Laba Bisnis Sewa dan Jual Forklift

Untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia alat berat pasti sudah mengenal yang namanya forklift. Forklift banyak digunakan sebagai alat angkut barang baik untuk kebutuhan indoor atau outdoor. Pilihannya disesuaikan dengan jenis transmisi baik manual atau automatic. Jika Anda punya modal besar Anda bisa menjalankan bisnis sewa dan jual forklift. Tentu saja, karena termasuk alat berat yang menunjang berjalannya sebuah bisnis maka bisnis ini juga akan sangat oke untuk dijalankan. Banyak pengusaha yang membutuhkan forklift untuk menunjang usaha yang mereka geluti. Tentu saja kapasitas perusahaan besar, gudang makanan, supplier atau kebutuhan outdoor seperti tambang tidak mungkin angkutan barang masih menggunakan system manual dengan tenaga manusia padahal jaman sudah semakin modern seperti sekarang. Selain tidak efisien dan memakan banyak waktu juga menghambat proses produksi dan kelangsungan bisnis. 


Namun, kebanyakan perusahaan tidak selalu membeli forklift karena mereka merasa harganya masih sangat tinggi. Padahal untuk penggunaan jangka panjang, membeli justru lebih efisien karena nantinya juga bisa dijual kembali atau disewakan jika memang dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi. Untuk itulah kenapa potensi sukses jual forklift dan bisnis sewa ini masih terbuka cukup besar. Jika harga pasaran mencapai 200 jutaan per unit maka untuk menggaet pasar baru Anda bisa menjual dengan harga dibawah itu sehingga selisihnya saja sudah bisa membuat konsumen tertarik. Jika ingin membuat konsumen menjadi tergantung dengan Anda maka Anda juga bisa sekaligus menyediakan jasa sewa forklift. Disata nanti konsumen-konsumen Anda membutuhkan forklift baru maka Anda bisa menerima kembali forklift mereka untuk disewakan atau dijual dalam bentuk second.

Jual forklift sendiri bisa memilih yang baru atau second. Untuk produk baru jelas saja masih sangat terjamin kualitasnya namun konsumen harus mau membayar harga lebih mahal karena semua komponen, spare part dan fisik benar-benar baru keluar dari pabrik. Kelebihan yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen disaat mereka memilih membeli produk baru dari Anda adalah bahwa garansi yang akan di dapatkan juga masih penuh dan mendapatkan jasa service sesuai dengan ketentuan yang ada. Harga jual setiap unit forklift sendiri berbeda berdasarkan tahun pembuatan / perakitan karena nantinya disaat alat tersebut rusak akan berhubungan dengan suku cadangnya. Semakin lama usia forklift tersebut maka jika terjadi kerusakan akan semakin sulit mendapatkan spare partnya dikarenakan sudah tidak produksi lagi.

Tentukan harga pasar untuk forklift

Agar bisnis jual forklift Anda laku keras maka ada baiknya Anda menentukan pangsa pasar sesuai dengan produk dagangan Anda. Tidak mungkin Anda menjual forklift tetapi ke mahasiswa atau ke pedagang tekstil yang tidak mempunyai pabrik. Namun bisa memilih menawarkan ke perusahaan dengan gudang besar seperti distributor, tambang, pabrik dan lainnya. Berikan beberapa penawaran sehingga konsumen bisa punya beberapa pilihan yang berbeda. Jelaskan juga spesifikasi dengan detail sehingga konsumen bisa paham dan benar-benar memilih forklift yang sesuai dengan kepentingan mereka. Untuk kebutuhan outdoor tawarkan manual forklift namun untuk kebutuhan indoor lebih baik Anda menawarkan automatic forklift. Yang membedakan adalah system transmisinya. Laba dari hasil bisnis sewa dan jual forklift jelas besar karena sebanding dengan besarnya modal yang Anda keluarkan diawal mendirikan usaha tersebut. Oleh sebab itu jika Anda menjalankan bisnis ini dengan baik maka keuntungannya juga akan lumayan. Dan bahkan bisa menambah asset untuk kemudian dijual kembali ke pasaran.

0 0
Feed