Tips Cerdas Membeli Sparepart Alat Berat yang Perlu Anda Ketahui

Supaya sebuah alat berat bisa berfungsi dengan baik serta tidak mudah mengalami kerusakan maka sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan sparepart atau suku cadang yang digunakan. Sebetulnya suku cadang tersebut tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada kendaraan bermotor. Namun untuk suku cadang alat berat tersebut biasanya disesuaikan dengan masing-masing jenis alat berat karena terdapat berbagai jenis alat berat yang saat ini banyak digunakan untuk sebuah proyek mulai dari dozer, loader hingga excavator atau bego. Selain itu, suku cadang alat berat tersebut juga terdiri dari berbagai merk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. 


Seiring dengan semakin tingginya penggunaan alat berat maka semakin tinggi pula permintaan terhadap sparepartnya. Tak heran jika kini banyak merk suku cadang alat berat yang hadir di pasaran dan membuat Anda semakin bingung untuk memilihnya. Sebagai solusi, Anda bisa mendatangi teknisi atau supplier alat berat untuk memperoleh informasi suku cadang yang sesuai dengan spesifikasi alat berat. Untuk memudahkan Anda saat membeli sparepart alat berat maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tipsnya untuk Anda.

Tips membeli onderdil alat berat

1. Kebutuhan
Sebelum Anda membeli sparepart alat berat, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kebutuhannya untuk perbaikan atau penggantian. Periksalah kriteria suku cadang yang Anda butuhkan dan jangan anggap remek karena harga suku cadang tersebut memang tidaklah murah. Bila Anda salah beli maka akan membuat Anda rugi dan membuang uang begitu saja karena suku cadang tersebut akhirnya tidak terpakai.

2. Mengecek Spesifikasi
Sebelum membeli suku cadang sebaiknya silakan cek terlebih dahulu spesifikasinya terutama jika Anda ingin mengganti yang lama dengan yang baru. Untuk memudahkan Anda saat membeli maka silakan catat spesifikasi suku cadang yang lama sehingga Anda tidak akan salah saat membeli.

3. Membandingkan Harga
Ketika Anda sudah menemukan suku cadang yang Anda butuhkan maka lakukan perbandingan harga terlebih dahulu dari toko satu ke toko lainnya. Perbandingan harga ini bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan merk serta kualitas yang sama. Dengan demikian Anda bisa menghemat budget pembelian suku cadang alat berat yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Mengecek Keaslian
Saat ini memang semakin banyak sparepart tiruan atau palsu yang dibuat oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Untuk itulah sebagai konsumen Anda harus cermat dengan memeriksa keaslian suku cadang tersebut sehingga Anda tidak dirugikan karena salah membeli barang tiruan.

5. Ketersediaan dan Waktu Pengiriman
Sebelum membeli sebaiknya pastikan terlebih dahulu ketersediaan suku cadang tersebut serta waktu pengirimannya. Bila suku cadang yang Anda butuhkan ternyata stoknya tidak tersedia maka Anda harus menunggu lebih lama hingga stoknya tersedia lagi.

6. Memilih Supplier Terpercaya
Dalam membeli suku cadang alat berat, sebaiknya jangan mudah tergiur oleh harga murah yang belum tentu bisa menjamin kualitasnya. Untuk itulah pastikan memilih supplier yang resmi karena bisa dipastikan terbukti terpercaya dan berpengalaman. Selain itu, supplier yang resmi sudah pasti menyediakan suku cadang yang asli sehingga bisa disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan alat berat yang Anda gunakan.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai tips membeli sparepart alat berat yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Melalui penjelasan di atas kini bagi Anda yang membutuhkan suku cadang alat berat maka pastikan lebih cermat dalam membeli. Dengan demikian Anda bisa memperoleh suku cadang yang asli, berkualitas dan pastinya lebih terjangkau.

0 0
Feed