban yang digunakan akan menjamin mesin untuk dapat beroperasi dengan seefektif mungkin dalam kondisi performa prima.


    Terdapat dua kunci utama dalam mempertimbangkan ban loader alat berat apa yang sesuai sehingga akan berdampak positif dengan meningkatnya produktifitas dan efektifitas kerja nantinya. Dua kunci utama tersebut yakni pemilihan tipe ban dan tipe alur yang akan digunakan untuk bekerja, sehingga sesuai dengan kebutuhan operasional kerja di lapangan.

    Tipe Ban Loader Alat Berat yang wajib diketahui

    Secara umum terdapat tiga tipe ban pada loader yang biasa digunakan untuk kebutuhan operasional kerja.

    • Ban Bias
    Tipe ban pertama untuk loader yaitu ban bias. Ban tipe ini dibuat dan dirancang dengan lapisan struktur berganda sehingga membuat bantalan ban lebih kokoh. Ban bias memiliki dinding ban bagian samping yang tebal dan mampu menahan sayatan serta bertahan dalam kondisi-kondisi ekstrim sekalipun.

    • Ban Radial
    Tipe ban kedua untuk loader ini didesain agar dinding samping dan ulir berfungsi secara independen. Dengan begitu, ban loader alat berat tipe radial menyediakan traksi, kendali, flotasi, dan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan ban loader berjenis bisa.

    • Ban Solid
    Tipe terakhir yakni ban solid yang sebenarnya salah satu tipe yang jarang digunakan. Tipe ban loader alat berat semacam ini sebagian besar hanya ditujukan untuk penggunaan alat berat untuk kebutuhan industri dan pembongkaran.

    Jadi berdasarkan spesifikasi tipe ban di atas, ban radial memenuhi kebutuhan akan pengendalian mesin dengan kecepatan tinggi, sedangkan untuk tipe bias lebih cocok untuk kondisi-kondisi medan yang sangat parah dan terjal. Akan tetapi, mesin loader yang menggunakan ban radial lebih mahal. Ketahanan ban radial berada di bawah bias dapat dimaksimalkan dengan penggunaan pada permukaan medan kerja yang bisa ditoleransi.

    Pola Ulir Pada Ban

    Pola ulir merupakan hal yang mendasar untuk desain sebuah ban karena tak hanya sebagai penghias saja namun juga memiliki fungsionalitas lebih dibaliknya. Dengan begitu bisa dipastikan jika operator memiliki traksi dan kendali maksimal akan mesin bertanya tersebut. Ban loader biasanya dikategorikan berdasarkan kedalaman ulirannya. Masing-masing kedalaman memang telah disesuaikan dengan lingkungan kerjanya.

    • Tanah halus dan berpasir
    Untuk medan seperti ini, ban grade L2 atau L3 dapat menjadi pilihan yang tepat. Ban L2 menawarkan tingkat traksi yang lebih tinggi dan kemampuan melunturkan pasir atau material lain yang melekat pada ban.

    • Penggunaan multifungsi
    Ban dengan desain ulir L3 akan menghadirkan resistansi yang lumayan baik ketika berada di medan bebatuan dan akan beroperasi dengan baik pula di berbagai kondisi medan yang tak terlalu ekstrim lainnya.

    • Pertambangan
    Untuk jenis lahan pertambangan, kondisi medan semacam ini memerlukan ban yang sanggup tahan akan bebatuan dan lahan yang tidak rata. Pola ulir dengan grade L5S ataupun L5 bisa menyediakan kebutuhan tersebut dengan menawarkan ulir yang memiliki kedalaman ekstra untuk mampu bekerja di kawasan pertambangan dan penggalian. Meski sebenarnya ban loader alat berat dengan ulir yang dalam secara umum memiliki harga lebih mahal, namun ban-ban jenis ini memiliki daya tahan yang lebih lama untuk menghadapi medan-medan terjal sekalipun.

    Read More
  • 12/09/2018 - Indo Autozone
    Panduan Kapan Mengganti dan Memilih Harga Ban Truk

    Setiap kendaraan tentu memiliki sebuah ban ideal baik dari segi harga dan kualitas untuk memaksimalkan performa dan tingkat keamanan saat digunakan berkendara, tak terkecuali dengan Truk. Penting sekali untuk memilih ban berkualitas pada rentang harga ban truk terbaik saat membeli ban baru agar sesuai dengan kebutuhan jelajah mesin tersebut kedepannya karena akan sangat berpengaruh terhadap performa.


    Tanda-tanda Anda Perlu Mengganti Ban Truk
    Saat memutuskan kapankah waktu yang tepat untuk mengganti ban truk anda, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa tanda-tanda berikut apakah terjadi pada ban truk anda.

    • Alur corak ban yang mulai menipis
    Masih bagus atau tidaknya alur corak pada ban truk merupakan salah satu pertimbangan apakah ban truk tersebut minta diganti atau belum. Jika sudah mulai menipis, ada baiknya cepat diganti. Hal ini penting karena saat berkendara di kondisi jalanan basah atau tanah basah, kemungkinan ban untuk selip akan lebih besar.

    • Banyak luka pada dinding samping ban
    Celah, sayatan, dan galur yang lumayan dalam pada dinding samping ban merupakan hal lain yang perlu diperhatikan. Luka-luka ban semacam ini bisa menyebabkan kebocoran yang parah hingga meledaknya ban saat digunakan.

    • Banyaknya tonjolan
    Seperti halnya celah yang mucul di dinding samping, kecacatan dalam bentuk benjolan atau lapisan yang menggelembung pada bagian samping ban akan memicu meledaknya ban.


    • Guncangan yang tak wajar
    Untuk kebanyakan driver truk yang telah berpengalaman, mereka tahu apakah truk yang mereka kendarai mengalami guncangan yang tak wajar. Meski guncangan semacam ini bisa ditimbulkan akibat banyak hal namun adanya ketidak seimbangan permukaan ban jadi akar permasalahan pada umumnya.

    • Kebisingan ban
    Jika anda mendengar suara-suara yang aneh dari ban anda mungkin ini salah satu indikasi ban anda sudah usang atau kekurangan tekanan. Suara semacam deruman perlu dicek kembali dan jangan diacuhkan untuk faktor safety.

    Cara Memilih Harga Ban Truk Terbaik yang Tepat Sesuai Kebutuhan

    Pemilihan ban yang tepat pada harga ban truk terbaik tak hanya melulu soal penyesuaian ukuran ban saja. Beberapa faktor berikut menjadi sebuah satu kesatuan yang tak bisa terlewatkan untuk mendapatkan ban truk yang pas.

    • Pahami kode ban
    Apakah anda pernah melihat kode berupa angka dan huruf yang tertera di bagian dinding samping ban? Kode-kode tersebut tak hanya untuk para mekanik yang mengganti ban anda, namun juga untuk anda sebagai konsumen sendiri. Ada beberapa informasi yang tertera dibalik kode tersebut untuk pertimbangan kesesuaian dan harga ban truk tersebut sebelum memutuskan mebelinya, seperti jenis ban, lebar ban, aspek rasio, jenis konstruksinya, ukuran diameter, load index, hingga tingkat kecepatan.

    • Efisiensi pada bahan bakar
    Dengan naiknya harga minyak dunia, para perusahaan ban juga telah melakukan beberapa peningkatan agar ban mereka memiliki efisiensi dalam hal konsumsi bahan bakar, salah satunya yakni hadirnya ban dengan rolling resistance rendah yang dapat mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

    • Jenis ban
    Tak hanya berpengaruh pada harga ban truk, jenis ban juga merupakan sebuah hal yang vital untuk kebutuhan daya jelajah medan anda nantinya. Untuk anda yang butuh penggunaan truk untuk saranan angkutan beban berat dan muatan di jalan aspal, ban trailer bisa jadi pilihan tepat. Sementara untuk daya jelajah yang lebih seperti menghadapi medan berbatu, tanah lunak, hingga, berlumpur, penggunaan ban truk jenis off-road akan menyediakan performa yang maksimal.

    Read More
  • 12/09/2018 - Indo Autozone
    Sekilas tentang Alat Berat Loader

    Alat Berat Loader (wheel loader) merupakan salah satu alat berat beroda ban (karet) yang dipengoperasikan dengan menggunakan sistem hidrolik, khususnya untuk pengoperasian bucket atau semacam ember atau sekop yang berukuran besar. Salah satu cara kerja alat berat loader sendiri mampu mengangkut material besar dan berat yang akan dimuat ke dalam dump truck untuk dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Hal itu dikarenakan tenaga hidrolik pada alat berat loader mempunyai tenaga yang sangat besar, sehingga bisa digunakan untuk mengeruk dan mengangkut material yang berukuran besar dan berat. Diketahui, saat ini pengoperasian bucket kebanyakan menggunakan sistem hidrolik, sedangkan pengendali lewat kabel saat ini sudah jarang digunakan lagi. 


    Fungsi Alat Berat Loader lainnya di antaranya membersihkan material di lokasi pekerjaan, penggusuran tanah jarak dekat, meratakan tumpukan tanah serta mengisi lobang atau galian tanah, mengambil bagian tanah yang tidak baik, dan menghaluskan atau meratakan permukaan bidang tanah.

    Contoh cara kerjanya yakni saat loader menggali material, bucket atau sekop didorongkan pada material yang ingin dipindahkan. Kemudian setelah bucket telah penuh, maka Alat Berat Loader berjalan mundur dengan bucket yang diangkat, lalu alat berat itu dijalankan menuju lokasi yang akan dituju untuk memindah material. Setelah itu menurunkan sekop dan memindahkan material tersebut.

    Bagian-bagian Penting dari Alat Berat Loader

    a. Bucket
    Bucket berbentuk ember atau sekop besar yang merupakan bagian untuk mengangkat material. Satu Alat Berat Loader memiliki beberapa jenis sekop. Misalnya satu Alat Berat Loader memiliki sekop untuk membawa material x, yang satunya untuk membawa materialnya.

    b. Cab
    Cab adalah suatu ruangan dari Alat Berat Loader yang di dalamnya terdapat tempat untuk menjalankan mesin. Cab ini biasanya mempunyai kursi, pintu, dan alat pengendali loader. Kebanyakan memiliki bilik kaca persegi di tengah loader yang pengendalinya bisa terlihat dari luar kendaraan tersebut.

    c. Lift Arm
    Lift Arm terpasang di depan loader dan di belakang ember Alat Berat Loader. Bagian ini berguna untuk mengangkat sekop ke depan dan belakang, serta ke atas dan ke bawah. Lift Arm berhubungan dengan silinder sekop, perangkat hidrolik yang digunakan untuk mendorong lengan.

    Ukuran Loader Bucket
    Ukuran bucket Alat Berat Loader sangat bervariasi, biasanya berukuran di antara 1/4 cuyd (terkecil) sampai dengan 25 cuyd sebagai kapasitas terbesar. Yang biasa dipakai, serta banyak yang tersedia adalah loader dengan ukuran bucket sampai dengan 5 cuyd.

    Bucket yang dipasang pada Alat Berat Loader biasanya memperhatikan ukuran yang proporsional. Itu bertujuan saat sekop penuh, badan loader tidak gampang terjungkal atau terguling. Biasanya, produsen sudah mengukurnya sedemikian rupa, sehingga ukuran sekop dan loader sangat proporsional.

    Kelebihan dan Kekurangan Alat Berat Loader

    a. Kelebihan Alat Berat Loader
    Kelebihannya di antaranya pergerakan atau mobilitas yang tinggi, maneuver yang maksimal, dan kerusakan bisa diminimalisir karena menggunakan ban karet.

    b. Kekurangan Alat Berat Loader
    Kekurangannya yakni dalam menempatkan material ke dalam dump truck atau lokasi tertentu terkadang kurang merata, atau material yang pindahkan menjadi miring. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor kemampuan operator. Bila operatornya mahir, maka pengoperasian Alat Berat Loader pun baik pula.

    Demikian sekilas tentang pengertian, fungsi, bagian-bagian, kelebihan dan kekurangan Alat Berat Loader. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda.

    Read More
  • 11/09/2018 - Indo Autozone
    Cara Berburu Harga Traktor Terbaik

    Saat ini, penjual traktor bertebaran di mana-mana. Namun sayangnya hanya sedikit penjual bisa memenuhi ekspektasi para pembelinya. Sebab, umumnya traktor yang berkualitas dibareng oleh harga traktor yang selangit. Padahal pembeli berharap jika ia mampu mendapatkan traktor terbaik dengan harga yang pas di kantong. Sebenarnya, ada banyak cara mendapatkan harga traktor yang murah dengan harga terbaik. Anda hanya perlu sedikit jeli saat memilihnya. 


    Hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam membeli traktor

    1. Pertimbangkan Daya Tampung Bahan Bakar
    Salah satu aspek yang perlu Anda perhatikan adalah memeriksa bagian daya tampung traktor yang akan dibeli. Jika harga traktor sangat murah namun memerlukan bahan bakar yang banyak, ini akan menjadi permasalahan baru. Bukannya menghemat pengeluaran, traktor ini akan membuat pengeluaran untuk bahan bakar menjadi lebih boros. Traktor yang baik dilihat dari bagaimana penggunaan bahan bakarnya. Semakin hemat bahan bakarnya, semakin baik pula kualitasnya. Maka dari itu disaranakan Anda membeli traktor dengan daya tampung yang hemat karena ini akan sangat menghemat pengeluaran Anda.

    2. Sesuaikan Harga dengan Kebutuhan
    Selain melakukan pengecekan tentang daya bahan bakar traktor, perhatikan pula harga traktor. Traktor yang terbaik adalah traktor yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan memaksakan keadaan jika Anda hanya membutuhkan traktor yang sederhana dan hemat bahan bakar. Saat memilih traktor, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan dana yang Anda miliki. Ada berbagai tipe traktor yang bisa dipilih diantaranya traktor mobil dan traktor manual. Jika menginginkan traktor yang agak murah, sebaiknya ambil traktor manual saja. Sebab, traktor mobil harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang manual.

    3. Cek Kelengkapan
    Sebelum deal membeli suatu barang, disarankan untuk melakukan pengecekan atas kelengkapan traktor. Jika Anda mendapatkan harga traktor murah, jangan langsung merasa bahagia. Cek terlebih dahulu kelengkapan seluruh traktor. Jangan sampai begitu sampai di rumah, ternyata ada baut yang tertinggal di toko.

    Saat melakukan kelengkapan ini, periksa pula kondisi segala traktor. Jika Anda kurang berpengalaman dengan hal ini, maka jangan ragu untuk membawa orang yang berpengalaman tentang traktor. Jika tidak, maka tanyakan pada pihak penjual mengenai bagian-bagian dan kelengkapan traktor.

    4. Jika Membeli Traktor Bekas
    Di zaman yang serba canggih ini, Anda pun bisa menghemat pengeluaran saat membeli traktor. Bagaimana caranya? Mudah, salah satunya ialah dengan mempertimbangkan untuk membeli yang second atau bekas. Jangan mengira bahwa barang yang bekas itu murahan. Sebab, jika lihai dalam memilih, Anda bisa mendapatkan harga traktor murah dengan kondisi barang yang masih bagus. Namun, jika Anda ingin berburu traktor bekas, ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah mengetahui dengan pasti mana mesin traktor yang masih bagus dan mana yang sudah tak layak pakai.

    5. Pilih Traktor Keluaran Lama
    Seiring berjalannya waktu, mesin traktor pun mengalami inovasi atau pembaharuan. Tentu jika ingin memiliki traktor model keluaran terbaru, Anda harus rela merogoh kocek yang tidak sedikit. Hal ini membuat traktor keluaran lama nampak lebih murah. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan harga traktor yang murah, pilihlah yang model keluaran lama.

    Harga traktor di pasaran sangat bervariasi sesuai dengan model, kapasitas dan kelengkapannya. Satu mesin traktor ada yang diharga sebesar 20 jutaan rupiah. Meskipun harganya terlihat fantastis, namun ini merupakan investasi jangka panjang untuk bisnis Anda. Semoga info di atas bisa berguna untuk Anda.

    Read More
  • 11/09/2018 - Indo Autozone
    Tips Merawat Traktor Quick

    Menjadi petani yang sukses tidaklah. Memang, keberhasilan panen sangat bergantung oleh musim atau cuaca. Namun, pengetahuan akan pertanian pun wajib dimiliki. Salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah mengetahui cara merawat traktor quick. Alat ini adalah alat yang wajib dimiliki oleh para petani. Sebab, dengan traktor ini, sawah bisa menjadi jauh lebih gembur dari sebelumnya. Jika lahan pertanian subur, ini akan memberikan dampak yang baik untuk hasil panen para petani. Sayangnya, tak semua petani memperhatikan tentang kondisi tractor quick yang dimiliki. Padahal, jika traktor yang dimiliki bermasalah, maka sawah pun akan terbengkalai. Di bawah ini ada beberapa tips bagaimana cara merawat traktor yang baik. Simak baik-baik.

