Panduan Kapan Mengganti dan Memilih Harga Ban Truk

Setiap kendaraan tentu memiliki sebuah ban ideal baik dari segi harga dan kualitas untuk memaksimalkan performa dan tingkat keamanan saat digunakan berkendara, tak terkecuali dengan Truk. Penting sekali untuk memilih ban berkualitas pada rentang harga ban truk terbaik saat membeli ban baru agar sesuai dengan kebutuhan jelajah mesin tersebut kedepannya karena akan sangat berpengaruh terhadap performa.


Tanda-tanda Anda Perlu Mengganti Ban Truk
Saat memutuskan kapankah waktu yang tepat untuk mengganti ban truk anda, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa tanda-tanda berikut apakah terjadi pada ban truk anda.

• Alur corak ban yang mulai menipis
Masih bagus atau tidaknya alur corak pada ban truk merupakan salah satu pertimbangan apakah ban truk tersebut minta diganti atau belum. Jika sudah mulai menipis, ada baiknya cepat diganti. Hal ini penting karena saat berkendara di kondisi jalanan basah atau tanah basah, kemungkinan ban untuk selip akan lebih besar.

• Banyak luka pada dinding samping ban
Celah, sayatan, dan galur yang lumayan dalam pada dinding samping ban merupakan hal lain yang perlu diperhatikan. Luka-luka ban semacam ini bisa menyebabkan kebocoran yang parah hingga meledaknya ban saat digunakan.

• Banyaknya tonjolan
Seperti halnya celah yang mucul di dinding samping, kecacatan dalam bentuk benjolan atau lapisan yang menggelembung pada bagian samping ban akan memicu meledaknya ban.


• Guncangan yang tak wajar
Untuk kebanyakan driver truk yang telah berpengalaman, mereka tahu apakah truk yang mereka kendarai mengalami guncangan yang tak wajar. Meski guncangan semacam ini bisa ditimbulkan akibat banyak hal namun adanya ketidak seimbangan permukaan ban jadi akar permasalahan pada umumnya.

• Kebisingan ban
Jika anda mendengar suara-suara yang aneh dari ban anda mungkin ini salah satu indikasi ban anda sudah usang atau kekurangan tekanan. Suara semacam deruman perlu dicek kembali dan jangan diacuhkan untuk faktor safety.

Cara Memilih Harga Ban Truk Terbaik yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Pemilihan ban yang tepat pada harga ban truk terbaik tak hanya melulu soal penyesuaian ukuran ban saja. Beberapa faktor berikut menjadi sebuah satu kesatuan yang tak bisa terlewatkan untuk mendapatkan ban truk yang pas.

• Pahami kode ban
Apakah anda pernah melihat kode berupa angka dan huruf yang tertera di bagian dinding samping ban? Kode-kode tersebut tak hanya untuk para mekanik yang mengganti ban anda, namun juga untuk anda sebagai konsumen sendiri. Ada beberapa informasi yang tertera dibalik kode tersebut untuk pertimbangan kesesuaian dan harga ban truk tersebut sebelum memutuskan mebelinya, seperti jenis ban, lebar ban, aspek rasio, jenis konstruksinya, ukuran diameter, load index, hingga tingkat kecepatan.

• Efisiensi pada bahan bakar
Dengan naiknya harga minyak dunia, para perusahaan ban juga telah melakukan beberapa peningkatan agar ban mereka memiliki efisiensi dalam hal konsumsi bahan bakar, salah satunya yakni hadirnya ban dengan rolling resistance rendah yang dapat mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

• Jenis ban
Tak hanya berpengaruh pada harga ban truk, jenis ban juga merupakan sebuah hal yang vital untuk kebutuhan daya jelajah medan anda nantinya. Untuk anda yang butuh penggunaan truk untuk saranan angkutan beban berat dan muatan di jalan aspal, ban trailer bisa jadi pilihan tepat. Sementara untuk daya jelajah yang lebih seperti menghadapi medan berbatu, tanah lunak, hingga, berlumpur, penggunaan ban truk jenis off-road akan menyediakan performa yang maksimal.

0 0
Feed