Velg Loader

Velg loader adalah komponen penting pada sebuah kendaraan berat. Berbeda dengan kebanyakan kendaraan, velg untuk loader biasanya lebih dititikberatkan pada fungsi serta kegunaan. Bukan hiasan yang nantinya akan dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan hobi.

Meskipun kelihatannya tidak memberi impact apapun pada kendaraan, kualitas suatu velg ternyata berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar, mampu meningkatkan akselerasi, dan dapat menyeimbangkan kendaraan ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Inilah mengapa, memilih velg terutama untuk kendaraan berat seperti loader tidak bisa dilakukan sembarangan. Velg pada loader sendiri biasanya terbuat dari campuran baja dan aluminium. Pada prosesnya, velg membutuhkan peleburan dan pendinginan yang baik dan merata.

Hal ini dilakukan agar velg tidak mudah pecah ataupun retak dalam segala kondisi, baik kondisi cuaca maupun kondisi medan yang dilalui. Di pasaran otomotif, velg untuk loader juga hadir dalam berbagai variasi. Mulai dari yang paling murah, hingga yang paling mahal.

 

5 Tips Cara Memilih Velg Loader yang Tepat

Setiap velg dilengkapi dengan komponen pendukung yang tepat agar bisa berfungsi maksimal dan mampu memberikan hasil optimal. Jika saat memilih velg untuk loader Anda mengalami kesulitan, berikut beberapa tips sebagai panduan atau referensi dalam menentukan velg yang tepat.

Mari kita simak ulasannya!

 

1. Lokasi Produsen Velg

Ada banyak negara yang memproduksi velg di dunia ini, tapi yang berkualitas biasanya berasal dari negara Jepang, Amerika Serikat, dan eropa. Bisa dikatakan velg dari negara-negara tersebut memiliki mutu nomor satu. Jadi tidak heran jika harga yang ditawarkan pun cukup membuat kita merogoh kocek dalam-dalam.

Harga velg yang diproduksi negara-negara di atas biasanya mencapai puluhan juta. Jika menurut Anda harga tersebut termasuk mahal, jangan khawatir. Di dunia otomotif dikenal juga produsen pembuat velg kelas 2 yang kualitas produknya tidak begitu jauh dari velg kelas 1.

Negara yang membuat velg murah berkualitas dengan harga miring adalah Taiwan dan Thailand. Jadi apabila bujet yang dimiliki terbatas tetapi kualitas menjadi pertimbangan utama, membeli velg produksi kedua negara tersebut mungkin bisa menjadi pilihan bijak.

 

2. Teknik Pembuatan

Setiap jenis velg dibuat menggunakan teknik tertentu. Secara umum, ada tiga teknik pembuatan velg yang sering digunakan, yaitu: forged wheel, pressure cast wheel, dan velg cast wheel. Ketiganya merupakan teknik yang cukup aman dan baik. Hasil yang didapatkan pun berkualitas.

Tapi dari semua teknik, forged wheel adalah yang terbaik. Karena itulah saat memilih velg, pilihlah yang dibuat menggunakan teknik ini. Teknik forged wheel pada dasarnya merupakan metode pembuatan velg dengan memanfaatkan mesin seberat 8.000 ton untuk menekan dan menempa material.

Karena dibuat dengan cara ini, velg yang dihasilkan memiliki bentuk bulat yang lebih baik jika dibandingkan dengan hasil cetakan. Selain itu, bahan dasar yang digunakan untuk membuat velg forged wheel biasanya juga lebih ringan sehingga saat diaplikasikan pada kendaraan, material tersebut mampu memberikan performa optimal.

 

3. Belilah di Toko Tepercaya

Untuk menghindari velg berkualitas rendah, belilah komponen pelengkap loader ini di tempat yang profesional dan tepercaya. Karena belakangan, banyak sekali ditemukan replika velg dari merek terkenal dengan kualitas sangat rendah. Jangan mudah tergiur dengan harga murah.

Velg berkualitas biasanya dijual di toko resmi ataupun tempat yang tepercaya. Untuk mengetahui apakah barang yang dibeli memiliki kualitas baik, cobalah untuk melakukan tes sederhana pada velg. Caranya cukup mudah. Gantungkan velg menggunakan karet lalu pukul dengan obeng untuk mengetahui bunyinya (dengung).

Velg berkualitas tinggi biasanya akan mengeluarkan bunyi dengung halus yang lama sedangkan yang memiliki kualitas rendah akan berbunyi nyaring tetapi singkat. Cara ini bisa Anda lakukan di toko velg secara langsung saat melakukan pembelian agar tidak perlu membuang uang dan membawa pulang barang berkualitas rendah.

 

4. Ukuran Velg

Sama seperti kendaraan lain, loader juga hadir dalam berbagai jenis dan bentuk. Karena itulah ketika memilih velg, sesuaikan ukuran dengan besar kecilnya roda pada loader yang dimiliki. Velg yang berkualitas tidak akan ada artinya jika dipasang pada kendaraan dengan roda berukuran kecil, begitu pula sebaliknya.

Jadi sebelum membeli, pastikan ukuran velg yang dipertimbangkan sesuai dengan ukuran roda. Selain itu, ukuran juga berpengaruh pada kinerja kendaraan berat seperti loader. Jika velg tidak sesuai, maka performa yang dihasilkan kendaraan tidak bisa maksimal.

 

5. Nyaman

Selain hal-hal yang telah disebutkan, faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli velg untuk loader adalah kenyamanan. Jangan pernah membeli velg yang diameter atau besarnya tidak sesuai hanya karena tergiur kualitas, Karena setinggi apapun kualitas sebuah velg, benda tersebut tidak akan optimal jika pemasangannya tidak sesuai.

Velg yang nyaman adalah velg yang mempu menyeimbangkan posisi kendaraan, tangguh ketika melewati berbagai medan, serta mudah dibersihkan. Jadi jika masih bingung juga ketika memilih velg untuk loader, pertimbangkan faktor kenyamanan agar performa kendaraan bisa maksimal.

 

Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi atau panduan sebelum membeli velg untuk kendaraan berat.

Velg yang berkualitas tidak ada artinya jika pengguna tidak pandai merawat komponen tersebut. Jadi setelah memilih velg, langkah selanjutnya untuk membuat benda ini senantiasa menghasilkan kinerja yang maksimal adalah dengan melakukan perawatan yang baik.

Perawatan velg bisa dilakukan dengan cara membersihkannya secara berkala, tidak pernah lupa untuk memberi pelumas, dan senantiasa mengawasi tekanan angin pada ban. Jadi, sudah siap berburu velg untuk loader berkualitas? Semoga bermanfaat.