    Cara merawat traktor agar tidak cepat rusak

    1. Lakukan Pengecekan Berkala
    Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik traktor quick adalah mengecek secara rutin sebelum Anda menggunakan traktor. Dengan adanya pengecekan ini, Anda akan mengurangi kemungkinan terburuk yaitu macet atau tidak berfungsinya saat digunakan. Bisa dibayangkan jika mesin traktor tiba-tiba mati saat digunakan. Alhasil, pekerjaan Anda akan terhambat.

    Sebaiknya sebelum menggunakan traktor, Anda harus memeriksa kekencangan baut-bautnya dan kondisi minyak pelumas pada traktor tersebut. Selain kedua bagian tersebut, kelengkapan-kelengkapan lainnya pun harus diperiksa.

    2. Menambah Bahan Bakar Traktor
    Tak hanya diwajibkan untuk memeriksa traktor, Anda sebagai pemilik pun disarankan untuk menambah bahan bakar maupun air yang dibutuhkan oleh traktor quick. Sama seperti kendaraan, traktor membutuhkan bahan bakar yang mencukupi. Jika bahan bakar habis, maka otomatis traktor macet dan tak bisa digunakan. Hal ini tentu akan membuat kondisi traktor cepat rusak jika berkali-kali macet karena kehabisan bahan bakar.

    Cara terbaik untuk memiliki traktor yang awet adalah dengan menambah oli hingga batas maksimal yang diperlukan. Anda juga perlu menambahkan air radiator apabila diperlukan. Selain menambah oli dan air, Anda pun harus mengurangi tekanan gas dalam ban jika memang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan ban yang terlalu keras akan membuat traktor tidak nyaman saat digunakan. Untuk itu, periksa pula kondisi tekanan ban apakah sudah pas atau belum.

    3. Pembersihan Rutin
    Langkah yang penting dan tak boleh dilewatkan adalah melakukan pembersihan rutin pada seluruh bagian traktor quick. Jika kondisi traktor kotor, Maka kotoran akan membuat performa traktor kurang maksimal. Sebagai contoh, jika tiba-tiba keluar asap hitam mengepul, bisa jadi bagian saringan udara traktor kotor. Mau tak mau jalan keluarnya adalah dengan membersihkannya. Maka dari itu, traktor perlu dibersihkan secara berkala agar performanya tetap baik dan tak mudah rusak.

    Ketika membersihkan traktor, Anda mungkin akan melakukan pembongkaran beberapa pada beberapa bagian traktor. Saat melakukannya, berhati-hatilah. Sebab, jika antara baut satu dengan baut lainnya mengalami pergesekan, bisa-bisa mesin Anda akan sedikit cacat dan mempengaruhi keawetan traktor quick. Maka dari itu, bersihkan secara hati-hati.

    Selain langkah-langkah di atas, Anda pun harus sedikit jeli dalam membuka atau menutup bagian traktor. Salah satu kasus yang sering terjadi adalah air aki yang ceat habis. Ini tentu sedikit mengesalkan karena Anda harus segera mengisinya jika ingin segera memakainya. Jalan keluarnya adalah dengan menutup tutup baterai dengan benar dan pastikan tutup tersebut tidak kendor. Kencangkan hingga aki tersimpan dengan baik.

    Jadi, itulah informasi mengenai cara merawat traktor quick yang harus Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

    Read More
  • 11/09/2018 - Indo Autozone
    Tips Agar Traktor Sawah Tetap Awet

    Traktor Sawah merupakan alat bantu pertanian yang sangat penting bagi para petani. Traktor Sawah adalah kendaraan yang didesain khusus untuk kebutuhan daya tarik (fraksi) tinggi dengan kecepatan rendah. Alat ini biasanya dipasangkan alat bantu pengolahan lahan pertanian, di antaranya aneka jenis bajak.


    Dengan gencarnya program kementerian pertanian terkait meningkatkan luas areal sawah untuk peningkatan produksi, maka keberadaan Traktor Sawah sangat diperlukan, khususnya para petani. Meskipun sebagian petani mampu menyediakan mandiri peralatan ini, namun banyak para petani kurang memperhatikan perawatan dan pemeliharaan beragam suku cadang Kurangnya perawatan ini membuat kondisi alat ini kerjanya tidak maksimal dan mudah rusak.

    Tips merawat spare part traktor sawah

    1. Periksa V-Belt
    Ketegangan V-Belt haruslah pas. Belt yang dipakai lama akan mengembang dan menyebabkan kendur, serta mudah terjadinya slip. Bila terlalu kencang, belt akan mudah rusak dan putaran mesin menjadi tidak normal.

    2. Periksa Mur dan Baut
    Sebaiknya sebelum dan sesudah penggunaan Traktor Sawah, mur dan baut harus diperiksa. Bila mir dan baut kendur, maka bisa berakibat bagian-bagian traktor lepas atau menimbulkan kerusakan yang berat.

    3. Periksa Tuas Kontrol
    Seluruh tuas kontrol/kendali haruslah beroperasi dengan baik. Dengan itu, pengguna traktor sawah juga dapat mengoperasikan dengan baik. Ada beberapa tuas kontrol yang dapat diatur pergerakannya, seperti kopling utama, kopling kemudi, gas, dan rem.

    4. Periksa Tekanan Ban
    Tekanan ban traktor haruslah standar yakni 16,5 psi. Diusahakan jangan terlalu keras atau kempes. Dan sebaiknya tekanan kedua ban harus sama agar seimbang.

    5. Periksa Bahan bakar
    Tangki traktor harus terisi cukup bahan bakar, dikarena tangki kosong akan menyebabkan masuknya udara ke saluran bahan bakar, dan menyebabkan traktor sulit dihidupkan. Saat traktor tidak dipakai atau disimpan, sebaiknya tangki jangan sampai kosong. Hal itu dapat menyebabkan pengembunan. Embun yang banyak akan berakumulasi dalam tangki, bila masuk ke dalam ruang pembakaran, maka akan merusak motor penggerak.

    6. Periksa Saringan Udara
    Biasanya Traktor Sawah bekerja di Medan yang berdebu dan menyebabkan saringan udara mudah kotor. Saringan udara haruslah dalam keadaan yang bersih, sehingga proses penyaringan tetap baik. Buka dan bersihkan saringan udara dengan rutin dan berkala. Bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran harus betul-betul bersih, karena bila kotor akan menyumbat lubang nozel.

    7. Periksa Sistem Pendingin
    Periksalah keberadaan air dan kebersihan ram radiator secara berkala, karena motor traktor biasanya menggunakan sistem pendingin air sebagai pendinginnya, baik tipe kondesor maupun kondensor.

    8. Beri Pelumas
    Pada traktor sawah, ada bagian-bagian perlu diberi pelumas. Ditujukan agar tidak menimbulkan gesekan dan menimbulkan panas. Bagian-bagian yang perlu diberi pelumas di antaranya bagian dalam motor dan gigi transmisi. Kedua bagian itu harus diberi pelumas berkala agar kinerja traktor dapat maksimal.

    9. Periksa Implemen
    Implemen traktor yang akan dioperasikan harus betul-betul siap. Kelengkapan implemen perlu diperiksa secara berkala. Implemen yang bergerak harus diberi pelumas agar bagus kinerjanya.

    10. Periksalah Bagasi Peralatan Tangan
    Taruhlah peralatan tangan pada traktor tangan di dalam bagasi yang telah disediakan. Biasanya bagasi itu terdapat di bagian atas traktor.

    11. Periksa Kawat Kabel Kopling
    Usahakan kawat yang ada pada kabel kopling, jangan sampai kering atau berkarat. Agar tidak berkarat dan lengket, kawat kabel perlu dilumasi dengan oli. Bagian lain dari traktor yang bergesekan dan harus dilunasi oli adalah jari kopling dan pengait kopling utama serta bertujuan untuk mencegah kehausan.

    Read More
  • 10/09/2018 - Indo Autozone
    Tips Tepat Menentukan Kualitas Ban Traktor

    Segala macam perangkat modern untuk memudahkan aktivitas pertanian kini semakin banyak dibutuhkan salah satunya perangkat traktor. Hingga kini kebutuhan mesin pembajak sawah ini benar-benar semakin meningkat seiring dengan bertambahnya lahan pertanian. Seperti kita tahu bahwa proses bertani kini masih membutuhkan perangkat teknologi canggih berupa traktor sehingga dapat mempermudah semua aktivitas pembajakan tanah. Akan tetapi dalam menentukan kualitas traktor juga tak lepas dari pemilihan ban.


    Kualitas dari ban traktor dibedakan menjadi beberapa tipe baik pada posisi belakang dan depan. Maka dari itu jika Anda belum mengerti seputar cara-cara tepat menentukan kualitas ban traktor bisa langsung menyimak dari ulasan berikut ini.

    Tipe-tipe Ban Traktor yang harus diketahui oleh calon pengguna

    Tipe R-1
    Pertama ada tipe ban traktor R-1 dimana menjadi salah satu ban untuk lahan pertanian kering umum. Banyak kalangan menyebut ban tipe R-1 ini sebagai ban lug ataupun menggunakan komponen perebutan traksi menjadi lugs sehingga memiliki kemiringan mencapai 45 ataupun 23 derajat. Akan tetapi dari sisi kualitas biasanya ditentukan dari pabriknya sehingga ban tipe R-1 ini memiliki tingkat agresif lebih tinggi dengan kedalaman tapaknya sebesar 25% lebih banyak yang cocok untuk lahan pertanian lebih kering.

    Tipe R-2
    Berikutnya ada tipe ban traktor Tipe R-2 dimana masih belum banyak diketahui karena masuk dalam varian Ag. Untuk kedalamnya sendiri dua kali lipat dibandingkan ban tipe R-1, oleh sebab itu tampilannya terlihat lebih agresif untuk sektor pertanian kemudian masih bisa digunakan untuk tipe tanah berlumpur ataupun basah sehingga cocok untuk aplikasi lahan tebu ataupun sawah.

    Tipe R-3
    Masih ada tipe ban traktor Tipe R-3 yang mana hadir dengan penggunaan pada lahan kerikil ataupun pasir lepas. Beberapa desain ban tipe R-3 ini terlihat lebih rendah dan lebar sehingga sangat cocok untuk membajak lahan yang kurang rata seperti lahan di lereng gunung ataupun pada kondisi berpasir sekalipun. Kekuatan traksi dari ban tipe R-3 ini terbilang lebih maksimal sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas pertanian.

    Tipe R-4
    Terakhir ada tipe ban khusus traktor bertipe R-4 dimana menjadi salah satu ban dengan tapak industri atau sering disebut R4. Dari sisi ukurannya terbilang lebih besar sehingga menghadirkan keuntungan berupa kekuatan traksi lebih kuat ditambah lagi desain lebih kuat akan tetapi masih memiliki sedikit dampak buruk pada sisi turf. Penggunaan ban tipe R-4 memang cocok untuk lahan berpasir sehingga masih bisa dimanfaatkan untuk mengolah lahan berpasir.

    Menentukan kualitas dari sebuah ban mesin pembajak sawah ini memang tak mudah karena kita tahu ada berbagai merk ban bisa menghadirkan spesifikasi berbeda bahkan tipe bannya juga tidak sama. Maka dari itu ketika Anda memulai dalam mencari produk ban khusus traktor dengan berbagai tipe dan ukuran, sebaiknya carilah di dalam produsen ban traktor terbaik sehingga dapat menjamin semua kualitas ban yang selama ini dijual. Soal harga memang memberikan perbedaan dari tipe-tipe tertentu, oleh sebab itu Anda juga harus mengetahui informasi harga secara mendetail di sebuah produsen ban traktor.

    Menentukan kualitas ban traktor memang tak mudah, akan tetapi diperlukan beberapa tahapan atau proses sehingga dari peluang mendapatkan ban berkualitas terbaik benar-benar memberi manfaat terbaik pada proses pembajakan lahan pertanian hingga akhirnya mampu mendukung semua kegiatan pertanian dan memberi hasil maksimal terhadap lahan yang siap ditanami oleh berbagai macam tanaman berkualitas.

    Read More
  • 10/09/2018 - Indo Autozone
    Macam Alat-Alat Berat Beserta Fungsinya

    Tidak sedikit kalangan sudah mengetahui seperti apa daftar dari alat-alat berat yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kontruksi bangunan, jalan dan pemanfaatan lahan. Mungkin sejauh ini masih ada masyarakat yang belum mengetahui secara detail seperti apa macam-macam dari alat berat tersebut kemudian seperti apa fungsinya. Maka dari itu agar Anda lebih jelas mengenai macam dan fungsi dari alat berat.


    Fungsi alat berat yang perlu dipahami masyarakat luas

    • Excavator
    Pertama ada Excavator dimana untuk alat berat satu ini sudah sering kita lihat karena memang fungsinya sangat vital sebagai penggali tanah ataupun bisa juga digunakan sebagai pengangkut material untuk dinaikkan ke dalam sebuah truck. Excavator ini memang efektif akan tetapi masih kekurangan yakni tak bisa digunakan jarak jauh sehingga ruang lingkupnya masih terbatas.

    • Bulldozer
    Masih ada perangkat alat berat lainnya berupa bulldozer dimana sampai sekarang bisa digunakan untuk mengolah lahan. Perangkat bulldozer ini memang memiliki alat untuk mendorong tanah lurus ke depan ataupun samping tergantung pengendalian kendaraan. SEdangkan dari beberapa jenis juga tersedia untuk mengolah tanah dengan jenis tertentu salah satunya swamp bulldozer yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah tanah berawa.

    • Wheel Loader atau Track Loader
    Dari dua perangkat alat berat wheel loader dan track loader sendiri memang bisa dimanfaatkan untuk memindahkan material seperti dozer. Sedangkan keunggulannya memang lebih simple, akan tetapi masih ada kekurangan mengenai jarak tempuh yang cenderung lebih pendek dibandingkan dengan truck.

    • Motor Grader
    Dari sekian banyak alat-alat berat, motor grader ini sangat efektif dalam dunia pertanian salah satunya berguna dalam proses meratakan pembukaan tanah secara mekanis. Tak hanya itu, perangkat motor grader ini juga sanggup dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti meratakan lapisan tanggul, pengurukan kembali dalam sebuah galian tanah hingga proses pencampuran tanah.

    • Mobile Crane
    Masih ada alat berat berupa mobile crane dimana sangat berguna sebagai pengangkut material sehingga sangat cocok untuk proyek-proyek infrastruktur yang menggunakan berbagai macam bahan-bahan material yang sangat berat. Menariknya mobile crane ini sangat fleksibel karena bisa berpindah tempat dengan mudah, akan tetapi tidak semua permukaan tanah bisa menopang bobot dari mobile crane ini.

    • Motor Scraper
    Salah satu alat-alat berat yang banyak dibutuhkan dan digunakan dalam sebuah proyek membuat bendungan adalah motor scraper. Dari fungsinya memang cenderung untuk menggali tanah yang ada di beberapa bangunan beton ataupun bisa juga dimanfaatkan untuk proses meratakan jalan raya. Keunggulan dari motor scraper ini adalah dapat menggali permukaan tanah setelah 2.5 meter akan tetapi masih digunakan dalam jarak yang dekat saja.

    • Penumatic Tire Roller
    Mungkin Anda sudah pernah melihat macam alat-alat berat salah satunya penumatic tire roller yang mana masih digunakan untuk pekerjaan penggilasan bahan granular sehingga baik juga untuk menggilas lapisan hot mix.

    • Asphalt Finisher
    Alat berat yang sering kita jumpai dalam proses pembuatan jalan raya yakni asphalt finisher dimana sanggup menghamparkan campuran aspal yang sudah diproduksi oleh alat pembuat aspal. Meskipun fungsinya sangat penting, akan tetapi masih ada kekurangan pada alat berat ini yakni dari roda kelabangnya masih cukup lama dalam bermanuver.

    Itulah berbagai macam alat-alat berat yang sering kita lihat dalam berbagai konstruksi bangunan, jalan raya, bidang pertanian, dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui berbagai alat berat beserta fungsinya setidaknya Anda bisa mengetahui secara pasti seperti apa cara kerjanya.

    Read More
  • 07/09/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Fungsi dan Bagian Penting Dump Truck

    Segala macam perangkat dan teknologi dalam proses kontruksi jalan dan berbagai macam bidang bangunan selalu membutuhkan dump truck. Hingga kini desain dari dump truck sendiri terbilang beragam sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Maka dari itu hal terpenting di dalam dump truck sendiri bisa dikatakan bermanfaat untuk semua bidang konstruksi. 


    Baca Juga: Langkah Muda Perawatan Dump Truck supaya Awet


    Mungkin Anda belum mengenal secara rinci seperti apa fungsi serta manfaat dump truck ini, maka dari itu cobalah lihat dari beberapa ulasan menarik berikut ini.

