Tips Tepat Menentukan Kualitas Ban Traktor

Segala macam perangkat modern untuk memudahkan aktivitas pertanian kini semakin banyak dibutuhkan salah satunya perangkat traktor. Hingga kini kebutuhan mesin pembajak sawah ini benar-benar semakin meningkat seiring dengan bertambahnya lahan pertanian. Seperti kita tahu bahwa proses bertani kini masih membutuhkan perangkat teknologi canggih berupa traktor sehingga dapat mempermudah semua aktivitas pembajakan tanah. Akan tetapi dalam menentukan kualitas traktor juga tak lepas dari pemilihan ban.


Kualitas dari ban traktor dibedakan menjadi beberapa tipe baik pada posisi belakang dan depan. Maka dari itu jika Anda belum mengerti seputar cara-cara tepat menentukan kualitas ban traktor bisa langsung menyimak dari ulasan berikut ini.

Tipe-tipe Ban Traktor yang harus diketahui oleh calon pengguna

Tipe R-1
Pertama ada tipe ban traktor R-1 dimana menjadi salah satu ban untuk lahan pertanian kering umum. Banyak kalangan menyebut ban tipe R-1 ini sebagai ban lug ataupun menggunakan komponen perebutan traksi menjadi lugs sehingga memiliki kemiringan mencapai 45 ataupun 23 derajat. Akan tetapi dari sisi kualitas biasanya ditentukan dari pabriknya sehingga ban tipe R-1 ini memiliki tingkat agresif lebih tinggi dengan kedalaman tapaknya sebesar 25% lebih banyak yang cocok untuk lahan pertanian lebih kering.

Tipe R-2
Berikutnya ada tipe ban traktor Tipe R-2 dimana masih belum banyak diketahui karena masuk dalam varian Ag. Untuk kedalamnya sendiri dua kali lipat dibandingkan ban tipe R-1, oleh sebab itu tampilannya terlihat lebih agresif untuk sektor pertanian kemudian masih bisa digunakan untuk tipe tanah berlumpur ataupun basah sehingga cocok untuk aplikasi lahan tebu ataupun sawah.

Tipe R-3
Masih ada tipe ban traktor Tipe R-3 yang mana hadir dengan penggunaan pada lahan kerikil ataupun pasir lepas. Beberapa desain ban tipe R-3 ini terlihat lebih rendah dan lebar sehingga sangat cocok untuk membajak lahan yang kurang rata seperti lahan di lereng gunung ataupun pada kondisi berpasir sekalipun. Kekuatan traksi dari ban tipe R-3 ini terbilang lebih maksimal sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas pertanian.

Tipe R-4
Terakhir ada tipe ban khusus traktor bertipe R-4 dimana menjadi salah satu ban dengan tapak industri atau sering disebut R4. Dari sisi ukurannya terbilang lebih besar sehingga menghadirkan keuntungan berupa kekuatan traksi lebih kuat ditambah lagi desain lebih kuat akan tetapi masih memiliki sedikit dampak buruk pada sisi turf. Penggunaan ban tipe R-4 memang cocok untuk lahan berpasir sehingga masih bisa dimanfaatkan untuk mengolah lahan berpasir.

Menentukan kualitas dari sebuah ban mesin pembajak sawah ini memang tak mudah karena kita tahu ada berbagai merk ban bisa menghadirkan spesifikasi berbeda bahkan tipe bannya juga tidak sama. Maka dari itu ketika Anda memulai dalam mencari produk ban khusus traktor dengan berbagai tipe dan ukuran, sebaiknya carilah di dalam produsen ban traktor terbaik sehingga dapat menjamin semua kualitas ban yang selama ini dijual. Soal harga memang memberikan perbedaan dari tipe-tipe tertentu, oleh sebab itu Anda juga harus mengetahui informasi harga secara mendetail di sebuah produsen ban traktor.

Menentukan kualitas ban traktor memang tak mudah, akan tetapi diperlukan beberapa tahapan atau proses sehingga dari peluang mendapatkan ban berkualitas terbaik benar-benar memberi manfaat terbaik pada proses pembajakan lahan pertanian hingga akhirnya mampu mendukung semua kegiatan pertanian dan memberi hasil maksimal terhadap lahan yang siap ditanami oleh berbagai macam tanaman berkualitas.

0 0
Feed