Untuk Anda yang bekerja di sektor pertanian atau konstruksi, kendaraan traktor tentu tidak asing lagi. Alat berat dengan kecepatan rendah ini menjadi andalan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan pertanian.

Traktor sudah terbukti cakap dalam mengerjakan tugas traksi berintensitas tinggi dan mempunyai daya tarik cukup besar. Guna mendukung performa traktor, ban berkualitas jelas diperlukan. Tidak sekadar membuat produktivitas pertanian meningkat, tetapi juga membuat traktor bisa berusia lebih panjang, lebih hemat bahan bakar, dan lebih stabil ketika menanggung beban berat.

Kualitas terbaik yang diusung sebuah ban berpengaruh pada harga ban traktor. Namun, untuk menilai harga sebuah ban traktor ternyata juga bergantung pada beberapa kriteria. Apa sajakah kriteria tersebut? Mari simak pembahasan berikut.

 

Tipe Ban Traktor

Terdapat beberapa tipe ban traktor yang sering digunakan sesuai jenis traktor yang dioperasikan. Misalnya, traktor pertanian atau traktor rumput. Namun, tipe ban traktor yang umum Anda temui bisa dibedakan berdasar pada tekanan ban, diameter ban, dan jenis jalanan atau bidang yang akan dilalui traktor.

Tipe ban traktor yang umum tersedia di pasaran adalah:

 

Ban Tekanan Tinggi

Ban jenis tekanan tinggi biasa dipakai di kendaraan seperti truk. Dengan memakai ban bertekanan tinggi, truk tidak menyerap guncangan yang timbul akibat gesekan ban dengan jalan sepenuhnya.

 

Ban Tekanan Rendah

Jenis ban ini biasa dipakai pada kendaraan kecil. Guncangan yang terasa ketika kendaraan berjalan lebih mudah dikelola oleh ban bertekanan rendah.

 

Ban Tekanan Ekstra

Ban jenis ini biasanya lebih lebar dan besar, sehingga sering dipakai untuk traktor yang banyak berkendara di tanah berlumpur atau berpasir. Keuntungannya, ban ini membuat traktor tidak mudah terpeleset dan tetap stabil sekalipun kondisi jalanan relatif licin.

 

Mengapa Jenis Ban Traktor Berbeda?

Tentu Anda bertanya-tanya, mengapa jenis ban traktor berbeda-beda? Semua kembali pada fungsi dasar ban tersebut. Secara umum, ban traktor dipakai dalam kendaraan yang bergerak di lahan pertanian. Dengan karakteristik tanah licin, berlumpur, dan tidak rata, ukuran ban yang besar membuat guncangan jalan lebih mudah diserap.

Hasilnya, getaran pada kendaraan juga terasa berkurang, sehingga pengemudi bisa dengan mudah menguasai dan mengendalikan traktor. Selain itu, perbedaan jenis tapak atau treads traktor membuat traktor lebih mudah bekerja di berbagai jenis tanah.

Untuk traktor di lahan pertanian, tipe ban yang dipakai biasanya R1, R1W, dan R2. Ketiganya memiliki pola tapak yang berbeda. R1 dan R1W sering dikenal dengan sebutan “Tractive” atau “Tractor Pattern.

Sementara ban R1W punya tapak lebih dalam dan area kontak yang lebih luas, sehingga mampu menghasilkan performa optimal dalam kondisi bidang basah sekalipun. Di sisi lain, ban tipe R2 sering disebut “Rice and Cane” atau “Paddle.” Pola tapaknya lebih dalam dan dirancang untuk bergerak di lahan yang basah, lengket, dan licin.

 

Kriteria yang Membedakan Harga Sebuah Ban Traktor

Sebelum mengetahui kriteria yang membedakan harga ban traktor, Anda perlu tahu bahwa setiap ban traktor sudah memiliki informasi mengenai spesifikasinya. Pada bagian samping ban, tepatnya di dinding ban, tertulis informasi mengenai ban tersebut.

Seharusnya, Anda akan mudah melihat detail tentang ukuran ban, ukuran pelek, diameter, beban maksimum yang bisa ditanggung ban, dan jenis ban tersebut. Sebagai contoh, pada sebuah ban traktor tertera angka 14.9” – 24”. Artinya, ban tersebut memiliki lebar ban 14.9 inci dan pelek yang dipakai adalah 24 inci.

Kadang di bagian bawahnya tertulis lagi 13”-24”, yang menunjukkan traktor ini bisa memakai ban ukuran 13 inci dan pelek 24 inci. Beberapa merek ban juga menambahkan jenis ban yang dimaksud, apakah termasuk tipe R1, R1W, atau R2.

Nah, sekarang kita bicara soal harga. Terdapat setidaknya empat kriteria yang membedakan harga sebuah ban traktor, yaitu:

 

Merek

Terdapat berbagai merek ban traktor yang beredar di pasaran Indonesia. Anda bisa memilih merek mana yang paling sesuai dengan jenis kendaraan, bujet, dan kualitasnya. Ada beberapa produsen ban merek ternama sudah mempunyai pabrik sendiri di Indonesia. Hal ini jelas berpengaruh pada harga ban tersebut di pasaran. Sementara, merek ban impor biasanya berharga lebih tinggi.

 

Ukuran Ban

Besar kecilnya ukuran ban juga turut berpengaruh pada harga ban tersebut. Beda lebar ukuran ban, beda pula jenis pelek dan diameter ban secara keseluruhan. Namun, sebaiknya cek lagi  buku panduan atau manual book traktor Anda untuk memastikan berapa ukuran ban yang bisa dipakai.

 

Tapak Ban

Perbedaan tapak ban bisa juga berpengaruh pada harga sebuah ban traktor. Anda dapat mengetahuinya dari ban lama traktor atau meneliti ulang lahan yang hendak dikerjakan. Sebagai contoh, cari tahu karakteristik lahan yang akan digarap. Bagaimana permukaannya, apakah bergelombang atau datar? Berumput atau tidak? Basah atau kering? Dari sini Anda bisa memilih tapak ban mana yang paling cocok untuk lahan dan traktor tersebut.

 

Baru atau Bekas

Anda bisa memilih ban baru atau ban bekas saat berburu ban traktor. Harga keduanya jelas berbeda. Harga ban bekas bisa jauh lebih murah ketimbang membeli baru.

Meski mahal, membeli ban baru bisa jadi investasi tersendiri dalam upaya merawat traktor yang Anda punya. Usia traktor bakal lebih panjang dan awet, sehingga biaya pemeliharaan traktor tidak membebani operasional usaha.

Di sisi lain, membeli ban traktor bekas juga boleh jadi opsional. Ini pilihan tepat jika Anda mempunyai beberapa traktor. Ban bekas dapat dipasang pada traktor yang frekuensi pemakaiannya jarang.

 

Harga Ban Traktor

Setelah Anda memahami seluk beluk ban traktor, berikut daftar harga dari ban traktor yang dijual di Indonesia.

Merek Ukuran Ban/Pelek Harga Mulai
Advance 12.4-24

14.9-24

16.9-24

9.5-20

9.5-24

dst.

Rp1.500.000
Sunniness 12.4-24/10PR

18.4-30/10PR

Rp1.500.000
Maxima 5.00-12

6.00-12

9.5-20

9.5-24

10.00-15

dst.

Rp1.000.000
Otani 12.4-24

14.9-24

16.9-24

9.5-20

9.5-24

dst.

Rp1.500.000

 

Demikian informasi mengenai harga ban traktor yang perlu Anda tahu. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang berencana membeli ban traktor.