    Fungsi dan manfaat dump truck yang perlu diketahui

    Manfaat
    Fungsi dan manfaat penting dari dump truck sendiri adalah sebagai alat transportasi sekaligus pengangkut berbagai macam benda material mulai dari pasir, kerikil, hingga tanah yang dibutuhkan dalam keperluan kontruksi. Truck dump ini biasanya dilengkapi dengan bak terbuka yang bisa dioperasikan menggunakan bantuan hidrolik, sedangkan dari sistem hidroliknya bisa dari ara depan ke atas ataupun dari sisi samping sehingga material yang dibawa dapat diturunkan sesuai tempat yang dibutuhkan.

    Bagian Dari Dump Truck
    Selain melihat dari sisi manfaat dan fungsinya, Anda juga harus melihat seperti apa bagian-bagian terpenting dari dump truck ini mulai dari final drive, front wheel, dump body, rock ejector, steering dan hois tank, head lamp, radiator, canopy spill guard, radiator, turn signal lamp,dan oil retarder tank. Bahkan ada dua golongan yang menjadi pembeda dump truck berdasarkan muatan dan jenis pekerjaan kontruksinya.

    Untuk sisi besar muatannya, perangkat dump truck ini dibedakan menjadi dua yakni On High Way Dump Truck yang mana muatannya di bawah kapasitas 20m3, sedangkan tipe kedua yakni Off high way dump truck yang memberikan muatan di atas 20m3. Sedangkan dari sisi pekerjaan kontruksinya, jenis dump truck sendiri masih dibedakan menjadi 3 tipe yakni rear dump truck yang menggunakan teknik penumpahan ke belakang, side dump truck dengan teknologi penumpahan ke samping, dan reard and side dump truck dimana menggunakan metode penumpahan ke belakang dan ke bagian samping.

    Jenis Dump Truck Yang Sering Digunakan
    Mungkin Anda pernah atau sering melihat berbagai macam tipe dump truck yang sanggup mendatangkan banyak manfaat. Ada beberapa spot paling sering kita lihat perangkat truck berkapasitas besar ini mulai di pasar hingga tempat-tempat dimana ada proses pembangunan. Berikut ini ada beberapa jenis dump truck yang masih sering kita lihat dan digunakan diantaranya : off road truk sampah, standar dump truck , side dump truck , mentransfer dump truck , trailer double dan triple dump truk, hingga truk sampah bawah.

    Tidak hanya digunakan untuk keperluan kontruksi saja, namun dari penggunaan dump truck sendiri masih bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya mulai dari membuang limbah industri hingga mengangkut sampah dan masih banyak lainnya. Maka tak heran bila perangkat dump truck ini masih sering kita lihat di beberapa tempat karena memang menghadirkan banyak manfaat yang saat ini sudah banyak diketahui masyarakat.

    Berbagai macam perangkat penting dalam proses kontruksi ataupun pada aspek-aspek penting lainnya memang sangat menarik untuk diulas, maka dari itu Anda harus bisa melihat betapa pentingnya dump truck dalam proses mengangkut berbagai bahan material, sampah, dan beberapa bahan lainnya yang sampai sekarang memberikan manfaat terbaik dalam proses kontruksi. Mengenai desain dan bentuk warna truck pengangkut ini memang masih beragam karena produsen pembuatan truck tersebut juga terbilang cukup banyak di tanah air.

    Read More
  • 06/09/2018 - Indo Autozone
    Jenis Velg Alat Berat

    Bidang kontruksi bangunan seperti pada proyek-proyek pembuatan jalan raya dan lainnya pasti membutuhkan perangkat berukuran besar seperti alat berat berupa truck ataupun lainnya. Dari setiap kendaraan tersebut bisa dipastikan memiliki bagian ataupun sparepart berupa roda yang ditopang oleh sebuah velg berukuran tertentu. Setiap jenis velg alat berat sendiri memang dibedakan menurut jenis perangkat yang digunakan, maka dari itu masyarakat saat ini harus bisa melihatnya secara detail.


    Fungsi dari berbagai alat berat memang sudah terlihat dimana sanggup memberikan akses lebih cepat dan mudah dalam mengangkut ataupun membantu proses pembangunan sebuah proyek. Maka dari itu agar Anda lebih jelas dalam mendapatkan informasi fungsi velg tersebut, akan kita ulas secara mendalam seperti apa jenis-jenisnya.

    Jenis-jenis velg yang jarang diketahui publik

    • Velg atau Rim Forklift
    Dari jenis pertama bisa kita lihat bahwa tipe velg forklift sendiri bisa digunakan untuk bebragai merk yang sudah banyak kita kenal. Biasanya ukuran dari velg khusus forklift ini memberikan desain lebih kuat karena kita tahu seringkali membawa beban berat namun dari ukurannya lebih kecil. Ada beberapa merk foklift diantaranya Toyota, Doosan, Shantui, Hangcha, Heli, Sany, Isuzu, TCm, Mitsubishi, dan masih banyak lainnya.

    • Velg Grader
    Berikutnya ada jenis velg khusus grader yang mana sangat kuat dan sanggup menopang beban berat sekalipun sehingga dari segi keawetannya benar-benar bisa memberikan kepuasan bagi pengguna. Velg alat berat tipe grader ini sudah banyak digunakan untuk berbagai merk ternama mulai dari Caterpillar, Komatsu, John Deere, Shantui, Mitsubishi, dan masih banyak mer lainnya.

    • Velg Truck
    Salah satu jenis velg untuk alat-alat berat yakni tipe rim truck yang mana ukurannya lebih besar dibandignkan jenis velg forklift ataupun dari grader. Kita bisa melihat bahwa desain velg khusus truck memang memberikan banyak keunikan sehingga kekuatan sampai desainnya sangat diandalkan untuk memberi keawetan sampai fungsi lebih maksimal. Adapun beberapa merk sudah menggunakan velg terbaik seperti Toyota, Volvo, Mitsubishi, MAN, Iveco, Hitachi, Beiben, Howo, dan masih banyak merk lainnya.

    • Velg Stracker
    Tidak lupa masih ada jenis velg stracker dimana sering digunakan untuk berbagai macam merk stacker. Dari sisi kekuatan velg juga terbilang lebih optimal karena bisa digunakan untuk beragam akses perangkat berat ataupun alat berat. Sedangkan dari beberapa merk alat berat yang menggunakan tipe velg stracker diantaranya Linde, Sany, Terex, Kalmar, Hyster, Kamatsu, dan masih banyak lainnya.

    • Velg Skid Sfeer Loader
    Jenis velg alat berat yang secara khusus menghadirkan kemampuan menarik dan mumpuni adalah jenis skid sfeer loader yang mana sampai sekarang masih banyak digunakan pada beberapa jenis merk alat berat mulai dari New Holland, Liugong, TCM, Babcat, John Deere, Caterpillar, Komatsu, Gehi, Volvo, dan masih banyak merk lainnya.

    • Velg Traktor
    Perangkat alat berat berupa traktor juga membutuhkan velg untuk roda dimana sampai sekarang banyak brand sudah memberikan kemampuan dan kualitas sebuah velg terbaik diantaranya dari beberapa brand mulai dari Kubota, John Deere, New Holland, Komatsu, Claas, Valtra, Ford, Challenger, Deutz, hingga masih banyak merk lainnya. Jenis velg alat berat pada traktor memang menghadirkan berbagai macam keunggulan sehingga sampai detik ini benar-benar dibutuhkan oleh proses pengolahan lahan.

    Berbagai macam merk dan bentuk dari velg alat berat sampai sekarang banyak menghadirkan desain menarik ditambah lagi kekuatanya sangat diandalkan dalam berbagai perangkat transportasi di sektor pembangunan infrastruktur ataupun pada beberapa bagian lainnya.

    Read More
  • 05/09/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Ban Road Roller Berkualitas Terbaik

    Segala macam alat transportasi pastinya membutuhkan perangkat tambahan berupa ban dimana sanggup mendatangkan dan memberikan manfaat terbaik dalam memperlihatkan kelancaran pengoperasiannya. Ketika sebuah perangkat khusus pendukung kontruksi bangunan biasanya sudah diberikan jenis ban compactor atau bisa juga disebut dengan road roller, vibrating roller, asphalt roller, finisher, ataupun tyre roller. Sejauh ini peran dari ban road roller sendiri memang sanggup memberikan kontribusi terhadap medan jalan yang beragam mulai dari beraspal, semen, kerikil, dan dari tekstur limbah sampah sekalipun.


    Beberapa kalangan menilai bahwa jenis road roller sendiri sering digunakan pada proses kontruksi ataupun area konstruksi sehingga siapa saja saat ini bisa memanfaatkan semua keunggulan dari jenis ban road roller tersebut hingga akhirnya sanggup mendatangkan pengalaman menarik dalam proses kontruksi sebuah bangunan.

    Memahami karakter dan jenis ban road roller

    Karakter dari ban jenis road roller memang belum banyak dikenali, akan tetapi bagi kalangan pengembang kontruksi sudah hafal dengan karakteristiknya. Jenis ban compactor sendiri sudah dirancang secara khusus untuk bisa memberikan distribusi tekanan lebih merata hingga sempurna di semua jenis permukaan jalan. Pada jenis ban road roller sendiri hingga sekarang masih banyak dimanfaatkan ataupun dibuat menggunakan senyawa khusus yang sanggup menghadirkan tahan panas bahkan tak melekat pada material permukaan medan jalan yang sudah dilalui. Maka dari itu penggunaan bahan kimia pada proses pembuatan ban cenderung menggunakan konsep berminyak sehingga pada proses pemadatannya terkesan lebih sempurna dan bisa digunakan untuk berbagai macam medan.

    Ban roller juga banyak dibuat dengan menggunakan pola kembang dengan tekstur halus kemudian tidak merusak ataupun memberikan efek terlalu dalam ke tanah. Apalagi saat ini beberapa aplikasi sudah bisa menggunakan ban slick ataupun sering disebut ban polosan dan band gundul. Oleh sebab itu kenapa dari jenis ini masih banyak digunakan pada proses kontruksi karena memang karakteristiknya terbilang lebih beragam. Jadi para pengembang konstruksi sampai sekarang masih mengandalkan jenis ban road roller ini karena memang memberikan banyak pola kembang kemudian dari sisi karakteristiknya bisa disesuaikan kebutuhan penggunanya.

    Informasi seputar karakteristik dari jenis rad roller sendiri memang tak selalu maksimal dipahami, oleh karena itu kenapa masyarakat masih belum bisa mendapatkan pengertian secara detail mengenai konsep-konsep dasar yang harus diteliti kembali sebelum menggunakan berbagai macam jenis ban terbaik untuk konstruksi tertentu. Mungkin sejauh ini banyak masyarakat hanya mengenal berbagai macam jenis ban pada alat berat dengan tujuan dan manfaat masing-masing, oleh karena itu kenapa banyak kalangan kini mencari-cari sumber terbaik yang sanggup mendatangkan pengalaman menarik bagi para kontraktor paling terpercaya.

    Kebutuhan akan jenis ban road roller sendiri sampai sekarang masih cukup tinggi karena kita tahu bahwa perkembangan akses dan pembangunan konstruksi sampai sekarang benar-benar masif dilakukan untuk memberikan fasilitas terbaik bagi siapa saja termasuk Anda. Oleh karena itu kenapa pengetahuan seputar alat-alat berat hingga perangkat penunjangnya harus bisa Anda pahami yang akhirnya menjadi salah satu aspek penting dalam memahami semua proses pembangunan di beberapa kota.

    Kualitas ban akan teruji dan terbukti ketika berhasil memberikan kontribusi terbaik pada berbagai macam perangkat kontraktor. Maka dari itu jenis ban road roller sanggup memberikan pengalaman terbaik bagi kontraktor dalam membangun kontruksi dengan lebih memuaskan dan cepat. Jenis ban akan memberi manfaat berbeda yang masing-masing memberikan karakter berbeda dan penggunaan yang tidak sama.

    Read More
  • 04/09/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Karakteristik Ban Compactor

    Perkembangan dunia konstruksi hingga sekarang benar-benar masif seiring dengan banyaknya pembangunan infrastruktur seperti jalan hingga bangunan berbentuk rumah ataupun gedung. Dari setiap proses pembangunan diperlukan alat transportasi berukuran besar sehingga dari setiap alat transportasi tersebut membutuhkan perangkat berupa ban. Hingga sekarang jenis ban compactor menjadi salah satu jenis ban paling menarik dan menguntungkan digunakan pada proses pembangunan konstruksi tertentu sehingga bagi para kontraktor harus bisa memanfaatkan jenis ban compactor tersebut.


    Kita bisa melihat bahwa masyarakat masih belum terlalu mengerti soal pembangunan infrastruktur yang sekarang sedang masif dilakukan, jenis compactor atau sering disebut dengan road roller memang banyak digunakan untuk berbagai macam akses perangkat transportasi berupa alat-alat berat, maka dari itu karakteristik ban compactor sendiri harus Anda pahami secara detail hingga akhirnya menjadi salah satu ban terbaik untuk memenuhi akses dalam proses pembangunan infrastruktur ataupun pembangunan tertentu.

    Secara khusus jenis ban compactor memang dirancang untuk memberikan distribusi tekanan lebih merata kemudian sangat baik dalam memberikan tekanan pada permukaan jalan. Untuk jenis compactor sendiri memang dibuat menggunakan senyawa khusus yang sanggup menahan panas lebih baik bahkan tidak terjadi pelunturan bahan atau sering disebut melekat pada material jalan yang sering dilewati. Jadi bisa kita bayangkan bahwa performa dari ban compactor sendiri sangat memberikan kontribusi menarik dalam proses distribusi barang-barang ataupun mengangkut berbagai macam material kebutuhan pembangunan.

    Tidak banyak kalangan mengetahui soal karakteristik dari jenis compactor yang sampai sekarang dapat memberikan distribusi lebih lancar karena memiliki karakter sempurna pada soal tekananan ban terhadap media jalan tertentu. Adanya senyawa khusus dalam proses pembuatan compactor juga menghadirkan keuntungan paling menarik dalam proses kontruksi ataupun pembangunan paling masif sekalipun. Berbagai alat berat memang harus menggunakan jenis ban-ban terbaik dan menarik bahkan Anda harus bisa mengetahui secara detail seperti apa kemudahan akses karena menggunakan ban berkualitas terbaik terutama dalam membangun ataupun mengirim berbagai barang-barang material.

    Faktor kualitas yang perlu diperhatikan sebelum membeli ban

    Tekanan pada ban compactor sendiri memang menjadi aspek penting karena banyak pengembang saat ini mampu menghadirkan berbagai macam jenis ban berkualitas paling unggul seperti compactor. Kita tahu bahwa sebuah ban pastinya memiliki batikan ataupun ukiran khas yang menarik sehingga memberikan fungsi utama dalam melewati segala macam bidang paling ekstrim seperti berminyak ataupun masih proses pemadatan sekalipun.

    Memang dari tipe compactor sendiri sanggup memberikan pola kembang lebih halus dibandingkan jenis ban khusus alat berat lainnya, maka dari itu jenis compactor memang tak memberikan masalah pada permukaan tanah bahkan di beberapa keperluan sudah bisa menggunakan jenis ban gundul atau slick sehingga tak menghadirkan ukiran ataupun pola kembang sama sekali.

    Kualitas ban compactor sendiri sampai detik ini benar-benar memberikan banyak keuntungan dalam proses distribusi barang-barang material ataupun dari keperluan lainnya. Sebuah ban ataupun merk ban nantinya menjadi bahan pertimbangan karena sampai detik ini sanggup menghadirkan banyak keunggulan baik dari segi harga ataupun dari segi keuntungan lainnya.

    Setelah melihat karakteristik dari jenis ban compactor sudah bisa kita simpulkan bahwa kebutuhan akan akses transportasi alat berat dan lainnya sangat diperlukan guna memperlancar proses distribusi material yang sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses pembangunan. Jadi dalam berbagai macam merk ban terbaik untuk kebutuhan alat-alat berat dari pengadaan sampai distribusinya. Jika selama ini Anda belum mengerti soal perangkat alat berat dan berbagai macam pendukungnya cobalah cari berbagai contoh ukuran ban hingga berbagai macam merk terbaiknya.

    Read More
  • 03/09/2018 - Indo Autozone
    Kenali 3 Tipe Ban Telehandler Untuk Penyesuaian Performa yang Bagus

    Telescopic handler atau yang lebih kerap disebut dengan telehandler merupakan salah satu jenis alat berat yang pada umumnya digunakan di sektor industri serta pertanian. Dilihat dari penampakannya, alat berat ini sekilas nampak seperti forklift, hanya saja pembedanya alat ini memiliki fitur fleksibilitas yang lebih ditingkatkan sehingga boom yang dimiliki mampu bergerak ke depan dan atas untuk daya jangkau yang lebih dibandingkan dengan forklift konvensional.


    Selain fleksibel dalam hal jangkauan, bagian ujung boom yang dimiliki oleh telehandler ini memiliki fungsionalitas lebih. Jadi tak hanya ekstensi semacam garpu, namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan dapat diganti dengan bucket ataupun kerek. Untuk itu, agar dapat melakukan pekerjaan dengan efisien maka penyesuaian unjung boom sangat diperlukan tergantung range dan jenis barang yang dipindahkan.

