Kenali Jenis dan Spesifikasi Truk Besar di Indonesia

Perkembangan teknologi tentunya sangat berpengaruh terhadap industri yang ada saat ini. Salah satunya adalah dengan semakin beragamnya jenis-jenis truk pengangkut berukuran besar yang mampu memuat beban cukup besar untuk beragam kebutuhan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis truk besar yang digunakan untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan mulai konstruksi, pertambangan, perniagaan, dan lainnya. Namun, tidak semua truk tersebut bisa dijumpai di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis kendaraan truk dengan ukuran dan muatan besar yang bisa dijumpai di Indonesia dengan jenis dan spesifikasi yang berbeda. Mengetahui jenis dan spesifikasinya tentu akan memudahkan dalam mengenali jenis truk tersebut.


Spesifikasi truk-truk yang ada di Indonesia

- Truk Tronton
Jenis truk besar yang satu ini bisa dikatakan sebagai truk terkecil di antara truk-truk bermuatan besar lainnya. Spesifikasi truk ini terdiri dari tiga sumbu roda serta memiliki dimensi tertentu. Panjang truk kisaran tujuh hingga sembilan meter. Beban muatan yang diperbolehkan untuk jenis truk yang satu ini bervariasi. Untuk truk bersumbu 3 kelas 2 maksimal muatan hingga 22 ton, sedangkan untuk kelas 3 maksimal muatannya adalah 20 ton. Ini berbeda dengan jenis truk bersumbu 4 yang mana kelas 2 total mualan adalah 30 ton dan kelas 3 adalah 26 ton.

- Truk Kontainer atau Trailer
Truk kontainer ataupun trailer juga termasuk salah satu truk besar yang ada di Indonesia. Jenis truk ini pada dasarnya ada dua yaitu kontainer 20 kaki serta kontainer 40 kaki. Keduanya memiliki dimensi yang berbeda yang mana truk deham 20 kaki memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan truk 40 kaki. Selain dimensinya yang berbeda, daya muat ataupun volume dari keduanya pun tentu berbeda. kemampuan mengangkut beban dari truk kontainer tergantung pada jumlah sumbu roda yang digunakan. Kisaran beban yang mampu diangkut adalah 20 hingga 27 ton.

- Truk Molen
Jenis truk yang satu ini juga menjadi salah satu truk pengangkut berukuran besar. Hanya saja, truk ini mengangkut material cor beton. Selain truk molen, truk ini juga dikenal dengan sebutan truk mixer karena memang memiliki fungsi untuk mencampurkan material cor beton. Truk ini terbagi menjadi dua jenis yaitu truk molen mini dan truk molen standar yang masing-masing memiliki volume berbeda. Dibandingkan dengan jenis truk besar lainnya, truk molen memiliki jarak tempuh paling pendek. Ini dikarenakan muatan dari truk ini berupa material cor beton yang bisa segera mengeras dalam waktu setidaknya dua jam.

- Truk Wing Box
Dari beberapa jenis truk besar yang ada di Indonesia, truk wing box merupakan jenis truk yang paling besar. Truk ini memiliki dimensi box yang cukup besar. Standarnya, box untuk truk ini memiliki panjang 8.85 meter, lebar 2.4 meter, dan tinggi 2.1 meter yang mana ini diukur dari bagian dalamnya. Kapasitas truk ini mencapai volumer 34 kubik yang sanggup membawa beban sekitar 32 hingga 36 ton. Truk ini biasanya digunakan di area industri besar untuk mengangkut berbagai barang dari ataupun ke pabrik.

Keberadaan jenis truk besar yang ada di Indonesia pastinya masih cukup kecil dibandingkan yang ada di luar negeri. Kebutuhan truk di negara ini masih terbilang belum cukup mendesak. Namun demikian, beberapa jenis truk berukuran besar di atas sudah terbilang cukup mewakili truk-truk yang ada di Indonesia. Jenis-jenisnya beragam yang terbagi lagi berdasar kapasitas muatan, konstruksi truk, termasuk ukurannya

0 0
Feed