Tips Menjaga Mesin Mobil Truk

Mobil truk memiliki kondisi dan spesifikasi yang berbeda dengan jenis mobil lainnya. Sebabnya karena truk juga dikerjakan untuk kondisi yang berbeda tidak seperti jenis mobil penumpang yang hanya digunakan untuk bepergian atau sekedar berjalan di tengah kota. Salah satu yang membedakan adalah jenis mesin yang digunakan yang membutuhkan bahan bakar selain bensin yaitu solar atau dikenal dengan nama diesel. Agar mesin truk bisa bertahan dalam kondisi yang lebih lama maka perawatan dan perbaikan harus menyeluruh dan dilakukan secara berkala. Jangan sampai mobil yang sudah dibeli dengan harga mahal harus rusak sia-sia karena perawatan dan penggunaan yang kurang benar. 


Cara memelihara mesin agar tidak cepat rusak

Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk Anda agar bisa menjaga mesin mobil truk sehingga masa pakai mesin bisa lebih panjang dan lama.

• Untuk pertama kali mobil akan digunakan harus diingat bahwa memanaskan mesin mobil adalah sebuah hal yang sangat penting. Panaskan mesin paling tidak 15 menit sebelum menjalankan mobil. 


• Berikutnya adalah pastikan untuk menjaga stock bahan bakar truk agar tidak pernah kosong dan selalu terisi penuh. Minimal jika kapasitas tangki mencapai 1/3 dari kapasitas full maka Anda sudah harus mengisi tangki kembali. 

Jangan membiarkan truk sampai kehabisan bahan bakar dan yang harus digunakan adalah pompa injeksi yang mana sesuai dengan jenis solar yang tidak gampang menguap seperti bensin. 


• Ketika Anda mendapati mesin injeksi rusak maka langsung saja segera membawa truk ke bengkel terdekat. Hindari membenarkan dengan cara sendiri yang belum tentu sesuai dengan prosedur yang seharusnya dan justru berpotensi membuat kerusakan bertambah parah. Perbaikan truk dengan mesin diesel harus dilakukan di bengkel yang khusus menangani mesin-mesin seperti itu pula. 


• Kemudian jangan lupa untuk selalu membersihkan saringan udara setiap kali mobil sudah berjalan sejauh 20 kilometer. Kerja mobil truk lebih berat sehingga perawatannya pun seharusnya lebih baik dan detail. Jika filter tidak dibersihkan dan dibiarkan kotor maka debu yang ada akan menyumbat ruang bakar dan menjadi aus karena ring piston dan silinder akan tergesek oleh debu yang tajam. 


• Tidak hanya itu, filter solar juga harus lebih diperhatikan dan ketika sudah rusak maka penggantian harus segera dilakukan. Jika dibiarkan tersumbat karena sampah maka hal itu justru akan membahayakan karena sumbatan yang ada.


• Semua filter selalu harus dibersihkan dengan rutin dan wajib Anda ganti ketika sudah digunakan selama 16 ribu kilometer. 


• Berikutnya adalah perhatikan bagian busi dan juga baterai pada mobil truk. Tahun truk yang baru sudah dilengkapi mesin lebih baik namun tetap komponen seperti itu adalah vital. Gunakan proses prosedur mobil diesel dengan cara yang benar demi kelangsungan hidup yang panjang. Karena jika komponen sudah rusak maka biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Ada banyak jenis mobil truk di pasaran yang bisa Anda pilih baik dalam kondisi second atau baru. Masing-masing bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika memang dirasa medannya berat maka pilih truk khusus untuk lokasi tambang atau outdoor yang sulit sehingga semua bagian truk memang bekerja sesuai kapasitasnya. Untuk service terbaik disesuaikan dengan kilometer nya saja sesuai dengan yang ada pada buku pedoman sehingga jika ada sesuatu yang harus dibenarkan pun tidak akan memakan banyak biaya. Untuk brand yang recommended bisa mencari sesuai dengan kebutuhan saja karena setiap brand punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

0 0
Feed