Tipe Ban Reach Stacker dan Kelebihannya

Jika berbicara mengenai alat berat, banyak sekali jenis alat yang berfungsi memudahkan manusia untuk memindahkan barang atau material ini yang tersedia, salah satunya reach stacker. Alat berat ini biasanya banyak ditemukan di pelabuhan ataupun depot peti kemas, dimana fungsionalitasnya sebagai alat pemindah, pengangkut, serta penyusun kontainer secara vertikal.


Dari segi jarak tempuh perjalanan, reach stacker memilik jarak tempuh yang cukup pendek karena area kerjanya sendiri yang memang tak terlalu luas. Meski begitu, intensitas kerja yang dilalui oleh alat berat ini tergolong lumayan ekstrim sehingga memerlukan ban reach stacker yang sesuai dengan medan dengan durabilitas mumpuni. Perjalanan ekstrim yang pendek tersebut disebabkan karena reach stacker harus bolak-balik untuk melakukan bongkar muat kapal dengan waktu sesingkat mungkin, menyusun, dan juga mengangkut peti kemas dengan aman.

Karena tuntutan kerja dengan produktivitas dan jam kerja yang tergolong sangat tinggi tersebut, penggunaan ban berkualitas menjadi hal yang vital untuk dipenuhi. Selain kualitas akan ban reach stacker itu sendiri, pengguna juga harus memahami fungsionalitas pola yang dimiliki oleh ban alat berat ini agar mampu memberikan kinerja optimal sesuai dengan medan di sekitar peti susun.

Tipe-tipe Ban yang perlu diketahui oleh para pengguna

a. L4S
Tipe pertama ini merupakan sebuah ban radial dengan lapisan tinggi yang telah didesain untuk pekerjaan dengan intensitas tinggi dimana daya tarik bukan sebuah masalah lagi. Dengan desain pola yang rata, ban tipe ini menjamin durabilitas yang lebih lama dan performa mengagumkan meski harus kerja berat. Terlebih dinding tepi luar ban yang telah diperkuat menjadikannya tahan akan berbagai goresan dan sayatan.

b. Rock Grip (E4)
Ban reach stacker jenis ini memiliki pola yang lumayan dalam yang cocok untuk operasional pembuangan di sektor pertambangan. Bahan karet yang digunakan untuk pola tapak ban ini memiliki gabungan ketangguhan maksimal dari panas dan sayatan yang akan membuat daya tahan pola ban lebih lama. Kerangka yang kokoh dan ditujukan untuk kerja berat juga memiliki andil untuk menjaga keawetan bagian ban secara keseluruhan.

c. E3
Permukaan ban dari tipe E3 ini mampu menyokong segala aspek kerja dengan baik seperti kestabilan, daya tahan terhadap kerusakan, dan bagian samping ban yang telah diperkuat. Kehandalan ban jenis ini juga datang dari permukaan yang cukup lebar dan halus selain di bagian kembang sehingga menjamin operator mengendalikan mesinnya dengan baik.

Kedalaman pola kembang dari ban E3 yang bervariasi sendiri membuat ban cocok untuk penggunaan yang memungkinkan terjadinya overheat pada bagian speed kerja yang relatif rendah sehingga panas permukaan bisa lebih meredam.

d. CTR Handler (E4)
Tipe ban reach stacker yang selanjutnya ini memang didesain untuk mendukung medan kerja pelabuhan yang membutuhkan handling pada mesin yang lebih baik. Casing pada ban ini sendiri telah diperkuat, dengan bantalan dasar yang lebar. Tak hanya mendukung untuk pekerjaan dalam penyusunan di peti kemas pelabuhan, ban jenis ini memiliki fitur gabungan yang membuatnya mampu diandalkan untuk kebutuhan handling di area konstruksi yang menjamin operator bisa mengendalikan muatan tinggi dengan ketinggian lebih secara stabil dalam lift mode.

Seperti halnya ban reach stacker jenis sebelumnya, ban ini juga memiliki daya tahan bagus terhadap tusukan yang terjadi ke permukaan ataupun pada bagian samping yang bisa menyebabkan kerusakan. Poin lebihnya lagi, desain pola datar yang terdapat di bagian tengah mengurangi kebisingan mesin yang sedang melaju sehingga terdengar lebih lembut.

0 0
Feed