    Selain ujung boom, bagian ban telehandler juga menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan agar bekerja dengan baik dalam menjaga stabilitas pemindahan barang dan juga mampu menyokong kapasitas beban berat yang dibawanya, sekalipun untuk medan-medan yang memiliki tingkat kesulitan lebih seperti lumpur atau tanah lunak.

    Untuk mendapatkan dukungan dari stabilitas ban yang baik guna meningkatkan kinerja dan produktifitas kerja, maka anda perlu memahami kekurangan dan kelebihan beberapa tipe ban telehandler yang ada. Pada umumnya terdapat tiga pilihan yang tersedia yakni ban pneumatic, ban pneumatic isi busa, dan ban solid.

    Tiga pilihan ban yang harus diketahui oleh calon pembeli

    • Ban Pneumatic Isi Angin
    Pilihan pertama dari ban telehandler ini merupakan tipe ban yang paling murah diantara tipe lainnya. Tak hanya itu, berat ban yang ringan juga menghadirkan daya jelajah yang baik saat bekerja di kondisi tanah yang lunak. Ban tipe ini juga akan memudahkan dan meningkatkan kenyamanan operator dalam mengendalikan mesinnya.

    Meski begitu, kelebihan tersebut tentu hadir dengan beberapa kekurangan terutama saat bekerja di area konstruksi dimana banyak sekali benda tajam bertebaran yang mungkin dapat menembus ke dalam ban sehingga menimbulkan kendala kebocoran. Hal seperti ini tentu akan menambah biaya manajemen dan tentu akan menghambat sedikit waktu kerja.

    • Ban Pneumatic Isi Busa
    Untuk tipe kedua ini, busa dapat ditambahkan ke dalam ban pneumatic kapanpun ketika ban masih dalam kondisi layak pakai, meski begitu kebanyakan persewaan alat berat lebih memilih untuk memesan mesin baru dengan ban telehandler isi foam yang sudah terpasang. Dengan adanya penambahan foam, berat beban ban akan bertambah yang berpengaruh pada performanya. Kebanyakan operator mengatakan jika ban pneumatic isi busa ini menyediakan performa lebih mumpuni di permukaan yang kasar dan tak rata.

    Kelebihan ban ini tentu hadir dengan meminimalisir terjadinya ban bocor saat waktu kerja, namun masih rentan akan terjadinya kerusakan pada dinding tepi ban. Dan juga para pakar beranggapan jika busa yang membuat isi ban keras akan mengakibatkan durabilitas ban pneumatic berkurang sehingga harus lebih seksama dalam memonitornya.

    • Ban Solid
    Ban karet solid nampaknya kian bertambah kepopulerannya diantara para kontraktor dan toko-toko perlengkapan alat berat. Bahan semacam ini memiliki daya tahan lebih lama 4 hingga 8 kali dibanding dengan ban pneumatic, dan jenis ini tak menghadapi masalah kebocoran yang dapat menghambat kinerja kerja. Walaupun begitu, hal ini harus dibayar dengan harga sebanding dengan berkurangnya kenyamanan operator dalam mengendalikan alat bertanya karena ban lebih kokoh jika dibandingkan dengan ban isi foam ataupun angin.

    Ban telehandler dibutuhkan karena akan menambah berat dari ban itu sendiri yang dapat berpengaruh pada tingkat kestabilan alat berat pada permukaan yang lunak.

    Read More
  • 31/08/2018 - Indo Autozone
    Tipe Ban Reach Stacker dan Kelebihannya

    Jika berbicara mengenai alat berat, banyak sekali jenis alat yang berfungsi memudahkan manusia untuk memindahkan barang atau material ini yang tersedia, salah satunya reach stacker. Alat berat ini biasanya banyak ditemukan di pelabuhan ataupun depot peti kemas, dimana fungsionalitasnya sebagai alat pemindah, pengangkut, serta penyusun kontainer secara vertikal.


    Dari segi jarak tempuh perjalanan, reach stacker memilik jarak tempuh yang cukup pendek karena area kerjanya sendiri yang memang tak terlalu luas. Meski begitu, intensitas kerja yang dilalui oleh alat berat ini tergolong lumayan ekstrim sehingga memerlukan ban reach stacker yang sesuai dengan medan dengan durabilitas mumpuni. Perjalanan ekstrim yang pendek tersebut disebabkan karena reach stacker harus bolak-balik untuk melakukan bongkar muat kapal dengan waktu sesingkat mungkin, menyusun, dan juga mengangkut peti kemas dengan aman.

    Karena tuntutan kerja dengan produktivitas dan jam kerja yang tergolong sangat tinggi tersebut, penggunaan ban berkualitas menjadi hal yang vital untuk dipenuhi. Selain kualitas akan ban reach stacker itu sendiri, pengguna juga harus memahami fungsionalitas pola yang dimiliki oleh ban alat berat ini agar mampu memberikan kinerja optimal sesuai dengan medan di sekitar peti susun.

    Tipe-tipe Ban yang perlu diketahui oleh para pengguna

    a. L4S
    Tipe pertama ini merupakan sebuah ban radial dengan lapisan tinggi yang telah didesain untuk pekerjaan dengan intensitas tinggi dimana daya tarik bukan sebuah masalah lagi. Dengan desain pola yang rata, ban tipe ini menjamin durabilitas yang lebih lama dan performa mengagumkan meski harus kerja berat. Terlebih dinding tepi luar ban yang telah diperkuat menjadikannya tahan akan berbagai goresan dan sayatan.

    b. Rock Grip (E4)
    Ban reach stacker jenis ini memiliki pola yang lumayan dalam yang cocok untuk operasional pembuangan di sektor pertambangan. Bahan karet yang digunakan untuk pola tapak ban ini memiliki gabungan ketangguhan maksimal dari panas dan sayatan yang akan membuat daya tahan pola ban lebih lama. Kerangka yang kokoh dan ditujukan untuk kerja berat juga memiliki andil untuk menjaga keawetan bagian ban secara keseluruhan.

    c. E3
    Permukaan ban dari tipe E3 ini mampu menyokong segala aspek kerja dengan baik seperti kestabilan, daya tahan terhadap kerusakan, dan bagian samping ban yang telah diperkuat. Kehandalan ban jenis ini juga datang dari permukaan yang cukup lebar dan halus selain di bagian kembang sehingga menjamin operator mengendalikan mesinnya dengan baik.

    Kedalaman pola kembang dari ban E3 yang bervariasi sendiri membuat ban cocok untuk penggunaan yang memungkinkan terjadinya overheat pada bagian speed kerja yang relatif rendah sehingga panas permukaan bisa lebih meredam.

    d. CTR Handler (E4)
    Tipe ban reach stacker yang selanjutnya ini memang didesain untuk mendukung medan kerja pelabuhan yang membutuhkan handling pada mesin yang lebih baik. Casing pada ban ini sendiri telah diperkuat, dengan bantalan dasar yang lebar. Tak hanya mendukung untuk pekerjaan dalam penyusunan di peti kemas pelabuhan, ban jenis ini memiliki fitur gabungan yang membuatnya mampu diandalkan untuk kebutuhan handling di area konstruksi yang menjamin operator bisa mengendalikan muatan tinggi dengan ketinggian lebih secara stabil dalam lift mode.

    Seperti halnya ban reach stacker jenis sebelumnya, ban ini juga memiliki daya tahan bagus terhadap tusukan yang terjadi ke permukaan ataupun pada bagian samping yang bisa menyebabkan kerusakan. Poin lebihnya lagi, desain pola datar yang terdapat di bagian tengah mengurangi kebisingan mesin yang sedang melaju sehingga terdengar lebih lembut.

    Read More
  • 30/08/2018 - Indo Autozone
    Tips Perawatan Velg Loader Untuk Daya Tahan Lebih Lama

    Tak hanya ban, velg pada alat berat juga memegang peran yang penting dalam urusan produktifitas kerja karena mempengaruhi kapabilitas alat berat untuk memindahkan barang atau material dalam volume besar secara baik atau tidak. Kebanyakan velg loader atau alat berat ini memang sudah diproduksi untuk sanggup menghadirkan daya tahan dan masa pakai yang lumayan panjang. Meski begitu, velg memiliki berbagai bagian yang terus menerus bergerak sehingga mengharuskan untuk melakukan perawatan dengan benar untuk menjamin kinerja di lapangan konsisten dengan output hasil yang tinggi.


    Tips perawatan Velg yang harus rutin dilakukan agar awet
    Guna mendapatkan kinerja yang maksimal semacam itu paling tidak pengguna harus mengerti akan beberapa tips dalam perawatan velg pada alat berat berikut ini:

    • Bersihkan Secara Berkala
    Sebagaimana bagian alat berat yang lain, velg loader juga memerlukan perawatan dengan cara membersihkannya secara berkala sesuai dengan kondisi yang dilalui. Untuk pengerjaan di bagian medan yang kering atau lahan yang sudah terjamah, mungkin tak akan menimbulkan kotoran yang berarti seperti debu, pasir, atau kerikil yang menempel.

    Akan tetapi, untuk lahan tanah halus ataupun dengan kondisi basah berlumpur, hal ini mungkin akan memerlukan pembersihan ekstra. Seperti yang diketahui velg dan ban biasanya berkutat dengan daratan secara langsung sehingga tak mengherankan jika bekas tanah dan lumpur di kondisi ini akan sangat tinggi. Dengan pembersihan yang berkala seperti ini, umur dari velg alat berat juga akan mencapai batas maksimalnya.

    • Pelumasan Yang Terjadwal
    Sebagai sebuah bagian dari kesatuan unit alat berat, velg loader yang memiliki pergerakan intens dengan durasi lama juga terhubung ke bagian lain seperti halnya rim. Dengan pelumasan yang baik baik di bagian rim, hal ini akan mengurangi keausan roda sehingga dapat menyediakan mobilitas yang diharapkan.

    • Periksa Ban Sering-sering
    Ban dan velg loader memang jadi dua hal yang tak terpisahkan dan saling berpengaruh antara satu sama lain. Untuk itulah memeriksa tekanan ban pada loader atau alat berat jadi hal yang penting untuk dilakukan. Ban yang memiliki tekanan kurang dari standard akan menyebabkan tekanan beban yang berlebih pada bagian velg sehingga dapat mempersingkat umur velg loader yang seharusnya bisa bertahan lebih lama. Kerusakan seperti ini tentu riskan dan akan memakan biaya lebih mahal dari perencanaan sebelumnya. Tak hanya itu, tekanan ban yang kurang juga akan mempengaruhi produktifitas akibat tak maksimalnya pergerakan.

    • Ketahui Batas Penggunaan
    Ketahuilah di saat anda membeli berbagai spare parts dari alat berat tersebut, komponen ini hadir dengan manual yang telah mencantumkan seberapa daya tahan dan berapa lama penggunaan yang direkomendasikan untuk kondisi normal. Tak hanya itu, mengetahui standar penggunaan untuk beberapa kondisi tertentu juga perlu semisal kondisi panas, dingin, bersalju, es, hingga hujan yang ekstrim.

    Memahami batas penggunaan normal ini akan membuat anda terhindar dari potensi berbahaya yang ditimbulkan oleh kerusakan yang dapat berpengaruh tak hanya pada velg namun juga mesin alat berat dan juga keselamatan operator.

    Investasi untuk Modal Alat Berat
    Membeli velg loader dan berbagai spare part lainnya untuk alat berat memang sebuah investasi yang besar, dan sebagaimana semestinya sebuah investasi, tentu anda menginginkan profit yang lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang anda habiskan untuk membelinya. Melakukan perawatan dengan memperhatikan beberapa tips di atas tentu akan sangat menunjang kinerja kerja secara maksimal dan durasi penggunaan velg itu sendiri yang optimal.

    Read More
  • 28/08/2018 - Indo Autozone
    3 Aspek Yang Perlu Dipertimbangkan Memilih Ban Crane

    Dari sekian banyak alat berat yang ada untuk menurunkan dan memindahkan beban, crane merupakan salah satu jenis yang banyak digunakan. Prinsip kerja crane ini sendiri menggunakan sistem katrol yang dihubungkan dengan kawat, rantai, dan lain sebagainya. Secara spesifiknya, alat berat ini ditujukan untuk proses pengangkatan, penurunan, dan pemindahan beban atau muatan berat secara horizontal.


    Dalam sektor industri sendiri, crane biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan industri yang terkait dengan proses bongkar muat barang seperti pada industri transportasi. Tak hanya itu, beberapa sektor lain seperti konstruksi pembangunan dan manufaktur alat berat juga tak luput menggunakan alat berat ini. Meski ada beberapa jenis crane yang statis dalam penggunaannya, namun untuk beberapa kebutuhan yang membutuhkan mobilitas tinggi, mobile crane atau crane beroda jadi pilihan utama.

    Mengingat mobilitas termasuk hal yang penting untuk mobile crane, ban crane memegang fungsi penting agar kinerja bongkar muat dan pemindahan berjalan lebih lancar dengan produktifitas tinggi. Untuk itulah, pemilihan ban pada mobile crane memiliki peran yang penting agar tak salah pilih. Kebanyakan para pemilik crane hanya mementingkan aspek durabilitas saja pada ban alat bertanya tersebut. Meski durabilitas tak bisa dikesampingkan, namun ada beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan untuk performa bagus.

    Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih ban

    - Cepat Tidaknya Panas dan Pola Alur Ban Crane
    Pencegahan panas berlebih telah menjadi fokus berbagai perusahaan ban crane dalam beberapa tahun belakangan ini. Peningkatan untuk meredam panas ini dilakukan dengan menggunakan pola yang acak atau tak beraturan pada bagian kembang atau tapak ban. Selain meredam tingkat panas, hal ini bertujuan untuk menjadikan konsumsi bahan bakar lebih efisien dan daya kontol saat mengemudikan mesin lebih baik. Ban yang memiliki berat lebih ringan juga menghasilkan daya redam panas yang lebih baik.

    Desain pola kembang atau tapak juga jadi bagian yang perlu dipertimbangkan tak hanya untuk meredam panas namun juga untuk menunjang keamanan saat kondisi basah. Dalam kondisi basah, alur kembang yang berada di permukaan ban akan menjadi tempat untuk mengalirkan air agar tak mengganggu permukaan ban yang berpengaruh terhadap daya cengkram nantinya.

    Jadi efektifitas drainase ban akan dipengaruhi oleh pola, yang berarti semakin banyak alur ban semakin baik drainasenya dalam kondisi basah akan tetapi kurang menunjang daya cengkramnya saat berada di kondisi biasa. Pemilihan ban crane dengan tapak alur yang seimbang dengan luas permukaan akan menyediakan drainase yang baik sekaligus cengkraman yang baik saat kondisi kering.

    - Fokus Untuk Berbagai Kondisi Permukaan Tanah
    Jika anda termasuk pemilik crane yang melakukan kerja untuk berbagai kondisi permukaan tanah sehingga masih sanggup untuk off-road ataupun berjalan di aspal sekalipun, pola alur ban crane memegang peran yang vital. Untuk fungsionalitas semacam ini, pemilihan pola yang acak pada ban bisa jadi sebuah hal yang tepat. Selain dapat mereduksi guncangan yang terjadi, alur acak diagonal ini juga membuat ban bertahan lebih lama dengan tetap mengutamakan cengkraman yang baik.

    - Kondisi Permukaan yang Tak Rata
    Dalam kondisi permukaan yang tak rata dan kasar, penggunaan ban radial tak diperlukan. Hal yang perlu dipertimbangkan saat berada dalam medan seperti ini adalah dengan mempertimbangkan kemampuan ban crane dalam melakukan muatan dengan melihat index load-nya. Selain itu, ketahanan lapisan samping ban dari bebatuan dan tusukan juga jadi pertimbangan ketika menghadapi medan kasar yang secara umum dikemudikan dengan kecepatan rendah.

    Read More
  • 27/08/2018 - Indo Autozone
    Mengenal Tipe Ban Vibro dan Traktor Serta Fungsionalitasnya

    Jika berbicara tentang alat kerja berat, traktor dan vibro merupakan salah satu alat berat yang memiliki fungsi vital di berbagai jenis area, seperti pertanian hingga konstruksi jalan dan bangunan. Di sektor pertanian, traktor memegang fungsi untuk mempermudah pekerjaan ladang dengan melakukan pekerjaan traksi dalam intensitas yang cukup tinggi serta daya taring yang besar pula. Sementara di bagian konstruksi, penggunaan vibro biasa untuk pemadatan lapisan seperti jalan agar merekat erat.

    Dalam melakukan tugasnya, ban menjadi bagian yang begitu penting untuk mendukung kinerja traktor dan vibro berada dalam kondisi prima. Ban traktor dan vibro yang memiliki kualitas baik dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas secara signifikan. Tak hanya daya traksi yang dihasilkan lebih mumpuni, durabilitas yang lebih lama serta efisiensi bahan bakar dapat dicapai dengan pemilihan ban secara tepat. Oleh karena itulah pemahaman mengenai tipe ban vibro dan traktor ini cukup penting agar kinerja yang dihasilkan oleh alat berat yang anda gunakan dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi.

