Kenali Ragam Manfaat Mobil Eskavator

Mobil eskavator merupakan salah satu jenis alat berat yang seringkali dijumpai di beberapa lokasi. Jenis alat berat yang satu ini memiliki beberapa bagian yang cukup khas seperti adanya lengan bahu dan keruk. Fungsi utama dari alat berat ini adalah untuk kebutuhan penggalian. Namun demikian, alat berat yang satu ini nyatanya bisa digunakan untuk berbagai pekerjaan lainnya. Bahkan, di hampir setiap lokasi pembangunan bisa dijumpai alat berat ini, meski di luar area konstruksi un juga banyak dijumpai. 


Ukuran mobil eskavator sendiri cukup beragam yang bisa memudahkan dalam pemilihan sesuai dengan kebutuhan mulai dari yang mini, sedang atau standar, dan besar.

Macam-macam eskavator yang ada di Indonesia

Eskavator Mini
Eskavator berukuran mini biasanya digunakan untuk mendukung beberapa pekerja di area perkebunan. Biasanya kendaraan tersebut difungsikan untuk penggalian serta pengelolaan lahan perkebunan. Selain itu, kendaraan berat berukuran mini tersebut juga bisa digunakan dalam proses pembuatan parit ataupun jalan akses di area perkebunan. Dengan ukurannya mini, hal ini ternyata tak membuat kendaraan tersebut memiliki kapasitas yang mini pula. Kapasitas eskavator mini tersebut terbilang sangat besar sehingga tak jarang kendaraan berat tersebut juga digunakan dalam pembuatan jalan raya di sejumlah negara. Ukurannya yang mini memungkinkan untuk menunjang sejumlah pekerjaan yang tidak bisa diakses oleh eskavator berukuran standar.

Eskavator Sedang atau Standar
Selain mobil eskavator berukuran mini, terdapat pula eskavator dengan ukuran sedang atau standar yang sering dijumpai di sejumlah lokasi konstruksi ataupun proyek pengerjaan jalan raya. Eskavator berukuran standar tersebut paling umum dijumpai dalam proses pembangunan sejumlah infrastruktur. Bukan hanya untuk proyek-proyek konstruksi saja, eskavator standar juga digunakan untuk membantu dalam proses evakuasi timbunan akibat bencana alam seperti gempa, longsong, ataupun beberapa bencana alam yang menyebabkan sejumlah korban tertimbun dan sulit dievakuasi secara manual tanpa bantuan alat berat.

Eskavator berukuran standar juga seringkali digunakan untuk mengangkat lumpur-lumpur yang mengendap di dasar sungai, terutama ketika mulai memasuki musim penghujan. Endapan lumpur ketika dibiarkan saja di sungai maka bisa membuat dasar sungai semakin tebal sehingga jumlah air yang mampu ditampung sungai semakin berkurang. Hal ini bisa menyebabkan risiko banjir. Di sisi lain, proses pengangkatan lumpur di dasar sungai juga bukan hal yang mudah dilakukan tanpa bantuan sejenis alat berat seperti mobil eskavator tersebut. Inilah mengapa saat memasuki musim penghujan, banyak dijumpai eskavator yang digunakan untuk membantu proses pengangkatan lumpur di sejumlah sungai yang rawan banjir.

Eskavator Besar
Sebenarnya selain eskavator berukuran mini ataupun standar, ada juga eskavator berukuran besar. Namun, alat berat yang satu ini tidak sembarangan digunakan di sejumlah area karena ukurannya yang memang cukup besar. Eskavator besar biasanya digunakan di area-area pertambangan baik untuk penggalian, pengerukan lahan, ataupun lainnya untuk mendukung pekerjaan penambangan.

Penggunaan sejumlah alat berat memang memudahkan berbagai pekerjaan terutama untuk kebutuhan konstruksi, perkebunan, pertambangan, ataupun lainnya. Dengan adanya ukuran yang bervariasi, ini juga semakin memudahkan untuk menggunakan alat berat sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Saat ini, untuk mendapatkan berbagai alat berat sudah bukan hal yang terlalu sulit dilakukan. Dalam hal ini, ada sejumlah perusahaan yang menyediakan layanan pembelian ataupun penyewaan alat-alat berat. Tentunya, menemukan alat berat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan akan membuat pekerjaan bisa dilakukan lebih optimal dan efektif. Bila sebelumnya semua pekerjaan dilakukan secara manual yang tak hanya menghabiskan banyak waktu dan tenaga, kini dengan adanya alat-alat berat seperti mobil eskavator tentunya bisa membuat pekerjaan bisa diselesaikan lebih tepat waktu dan sesuai dengan keinginan.

0 0
Feed