Harga ban loader

Loader adalah alat berat yang biasa digunakan pada proyek konstruksi untuk memindahkan material hasil penggalian—seperti kerikil, batu, pasir, tanah, dan aspal—ke dalam bak truk. Semua material itu diangkut menggunakan bak pengeruk yang ada di depan sehingga alat ini bisa disebut front-end loader (FEL).

Dalam melakukan tugasnya, alat ini membutuhkan roda crawler atau ban. Jika menggunakan ban, material yang digunakan harus kuat mengingat beban material cukup berat dengan medan yang susah.

Daftar Harga Ban Loader 2020

Jika Anda berniat membeli ban untuk loader Anda, berikut daftar harga eceran tertinggi dan ukuran ban loader merek Gajah Tunggal dalam rupiah.

Jenis dan Ukuran Ban LoaderHarga
Ban Loader Gajah Tunggal 16.00-25/ 28PR Rock Grip Rp. 16.370.000
Ban Loader Gajah Tunggal 17.5-25/ 12PR Super Traction Rp. 8.075.000
Ban Loader Gajah Tunggal 17.5-25/ 16PR Super Traction Rp. 9.358.000
Ban Loader Gajah Tunggal 20.5-25/ 16PR Rock Grip Rp. 15.300.000
Ban Loader Gajah Tunggal 20.5-25/ 20PR Rock Grip Rp. 18.155.000
Ban Loader Gajah Tunggal 23.5-25/ 16PR Rock Grip Rp. 21.255.000
Ban Loader Gajah Tunggal 23.5-25/ 20PR Rock Grip Rp. 22.958.000
Ban Loader Gajah Tunggal 26.5-25/ 20PR Rock Grip Rp. 30.588.000
Ban Loader Gajah Tunggal 26.5-25/ 24PR Rock Grip Rp. 33.758.000
Ban Loader Gajah Tunggal 26.5-25/ 28PR Rock Grip Rp. 39.118.000

Harga tersebut belum termasuk diskon khusus dari Indo Autozone.

Baca juga: Daftar Harga dan Ukuran Ban Traktor Terbaru 2020

Macam-macam Ban Loader

Ada beberapa macam ban loader yang dibedakan berdasarkan fungsi dan spesifikasinya. Anda perlu tahu macam-macam ban loader berikut agar dapat memilih ban yang tepat.

  • Ban Lug
    Lug adalah jenis ban yang memiliki pola tegak lurus di seluruh lingkarnya. Keunggulan dari ban ini adalah memiliki traksi terbaik dari seluruh jenis ban karena lekukannya yang menjorok ke dalam. Lekukan tersebut membuatnya mampu membersihkan sendiri. Selain itu, ban ini memiliki kontrol kemudi serta pengereman yang baik.

    Disebut sebagai ban AS Tapak, ban ini memiliki kekurangan seperti cepat aus jika digunakan pada beton karena jumlah tapak yang sedikit. Jumlah tapak tadi juga menghasilkan tekanan yang tinggi pada tanah sehingga tidak cocok digunakan di atas permukaan yang mudah rusak. Ban ini juga memiliki angka rolling resistance yang besar sehingga bising jika digunakan untuk kecepatan tinggi.

  • Lug Industri
    Ban yang juga disebut MPT ini memiliki berbagai fungsi. Permukaan lug-nya yang luas dapat melindungi tanaman dan tanah. Keunggulan tersebut juga membuat alat berat bekerja stabil dan nyaman sehingga cocok digunakan di jalan umum. Ban ini biasanya memiliki steel belt dan pelindung khusus sehingga nyaman digunakan dalam kecepatan tinggi.

  • Ban Berpola Turf
    Ban berpola turf sering disebut ban pola rumput. Pola ini memiliki tekanan tanah yang rendah karena jumlah tapak yang cukup banyak. Ban ini dapat melindungi tanah berumput dan efisien di atas beton keras. Selain itu, pola halus di pinggirannya mampu mendistribusikan beban secara merata ke seluruh permukaan ban.

  • Ban Skid Steer Tread (SKD)
    Ban SKD memiliki pelindung velg dan tapak yang tebal sehingga cocok untuk pekerjaan berat. Ban ini cocok untuk komposisi permukaan 50% tidak rata dan 50% keras dan licin. Namun, ban ini hanya tersedia dalam ukuran kecil.

    Ban SKD memiliki pelindung velg dan tapak yang tebal sehingga cocok untuk pekerjaan berat. Ban ini cocok untuk komposisi permukaan 50% tidak rata dan 50% keras dan licin. Namun, ban ini hanya tersedia dalam ukuran kecil.

Tips Memilih Ban Loader yang Tepat

Mengingat fungsinya yang digunakan untuk pekerjaan berat, maka memilih ban loader yang tepat sangatlah penting. Memilih ban yang tidak sesuai fungsi hanya akan membuang uang. Pasalnya, harga ban loader terbilang cukup mahal. Dengan memilih ban secara cermat berarti Anda telah melakukan investasi yang tepat dan menguntungkan. Berikut sejumlah tips yang bisa Anda ikuti.