    Tiga tipe ban alat berat vibro yang harus diketahui

    Secara umum, ada 3 Tipe ban alat berat jenis ini di pasarannya yakni turf, R4, dan ag. Ketiga Tipe ban vibro dan traktor tersebut memiliki spesifikasi dan fungsionalitas tersendiri di areanya masing-masing.

    Tipe Turf
    Tipe ban yang pertama ini merupakan ban yang kurang agresif untuk mendukung medan yang tak terlalu sulit seperti tanah pekarangan ataupun tanah lapang. Dengan pola tapak yang tak begitu kasar dan permukaan yang lumayan luas, ban tipe ini memang didesain memberikan daya cengkram dan bekas yang dalam dipermukaan yang dilewatinya. Jadi, jika anda berencana untuk sekedar menggunakan traktor untuk keperluan pemangkasan rumput di tanah lapang, ban tipe ini merupakan pilihan yang paling tepat.

    Tipe R4
    Tipe kedua ini merupakan tipe dengan agresifitas yang sedang untuk penggunaan di permukaan tanah yang keras. Karena dibuat dengan bahan yang lebih keras dibandingkan dengan tipe sebelumnya, ban ini lebih memadai digunakan untuk pekerjaan dengan medan beton ataupun bebatuan kerikil. Dengan permukaan yang lebih lebar dan cengkraman yang cukup kuat membuat ban ini mampu melaju dan mengatasi permukaan kerikil yang kadang membuat ban selip. Dengan spesifikasi tersebut, untuk alat berat pada proyek pembangunan hingga jalan, ban ini bisa jadi alternatif tepat.

    Tak hanya itu, lahan pertanian dengan permukaan yang tandus dan gersang juga tak jadi kesulitan yang berarti sehingga cocok untuk traktor pertanian, meski begitu untuk areal persawahan dengan kadar air yang cukup banyak bisa menimbulkan cukup kesulitan untuk ban ini.

    Tipe Ag
    Untuk tipe terakhir ini merupakan tipe yang paling agresif diantara kedua jenis ban vibro dan traktor di atas. Ban tipe ini didesain untuk mampu melibas lahan tanah yang sangat halus atau becek yang notabene sulit dilewati oleh ban dengan permukaan biasa. Permukaannya ban tipe ag sengaja dibuat lebih sempit sehingga mampu menghasilkan daya tarik serta cengkraman untuk menggali ke dalam permukaan tanah yang berlumpur sekalipun. Bagi anda yang bekerja dengan alat berat dengan medan tanah lumpur, basah, semak tebal hingga tanah persawahan, ban vibro dan traktor jenis ini sangat bisa diandalkan.


    Pentingnya Penggunaan Ban Vibro untuk Traktor
    Setelah anda memahami tipe-tipe ban vibro dan traktor yang tersedia di pasaran tersebut, hal selanjutnya yang penting dalam pemilihan ban yang tepat adalah dengan mempertimbangkan medan yang akan dihadapi nantinya dan untuk pekerjaan apa alat berat tersebut ditujukan.

    Read More
  • 23/08/2018 - Indo Autozone
    Kelebihan dan Kekurangan Ban Solid Forklift Non Marking

    Untuk anda yang kerap berkutat dengan alat angkut beban di bagian gudang tentu tak asing lagi dengan mesin hand stacker atau forklift. Anda pasti pernah sesekali mengamati ban dari kendaraan angkut barang ini ada yang berwarna putih atau biasa disebut ban solid forklift non marking. Penampakannya yang memiliki warna berbeda dari ban kebanyakan yang secara umum hitam, pasti membuat kita penasaran sebenarnya apa fungsi warna putih dari ban tersebut?

    Warna putih yang dimiliki memang bertujuan untuk membuat ban meninggalkan lebih sedikit noda dibandingkan dengan yang berwarna hitam. Untuk penggunaanya sendiri, ban solid forklift non marking ini memiliki fungsi spesifik yang ditujukan untuk penggunaan mesin angkut di kawasan industri dengan tingkat kebersihan tinggi semisal pabrik makanan, pabrik obat-obatan, hingga pabrik bahan kimia.


    Lalu apa perbedaan ban solid forklift non marking dengan yang biasa?

    Seperti yang telah disinggung di atas, perbedaan yang paling kentara yakni warna. Ban yang biasa dan berwarna hitam karena adanya penambahan bahan jelaga saat tahap produksinya. Bahan ini akan membuat ban hitam tahan akan sinar radiasi ultra violet yang secara umum merupakan ancaman utama bagi daya tahan ban.

    Sedang untuk ban untuk forklift yang berwarna putih atau non marking mengandung silika sebagai bahan pengganti jelaga dan juga bahan karet yang digunakan telah ditanamkan dengan anti oksidan untuk memberikan perlindungan terhadap sinar ultra violet. Hal ini akan membuat ban berdaya tahan lama tanpa harus membuatnya berwarna hitam.



    Kelebihan dari ban solid forklift non marking

    Dengan hadirnya inovasi ban forklift non marking, tentu ban jenis ini hadir dengan beberapa kelebihan yang membuat konsumen tertarik untuk mengganti ban jenis biasa mereka.
    • Meminimalisir noda bekas ban yang ada di lantai kawasan industri sehingga berimbas pada proses proses pembersihan yang lebih mudah.
    • Memiliki performa yang sama dengan ban normal yang biasanya.
    • Bagian dalam dari ban non marking ini memiliki kualitas dan ketahanan yang hampir sama dengan lapisan bantalan bagian luar.
    • Memiliki daya cengkram yang lumayan kuat.
    • Membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat serta efisien karena telah didesain dengan low rolling resistance dan terbuat dari bahan yang mampu meredam panas dari gesekan.


    Kekurangan dari ban solid forklift non marking

    Meski ban ini hadir dengan inovasi baru dan beberapa kelebihan, bukan berarti ban forklift non marking ini tak memiliki kekurangan sama sekali.

    • Untuk segi harga, ban yang sedikit hingga tak meninggalkan bekas roda ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan yang biasa.
    • Walaupun telah dikembangkan dengan daya tahan lumayan, durabilitas ban forklift non marking ini lebih pendek sekitar 25 persen dari jenis yang biasa. Hal ini terjadi karena bahan carbon hitam yang tak diikutkan dalam proses pembuatan ban.
    • Meski ban forklift non marking ini tak meninggalkan noda hitam pada lantai gudang, akan tetapi tetap saja ban jenis ini masih meninggalkan noda gesekan dari karet hanya saja tak berwarna.
    • Kekurangan terakhir dari ban solid forklift non marking ini tak hadir dengan fitur anti-static, yang artinya saat mesin forklift digunakan dekat dengan bahan yang mudah terbakar atau meledak, ban seperti ini harus dilengkapi dengan anti-static strap atau ground strap. Hal ini bertujuan untuk mencegah sengatan statis yang dapat merusak inti komputer yang dibenamkan pada forklif modern.
    Read More
  • 21/08/2018 - Indo Autozone
    Tips Membeli Velg Forklift yang Tepat

    Saat ini, menemukan berbagai supplier dan distributor beragam alat berat serta spare part alat berat ternyata tak sesulit sebelumnya. Bahkan, ketika Anda mengetikkan kata kunci supplier spare part alat berat di mesin pencarian seperti Google, Anda akan segera mendapatkan deretan daftar situs yang berkaitan dengan pencarian Anda. Ya, perkembangan dan kecanggihan teknologi memang bisa lebih memudahkan bagi siapapun yang ingin mendapatkan kebutuhannya, termasuk ketika Anda ingin membeli velg forklift yang sedang Anda cari.

    Membeli spare part ataupun komponen dari alat-alat berat sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Hal yang paling penting adalah bagaimana membeli spare part serta komponen alat berat tersebut di tempat yang tepat sehingga Anda bisa dapatkan suku cadang yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda harapkan. meski kebanyakan suku cadang alat berat seperti forklift dengan merek terkenal telah tersedia situs ataupun agen khusus yang menjualnya secara resmi, nyatanya semakin banyak supplier dan distributor yang menjual beragam suku cadang dari berbagai merek. Hal yang perlu pahami ketika Anda ingin belanja velg forklift baik secara online ataupun offline, tidak semua produk yang ada di pasaran merupakan produk asli, sebagian ada produk tiruan, sebagian lagi ada produk sejenis namun dari produsen berbeda. Hal-hal semacam ini sebaiknya dipahami sehingga ketika Anda berbelanja nantinya bisa mendapatkan suku cadang yang memang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

    Cara-cara yang harus diketahui untuk membeli suku cadang

    Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli suku cadang alat berat seperti velg forklift yaitu dengan beli langsung di toko ataupun supplier suku cadang ataupun membelinya secara online. Pada dasarnya kedua cara ini sama-sama membutuhkan ketelitian dan kejelian ketika belanja. Tidak selalu belanja secara langsung ke toko atau agen akan menjamin Anda untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Di sisi lain, belanja online pun tidak selalu menjadi hal yang menakutkan terlebih dengan semakin banyaknya kasus penipuan dan kecurangan terkait masalah belanja online.

    Ketika Anda ingin beli velg forklift dengan datang langsung ke toko supplier ataupun agen suku cadang, ini bisa jadi pilihan yang sangat umum dilakukan. Cara konvensional ini memiliki keuntungan tersendiri yaitu Anda bisa memeriksa lebih detail terhadap suku cadang yang akan Anda beli. Dengan melihat dan memeriksa langsung ke tokonya, ini akan lebih meminimalisir kemungkinan Anda mendapatkan produk yang cacat ataupun dalam kondisi yang buruk. Selain itu, keuntungan lain beli spare part dengan datang langsung ke toko suku cadang adalah Anda bisa mengecek keaslian dari suku cadang tersebut, terutama untuk merek-merek terkenal yang makin banyak tiruannya. Bahkan, dengan datang langsung ke toko suku cadang, Anda juga bisa berkonsultasi terkait suku cadang yang akan Anda beli. Hanya saja, untuk memudahkan Anda menemukan produk suku cadang forklift yang Anda butuhkan, Anda sebaiknya memeriksa spesifikasi velg forklift yang Anda butuhkan seperti nomor model, pabrik pembuatan, ukuran, dan lainnya.

    Di sisi lain, untuk memudahkan Anda menemukan produk suku cadang velg forklift yang Anda butuhkan, Anda pun bisa berbelanja secara online aik melalui situs supplier resmi ataupun dari agen terpercaya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin beli suku cadang alat berat secara online. Salah satunya masalah biaya pengiriman yang mana hal ini bisa saja cukup besar. Bagaimanapun suku cadang alat berat memiliki bobot yang cukup besar sehingga biaya pengirimannya pun bisa menjadi besar, apalagi bila Anda melakukan pembelian ke luar negeri. Selain itu, pastikan untuk selalu beli velg forklift di penjual online terpercaya. Untuk meminimalisir penipuan serta memastikan suku cadang yang Anda pesan merupakan produk yang berkualitas baik, Anda bisa membeli melalui situs resmi dari produk tersebut. Namun demikian, bila Anda ingin belanja di agen ataupun distributor yang menyediakan produk dari berbagai merek maka pastikan untuk memilih distributor yang memiliki reputasi dan ulasan yang baik.

    Read More
  • 20/08/2018 - Indo Autozone
    Tips Memilih Ban Grader

    Grader merupakan salah satu jenis alat berat yang dilengkapi dengan blade atau pisau panjang yang fungsinya untuk meratakan ataupun menghaluskan area pembangunan konstruksi seperti permukaan jalan sebelum dilapisi dengan aspal. Meski bukan komponen utama untuk menghaluskan ataupun meratakan area konstruksi, ban grader memiliki peran dan fungsi yang penting. Ban tersebut bisa membantu memberikan stabilitas serta traksi tinggi guna memaksimalkan tenaga dorong serta mengurangi terjadinya gejala slip saat melakukan gradasi di permukaan tanah yang lunak ataupun berlumpur. 


    Ban pada alat berat yang satu ini biasanya memiliki pola kembang bersilangan yang berguna untuk memberikan efek self cleaning sebagaimana yang seringkali dijumpai pada ban alat berat di area konstruksi lainnya. Selain itu, pola kembang pada ban grader juga berfungsi untuk flotasi yang baik ketika digunakan di area berlumpur. Bukan hanya itu saja, ban pada grader hendaknya juga memiliki konstruksi yang koko, kuat, serta tahan terhadap benturan karena memang penggunaannya yang lebih sering pada area konstruksi.


    Manfaat grader untuk proyek konstruksi


    Ban grader bisa membantu alat tersebut mendapatkan pegangan yang tepat ketika digunakan di lapangan saat melakukan suatu proyek ataupun operasi konstruksi. Namun demikian, ada yang perlu Anda pahami bahwa tidak semua grader memiliki jenis ban yang sama. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh jenis aktifitas yang biasa dilakukan seperti apa. Inilah mengapa ketika Anda membutuhkan ban untuk alat berat grader maka Anda sebaiknya memahami jenis ban seperti apa yang Anda butuhkan. Ini sangat membantu Anda untuk mendapatkan alat berat yang sesuai dengan apa yang akan Anda lakukan.

    Saat ini, supplier serta distributor berbagai spare part ataupun komponen alat-alat berat sudah jauh lebih banyak. Di satu ini bisa memberikan keuntungan tersendiri karena Anda akan lebih mudah menemukan ban grader yang sedang Anda butuhkan. Namun, di sisi lain, adanya lebih banyak supplier serta distributor perangkat dan komponen alat berat, ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih bingung. Belum lagi produk yang tersedia dari lebih banyak merk dan ukuran. Anda harus benar-benar selektif dan jeli ketika memilih sebelum berbelanja supaya Anda bisa mendapatkan produk ban yang memang sesuai dengan apa yang Anda cari.

    Salah satu langkah lebih mudah untuk menemukan ban grader yang benar-benar tepat adalah pastikan Anda menemukan supplier spare part dan komponen alat berat terpercaya. Supplier terpercaya biasanya menyediakan beragam jenis ukuran, pola kembang, tingkat ketebalan, serta karakteristik lain yang diharapkan akan lebih sesuai dengan apa yang sedang Anda butuhkan. Sebelum Anda berbelanja, pastikan Anda juga memahami spesifikasi ban yang Anda butuhkan seperti apa. Ini penting untuk dilakukan supaya Anda bisa lebih mudah mencari ban dengan spesifikasi yang tepat.

    Bila Anda sudah menemukan ban dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, Anda sebaiknya tidak terburu-buru untuk membelinya. Pastikan bahwa ban grader tersebut telah teruji kualitasnya. Anda bisa menghubungi pihak layanan pelanggan dari supplier yang bersangkutan untuk mengetahui bagaimana uji kualitas terhadap produk ban tersebut.

    Jangan lupa untuk memastikan ketersediaan stok serta harga yang ditawarkan. Bila Anda merasa harga yang ditawarkan dari satu supplier cukup tinggi, tak ada salahnya bila Anda membandingkannya terlebih dahulu dengan tempat lainnya. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan harga yang lebih terjangkau. Dengan melakukan beberapa cara tersebut, Anda akan lebih mudah menemukan ban grader yang tepat dengan apa yang Anda butuhkan.

    Read More
  • 17/08/2018 - Indo Autozone
    Cara Merawat Ban Dump Truck supaya Awet dan Tahan Lama

    Dump truck merupakan alat transportasi yang biasanya dimanfaatkan untuk memudahkan dalam proses pemindahan barang-barang curah seperti kerikil, pasir, tanah, produk tambang, dan lainnya. Umumnya, alat transportasi yang satu ini memiliki bak terbuka yang dilengkapi dengan hidrolik untuk memudahkan menumpahkan barang-barang yang diangkut. Tak heran bila kendaraan ini banyak dijumpai di area-area pembangunan, konstruksi, dan pertambangan.

    Salah satu bagian yang berperan penting dalam menentukan kualitas dan kinerja dump truck adalah ban dump truck itu sendiri. Ban dump truck biasanya dirancang khusus dengan pola tapak guna menghasilkan traksi yang tinggi baik di medan yang kasar ataupun halus bahkan untuk medan-medan berlumpur. Tentunya, kualitas ban kendaraan ini harus menjadi perhatian. Ban tersebut hendaknya bisa tahan abrasi serta memiliki daya tahan panas yang tinggi karena biasanya dump truck harus mengangkut beban yang cukup berat dengan kecepatan yang tinggi dan menempuh jarak yang cukup jauh. Selain memilih ban yang tepat, Anda sebaiknya juga memahami bagaimana cara merawat ban tersebut supaya awet dan tahan lama.

