Untuk yang sudah terbiasa bekerja di dunia konstruksi pasti sudah familiar dengan yang namanya loader. Loader memang salah satu jenis alat berat yang banyak dijumpai di daerah tambang atau konstruksi. Fungsinya adalah untuk membawa material atau untuk memindahkan barang-barang sejenis pasir, aspal, batu, atau jenis benda hasil tambang lainnya. Untuk jenisnya sendiri, loader ada banyak yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Hal itu juga berpengaruh dengan ban loader yang akan digunakan. Masing-masing loader memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing karena penggunaannya juga berbeda. Untuk itu disaat Anda sudah memutuskan akan mencari bannya pastikan sesuai dengan jenis loader yang ada agar tidak sia-sia. 

Salah satu jenis loader adalah backhoe holder yang mana di bagian unit loader terdapat backhoe nya. Untuk jenis berikutnya adalah skid steer loader yang banyak dipakai untuk pekerjaan bangunan seperti bangunan komersial dan juga bangunan perumahan. Berikutnya ada juga jenis dozer dan juga jenis wheel loader. Untuk pemilihan ban loader tidak bisa sembarangan karena harus benar-benar dengan pertimbangan yang matang. Salah satu aspek yang tidak boleh disepelekan adalah loader tersebut akan digunakan untuk apa? Pengaplikasiannya untuk hal seperti apa. Tujuannya adalah agar saat digunakan nantinya bisa memaksimalkan produktifitas dan juga kinerja unit loader tersebut dan akhirnya akan terjadi pengurangan downtime dan juga pengurangan biaya operasional yang sangat membuat rugi para pebisnis. 

Loader juga tidak hanya menggunakan ban saja namun juga menggunakan velg nya dengan ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu jangan disamakan antara satu loader dengan yang lainnya. Selain ukurannya yang berbeda, pola kembang yang ada juga berbeda. Tidak hanya itu ukuran ketebalan juga berbeda. Untuk jenis ban yang bernama pneumatic loader, ada juga jenis nilon loader wheel dan juga radial loader wheel yang pada bagian dalamnya terdapat kawat. Namun sekarang, ada jenis ban loader yang mulai popular di pasaran yang bernama ban mati loader atau ban solid yang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pada bagian ban disaat digunakan untuk beraktifitas di lokasi yang sangat ekstrim. Terkadang lokasi tambang atau lokasi konstruksi sangat tidak terduga dan ban tersebut sengaja di desain untuk bisa berdapatasi dan bisa digunakan di tempat yang paling sulit. 

Harus diingat bahwa ban loader pada sebuah alat berat loader bukanlah sebuah pelengkap atau aksesoris biasa saja namun lebih ke fungsi vital yang akan langsung berpengaruh terhadap fungsi alat itu sendiri jika sampai salah memilih. Kesalahan pemilihan ban terlihat sepele namun hal itu bisa berakibat fatal apalagi jika dipaksakan loader untuk tetap bekerja di medan yang berat. Untuk itu pastikan sebelumnya jenis ban, type, ukuran, ketebalan, diameter, pola permukaan, merk ban, yang mana semuanya disesuaikan dengan fungsi dan medan kerja loader itu sendiri. Untuk semua pelaku bisnis yang rela investasi cukup besar untuk membeli satu buah loader maka hal itu seperti pertaruhan. Jika berhasil maka keuntungan usahanya cukup besar namun jika sampai loader rusak maka biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. 

Mengapa Harus Pakai Ban Loader

Dengan pemilihan ban loader yang tepat maka kinerja mesin loader akan efektif dan sangat maksimal. Untuk jenis kembang ban dengan type ideal lug paling recommended jika digunakan untuk trasi namun jika ban dengan kembang atau ulir yang halus maka lebih cocok untuk medan yang berumput atau yang berpasir sedangkan kembang ban dengan pola skid tyre lebih recommended digunakan untuk medan jalanan beton yang keras.