Seluk Beluk Ban Traktor

Traktor adalah alat berat atau kendaraan yang cukup banyak digunakan. Biasanya untuk kepentingan pekerjaan seperti tambang atau pembangunan jalan dan bangunan lainnya. Traktor dijalankan oleh operator dengan skill tertentu. Bagian yang digunakan juga berbeda dengan jenis kendaraan lain pada umumnya. Oleh sebab itu perlu diketahui bahwa jika memang sudah yakin membeli traktor apalagi digunakan untuk kebutuhan proyek maka setiap parts harus diperhatikan dengan baik kondisinya. Salah satu yang cukup vital adalah ban traktor. Traktor sendiri masuk ke dalam spesifikasi alat berat yang memiliki kecepatan yang rendah. Biasanya selain areal konstruksi seperti proyek, yang namanya traktor juga banyak digunakan untuk mengolah lahan pertanian seperti sawah dan ladang. 


Peran Ban Traktor Untuk Operasional


Bukan tanpa ada artinya kenapa sebuah traktor hadir di era teknologi seperti sekarang ini. Fungsi nya adalah untuk membantu setiap pekerjaan petani karena alat ini bisa melakukan pekerjaan berjenis traksi dengan intensitas yang cukup tinggi namun memiliki daya tarik yang sangat besar. Ban pada traktor peranannya sangatlah penting dan kruisial karena tanpa menggunakan ban traktor yang bagus dan berkualitas fungsinya jelas tidak akan maksimal. Paling tidak, traktor tersebut tidak bisa lagi berjalan normal. Dengan support dari ban yang berkualitas maka produktivitas hasil tani bisa bertambah banyak, masa pakai traktor juga lebih lama, bahan bakar akan jauh lebih hemat serta akan lebih stabil saat traktor membawa beban dengan jumlah yang cukup berat.

Sama seperti jenis ban lainnya, ban traktor juga memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda. Pola kembang atau ulir juga berbeda jenisnya dengan tingkat ketebalan yang juga berbeda dan bisa disesuaikan dengan jenis yang Anda butuhkan. Masing-masing kebutuhan pekerjaan membutuhkan ketebalan ban yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa contoh ukuran ban yang berbeda seperti ukuran 12,4- 32, ukuran 11,2- 24, ukuran 14,9- 26 dan lainnya. Untuk memilih ukuran yang Anda gunakan maka lakukan checking dengan ban yang Anda miliki sebelumnya. Biasanya setiap jenis traktor sudah memiliki spesifikasi tertentu untuk jenis dan ukuran ban yang paling sesuai.

Namun juga perlu Anda ingat bahwa setiap buah ban memiliki batas waktu maksimal. Jika ban traktor sudah dalam kondisi tertentu dan waktu gantinya sudah tiba maka jangan ditunda kembali. Jika menunda tidak akan membuat Anda mendapatkan keuntungan karena kondisi traktor dengan ban yang tidak layak pakai jelas akan semakin tidak maksimal dan berpotensi merusak parts lainnya. Jika ada parts lainnya rusak karena ban maka biaya yang harus dikeluarkan berkali lipat lebih besar. Anda harus memikirkan hal itu dengan baik agar tidak menyesal nantinya. Jika traktor digunakan di medan berat maka tumpuannya tentu saja ada pada ban sehingga jangan sampai membiarkan ban rusak atau tipis tetap dipakai untuk aktivitas biasa. Vitalnya sebuah ban pada traktor sama dengan ban pada mobil atau motor.

Traktor sendiri ada yang berukuran besar dan kecil begitu juga dengan perbedaan pada ukuran bannya. Hal itu menjadi aturan yang harus diikuti sehingga traktor bisa berfungsi dan bekerja dengan sebagaimana mestinya tanpa terkecuali. Harap diingat, alat berat seperti traktor bukan jenis kendaraan yang bisa dimodifikasi seperti kendaraan bermotor lainnya. Oleh sebab itu settingan yang ada harus diikuti dengan baik termasuk soal pemilihan ban traktor itu sendiri. Beli ban di supplier khusus traktor yang biasanya sekaligus menjual spare part untuk keseluruhan.

0 0
Feed