    Banyak orang seringkali kurang memperhatikan bagaimana perawatan ban dump truck yang mereka miliki. Ketika dump truck masih bisa bekerja maka hal ini bukanlah suatu masalah. Padahal, ban sangat berperan terhadap keselamatan dan kenyamanan dalam berkendaraan sehingga memperhatikan perawatan ban pun menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Berikut ini adalah tips merawat ban yang bisa Anda coba terapkan untuk mendapatkan ban yang awet dan tahan lama.

    Tips perawatan ban yang perlu diaplikasikan

    1. Melakukan rotasi ban
    Salah satu cara untuk menjaga ban dump truck supaya awet dan tahan lama adalah dengan melakukan rotasi pada ban truk. Tekanan yang berbeda seringkali membuat ban menjadi lebih gampang aus. Inilah mengapa ban depan pada dump truck yang membawa lebih banyak beban cenderung lebih mudah aus dibandingkan ban belakangnya. Ada beberapa cara merotasi ban yang paling umum dilakukan yaitu rotasi silang serta rotasi lurus. Dengan melakukan rotasi ban, hal ini bisa membuat masing-masing ban mendapatkan tekanan yang lebih seimbang.

    2. Menjaga tekanan ban
    Dengan menjaga tekanan pada ban dump truck bisa meminimalisir kerusakan dan mengurangi kemungkinan terjadinya kendaraan jadi lepas kendali. Tekanan ban yang rendah pada saat mengemudi akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih meningkat. Setidaknya, memeriksa tekanan pada ban perlu dilakukan setiap bulan. Bahkan, bila kendaraan tersebut digunakan dalam waktu yang lebih sering maka pemeriksaan sebaiknya juga dilakukan lebih sering. Dalam memeriksa tekanan ban hendaknya ban tidak dalam kondisi panas.

    3. Menjaga tapak ban
    Tapak ban memiliki peran yang sangat penting terhadap daya cengkram ban di jalan. Ini juga sangat berpengaruh dalam membantu menghilangkan air di antara ban dan jalan. Selain tu, tapak ban juga bisa memastikan kendaraan bisa tetap terkendali serta mencegah terjadinya slip ketika melakukan pengereman di jalanan basah. Tapak ban dump truck akan lebih mudah habis ketika sering berjalan dan mengerem. Inilah mengapa ketika memang kondisi tapak ban sudah terlihat aus maka mengganti ban sesegera mungkin adalah solusi yang paling tepat.

    4. Melakukan perbaikan dan pergantian
    Bila memang kurang memahami kondisi ban kendaraan Anda, membawa ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan adalah langkah yang sangat baik. Hal ini untuk lebih memastikan bagaimana kondisi ban Anda apakah masih cukup baik, rusak, ataupun lainnya. ketika ternyata didapai kondisi ban membutuhkan perbaikan maka segera lakukan perbaikan ataupun pergantian, tergantung dengan kondisi ban itu sendiri. Pastikan untuk selalu memeriksa ban dump truck secara teratur dan ganti ketika tapak ban mulai aus ataupun kondisi ban memang sudah waktunya untuk diganti.

    Read More
  • 15/08/2018 - Indo Autozone
    Cara Belanja Spare Part Forklift

    Belanja spare part forklift pada dasarnya hampir sama dengan belanja spare part mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya. Forklift sendiri ada berbagai merk yang bisa dijumpai sehingga spare part yang dibutuhkan juga bisa saja berbeda untuk masing-masing merek. Bila Anda memang membutuhkan spare part untuk alat berat yang Anda miliki termasuk forklift, pastikan Anda memahami bagaimana cara belanja perangkat tersebut dengan tepat. Sebenarnya Anda bisa saja belanja spare part yang dibutuhkan dengan bantuan teknisi yang pasti lebih memudahkan Anda. Namun, bila tidak memungkinkan untuk berbelanja bersama teknisi, beberapa kiat berikut ini bisa dipertimbangkan supaya Anda bisa mendapatkan spare part yang sesuai dengan kebutuhan.


    Tips dan Cara Mendapatkan Spare Part Yang Cocok


    Pertama, Anda sebaiknya memahami jenis spare part forklift yang Anda butuhkan apa. Sebagaimana yang diketahui bahwa forklift memiliki beberapa bagian yang bisa saja mengalami kerusakan ataupun masalah sehingga membutuhkan pengganti seperti fork, carriage, mast, counterweight, overhead guard, ataupun lainnya. Jangan menyepelekan hal ini karena bagaimana spare part alat berat seperti forklift juga terbilang cukup mahal. Bila Anda salah belanja, bukan tak mungkin Anda hanya akan membuang uang sia-sia karena spare part tidak sesuai.

    Kedua, pastikan untuk melakukan pengecekan spesifikasi spare part forklift yang akan dibeli. Bila Anda memang ingin mengganti spare part yang lama dengan produk yang baru, pastikan untuk mencatat spesifikasi dari spare part lama tersebut secara teliti. Ini akan memudahkan Anda untuk menemukan spare part dengan spesifikasi yang sesuai.

    Ketiga, Anda sebaiknya juga tak lupa untuk melakukan perbandingan harga. Ketika Anda sudah menemukan spare part yang Anda inginkan, jangan tergesa untuk langsung membeli. Alangkah baiknya bila Anda membandingkan harga produk spare part tersebut di beberapa toko yang menyediakan produk serupa. Ini akan membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan dengan harga terendah.

    Keempat, jangan lupa untuk memastikan keaslian produk spare part forklift yang akan Anda beli. Saat ini ada lebih banyak produk spare part tiruan di pasaran. Tentunya, bila Anda tidak jeli dan teliti, bukan tak mungkin Anda salah membeli produk spare part tiruan. Namun demikian, bila Anda memang membutuhkan produk spare part non ori maka Anda sebaiknya juga memastikan bahwa produk yang Anda beli merupakan spare part yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.

    Kelima, pastikan untuk belanja spare part tersebut di supplier yang tepat dan terpercaya. Anda jangan mudah tergiur dengan penawaran harga produk yang terjangkau tapi kualitas produk dan pelayanannya mengecewakan. Belanja di supplier terpercaya akan menghindarkan Anda mendapatkan masalah saat berbelanja spare part forklift yang Anda butuhkan.

    Belanja berbagai spare part alat berat termasuk spare part untuk forklift mungkin tak sesulit sebelumnya karena semakin banyak supplier dan distributor yang menyediakan produk-produk tersebut baik secara offline ataupun online. Namun, hal ini juga bukan berarti bahwa menemukan produk spare part terbaik dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih dengan semakin banyaknya produk tiruan serta oknum-oknum nakal yang tak bertanggung jawab. Dengan mempertimbangkan beberapa tips di atas, Anda bisa lebih mudah menemukan spare part forklift yang Anda butuhkan. Anda bisa menemukan supplier yang tepat dan terpercaya yang menyediakan produk dan pelayanan berkualitas terbaik serta harga yang masuk akal. Ini tentu akan memudahkan Anda untuk menemukan apa yang Anda butuhkan.

    Read More
  • 13/08/2018 - Indo Autozone
    Ban Loader Alat Berat Konstruksi

    Untuk yang sudah terbiasa bekerja di dunia konstruksi pasti sudah familiar dengan yang namanya loader. Loader memang salah satu jenis alat berat yang banyak dijumpai di daerah tambang atau konstruksi. Fungsinya adalah untuk membawa material atau untuk memindahkan barang-barang sejenis pasir, aspal, batu, atau jenis benda hasil tambang lainnya. Untuk jenisnya sendiri, loader ada banyak yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Hal itu juga berpengaruh dengan ban loader yang akan digunakan. Masing-masing loader memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing karena penggunaannya juga berbeda. Untuk itu disaat Anda sudah memutuskan akan mencari bannya pastikan sesuai dengan jenis loader yang ada agar tidak sia-sia. 


    Salah satu jenis loader adalah backhoe holder yang mana di bagian unit loader terdapat backhoe nya. Untuk jenis berikutnya adalah skid steer loader yang banyak dipakai untuk pekerjaan bangunan seperti bangunan komersial dan juga bangunan perumahan. Berikutnya ada juga jenis dozer dan juga jenis wheel loader. Untuk pemilihan ban loader tidak bisa sembarangan karena harus benar-benar dengan pertimbangan yang matang. Salah satu aspek yang tidak boleh disepelekan adalah loader tersebut akan digunakan untuk apa? Pengaplikasiannya untuk hal seperti apa. Tujuannya adalah agar saat digunakan nantinya bisa memaksimalkan produktifitas dan juga kinerja unit loader tersebut dan akhirnya akan terjadi pengurangan downtime dan juga pengurangan biaya operasional yang sangat membuat rugi para pebisnis.

    Loader juga tidak hanya menggunakan ban saja namun juga menggunakan velg nya dengan ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu jangan disamakan antara satu loader dengan yang lainnya. Selain ukurannya yang berbeda, pola kembang yang ada juga berbeda. Tidak hanya itu ukuran ketebalan juga berbeda. Untuk jenis ban yang bernama pneumatic loader, ada juga jenis nilon loader wheel dan juga radial loader wheel yang pada bagian dalamnya terdapat kawat. Namun sekarang, ada jenis ban loader yang mulai popular di pasaran yang bernama ban mati loader atau ban solid yang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pada bagian ban disaat digunakan untuk beraktifitas di lokasi yang sangat ekstrim. Terkadang lokasi tambang atau lokasi konstruksi sangat tidak terduga dan ban tersebut sengaja di desain untuk bisa berdapatasi dan bisa digunakan di tempat yang paling sulit.

    Harus diingat bahwa ban loader pada sebuah alat berat loader bukanlah sebuah pelengkap atau aksesoris biasa saja namun lebih ke fungsi vital yang akan langsung berpengaruh terhadap fungsi alat itu sendiri jika sampai salah memilih. Kesalahan pemilihan ban terlihat sepele namun hal itu bisa berakibat fatal apalagi jika dipaksakan loader untuk tetap bekerja di medan yang berat. Untuk itu pastikan sebelumnya jenis ban, type, ukuran, ketebalan, diameter, pola permukaan, merk ban, yang mana semuanya disesuaikan dengan fungsi dan medan kerja loader itu sendiri. Untuk semua pelaku bisnis yang rela investasi cukup besar untuk membeli satu buah loader maka hal itu seperti pertaruhan. Jika berhasil maka keuntungan usahanya cukup besar namun jika sampai loader rusak maka biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. 


    Mengapa Harus Pakai Ban Loader

    Dengan pemilihan ban loader yang tepat maka kinerja mesin loader akan efektif dan sangat maksimal. Untuk jenis kembang ban dengan type ideal lug paling recommended jika digunakan untuk trasi namun jika ban dengan kembang atau ulir yang halus maka lebih cocok untuk medan yang berumput atau yang berpasir sedangkan kembang ban dengan pola skid tyre lebih recommended digunakan untuk medan jalanan beton yang keras.

    Read More
  • 11/08/2018 - Indo Autozone
    Tips Memilih Ban Truk

    Truk menjadi kendaraan yang sangat familiar dan sudah biasa dilihat di berbagai daerah. Truk tidak hanya digunakan di perkotaan atau pedesaan saja karena banyak sekali jenisnya sehingga menjadi kendaraan angkut favorite karena bisa menampung kapasitas muatan dalam jumlah yang cukup besar. Ukuran truk sendiri juga berbeda dan diikuti dengan ukuran ban truk yang berbeda pula. Jangan pernah memaksakan usia sebuah ban kendaraan apalagi untuk kendaraan angkut seperti truk karena akan berdampak pada semua proses kerja. Mungkin terkesan hemat namun jika truk mengalami pecah ban karena ukuran ban yang salah, kondisi yang sudah rusak atau tipis maka pekerjaan yang harusnya bisa selesai justru semakin tertunda lama. 


    Baca Juga: Tips Memilih Ban Truk yang Tepat dan Berkualitas


    Panjang atau pendek usia sebuah ban truk dipengaruhi oleh banyak factor seperti misalnya kondisi jalanan yang mereka lewati, cara sopir mengemudikan truk hingga kondisi cuaca di tempat medan apakah ekstrim ataukah tidak. Dan hal itu sangat berpengaruh dengan performa truk juga. Jangan sampai memaksakan kondisi ban yang sudah tipis bahkan benang atau kawat sudah sampai kelihatan tetap untuk bekerja seperti biasa. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan disaat memutuskan akan membeli ban untuk truk Anda seperti membeli dan memilih ban demi keselamatan. Tidak ada hal yang lebih penting dibandingkan dengan keselamatan Anda sebagai manusia. Jika terjadi sesuatu dijalan seperti kecelakaan maka nyawa adalah taruhannya. Ingat bahwa fungsi ban adalah vital dan sangat penting.

    Kemudian berikutnya adalah Anda harus memahami dan membaca semua petunjuk mengenai jenis ban truk yang sesuai dengan kendaraan Anda. Biasanya pabrik ban memberikan garansi untuk pembeli berupa ganti rugi jika ban rusak atau mengalami gangguan dengan jarak tempuh yang ditetapkan. Jika jarak tempuh yang sudah dicapai ban tersebut sudah jauh maka nilai pengganti juga akan semakin kecil. Biasanya yang diberikan hanya kerusakan yang disebabkan karena hal umum atau regular dan tidak disebabkan karena hal seperti bahaya dijalanan atau lubang.

    Selain itu Anda juga harus benar-benar mengenal ukuran ban yang akan Anda beli beserta type nya. Ada banyak sekali ukuran yang direkomendasikan oleh pabrik sesuai dengan truk yang Anda miliki. Cek terlebih dahulu di bagian plakat yang sudah dipasang di laci truk atau di doorjamb, di buku panduan atau di penutup tangki bahan bakar. Jangan lupa hunting untuk harga terbaik. Harga terbaik bukan harga yang paling mahal tetapi yang memang sesuai dengan kualitas yang Anda harapkan untuk ban truk yang akan Anda beli tersebut. Jika memang ingin ban yang berkualitas maka membeli dengan harga lebih tinggi sedikit tidaklah jadi soal karena ada pepatah bahwa ada harga ada kualitas dan itu benar.


    Teliti Sebelum Membeli Agar Tidak Salah Memilih
    Surveilah merk ban khusus truk yang sesuai dengan type pekerjaan yang dilakukan oleh truk Anda. Apakah hanya untuk di jalan aspal biasa, ataukah masuk ke area tambang atau area perkebunan yang jalannya sangat terjal berbatu. Antisipasi juga untuk saat memilih ban truk cadangan harus dengan kualitas yang sama sehingga jika terjadi pecah ban atau hal lainnya tidak lantas membuat Anda panic apalagi jika kondisi pecah ban sedang di dalam hutan atau areal yang sulit dijangkau oleh orang lain. Jika memang sudah waktunya ganti maka mau tidak mau harus membeli yang baru jangan menggunakan ban tipis atau membeli ban vulkanisir yang dijual murah namun resikonya sangat membahayakan keselamatan.
    Read More
  • 09/08/2018 - Indo Autozone
    Seluk Beluk Ban Traktor

    Traktor adalah alat berat atau kendaraan yang cukup banyak digunakan. Biasanya untuk kepentingan pekerjaan seperti tambang atau pembangunan jalan dan bangunan lainnya. Traktor dijalankan oleh operator dengan skill tertentu. Bagian yang digunakan juga berbeda dengan jenis kendaraan lain pada umumnya. Oleh sebab itu perlu diketahui bahwa jika memang sudah yakin membeli traktor apalagi digunakan untuk kebutuhan proyek maka setiap parts harus diperhatikan dengan baik kondisinya. Salah satu yang cukup vital adalah ban traktor. Traktor sendiri masuk ke dalam spesifikasi alat berat yang memiliki kecepatan yang rendah. Biasanya selain areal konstruksi seperti proyek, yang namanya traktor juga banyak digunakan untuk mengolah lahan pertanian seperti sawah dan ladang. 


    Peran Ban Traktor Untuk Operasional


    Bukan tanpa ada artinya kenapa sebuah traktor hadir di era teknologi seperti sekarang ini. Fungsi nya adalah untuk membantu setiap pekerjaan petani karena alat ini bisa melakukan pekerjaan berjenis traksi dengan intensitas yang cukup tinggi namun memiliki daya tarik yang sangat besar. Ban pada traktor peranannya sangatlah penting dan kruisial karena tanpa menggunakan ban traktor yang bagus dan berkualitas fungsinya jelas tidak akan maksimal. Paling tidak, traktor tersebut tidak bisa lagi berjalan normal. Dengan support dari ban yang berkualitas maka produktivitas hasil tani bisa bertambah banyak, masa pakai traktor juga lebih lama, bahan bakar akan jauh lebih hemat serta akan lebih stabil saat traktor membawa beban dengan jumlah yang cukup berat.

    Sama seperti jenis ban lainnya, ban traktor juga memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda. Pola kembang atau ulir juga berbeda jenisnya dengan tingkat ketebalan yang juga berbeda dan bisa disesuaikan dengan jenis yang Anda butuhkan. Masing-masing kebutuhan pekerjaan membutuhkan ketebalan ban yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa contoh ukuran ban yang berbeda seperti ukuran 12,4- 32, ukuran 11,2- 24, ukuran 14,9- 26 dan lainnya. Untuk memilih ukuran yang Anda gunakan maka lakukan checking dengan ban yang Anda miliki sebelumnya. Biasanya setiap jenis traktor sudah memiliki spesifikasi tertentu untuk jenis dan ukuran ban yang paling sesuai.

