Dump truck merupakan alat transportasi yang biasanya dimanfaatkan untuk memudahkan dalam proses pemindahan barang-barang curah seperti kerikil, pasir, tanah, produk tambang, dan lainnya. Umumnya, alat transportasi yang satu ini memiliki bak terbuka yang dilengkapi dengan hidrolik untuk memudahkan menumpahkan barang-barang yang diangkut. Tak heran bila kendaraan ini banyak dijumpai di area-area pembangunan, konstruksi, dan pertambangan. 

Salah satu bagian yang berperan penting dalam menentukan kualitas dan kinerja dump truck adalah ban dump truck itu sendiri. Ban dump truck biasanya dirancang khusus dengan pola tapak guna menghasilkan traksi yang tinggi baik di medan yang kasar ataupun halus bahkan untuk medan-medan berlumpur. Tentunya, kualitas ban kendaraan ini harus menjadi perhatian. Ban tersebut hendaknya bisa tahan abrasi serta memiliki daya tahan panas yang tinggi karena biasanya dump truck harus mengangkut beban yang cukup berat dengan kecepatan yang tinggi dan menempuh jarak yang cukup jauh. Selain memilih ban yang tepat, Anda sebaiknya juga memahami bagaimana cara merawat ban tersebut supaya awet dan tahan lama. 

Banyak orang seringkali kurang memperhatikan bagaimana perawatan ban dump truck yang mereka miliki. Ketika dump truck masih bisa bekerja maka hal ini bukanlah suatu masalah. Padahal, ban sangat berperan terhadap keselamatan dan kenyamanan dalam berkendaraan sehingga memperhatikan perawatan ban pun menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Berikut ini adalah tips merawat ban yang bisa Anda coba terapkan untuk mendapatkan ban yang awet dan tahan lama.

Tips perawatan ban yang perlu diaplikasikan

1. Melakukan rotasi ban
Salah satu cara untuk menjaga ban dump truck supaya awet dan tahan lama adalah dengan melakukan rotasi pada ban truk. Tekanan yang berbeda seringkali membuat ban menjadi lebih gampang aus. Inilah mengapa ban depan pada dump truck yang membawa lebih banyak beban cenderung lebih mudah aus dibandingkan ban belakangnya. Ada beberapa cara merotasi ban yang paling umum dilakukan yaitu rotasi silang serta rotasi lurus. Dengan melakukan rotasi ban, hal ini bisa membuat masing-masing ban mendapatkan tekanan yang lebih seimbang.

2. Menjaga tekanan ban
Dengan menjaga tekanan pada ban dump truck bisa meminimalisir kerusakan dan mengurangi kemungkinan terjadinya kendaraan jadi lepas kendali. Tekanan ban yang rendah pada saat mengemudi akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih meningkat. Setidaknya, memeriksa tekanan pada ban perlu dilakukan setiap bulan. Bahkan, bila kendaraan tersebut digunakan dalam waktu yang lebih sering maka pemeriksaan sebaiknya juga dilakukan lebih sering. Dalam memeriksa tekanan ban hendaknya ban tidak dalam kondisi panas.

3. Menjaga tapak ban
Tapak ban memiliki peran yang sangat penting terhadap daya cengkram ban di jalan. Ini juga sangat berpengaruh dalam membantu menghilangkan air di antara ban dan jalan. Selain tu, tapak ban juga bisa memastikan kendaraan bisa tetap terkendali serta mencegah terjadinya slip ketika melakukan pengereman di jalanan basah. Tapak ban dump truck akan lebih mudah habis ketika sering berjalan dan mengerem. Inilah mengapa ketika memang kondisi tapak ban sudah terlihat aus maka mengganti ban sesegera mungkin adalah solusi yang paling tepat.

4. Melakukan perbaikan dan pergantian
Bila memang kurang memahami kondisi ban kendaraan Anda, membawa ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan adalah langkah yang sangat baik. Hal ini untuk lebih memastikan bagaimana kondisi ban Anda apakah masih cukup baik, rusak, ataupun lainnya. ketika ternyata didapai kondisi ban membutuhkan perbaikan maka segera lakukan perbaikan ataupun pergantian, tergantung dengan kondisi ban itu sendiri. Pastikan untuk selalu memeriksa ban dump truck secara teratur dan ganti ketika tapak ban mulai aus ataupun kondisi ban memang sudah waktunya untuk diganti.