Forklift adalah peralatan yang biasa digunakan di perusahaan-perusahaan terutama untuk memudahkan mengangkut material, baik material dasar, material setengah jadi, atau material jadi. Dengan forklift, akan mudah memindahkan material tersebut apabila diperlukan dari satu tempat ke tempat lain, misalnya dari area produksi ke gudang.

Pada metode konvensional, pekerjaan mengangkut dilakukan dengan mengandalkan tenaga manusia. Namun, pada kondisi tertentu, tenaga manusia sangat terbatas, apalagi jika jumlah yang material yang diangkat sangat banyak atau sangat berat. Tenaga manusia juga sering kali tidak optimal dalam melakukan tugas mengangkat benda yang terlampau berat.

Kecanggihan teknologi menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan ini. Salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan forklift. Bagi orang awam, forklift mungkin merupakan peralatan yang asing. Namun, tidak bisa diabaikan jika kehadiran benda ini sangat membantu proses kerja di perusahaan atau pabrik. Waktu dan tenaga yang dikeluarkan pun lebih efektif.

 

Pentingnya Faktor Keamanan

Sebagai salah satu peralatan kerja, forklift harus tergolong aman untuk digunakan oleh pekerja atau operator. Untuk mengurangi risiko yang membahayakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat mengoperasikan truk ini. Pertama, operator harus menjalani training terlebih dahulu supaya dapat mengendalikan forklift dengan aman.

Kedua, kendaraan atau forklift yang digunakan harus dalam kondisi yang baik. Seluruh komponennya terjaga dan terawat sehingga berfungsi seperti biasa. Untuk mengetahui hal ini, perlu ada pemeriksaan secara berkala pada kondisi forklift.

Ada pun hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah kondisi ban. Meskipun tampak sepele, ban forklift yang tidak ideal akan memungkinkan terjadi masalah dalam pengoperasian alat berat ini. Ban forklift yang tidak presisi dapat menimbulkan ketidakstabilan pada saat truk sedang digunakan.

 

Tips Mencari Ban Forklift di Surabaya

Apa strategi yang perlu Anda lakukan pada saat mencari ban forklift Surabaya? Ada beberapa langkah penting yang tidak boleh diabaikan demi mendapatkan hasil terbaik.

 

1. Kenali jenis ban yang digunakan untuk forklift

Perlu diketahui, jenis forklift bermacam-macam berdasarkan mereknya, ada Toyota, Komatsu, Nissan, Mitsubishi, dan sebagainya. Masing-masing merek ini bisa jadi memiliki spesifikasi ban yang berbeda, baik jenisnya maupun ukurannya.

Jenis ban forklift bisa berupa ban mati atau ban hidup. Ban mati biasanya digunakan untuk aktivitas di dalam ruangan, sedangkan ban hidup digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Ukuran ban forklift juga sangat beragam, antara lain jenis 4.00-8, 5.00-8, 6.00-15, 3.00-15, dan sebagainya.

 

2. Kenali area Surabaya meskipun secara sekilas

Surabaya merupakan wilayah yang cukup luas. Kota ini juga sangat padat dan maju. Bahkan, Kota Surabaya disebut-sebut sebagai kota kedua terbesar setelah Jakarta. Sejumlah besar wilayah kota merupakan area bisnis yang ramai dan potensial. Nah, di antaranya tentu ada toko yang menjual ban forklift Surabaya yang bisa Anda datangi.

Dengan melakukan survei pada area Surabaya secara keseluruhan, Anda tentu akan mengetahui toko mana yang memberikan harga terbaik ketika Anda mencari ban forklift. Mengingat benda ini bukan merupakan benda yang biasa dipergunakan dalam kegiatan sehari-hari, Anda tentu harus jeli bertanya lokasi toko yang menjualnya.

 

3. Pahami harga dasar ban forklift

Perbedaan daerah bisa menyebabkan terjadinya perbedaan harga pada suatu barang. Harga-harga barang yang dijual di Jakarta bisa jadi lebih murah karena biaya ekspedisi dapat dipangkas. Sebaliknya, semakin jauh barang tersebut dikirim dari tempat produksinya, biaya ekspedisi semakin besar dan menyebabkan harga barang pun melonjak.

Hal yang sama berlaku pada ban forklift. Karena berasal dari Surabaya, misalnya, pembeli ban yang berasal dari luar kota mungkin saja mendapatkannya dengan harga yang lebih mahal. Namun, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui harga dasar ban forklift yang dijual untuk setiap jenisnya.

 

4. Beli ban forklift berdasarkan rekomendasi

Salah satu prinsip penting untuk mendapatkan kepuasan membeli adalah membeli berdasarkan rekomendasi. Rekomendasi dapat berasal dari siapa saja, tetapi nilainya tentu akan lebih tinggi apabila diberikan oleh orang yang dekat dan bisa dipercaya. Meskipun rekomendasi bersifat subjektif, setidaknya faktor ini dapat dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian.

Nah, untuk mendapatkan ban forklift di Surabaya pun Anda juga bisa mengandalkan rekomendasi dari orang lain. Tipe rekomendasi yang dimaksud bisa dalam bentuk pelayanan yang baik, kualitas ban forklift yang ditawarkan, kemudahan akses ke toko, hingga kelengkapan toko tersebut.

 

Membeli di Tempat yang Tepat

Ban forklift adalah jenis ban yang bisa dibilang hampir sama dengan ban sepeda motor maupun ban mobil. Secara berkala, ban forklift harus diperiksa kondisinya dan diganti apabila sudah tidak layak. Tujuannya adalah supaya kendaraan mesin ini tidak membahayakan operator maupun orang lain yang berada di sekitar area kerja.

Perbedaan dengan ban kendaraan bermotor adalah ukurannya yang lebih besar dengan bobot yang juga lebih berat. Lagipula, forklift tidak efektif jika dibawa ke toko atau gerai yang menjual ban dan aksesori lain. Namun, ban tersebut harus dibawa dan dipasang secara khusus oleh ahlinya.

Nah, mendapatkan layanan purnajual hingga ban terpasang sempurna dan forklift bisa digunakan kembali adalah nilai tambah istimewa yang perlu dipertimbangkan. Sebagian penjual ban forklift bisa jadi tidak memasukkan layanan ini dalam paket pembelian sehingga pembeli harus menambah biaya. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia untuk menghemat anggaran.