    Namun juga perlu Anda ingat bahwa setiap buah ban memiliki batas waktu maksimal. Jika ban traktor sudah dalam kondisi tertentu dan waktu gantinya sudah tiba maka jangan ditunda kembali. Jika menunda tidak akan membuat Anda mendapatkan keuntungan karena kondisi traktor dengan ban yang tidak layak pakai jelas akan semakin tidak maksimal dan berpotensi merusak parts lainnya. Jika ada parts lainnya rusak karena ban maka biaya yang harus dikeluarkan berkali lipat lebih besar. Anda harus memikirkan hal itu dengan baik agar tidak menyesal nantinya. Jika traktor digunakan di medan berat maka tumpuannya tentu saja ada pada ban sehingga jangan sampai membiarkan ban rusak atau tipis tetap dipakai untuk aktivitas biasa. Vitalnya sebuah ban pada traktor sama dengan ban pada mobil atau motor.

    Traktor sendiri ada yang berukuran besar dan kecil begitu juga dengan perbedaan pada ukuran bannya. Hal itu menjadi aturan yang harus diikuti sehingga traktor bisa berfungsi dan bekerja dengan sebagaimana mestinya tanpa terkecuali. Harap diingat, alat berat seperti traktor bukan jenis kendaraan yang bisa dimodifikasi seperti kendaraan bermotor lainnya. Oleh sebab itu settingan yang ada harus diikuti dengan baik termasuk soal pemilihan ban traktor itu sendiri. Beli ban di supplier khusus traktor yang biasanya sekaligus menjual spare part untuk keseluruhan.

    Read More
  • 06/08/2018 - Indo Autozone
    Apa Itu Ban Forklift?

    Untuk alat seperti forklift yang namanya ban menjadi bagian atau komponen yang sangat penting. Tentu saja tanpa adanya ban maka forklift tidak bisa digunakan dengan baik. Dan oleh sebab itu ketika ban tersebut mengalami kerusakan maka fungsinya juga akan terganggu. Ban forklift sendiri harus dirawat dengan khusus karena memang butuh perhatian ekstra. Jika kondisi ban diabaikan begitu saja maka akan membahayakan dan memberikan resiko yang kurang baik seperti downtime yang lebih tinggi, pengendalian menjadi tidak nyaman, forklift pun menjadi tidak stabil. Yang paling buruk adalah benda atau beban yang dibawa justru bisa jatuh terjun bebas kebawah dan ini sangat mengancam keselamatan pekerja atau orang lain yang ada disekitar alat tersebut.


    Akibat lain dari kerusakan yang terjadi pada ban forklift adalah transmisi bisa menjadi rusak berikut juga dengan spare part alat tersebut. Bayangkan saja berapa biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan jika terjadi kerusakan. Ini artinya hal yang dianggap sepele ternyata bisa berakibat fatal. Perlu untuk Anda ketahui juga bahwa ada spesifikasi tertentu untuk ban forklift agar bisa dikatakan baik dan memenuhi criteria. Ban yang baik dan memiliki kualitas yang bagus adalah yang daya tahannya tinggi selain itu bisa memberikan safety yang juga cukup tinggi. Tidak hanya itu, ban tersebut juga harus memiliki tingkat pengendalian yang cukup stabil, keausan ban juga merata dan mampu memberikan redaman yang tinggi sehingga operator yang menggunakan alat tersebut bisa tetap merasa nyaman. 


    Mengenal Jenis Ban Sebelum Membeli


    Selain itu, ternyata ada banyak jenis dari ban forklift tersebut seperti diantaranya ban angina atau juga dikenal sebagai ban hidup, ban solid forklift atau yang dikenal sebagai ban mati / ban buta / ban pejal, kemudian jenis lainnya adalah ban solid forklift non marking serta ada juga ban press on. Yang berbeda tidak hanya jenisnya melainkan juga pola ulir ban, ukuran ban serta tingkat ketebalannya sehingga disaat Anda akan membeli ban jangan lupa untuk melakukan pengecekan karena jika salah maka pemasangannya juga akan bertambah sulit apalagi kalau sudah menyangkut ukuran ban.

    Bagi setiap kendaraan, yang namanya ban seringkali dianggap sepele. Bahkan demi bisa membeli ban dengan harga murah ada yang sampai rela menggunakan ban vulkanisir atau ban bekas yang diulir kembali. Ini sangatlah berbahaya karena ketebalan ban sudah tidak lagi sama dan ada yang sudah sangat tipis. Ketika digunakan untuk bekerja maka akan sangat membahayakan. Resikonya tidak sebanding dengan harga murah yang Anda bayar untuk membeli ban dengan jenis tersebut. Walaupun harga ban forklift baru jauh lebih mahal namun masa pakainya lebih lama,

    Untuk Anda yang berencana membeli ban forklift maka pastikan membeli di tempat yang terpercaya. Jangan sampai membeli di tempat yang salah karena sistemnya tidak bisa di return atau dikembalikan. Perhatikan seri ban yang Anda gunakan untuk menjaga agar kesalahan ukuran, ketebalan dan jenis tidak terjadi. Biasanya ada toko yang khusus menjual aksesoris, spare part hingga ban alat-alat seperti forklift sehingga Anda bisa lebih percaya akan kualitasnya dan mendapatkan ban yang asli. Untuk uliran ban biasanya terkait dengan daya cengkeram namun hal ini bisa kembali kepada Anda nyaman menggunakan jenis ban dengan ulir yang seperti apa. Bisa juga mencari promo ban forklift jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

    Read More
  • 06/06/2018 - Indo Autozone
    Daftar Harga Ban Forklift Gajah Tunggal

    Indo Autozone merupakan distributor ban forklift Gajah Tunggal, ban forklift yang sudah terjamin kualitasnya. 

    Berikut daftar harga eceran tertinggi untuk ban forklift Gajah Tunggal. HARGA BELUM TERMASUK DISCOUNT KHUSUS DARI INDO AUTOZONE

    • Harga Ban Luar Forklift 6.00-9/10PR GRIP    Rp. 608.000,-
    • Harga Ban Luar Forklift 6.50-10/10PR GRIP  Rp. 743.500,-
    • Harga Ban Luar Forklift 7.00-12/12PR GRIP  Rp. 1.040.500,-
    • Harga Ban Luar Forklift 8.25-15/14PR GRIP  Rp. 2.216.500,-
    • Harga Ban Luar Forklift 28x9-15/12PR GRIP Rp. 2.109.500,-

    Harap dicatat, daftar harga ban forklift Gajah Tunggal diatas, harga yang belum di discount. Untuk mengetahui harga ban forklift Gajah Tunggal setelah discount, segera hubungi marketing kami di 0851 0058 5553 atau 0877 8805 5651.

    Read More
  • Ban Loader
    29/05/2018 - Indo Autozone
    Tips Merawat Ban Loader

    Berikut beberapa tips untuk merawat ban loader Anda agar tahan lama dan menghemat biaya operasional:

    1. Menjaga tekanan angin ban loader yang tepat untuk memaksimalkan produktifitas unit loader. Tekanan angin ban loader yang kurang tepat dapat memperlambat keseluruhan siklus kerja dari unit loader. Kurangnya tekanan angin pada ban depan loader dapat menyebabkan gesekan berlebih pada tepian ban loader, sehingga memperlambat kinerja unit loader. Sedangkan kelebihan tekanan angin pada ban belakang loader dapat berdampak pada kurangnya stabilitas dan tentunya kinerja unit loader. Operator unit loader mungkin berpikir mesin membutuhkan lebih banyak penyeimbang dibagian belakang karena roda belakang cenderung limbung pada saat bekerja, tetapi penyeimbang tambahan tidak dapat mengatasi tekanan ban loader yang salah.
    2. Menyesuaikan tekanan angin ban loader dengan aplikasi pekerjaan. Pasir basah seberat 3400 pon dapat memenuhi kapasitas bucket loader sebanyak 120%. Sedangkan dua batu besar berukuran 18 inch dengan berat 2500 pon, hanya mengisi 80% dari kapasitas bucket loader. Ukuran tekanan angin ban loader yang terdapat dalam buku manual mungkin bukan tekanan yang tepat untuk material yang Anda muat. Perhatikan data tekanan angin untuk berbagai jenis beban yang dibawa yang bisa diperoleh dari dari produsen ban loader Anda atau hubungi dealer unit loader Anda untuk menentukan tekanan angin ban loader yang tepat berdasarkan aplikasinya. Tekanan angin yang tepat meningkatkan kinerja traksi dari unit loader anda dan tentunya memperpanjang usia pemakaian ban loader itu sendiri. Jika aplikasi pekerjaan sering berubah- ubah, Anda harus menyesuaikan tekanan angin dalam kondisi seolah- olah loader sedang membawa beban terberat.
    3. Hindari perputaran ban loader yang berlebihan. Instruksikan operator Loader Anda untuk menggunakan hidrolik mesin untuk menggerakan material pada saat mengisi bucket loader. Bergantung hanya pada gerakan maju mesin untuk mengisi bucket loader dapat memperlambat traksi dan meningkatkan perputaran ban loader yang berlebih, sehingga ban loader lebih cepat menipis. Beberapa unit loader seperti model K series John Deer, memiliki fitur khusus untuk mengatur putaran.
    4. Batasi pekerjaan unit loader Anda pada kondisi basah. Menghilangkan kadar air pada area kerja loader sulit untuk dicapai. Akan tetapi, membatasi pekerjaan pada kondisi yang terlalu basah dapat meningkatkan usia ban loader Anda. Perlu diingat, air berfungsi sebagai pelumas yang membuat ban loader Anda lebih mudah tertusuk benda- benda tajam.
    5. Mengoperasikan unit loader secara perlahan- lahan mungkin terlihat seperti tidak produktif, akan tetapi sesungguhnya loader yang bekerja terlalu cepat akan berdampak buruk pada usia pemakaian ban loader. Seperti layaknya kadar air, loader yang bekerja terlalu cepat akan meningkatkan suhu udara pada ban loader, sehingga menyebabkan ban loader lebih rentan terhadap kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh material- material tajam. Selain itu, mengoperasikan loader secara perlahan memungkinkan operator untuk dapat lebih berhati- hati dalam menghindari material- material tajam yang dapat merusak ban loader.
    6. Periksa ban loader setiap harinya sebelum beroperasi. Operator atau staff pemeliharaan sebaiknya melakukan pengecekan terhadap ban loader setiap harinya seperti mengecek kondisi batang dan penutup pentil ban loader. Operator juga harus mengevaluasi jika terdapat potongan, retakan, dan penipisan kembang yang tidak teratur di kedua sisi ban loader. Mendeteksi permasalahan ban loader sedini mungkin sangat penting karena memungkinkan perbaikan dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan jika menunggu kerusakan permanen yang mengharuskan penggantian ban loader, yang tentunya membutuhkan biaya lebih besar.
    7. Pengoperasian unit loader harus mengikutsertakan perencanaan dalam pemeliharaan ban loader itu sendiri. Pengoperasian unit loader sebaiknya memiminimalkan jarak transportasi antar area kerja dan juga belokan tajam yang dapat memperpendek usia pemakaian ban loader. Menjaga area kerja agar tetap rapi dapat memperpanjang usia pemakaian ban loader itu sendiri.
    8. Gunakan produk telematika untuk membantu pengaturan pemeliharaan ban loader Anda. Produk telematika masa kini memungkinkan pelaku bisnis untuk memonitor dan memeliharan ban loadernya dari jarak jauh. Misalnya, layanan telematika JDlink Ultimate John Deere memungkinkan pengguna melihat tekanan angin melalui internet atau aplikasi seluler. Suhu ban dan penggunaan fitur untuk mengatur putaran ban loader juga dapat dilihat secara online via internet.
    Read More
  • Jasa Pressing Ban Solid Forklift
    22/05/2018 - Indo Autozone
    Jasa Pressing Ban Solid Forklift

    Proses pemasangan ban solid forklift ke velg forklift memerlukan suatu alat khusus yang disebut juga sebagai mesin pressing. Pada dasarnya pemasangan ban solid forklift ke velg forklift tipe belah atau split masi bisa dilakukan secara manual tanpa mesin pressing, tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pemasangan ban forklift menggunakan mesin. Akan tetapi, pemasangan ban solid forklift ke velg forklift tipe ring tidak memungkinkan dilakukan secara manual sehingga memerlukan mesin khusus pressing agar ban forklift bisa terpasang dengan tepat dan mudah ke velg.

    Indo Autozone sebagai solusi terpadu ban forklift menyediakan jasa pemasangan atau jasa pressing ban solid forklift. Indo Autozone memiliki mesin pressing khusus untuk ban solid forklift (tidak menggunakan jasa pihak ketiga atau bawa keluar lagi), sehingga proses pemasangan ban forklift tidak memakan waktu terlalu lama, bisa langsung ditunggu dan dilihat, tanpa harus meninggalkan ban forklift itu sendiri.

    Harga jasa pemasangan ban solid forklift sendiri bervariasi, berkisar dari Rp. 75.000,- sampai Rp. 1.000.000,-, tergantung pada ukuran besar dari ban forklift itu sendiri.

    Jasa pemasangan ban solid forklift tersedia untuk berbagai macam forklift sebagai berikut:

    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 400 - 8
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 500 – 8
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 16 x 6 - 8
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 18 x 7 –8
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 600 – 9
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 21 x 8 – 9
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 650 – 10
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 23 x 9 - 10
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 700 – 12
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 250 – 15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 28 x 9 -15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 300 – 15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 550 – 15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 600 – 15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 700 - 15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 750 – 15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 815 - 15/ 28x9-15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 750 – 16
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 825 – 15
    Jasa pressing ban solid forklift ukuran 900 – 20

    Percayakan segala kebutuhan ban forklift Anda hanya pada solusi terpadu terpercaya

    Indo Autozone

    Jalan Hibrida Raya Blok PE 10 No. 27, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara

    Telp : (021) 4584 7292

    HP (1): 0851 0058 5553

    HP (2): 0877 8805 5651

    Web 1: www.indoautozone.co.id

    Web 2: www.indoautozone.web.indotrading.com

    Web 3: www.banforklift.id

    Read More
  • 14/05/2018 - Indo Autozone
    Jenis - Jenis Ban Skid Steer Loader (Ban Bobcat)

    Ban skid steer loader atau yang sering disebut juga sebagai ban bobcat memiliki dampak yang besar pada produktifitas dan keamanan dalam aplikasi pekerjaan dari unit loader itu sendiri. Penggunaan ban skid steer loader yang tidak tepat tidak hanya mengurangi produktifitas dari unit loader, tetapi juga meningkatkan biaya operasional. 


    Selain memilih ban loader yang tepat untuk jenis pekerjaannnya, aspek penting lainnya yaitu pengecekan rutin pada ban skid steer itu sendiri. Perawatan ban loader secara rutin dapat mencegah kerusakan permanen pada ban dan velg skid steer loader. Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk mengecek adanya penipisan tapak dari ban loader, tusukan- tusukan dari material tajam pada ban skid steer, kerusakan pada velg dan masalah- masalah lainnya yang dapat berdampak pada keamanan dan efisiensi yang berpotensi merusak suku cadang dari unit skid steer loader itu sendiri.


    Berikut jenis- jenis ban skid steer loader yang tersedia:


    • Ban Pneumatic Skid Steer Loader Standar, biasanya digunakan pada intensitas pekerjaan ringan dan menengah pada beberapa aplikasi umum pekerjaan seperti pemerataan & penggalian
      tanah, perbaikan jalan, pekerjaan pertanian dll. Terbuat dari bahan karet alami, ban jenis ini memiliki berbagai variasi pola kembang, juga tersedia dalam seri radial maupun bias.
    • Ban Pneumatic Skid Steer Loader Premium, pada dasarnya digunakan pada aplikasi yang serupa dengan ban pneumatic tipe standar. Akan tetapi ban loader jenis ini dirancang untuk memiliki daya tahan dan proteksi yang lebih di bandingkan dengan tipe standar. Ban skid steer jenis ini memiliki fitur- fitur khusus seperti lapisan tambahan untuk dinding samping, kualitas karet yang lebih tahan lama dan material lebih pada tepi ban. Beberapa merk popular seperti Bridgestone,Titan dan Michellin masuk dalam kategori ban skid steer premium.
    • Ban Pneumatic Skid Steer Loader Heavy Duty, dirancang untuk pekerjaan berat pada tanah berlumpur atau permukaan yang padat. Ban loader jenis ini pada umumnya memiliki tapak yang sangat dalam dan daya tahan yang tinggi. Biasanya digunakan pada area kerja seperti permukaan kasar, pembuangan sampah, perbaikan jalan, penggalian, penambangan tanah lunak dan pekerjaan industri lainnya.
    • Ban solid skid steer loader, terbuat dari bahan karet yang dirancang untuk memiliki ketahanan yang luar biasa bahkan pada kondisi pekerjaan yang sangat ekstrim sekalipun. Ban solid loader pada dasarnya tidak bisa kempes dan juga lebih berat, sehingga dapat meningkatkan kestabilan dan kapasitas operasional.

