Tips Perawatan Velg Loader Untuk Daya Tahan Lebih Lama

Tak hanya ban, velg pada alat berat juga memegang peran yang penting dalam urusan produktifitas kerja karena mempengaruhi kapabilitas alat berat untuk memindahkan barang atau material dalam volume besar secara baik atau tidak. Kebanyakan velg loader atau alat berat ini memang sudah diproduksi untuk sanggup menghadirkan daya tahan dan masa pakai yang lumayan panjang. Meski begitu, velg memiliki berbagai bagian yang terus menerus bergerak sehingga mengharuskan untuk melakukan perawatan dengan benar untuk menjamin kinerja di lapangan konsisten dengan output hasil yang tinggi.


Tips perawatan Velg yang harus rutin dilakukan agar awet
Guna mendapatkan kinerja yang maksimal semacam itu paling tidak pengguna harus mengerti akan beberapa tips dalam perawatan velg pada alat berat berikut ini:

• Bersihkan Secara Berkala
Sebagaimana bagian alat berat yang lain, velg loader juga memerlukan perawatan dengan cara membersihkannya secara berkala sesuai dengan kondisi yang dilalui. Untuk pengerjaan di bagian medan yang kering atau lahan yang sudah terjamah, mungkin tak akan menimbulkan kotoran yang berarti seperti debu, pasir, atau kerikil yang menempel.

Akan tetapi, untuk lahan tanah halus ataupun dengan kondisi basah berlumpur, hal ini mungkin akan memerlukan pembersihan ekstra. Seperti yang diketahui velg dan ban biasanya berkutat dengan daratan secara langsung sehingga tak mengherankan jika bekas tanah dan lumpur di kondisi ini akan sangat tinggi. Dengan pembersihan yang berkala seperti ini, umur dari velg alat berat juga akan mencapai batas maksimalnya.

• Pelumasan Yang Terjadwal
Sebagai sebuah bagian dari kesatuan unit alat berat, velg loader yang memiliki pergerakan intens dengan durasi lama juga terhubung ke bagian lain seperti halnya rim. Dengan pelumasan yang baik baik di bagian rim, hal ini akan mengurangi keausan roda sehingga dapat menyediakan mobilitas yang diharapkan.

• Periksa Ban Sering-sering
Ban dan velg loader memang jadi dua hal yang tak terpisahkan dan saling berpengaruh antara satu sama lain. Untuk itulah memeriksa tekanan ban pada loader atau alat berat jadi hal yang penting untuk dilakukan. Ban yang memiliki tekanan kurang dari standard akan menyebabkan tekanan beban yang berlebih pada bagian velg sehingga dapat mempersingkat umur velg loader yang seharusnya bisa bertahan lebih lama. Kerusakan seperti ini tentu riskan dan akan memakan biaya lebih mahal dari perencanaan sebelumnya. Tak hanya itu, tekanan ban yang kurang juga akan mempengaruhi produktifitas akibat tak maksimalnya pergerakan.

• Ketahui Batas Penggunaan
Ketahuilah di saat anda membeli berbagai spare parts dari alat berat tersebut, komponen ini hadir dengan manual yang telah mencantumkan seberapa daya tahan dan berapa lama penggunaan yang direkomendasikan untuk kondisi normal. Tak hanya itu, mengetahui standar penggunaan untuk beberapa kondisi tertentu juga perlu semisal kondisi panas, dingin, bersalju, es, hingga hujan yang ekstrim.

Memahami batas penggunaan normal ini akan membuat anda terhindar dari potensi berbahaya yang ditimbulkan oleh kerusakan yang dapat berpengaruh tak hanya pada velg namun juga mesin alat berat dan juga keselamatan operator.

Investasi untuk Modal Alat Berat
Membeli velg loader dan berbagai spare part lainnya untuk alat berat memang sebuah investasi yang besar, dan sebagaimana semestinya sebuah investasi, tentu anda menginginkan profit yang lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang anda habiskan untuk membelinya. Melakukan perawatan dengan memperhatikan beberapa tips di atas tentu akan sangat menunjang kinerja kerja secara maksimal dan durasi penggunaan velg itu sendiri yang optimal.

0 0
Feed