Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan atau pabrik besar, pemandangan kendaraan berupa truk-truk kecil yang identik dengan benda mirip garpu pada bagian depan merupakan hal yang biasa. Truk garpu ini disebut forklift. Fungsi forklift secara umum adalah untuk memindahkan material di area pabrik dari satu tempat ke tempat lain dalam jarak yang dekat.

Nah, salah satu komponen penting yang berguna untuk menjamin keselamatan saat bekerja dengan forklift adalah bagian roda (wheel) atau ban (tires). Ban yang membalut roda pada forklift terdiri atas 3 jenis, antara lain ban mati atau ban solid, ban pneumautic, dan ban polyurethane.

 

Bridgestone, Produsen Ban Terkenal

Pada umumnya, ban yang biasa digunakan oleh forklift yang beraktivitas di dalam ruangan adalah ban solid. Karakteristik ban ini bersifat keras dan terbuat dari karet tebal, memiliki bagian yang berbahan dasar besi baja dan berbentuk cincin pada bagian dalam ban. Kehadiran elemen besi baja tersebut membuat kualitas ban lebih awet serta lebih mampu menahan beban yang berat.

Nah, salah satu produsen ban solid saat ini adalah Bridgestone. Nama Bridgestone merupakan nama perusahaan atau merek yang sangat populer khususnya di dunia otomotif. Bridgestone juga merupakan produsen suku cadang mobil, meskipun lebih dikenal dengan produk bannya. Perusahaan Bridgestone Corporation didirikan oleh Shojiro Ishibashi pada 1931 di Kurume, Fukuoka, Jepang.

 

Jenis-jenis Ban Bridgestone

Bridgestone memproduksi berbagai jenis ban yang digunakan untuk keperluan berbeda-beda. Ada ban yang ditujukan untuk mobil penumpang, ban sepeda motor, dan ban untuk keperluan lain yaitu kendaraan berat seperti forklift. Berikut penjelasan singkatnya:

 

  • Ban Mobil Penumpang

Ada sejumlah tipe ban yang ditawarkan oleh Bridgestone khusus untuk mobil penumpang, antara lain Ecopia yang memiliki resistensi bergulir minimal dengan kinerja penghematan bahan bakar maksimum. Ada pula Potenza yang memiliki performa yang unggul meskipun melewati jalan yang tidak mulus.

 

  • Ban Pesawat

Bukan hanya mobil penumpang, ban pesawat juga diproduksi oleh Bridgestone. Untuk keperluan ini, Bridgestone tentu tidak menciptakan produk yang asal-asalan. Pasalnya, ban pesawat melakukan pekerjaan ekstrem karena menahan beban hingg 340 ton dan memiliki akselerasi hingga 250 km/jam ketik hendak lepas landas. Bagi industri penerbangan, ban Bidgestone masih yang terbaik.

 

  • Ban Sepeda Motor

Ada sejumlah jenis ban untuk sepeda motor yang diproduksi oleh Bridgestone. Bukan hanya untuk penggunaan sehari-hari, ban Bridgestone justru menjadi salah satu andalan para pembalap dunia untuk memenangkan kompetisi.

 

  • Ban untuk Berbagai Kendaraan Berat

Nah, selain memproduksi ban untuk kendaraan yang umum dan dekat dengan keseharian, ternyata Bridgestone juga menyediakan ban untuk berbagai kendaraan berat. Ini bukanlah hal yang baru karena Bridgestone Corporation telah mengawalinya sejak 1960-an.

Di antara sejumlah produsen ban, Bridgestone merupakan inovator dalam menciptakan ban off the road, khususnya untuk kendaraan berat  di area penambangan, konstruksi, pelabuhan, dan sebagainya.

Sejumlah kendaraan berat yang menggunakan ban Bridgestone, antara lain dump trucks, coal haulers, scrapers, loaders, cranes, log skidders, tire rollers, dan peralatan penanganan mekanis yang disebut juga forklift.

 

Jenis Ban Bridgestone untuk Forklift

Khusus untuk forklift dan alat berat lainnya, ada beberapa jenis ban yang bisa digunakan, yaitu:

  • VEL (V-Steel E-LUG)
    Ciri khas ban ini adalah memiliki tapak kedalaman yang berukuran normal. Ada pelindung dinding pada bagian samping. Ban ini juga memiliki daya tahan tinggi terhadap kerusakan karena guncangan dan terkena benda tajam. Ban bisa digunakan di permukaan berbatu atau padat.
  • VCH (C-STEEL CONTAINER HANDLE)
    Kelebihan produk ini adalah memiliki umur yang ekstra panjang. Hal ini disebabkan oleh senyawa tapak dan keausan halus karena tekanan kontak pada lantai semakin dioptimalkan.
  • RL (R-LUG)
    RL reguler dirancang untuk tahan terhadap benda tajam, aus, serta mengalami panas yang berlebihan. Itulah sebabnya ban ini digunakan pada kondisi jalan yang berbatu atau tanah serta kondisi lain yang cukup ekstrem.

 

Harga Ban Forklift Bridgestone

Pemilik forklift tentu perlu mengetahui berapa anggaran yang harus disediakan untuk membayar biaya penggantian atau pemasangan ban. Daftar harga ban forklift Bridgestone dapat menjadi salah satu acuan. Berikut beberapa contoh ban untuk forklift dari Bridgestone:

  • Ukuran ban tipe 600-9 dijual dengan harga mulai Rp1.470.000
  • Ukuran ban tipe 28×9 – 15 dijual dengan harga mulai Rp2.695.000
  • Ukuran ban tipe 21×8 R dijual dengan harga mulai Rp2.500.000

Informasi berupa daftar harga ban forklift Bridgestone bisa juga tidak dirilis secara online sehingga Anda harus menanyakan langsung kepada penjual. Cara ini lebih tepat untuk mendapatkan update harga yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Harga ban forklift merek Bridgestone bisa jadi berbeda dengan merek lainnya. Hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan kualitas ban yang ditawarkan. Karena cukup populer di pasaran, ban Bridgestone dapat ditemukan dengan mudah. Harganya pun bervariasi. Untuk menemukan ban forklift dengan harga yang tepat, Anda tentu perlu melakukan perbandingan.

Jangan lupa, ukuran ban dan jenis ban juga berpengaruh terhadap daftar harga ban forklift Bridgestone. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui ukuran ban yang tepat supaya tidak salah ketika membeli. Nah, inilah informasi mengenai ban Bridgestone dan seluk-beluknya yang perlu diketahui oleh pemilik forklift. Semoga bermanfaat!