    Jika anda membutuhkan informasi produk dan harga terkai ban skid steer loader, jangan ragu untuk menghubungi kami di

    Phone  : 021 4584 7292

    HP1     : 0851 0058 5553

    HP2     : 0877 8805 5651 (Bisa WA)

    Alamat : Jalan Hibrida Raya Blok PE 10 No. 27, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara

    Read More
  • Ban Loader
    04/05/2018 - Indo Autozone
    Bagaimana Memilih Ban Loader Yang Tepat Untuk Unit Loader Anda?

    Penggunaaan jenis ban yang tepat dan perawatan yang cermat dapat meningkatkan produktifitas kerja dan usia pemakaian dari ban loader. Pengguna alat berat seperti loader atau wheel loader harus mempertimbangkan aplikasi pekerjaan dimana unit alat berat akan digunakan sebelum memutuskan untuk memilih ban loader yang tepat. Penggunaan ban loader yang sesuai dengan aplikasi pekerjaannya akan membuat pekerjaan menjadi lebih effektif, sehingga menghemat waktu dan biaya dari unit loader untuk jangka panjang. 


    Biasanya, ban radial untuk loader lebih mahal dibandingkan dengan ban bias. Akan tetapi, ban radial memberikan traksi dan stabilitas yang lebih baik,
    sehingga membantu mengurangi biaya bahan bakar. Oleh karena itu, jika dihitung ulang, total biaya jangka panjang dari hasil penggunaan ban radial bisa lebih rendah dibandingkan ban bias, walaupun biaya permulaannya (up-front cost) lebih tinggi dibanding ban bias.

    Pada kecepatan yang lebih tinggi, ban radial tidak hanya memberikan kontrol yang lebih baik, tetapi juga memiliki kapasitas lebih untuk menahan
    panas yang dihasilkan dari penggunaan alat berat, sehingga memperpanjang usia pemakaian ban loader. Penggunaan ban radial untuk loader sangat tepat pada aplikasi dimana traksi, dan jarak merupakan faktor utama, dimana loader bekerja pada permukaan padat untuk aplikasi muatan.

    Pengguna alat berat sebaiknya menggunakan ban bias jika unit loader banyak digunakan di area pertambangan yang berkerikil dan berlubang dimana
    sangat berpotensi untuk merusak dinding samping dari ban loader. Untuk area kerja seperti ini, ban bias untuk loader bekerja lebih maksimal dibandingkan ban radial karena jarak tempuh kerja lebih pendek dan ban bias cenderung lebih mudah untuk diperbaiki (ditambal)

    Di sampingban radial dan bias untuk loader, ada juga ban solid loader yang biasanya digunakan untuk mengeliminasi permasalahan umum pada ban angin
    loader, dimana ban solid loader ini sangat cocok digunakan untuk area kerja yang sangat ekstrim

    Setelah memutuskan jenis ban loader yang sesuai untuk aplikasi pekerjaannya, langkah berikut adalah memilih poladesign tapak (kembangan) ban loader. Pola kembang ban loader harus memudahkan material untuk terlepas dari ban loader itu sendiri. Pada area kerja yang basah dan berlumpur, material yang berlebihan yang tersangkut pada ban dapat dengan mudah mengikis kembangan pada ban loader, menyebabkan traksi berlebih pada saat penggunaan dari unit alat berat.

    Tipe kembang ban loader L2 dan L3 pada umumnya paling banyak direkomendasikan. Ban loader dengan kembang L2 memudahkan loader
    untuk melakukan traksi maksimal dan membersihkan ban dari material- material yang tersangkut pada area kerja lunak dan berlumpur. Sedangkan, banloader dengan kembang L3 memberikan ketahanan pada area kerja yang berbatu. Untuk area pertambangan yang berlubang, semakin tinggi tipe kembangnya, maka akan semakin baik. Sebagai contoh pola kembang banloader L5S atau L5 memiliki tapak yang lebih dalam dan usia pemakaian yang lebih panjang.

    Walapun biaya awal yang dikeluarkan untuk ban loader dengan pola kembang L4 dan L5 jauh lebih ltinggi dari ban loader L2 dan L3, biaya keseluruhan jangka panjang dari loader itu sendiri merupakan faktor penentu dalam memilih ban loader. Jika loader hanya digunakanm sesekali (banyak idle time), maka biaya awal dari ban loader bisa menjadi aspek utama dalam memilih ban loader. Akan tetapi, jika loader digunakan terus menerus, maka menghabiskan lebih banyak
    uang untuk ban loader yang sesuai dengan aplikasi pekerjaan merupakan keputusan yang tepat, karena dapat menghemat biaya per jam.

    Untuk memaksimalkan usia pemakaian ban loader, pengguna alat sebaiknya memiliki pemahaman bahwa area kerja dari masing- masing unit loader
    memiliki kondisi yang unik dan berbeda- beda, dan ada aplikasi penggunaan yang dapat menyebabkan ban lebih cepat rusak dibanding
    lainnya. Ban loader pada umumnya dapat bertahan sampai 2000-3000 jam kerja. Akan tetapi seperti yang sudah didiskusikan sebelumnya, area kerja dan
    applikasi penggunaan dari loader yang akan menentukan usia pemakaian ban loader. Misalnya, ban loader yang digunakan di area berbatu atau pertambangan
    cenderung memiliki usia pemakaian yang lebih singkat apabila dibandingkan dengan ban loader yang dipakai di area yang berlumpur atau tanah konkret.

    Disamping itu, bagaimana operator menggunakan alat loader juga memegang peranan penting dalam usia ban loader. Misalnya, operator yang terus menerus memutar roda ke area tumpukan material/curah, dapat berpotensi untuk merusak ban lebih cepat. Operator juga sebaiknya melakukan perawatan rutin untuk ban loader seperti melakukan pengecekan terhadap tekanan angin dari ban loader. Tekanan angin ban yang kurang atau berlebihdapat menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

    Jika anda sedang membutuhkan ban loader dan memerlukan rekomendasi ban yang tepat untuk kebutuhan Anda, maka
    segera hubungi Indo Autozone di

    021 4584 7292 (Office)

    0851 0058 5553

    0877 8805 5651 (Bisa WA)

    Atau kunjungi langsung outlet kami
    di Jalan Hibrida Raya Blok PE10 No. 27, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara,

    Read More
  • BAN SOLID FORKLIFT, SOLUSI TEPAT UNTUK USAHA LEBIH HEMAT
    26/03/2018 - Indo Autozone
    BAN PADAT, SOLUSI TEPAT UNTUK USAHA LEBIH HEMAT

    Salah satu unsur atau bagian yang paling penting dan pastinya tidak bisa dipisahkan dari unit forklift tentunya adalah ban forklift itu sendiri. Ban merupakan aspek yang memegang peranan penting dan memiliki dampak terhadap kelangsungan mesin forklift dan juga biaya operasional pelaku bisnis. Dalam memilih ban forklift yang tepat untuk unit forklift, tentunya pelaku usaha akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan dari jenis ban forklift itu sendiri yang dapat dibedakan mulai dari bahan pembuatan ban sampai di area mana ban tersebut cocok digunakan. Dari sekian banyaknya pilihan jenis ban, ada satu jenis ban yang bisa jadi pilihan utama bagi pelaku bisnis yang mempertimbangkan penggunaan jangka panjang. Ban tersebut ialah ban solid forklift.


    Apa itu ban solid forklift? Ban solid forklift atau yang biasa juga disebut sebagai ban padat atau ban mati atau ban pejal atau ban buta merupakan jenis ban yang dirancang khusus dan terbuat dari material yang menyebabkan ban tidak mudah tertusuk oleh material tajam seperti beling atau paku. Untuk area penggunaannya sendiri, ban solid forklift dapat digunakan baik untuk tempat indoor ataupun outdoor, meskipun idealnya ban ini tidak disarankan untuk digunakan di medan yang terlalu kasar.


    Selain itu, ada juga jenis ban padat yang lainnya, yaitu ban solid forklift non marking. Apa yang membedakan jenis ban ini dengan ban padat yang sebelumnya? Kalau jenis ban padat yang sebelumnya dapat digunakan di dalam dan luar ruangan, maka jenis ban yang satu ini lebih dianjurkan untuk digunakan di dalam ruangan saja. Ban solid forklift non marking biasanya berwarna putih. abu- abu atau kuning gading,  ban jenis ini dibuat dengan material khusus sehingga tidak meninggalkan bekas tapak ban berwarna hitam di lantai. Ban solid forklift non marking biasanya digunakan di area pabrik yang memerlukan tingkat higienitas yang cukup tinggi seperti pabrik makanan, pabrik obat- obatan, pabrik kimia, dsb. Selain itu, ban solid forklift non marking juga mengandung bahan silika atau kapur yang dapat mencegah keausan serta bahan anti oksidan yang memberikan perlindungan terhadap ban dari radiasi UV. Keunggulan lain dari jenis ban ini yaitu memiliki traksi yang baik, minim rolling resistance, dan dirancang untuk meminimalkan penyerapan panas berlebih.


    Tapi sekali lagi, mengapa sebaiknya kita menggunakan ban solid forklift? Apakah ban mati forklift ini adalah solusi terbaik untuk kendaraan industrial Anda? Apabila Anda masih ragu, berikut keunggulan- keunggulan yang hanya dimiliki oleh ban solid forklift yang membuat Anda tidak perlu berpikir lama untuk menggunakannya:

    1. Meminimalkan down time. Ketika ban forklift kita bermasalah, otomatis unit forklift harus berhenti dan tidak bisa beroperasi. Tentunya hal ini sangat merugikan dari segi waktu dan biaya- biaya produksi yang tak terduga. Tetapi dengan menggunakan ban solid, ban pun jadi tidak mudah kempes sehingga tidak perlu membuang-buang waktu untuk penggantian ban.
    2. Lebih tahan lama. Ban pneumatic untuk forklift biasanya hanya dapat bertahan sampai 3 bulan jika digunakan secara intense dan terus menerus. Usia pemakaian ban solid forklift dapat bertahan setidaknya rata- rata 6 - 8 bulan dengan kondisi pemakaian yang cukup intense.
    3. Cost saving. Upfront cost untuk ban solid forklift memang lebih besar dibanding ban angin forklift, akan tetapi pada pemakaian non stop dan terus menerus, ban solid forklift sangat direkomendasikan karena dapat menghasilkan cost per hour lebih rendah dibanding ban angin.
    4. Less maintenance. Walaupun penggunaan ban solid forklift dapat menyebabkan forklift terasa lebih berat bagi operator sehingga menyebabkan kurang fleksibilitas dalam beberapa gerakan, tetapi faktanya masih banyak pelaku bisnis yang lebih menyukai untuk menggunakan ban solid daripada ban angin untuk forklift mereka. Alasan utamanya tentu biaya dan waktu pemeliharaan yang lebih minim dibanding ban angin yang dapat menyedot lebih banyak biaya, tenaga dan waktu untuk proses penggantian ban akibat ban kempes.

    Menyadari tingginya kebutuhan ban solid forklift tersebut, Indo Autozone sebagai distributor ban terpercaya, sudah menyediakan berbagai jenis ban padat ini untuk dapat terus mendukung usaha Anda menuju ke arah yang lebih baik. Anda tidak perlu lagi bingung harus kemana untuk mendapatkan ban kualitas terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki ban forklift berkualitas dari Indo Autozone agar roda usaha Anda berjalan lancar dan keuntungan pun semakin besar!



    Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi:
    Indo Autozone
    Jln. Hibrida Raya Blok PE 10 No. 27
    Kelapa Gading Permai - Jakarta Utara
    Phone : (021) 4584 7292
    HP 1: 0851 0058 5553(Call/ SMS Only)
    HP 2: 0877 8805 5651 (WA)
    Email: info@indoautozone.co.id
    Website (1): http://www.indoautozone.co.id
    Website (2): http://indoautozone.web.indotrading.com


    FB Page: http://www.facebook.com/indo.autozone.jakarta

    Read More
  • Ban Forklift, ban solid forklift, ban mati forklift
    18/12/2017 - Indo Autozone
    Ban Forklift, Penentu Keuntungan yang Sering Terabaikan

    Industri dan pemindahan merupakan dua kata yang sering kita dengar apabila kita diminta untuk mendeskripsikan suatu alat berat bernama forklift. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, forklift memang merupakan alat berat atau juga bisa dikatakan sebagai alat tranportasi yang berguna di dunia perindustrian. Biasanya pada lingkungan industri, kita sering melihat bahwa forklift memiliki kegunaan untuk melakukan pemindahan barang yang cukup banyak dan biasanya dipergunakan di tempat penyimpanan seperti gudang, namun tak jarang juga kita menemukannya di tempat luar seperti pelabuhan. Forklift sendiri memiliki peran penting dalam bidang industri karena memungkinkan perusahaan untuk menghemat waktu dalam menjalani usaha. Barang-barang yang sudah tidak mungkin diangkut oleh pekerja itu sendiri (karena jumlahnya banyak dan harus dipindah dalam waktu yang cepat) tentu akan dimudahkan dengan kehadiran forklift. 


    Salah satu komponen vital dari forklift adalah ban forklift itu sendiri. Akan tetapi, kebanyakan operator forklift sering mengabaikan pentingnya perawatan ban forklift, sehingga menyebabkan banyak kerugian bagi pemilik unit forklift. Ban forklift merupakan komponen penting dari kendaraan industrial yang seharusnya mendapatkan perhatian khusus. Kerusakan ban forklift dapat menyebabkan
    tingginya downtime, meningkatkan resiko kerusakan spare part forklift seperti transmisi forklift, berkurangnya kestabilan dan pengendalian unit forklift yang dapat mengakibatkan jatuhnya beban yang sedang dibawa atau diangkat oleh forklift sehingga menimbulkan resiko kecelakaan bagi operator dan pekerja- pekerja sekitar.

    Ban forklift yang terawat dengan baik dapat mempercepat kerja para operator sehingga pekerjaan dapat terselesaikandengan lebih efisien dan efektif. Pertanyaan selanjutnya adalah ban yang seperti apa yang harus digunakan oleh pelaku bisnis? Ini jawabannya, ban forklift yang baik adalah ban forklift yang memiliki daya tahan dan aspek- aspek faktor keselamatan yang tinggi seperti pengendalian yang
    stabil, tingkat keausan yang merata, dan peredaman getaran untuk kenyamanan kerja operatornya. Saat ini, Anda tidak perlu bingung harus kemana mencari ban forklift yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, karena Anda akan dapat dengan mudah menemukannya di Indo Autozone.

    Indo Autozone menyediakan berbagai jenis ban forklift antara lain:
    1. Ban Pneumatic Forklift, atau yang biasa juga disebut sebagai ban hidup. Ban ini berisi angin dan memiliki komponen ban luar, ban dalam, dan ban perut. Ban ini terbuat dari karet tebal tahan lama dan ban ini paling baik digunakan pada medan yang kasar atau berlumpur
    2. Ban Solid Forklift, atau yang biasa juga disebut sebagai ban padat, ban mati, ban buta atau ban pejal. Ban ini memiliki kelebihan tidak mudah tertusuk atau kempes karena material- material tajam seperti paku dan beling. Ban ini dapat digunakan baik untuk tempat indoor ataupun outdoor, meskipun idealnya ban ini tidak digunakan di medan yang terlalu kasar 
    3. Ban Solid Forklift Non Marking, ban ini biasanya berwarna putih, kuning gading atau abu- abu. Ban ini dibuat dengan material khusus yang dapat membuat ban tidak meninggalkan jejak kotor atau noda hitam pada lantai. Pada umumnya ban forklift jenis ini banyak digunakan di jenis industri yang membutuhkan tingkat higienitas cukup tinggi seperti pabrik makanan dan pabrik obat- obatan.
    4.  Ban Polyurethane (PU), ban yang sempurna untuk digunakan dalam ruangan. Ban Polyurethane ini memiliki kestabilan dan traksi yang sangat baik dan juga rolling resistance yang minim.

    Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki ban forklift berkualitas dari Indo Autozone agar roda usaha Anda berjalan lancar dan keuntungan pun semakin besar!

    Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi:

    Indo Autozone

    Jln. Hibrida Raya Blok PE 10 No. 27 Kelapa Gading Permai - Jakarta Utara

    Phone : (021) 4584 7292

    HP 1: 0851 0058 5553

    HP 2: 0877 8805 5651 (WA)

    Email: info@indoautozone.co.id

    Website (1): http://www.indoautozone.co.id

    Website (2): http://indoautozone.web.indotrading.com

    FB Page: http://www.facebook.com/indo.autozone.jakarta
    Read More