  1. Sebaiknya Pilih Ban Baru
    Memilih ban baru bukan berarti menjustifikasi ban bekas berkualitas rendah. Jika memiliki bujet yang cukup dan masa proyek cukup lama dengan beban besar, memilih ban baru adalah pilihan bijak.

    Walaupun ban baru, Anda harus tetap memilihnya dengan cermat. Sebuah toko yang menjual spare part loader biasanya akan menyimpan barang-barangnya dalam gudang selama beberapa bulan. Cara penyimpanan ini dapat memengaruhi kualitas barang.

    Idealnya, gudang penyimpanannya harus bersih, terang, sejuk, dan jauh dari minyak serta mesin listrik aktif. Jadi, pastikan apakah kondisi tempat penyimpanan memenuhi kriteria tersebut atau tidak. Jika ya, Anda tidak perlu ragu membelinya dari toko tersebut.

  2. Sesuaikan Jenis Ban dengan Penggunaannya
    Dari empat macam ban yang disebutkan sebelumnya, terdapat tiga jenis ban untuk loader, yaitu lug, pola turf, dan SKD. Ketiga jenis tersebut dibedakan berdasarkan penggunaannya. Ban akan bekerja efisien ketika digunakan pada medan yang sesuai. Oleh karena itu, pastikan lagi, apakah kriterianya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum.
    • Ban Lug
      Ban lug memiliki jumlah tapak sedikit sehingga tekanan serta gesekannya pada permukaan cukup besar. Hal ini membuatnya cocok digunakan pada permukaan yang keras dan licin seperti beton.

    • Ban Berpola Turf
      Ban ini memiliki banyak tapak yang memberikan tekanan kecil pada permukaan. Pola halus di bagian pinggirnya berfungsi untuk mendistribusikan ban secara merata sehingga lahan berumput tidak rusak. Jika medan konstruksi cenderung berumput, sebaiknya gunakan ban jenis ini.

    • Ban SKD
      Ban SKD memiliki pelindung velg dan lapisan tapak yang tebal. Hal ini membuatnya cocok dipakai di atas permukaan yang agak tidak rata dan keras. Namun, ban ini hanya tersedia dalam ukuran kecil sehingga hanya cocok untuk loader jenis compact wheel.

Walaupun masing-masing ban tersebut memiliki kriteria pemakaian di medan yang berbeda,  tetapi semuanya cocok digunakan di atas permukaan keras.

Dengan mengetahui fungsi dan kemampuan setiap jenis ban, Anda bisa memilihnya dengan tepat. Sebagai contoh, ban SKD bisa digunakan untuk loader jenis compact wheel berukuran kecil dan menghasilkan gesekan sebesar 50%. Jika akan digunakan untuk medan berat, pilihlah ban yang memiliki gesekan tinggi dan tekanan rendah. Sebaliknya, gunakan ban yang memiliki gesekan rendah dan tekanan tinggi untuk medan biasa agar mendapatkan hasil maksimal.

Tips Perawatan Ban Agar Hemat Biaya Operasional

Selain berhati-hati dalam memilih ban, Anda juga perlu tahu cara perawatannya berikut agar ban awet sehingga bisa menghemat biaya operasional.

  1. Atur Tekanan Angin
    Pengaturan tekanan angin harus disesuaikan dengan beban pekerjaan yang dilakukan sebuah loader. Tekanan angin yang terlalu rendah bisa menimbulkan gesekan besar pada tepian ban dan membuatnya berjalan terlalu lambat. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa membuat ban bocor.

    Sebaliknya, tekanan angin yang terlalu besar mengganggu stabilitas loader. Sayangnya, penyeimbang tambahan tidak bisa mengatasi tekanan ban. Sebaiknya, ikuti informasi standar tekanan angin untuk tiap beban berbeda dalam buku manual.

  2. Hindari Perputaran Ban Berlebihan
    Saat mengisi buket loader, lebih baik gunakan mesin hidrolik daripada gerakan maju mundur mesin. Gerakan tersebut dapat menambah perputaran ban yang membuatnya menipis.

  3. Periksa Ban Setiap Hari
    Walaupun melelahkan, ban yang sudah cukup lama dipakai harus mendapatkan pemeriksaan rutin harian. Hal ini untuk menghindari kemungkinan ban mengalami rusak parah dan harus diganti. Mendeteksi cacat sejak dini menghindarkan kerusakan yang memaksa pebisnis has membeli lagi—mengingat harga ban loader yang mahal.

  4. Gunakan Produk Telematika
    Produk ini dapat mengatur rencana pemeliharaan ban loader dengan cara memonitornya dari jarak jauh. Beberapa produk memungkinkan Anda melihat tekanan angin, suhu ban, dan mengatur putarannya melalui aplikasi atau internet.

Setelah mempelajari informasi di atas, pastikan Anda memilih ban yang tepat di tempat tepercaya seperti Indo Autozone. Indo Autozone merupakan distributor ban loader merek Gajah Tunggal yang sudah terjamin kualitasnya.