Segala macam perangkat dan teknologi dalam proses kontruksi jalan dan berbagai macam bidang bangunan selalu membutuhkan dump truck. Hingga kini desain dari dump truck sendiri terbilang beragam sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Maka dari itu hal terpenting di dalam dump truck sendiri bisa dikatakan bermanfaat untuk semua bidang konstruksi. 

 

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Perawatan Dump Truck Supaya Awet


Mungkin Anda belum mengenal secara rinci seperti apa fungsi serta manfaat dump truck ini, maka dari itu cobalah lihat dari beberapa ulasan menarik berikut ini.

 

Fungsi Dump Truck

Fungsi dan manfaat penting dari dump truck sendiri adalah sebagai alat transportasi sekaligus pengangkut berbagai macam benda material mulai dari pasir, kerikil, hingga tanah yang dibutuhkan dalam keperluan kontruksi. Truck dump ini biasanya dilengkapi dengan bak terbuka yang bisa dioperasikan menggunakan bantuan hidrolik, sedangkan dari sistem hidroliknya bisa dari ara depan ke atas ataupun dari sisi samping sehingga material yang dibawa dapat diturunkan sesuai tempat yang dibutuhkan.

 

10 Komponen Dump Truck

Selain melihat dari sisi fungsinya, Anda juga harus melihat seperti apa komponen dump truck mulai dari:

  1. Final Drive
  2. Front Wheel
  3. Dump Body
  4. Rock Ejector
  5. Steering dan Hois Tank
  6. Head Lamp
  7. Radiator
  8. Canopy Spill Guard
  9. Turn Signal Lamp
  10. Oil Retarder Tank

 

Bahkan ada dua golongan yang menjadi pembeda dump truck berdasarkan muatan dan jenis pekerjaan kontruksinya. Untuk sisi besar muatannya, perangkat dump truck ini dibedakan menjadi dua yakni

  1. On High Way Dump Truck, muatannya di bawah kapasitas 20m3
  2. Off High Way Dump Truck, muatannya di atas 20m3

 

Sedangkan dari sisi pekerjaan kontruksinya, jenis dump truck sendiri masih dibedakan menjadi 3 tipe yakni

  1. Rear Dump Truck yang menggunakan teknik penumpahan ke belakang
  2. Side Dump Truck dengan teknologi penumpahan ke samping
  3. Reard and Side Dump Truck dimana menggunakan metode penumpahan ke belakang dan ke bagian samping

 

Jenis-jenis Dump Truck yang Sering Digunakan

Mungkin Anda pernah atau sering melihat berbagai macam tipe dump truck yang sanggup mendatangkan banyak manfaat. Ada beberapa spot paling sering kita lihat perangkat truck berkapasitas besar ini mulai di pasar hingga tempat-tempat dimana ada proses pembangunan. Menurut Wikipedia, ada beberapa jenis dump truck yang masih sering kita lihat dan digunakan diantaranya:

  1. Standar dump truck
  2. Transfer dump truck
  3. Off-highway dump truck
  4. Semi trailer bottom dump truck
  5. Double and triple trailer bottom dump truck
  6. Side dump truck

 

Tidak hanya digunakan untuk keperluan kontruksi saja, namun dari penggunaan dump truck sendiri masih bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya mulai dari membuang limbah industri hingga mengangkut sampah dan masih banyak lainnya. Maka tak heran bila perangkat dump truck ini masih sering kita lihat di beberapa tempat karena memang menghadirkan banyak manfaat yang saat ini sudah banyak diketahui masyarakat.

Berbagai macam perangkat penting dalam proses kontruksi ataupun pada aspek-aspek penting lainnya memang sangat menarik untuk diulas, maka dari itu Anda harus bisa melihat betapa pentingnya dump truck dalam proses mengangkut berbagai bahan material, sampah, dan beberapa bahan lainnya yang sampai sekarang memberikan manfaat terbaik dalam proses kontruksi. Mengenai desain dan bentuk warna truck pengangkut ini memang masih beragam karena produsen pembuatan truck tersebut juga terbilang cukup banyak di tanah air.