Secara kasat mata, fungsi velg memang tidak terlalu tampak. Padahal kenyataannya, kualitas benda ini berpengaruh pada efisiensi bahan bakar, meningkatkan akselerasi, dan mampu menjadi penyeimbang saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa memilih velg untuk kendaraan berat seperti loader tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pada kendaraan seperti loader, velg biasanya terbuat dari campuran baja dan aluminium.

Agar hasilnya maksimal, dibutuhkan proses peleburan yang baik dan merata. Di pasaran otomotif, velg wheel loader memiliki beberapa variasi yang bisa dipilih, mulai dari yang paling mahal sampai paling murah.

Tapi tidak semuanya memiliki kualitas yang baik atau sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena itulah dibutuhkan beberapa cara untuk menentukan apakah sebuah velg loader memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Bagaimana tipsnya, berikut ulasannya:

 

Terbuat dari Bahan Mumpuni

Velg umumnya terbuat dari baja dan aluminium yang ditempa pada suhu tertentu. Bedanya mungkin terletak dari kualitas bahan yang digunakan. velg berkualitas tentu saja terbuat dari bahan baja dan aluminium nomor satu.

Hal ini bisa dilihat dari kilau dan berat velg. Biasanya velg yang terbuat dari bahan terbaik terlihat lebih kokoh dan berkilau, cat yang menempel juga cenderung rata. Jadi jika ingin tahu apa velg yang dibeli berkualitas, cermati kondisi fisiknya.

 

Proses Pembuatan Velg

Siapa sangka velg berkualitas bisa ditentukan dari proses pembuatannya. Untuk mengetahui hal ini, Anda tidak perlu repot-repot datang ke pabrik dan melihat langsung proses pembuatannya.

Perhatikan saja barang yang beredar di pasaran. Velg berkualitas akan mengalami proses finishing yang rapi, catnya merata, dan tidak ada cacat pada setiap bagiannya. Hal ini menunjukkan bahwa pelek dibuat dengan cara ditempa.

Karena jika ditempa dengan cara yang tepat, velg akan tahan lama dan mampu bertahan di segala cuaca. Sebaliknya, velg yang memiliki kualitas rendah akan mudah berlubang.

Proses finishing-nya pun tidak terlalu rapi karena benda tersebut dibuat dengan cara dicor, bukan ditempa. Jadi saat melakukan pembelian, pastikan untuk memperhatikan setiap detil pada velg.

Karena beberapa penjual ada yang mengemas barang mereka dengan rapi seperti velg mahal. Padahal belum tentu barang tersebut memiliki kualitas sebagaimana velg dari Amerika, Jepang, atau Taiwan yang notabene dikenal sebagai produsen velg berkualitas.

 

Harga Velg

Selain tampilan fisik, velg berkualitas juga bisa dilihat dari harganya. Velg asli dan bagus pasti dibanderol dengan harga yang sesuai. Untuk itu kita perlu melakukan survei harga sebelum melakukan pembelian.

Dari survei harga dapat diketahui berapa rata-rata harga pasaran velg dengan kualitas baik. Jadi apabila velg wheel loader yang dijual seorang penjual harganya di bawah rata-rata, Anda patut curiga.

Sebab saat ini ada banyak sekali barang replika dan palsu beredar di pasaran. Dari tampilan, velg tersebut memang terlihat berkualitas. Tapi ketika digunakan, kendaraan tidak dapat berfungsi maksimal sebagaimana yang diharapkan.

Sebaliknya, velg mahal juga tidak menjamin kualitasnya. Ada beberapa merek yang memang menjual produk mereka dengan harga tinggi tetapi tidak dibarengi dengan kualitas yang baik.

Jadi pastikan bahwa velg yang dibeli benar-benar memiliki kualitas yang baik sebelum memutuskan melakukan pembelian. Jangan sampai karena terlalu percaya dengan harga mahal Anda merasa kecewa sebab uang yang dikeluarkan sia-sia.

 

Bobot

Tentu saja velg untuk kendaraan berat seperti loader memiliki bobot yang berat pula bahkan lebih berat dibanding velg biasa. Hal ini karena beban yang harus diampu velg kendaraan berat tentu lebih besar.

Karena tekanan yang didapat tidak hanya dari ban, tetapi juga bodi kendaraan loader. Jadi jika Anda membeli velg dengan bobot terlalu ringan, bisa jadin barang tersebut merupakan replika atau memiliki kualitas rendah.

Meskipun begitu, ringan dan beratnya bobot suatu velg biasanya ditentukan oleh ukuran. Sama seperti velg untuk kendaraan lainnya, velg untuk loader juga hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran menyesuaikan jenis dan besar kendaraan berat atau bannya.

 

Toko Tepercaya

Untuk memastikan bahwa velg loader yang dibeli berkualitas, pastikan untuk membeli di tempat yang tepercaya. Tempat semacam itu biasanya memiliki garansi yang bisa menjamin kualitas barang.

Apabila di masa mendatang ada masalah pada velg yang dibeli. Penjual dapat bertanggung jawab. Selain menjual barang berkualitas, toko tepercaya biasanya juga  menyediakan layanan purnajual yang baik.

Jadi Anda tidak perlu khawatir velg mengalami kerusakan karena kelalaian pemakaian dan perawatan di masa mendatang. Sebab toko akan menjamin kualitas velg yang dibeli dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

 

Ukuran Sesuai

Akan sia-sia apabila kita membeli velg berkualitas tetapi ukurannya tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Inilah mengapa sebelum membeli, pastikan Anda tahu berapa ukuran ban dan spesifikasi kendaraan berat yang dimiliki.

Karena di pasaran, velg untuk loader juga hadir dalam berbagai ukuran. Jika masih ragu, tanyakan saja pada ahlinya berapa kira-kira ukuran velg yang dibutuhkan untuk dipasang pada loader yang Anda miliki.

Karena meskipun kelihatannya hanya dipasang pada ban, fungsi velg lebih dari sekadar pemanis pada kendaraan. Velg berkualitas dan memiliki ukuran sesuai dengan yang dibutuhkan tentu akan membuat performa loader semakin maksimal.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah sebuah velg wheel loader memiliki kualitas yang dibutuhkan atau tidak, semoga bermanfaat.