Untuk alat seperti forklift yang namanya ban menjadi bagian atau komponen yang sangat penting. Tentu saja tanpa adanya ban maka forklift tidak bisa digunakan dengan baik. Dan oleh sebab itu ketika ban tersebut mengalami kerusakan maka fungsinya juga akan terganggu. Ban forklift sendiri harus dirawat dengan khusus karena memang butuh perhatian ekstra. Jika kondisi ban diabaikan begitu saja maka akan membahayakan dan memberikan resiko yang kurang baik seperti downtime yang lebih tinggi, pengendalian menjadi tidak nyaman, forklift pun menjadi tidak stabil. Yang paling buruk adalah benda atau beban yang dibawa justru bisa jatuh terjun bebas kebawah dan ini sangat mengancam keselamatan pekerja atau orang lain yang ada disekitar alat tersebut.

Akibat lain dari kerusakan yang terjadi pada ban forklift adalah transmisi bisa menjadi rusak berikut juga dengan spare part alat tersebut. Bayangkan saja berapa biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan jika terjadi kerusakan. Ini artinya hal yang dianggap sepele ternyata bisa berakibat fatal. Perlu untuk Anda ketahui juga bahwa ada spesifikasi tertentu untuk ban forklift agar bisa dikatakan baik dan memenuhi criteria. Ban yang baik dan memiliki kualitas yang bagus adalah yang daya tahannya tinggi selain itu bisa memberikan safety yang juga cukup tinggi. Tidak hanya itu, ban tersebut juga harus memiliki tingkat pengendalian yang cukup stabil, keausan ban juga merata dan mampu memberikan redaman yang tinggi sehingga operator yang menggunakan alat tersebut bisa tetap merasa nyaman.

Mengenal Jenis Ban Sebelum Membeli

Selain itu, ternyata ada banyak jenis dari ban forklift tersebut seperti diantaranya ban angina atau juga dikenal sebagai ban hidup, ban solid forklift atau yang dikenal sebagai ban mati / ban buta / ban pejal, kemudian jenis lainnya adalah ban solid forklift non marking serta ada juga ban press on. Yang berbeda tidak hanya jenisnya melainkan juga pola ulir ban, ukuran ban serta tingkat ketebalannya sehingga disaat Anda akan membeli ban jangan lupa untuk melakukan pengecekan karena jika salah maka pemasangannya juga akan bertambah sulit apalagi kalau sudah menyangkut ukuran ban. 

Bagi setiap kendaraan, yang namanya ban seringkali dianggap sepele. Bahkan demi bisa membeli ban dengan harga murah ada yang sampai rela menggunakan ban vulkanisir atau ban bekas yang diulir kembali. Ini sangatlah berbahaya karena ketebalan ban sudah tidak lagi sama dan ada yang sudah sangat tipis. Ketika digunakan untuk bekerja maka akan sangat membahayakan. Resikonya tidak sebanding dengan harga murah yang Anda bayar untuk membeli ban dengan jenis tersebut. Walaupun harga ban forklift baru jauh lebih mahal namun masa pakainya lebih lama, 

Untuk Anda yang berencana membeli ban forklift maka pastikan membeli di tempat yang terpercaya. Jangan sampai membeli di tempat yang salah karena sistemnya tidak bisa di return atau dikembalikan. Perhatikan seri ban yang Anda gunakan untuk menjaga agar kesalahan ukuran, ketebalan dan jenis tidak terjadi. Biasanya ada toko yang khusus menjual aksesoris, spare part hingga ban alat-alat seperti forklift sehingga Anda bisa lebih percaya akan kualitasnya dan mendapatkan ban yang asli. Untuk uliran ban biasanya terkait dengan daya cengkeram namun hal ini bisa kembali kepada Anda nyaman menggunakan jenis ban dengan ulir yang seperti apa. Bisa juga mencari promo ban forklift jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah.