Kiat Pemilihan Ban Forklift yang Tepat

Saat anda mengunjungi dealer atau website dari perusahaan forklift dan memilah-milah apa yang mereka tawarkan, anda mungkin akan menemukan beberapa truk pemindah barang ini digolongkan berdasarkan jenis ban yang digunakannya. Tipe ban truk pengangkat dan pemindah barang ini memang didesain untuk mendukung performa dan kinerja bagaimana mesin tersebut dipergunakan dalam lingkungan kerja. Secara umum terdapat tiga tipe ban untuk mesin ini, yakni ban pneumatic, ban karet solid, ban press-on solid, dan ban polyurethane.


• Ban Pneumatic
Ban pneumatic atau ban isi angin merupakan ban forklift yang paling umum digunakan dengan sebagian besar beban bertumpu pada angin bertekanan tinggi. Dibandingkan dengan tipe ban lain, jenis ban ini dibuat dari bahan karet tebal dan memiliki ulir yang lumayan dalam untuk meningkatkan kestabilan dan daya pakainya. Ban jenis ini sendiri dapat memperpanjang masa pakai mesin pemindah barang karena fleksibilitas dan suspensi yang dihasilkan oleh isi udara di dalamnya sehingga cocok untuk digunakan pada pemakaian berat dan permukaan medan yang kasar luar ruangan sekalipun.

Hampir sebagian besar ban pneumatic ini dibuat dengan konstruksi ban bias, tapi ada beberapa yang menggunakan konstruksi radial sehingga membuat ban lebih lebar untuk kebutuhan angkutan intensitas tinggi. Ban tipe pneumatic juga membutuhkan ban dalam dan pelapisnya sehingga lumayan rentan akan tusukan dan bocor.

Jenis-jenis Ban Forklift dan peruntukannya

• Ban Karet Solid
Ban jenis karet solid ini hampir mirip secara bentuk dengan ban pneumatic, hanya saja tanpa dukungan fleksibilitas yang disediakan oleh bantalan dan fleksibilitas angin di dalamnya. Dengan begitu, ban solid ini memiliki defleksi lebih rendah yang menghasilkan stabilitas lebih sebagai ganti hilangnya suspensi tadi. Karena alasan tersebut ban forklift solid lebih enak digunakan pada permukaan kerja yang rata. Daya tahannya terhadap tusukan dan kebocoran juga menjadikan ban ini akan tahan lebih lama.

• Ban Press-on Solid
Ban press-on solid merupakan ban karet yang dibuat dengan menyematkan pita metal di dalamnya. Sebagaimana namanya, ban jenis ini akan membutuhkan press ban hidrolik untuk memasang dan melepaskannya dari roda forklift. Tipe ban ini sangat unggul dalam hal daya tahan dan sangat rata sehingga memberikan dukungan keamanan lebih. Stabilitas dan daya kapasitas beban muatan yang dihasilkan tinggi namun memberikan lebih sedikit suspensi daripada ban solid biasa. Ban jenis ini juga membutuhkan pelek khusus yang tak bisa diganti dengan ban solid biasa ataupun ban pneumatic.

• Ban Polyurethane
Tipe terakhir yakni ban polyurethane yang secara mendasar merupakan sebuah ban press-on yang terbuat dari polyurethane atau sejenis plastik polimer. Ban ini menghadirkan sebuah pilihan tepat untuk ban ringan yang memiliki traksi mumpuni dengan resistansi rolling yang rendah. Ban tipe ini kebanyakan bisa ditemukan di berbagai jenis mesin pengangkut barang elektronik indoor. Ban ini dapat membawa beban lebih yang merupakan salah satu pertimbangan untuk menyeimbangkan berat yang dihasilkan baterai pada mesin. Layaknya ban press-on karet, ban press-on dari plastik polimer ini juga membutuhkan press ban untuk pemasangan dan pencopotannya.

• Menyesuaikan Jenis Ban Forklift Untuk Kebutuhan di Lapangan
Lokasi atau medan kerja yang spesifik akan menentukan ban forklift tipe apa yang cocok untuk menangani pekerjaan tersebut. Banyak mesin pemindah barang ini yang didesain hanya untuk ban tertentu dan tak dapat diganti dengan tipe lainnya, oleh karenanya pemilihan yang tepat tak bisa ditawar lagi. Mesin pengangkut outdoor memiliki kerja yang berkaitan dengan kerja berat yang butuh traksi dari ban pneumatic. Di sisi lain, mesin angkut elektrik yang berukuran lebih kecil digunakan untuk pekerjaan melewati lorong atau celah sempit yang membutuhkan ban polyurethane untuk radius belok yang pendek dan rolling traksi yang lembut.

0 0
Feed