Ban Loader

Tips Merawat Ban Loader

Berikut beberapa tips untuk merawat ban loader Anda agar tahan lama dan menghemat biaya operasional:

  1. Menjaga tekanan angin ban loader yang tepat untuk memaksimalkan produktifitas unit loader. Tekanan angin ban loader yang kurang tepat dapat memperlambat keseluruhan siklus kerja dari unit loader. Kurangnya tekanan angin pada ban depan loader dapat menyebabkan gesekan berlebih pada tepian ban loader, sehingga memperlambat kinerja unit loader. Sedangkan kelebihan tekanan angin pada ban belakang loader dapat berdampak pada kurangnya stabilitas dan tentunya kinerja unit loader. Operator unit loader mungkin berpikir mesin membutuhkan lebih banyak penyeimbang dibagian belakang karena roda belakang cenderung limbung pada saat bekerja, tetapi penyeimbang tambahan tidak dapat mengatasi tekanan ban loader yang salah.
  2. Menyesuaikan tekanan angin ban loader dengan aplikasi pekerjaan. Pasir basah seberat 3400 pon dapat memenuhi kapasitas bucket loader sebanyak 120%. Sedangkan dua batu besar berukuran 18 inch dengan berat 2500 pon, hanya mengisi 80% dari kapasitas bucket loader. Ukuran tekanan angin ban loader yang terdapat dalam buku manual mungkin bukan tekanan yang tepat untuk material yang Anda muat. Perhatikan data tekanan angin untuk berbagai jenis beban yang dibawa yang bisa diperoleh dari dari produsen ban loader Anda atau hubungi dealer unit loader Anda untuk menentukan tekanan angin ban loader yang tepat berdasarkan aplikasinya. Tekanan angin yang tepat meningkatkan kinerja traksi dari unit loader anda dan tentunya memperpanjang usia pemakaian ban loader itu sendiri. Jika aplikasi pekerjaan sering berubah- ubah, Anda harus menyesuaikan tekanan angin dalam kondisi seolah- olah loader sedang membawa beban terberat.
  3. Hindari perputaran ban loader yang berlebihan. Instruksikan operator Loader Anda untuk menggunakan hidrolik mesin untuk menggerakan material pada saat mengisi bucket loader. Bergantung hanya pada gerakan maju mesin untuk mengisi bucket loader dapat memperlambat traksi dan meningkatkan perputaran ban loader yang berlebih, sehingga ban loader lebih cepat menipis. Beberapa unit loader seperti model K series John Deer, memiliki fitur khusus untuk mengatur putaran.
  4. Batasi pekerjaan unit loader Anda pada kondisi basah. Menghilangkan kadar air pada area kerja loader sulit untuk dicapai. Akan tetapi, membatasi pekerjaan pada kondisi yang terlalu basah dapat meningkatkan usia ban loader Anda. Perlu diingat, air berfungsi sebagai pelumas yang membuat ban loader Anda lebih mudah tertusuk benda- benda tajam.
  5. Mengoperasikan unit loader secara perlahan- lahan mungkin terlihat seperti tidak produktif, akan tetapi sesungguhnya loader yang bekerja terlalu cepat akan berdampak buruk pada usia pemakaian ban loader. Seperti layaknya kadar air, loader yang bekerja terlalu cepat akan meningkatkan suhu udara pada ban loader, sehingga menyebabkan ban loader lebih rentan terhadap kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh material- material tajam. Selain itu, mengoperasikan loader secara perlahan memungkinkan operator untuk dapat lebih berhati- hati dalam menghindari material- material tajam yang dapat merusak ban loader.
  6. Periksa ban loader setiap harinya sebelum beroperasi. Operator atau staff pemeliharaan sebaiknya melakukan pengecekan terhadap ban loader setiap harinya seperti mengecek kondisi batang dan penutup pentil ban loader. Operator juga harus mengevaluasi jika terdapat potongan, retakan, dan penipisan kembang yang tidak teratur di kedua sisi ban loader. Mendeteksi permasalahan ban loader sedini mungkin sangat penting karena memungkinkan perbaikan dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan jika menunggu kerusakan permanen yang mengharuskan penggantian ban loader, yang tentunya membutuhkan biaya lebih besar.
  7. Pengoperasian unit loader harus mengikutsertakan perencanaan dalam pemeliharaan ban loader itu sendiri. Pengoperasian unit loader sebaiknya memiminimalkan jarak transportasi antar area kerja dan juga belokan tajam yang dapat memperpendek usia pemakaian ban loader. Menjaga area kerja agar tetap rapi dapat memperpanjang usia pemakaian ban loader itu sendiri.
  8. Gunakan produk telematika untuk membantu pengaturan pemeliharaan ban loader Anda. Produk telematika masa kini memungkinkan pelaku bisnis untuk memonitor dan memeliharan ban loadernya dari jarak jauh. Misalnya, layanan telematika JDlink Ultimate John Deere memungkinkan pengguna melihat tekanan angin melalui internet atau aplikasi seluler. Suhu ban dan penggunaan fitur untuk mengatur putaran ban loader juga dapat dilihat secara online via internet.
0 0
Feed