Apa yang disebut dengan ban mati? Operator atau pemilik forklift pasti tidak asing dengan istilah ini. Forklift adalah sejenis kendaraan berupa truk garpu yang umum digunakan di area industri atau pabrik-pabrik. Fungsinya adalah untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Disebut mudah karena forklift menggunakan tenaga mesin dan hanya dikendalikan oleh seorang operator.

Kehadiran forklift di area industri akan membuat proses pekerjaan lebih efektif. Anda tidak perlu mengeluarkan atau menyewa tenaga manusia dalam jumlah banyak untuk mengerjakan suatu tugas yang sebenarnya dapat dilakukan oleh tenaga mesin. Keunggulan mengandalkan tenaga mesin adalah bersifat konsisten dan dinilai memiliki daya yang lebih tinggi.

 

Ban Sebagai Komponen Forklift

Ada sejumlah komponen utama yang terdapat pada forklift, di antaranya mask, lift chain, lift cylinder, back rest, finger bar, fork, head lamp, overhead guard, counterweight, dan wheel. Komponen-komponen ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari forklift dan memiliki fungsi masing-masing.

Salah satu komponen forklift adalah wheel (roda) yang termasuk di dalamnya adalah tires (ban). Seperti halnya kendaraan bermotor yang memiliki mobilitas dari satu tempat ke tempat lain, roda harus cukup kuat dan awet. Roda juga menampung seluruh beban yang diangkut oleh forklift sehingga ketahanannya sangat diandalkan.

Jika roda tidak berkualitas, produktivitas kerja dapat terganggu dan kinerja tidak maksimal. Bukan hanya itu, risiko bahaya akan mengintip bagi operator yang mengendalikan forklift atau orang-orang yang berada di sekitar area kerja. Oleh karena itu, memastikan kondisi roda atau ban forklift dalam keadaan baik perlu dilakukan secara berkala.

 

Jenis Ban Forklift

Ban forklift dapat dibedakan berdasarkan mereknya. Anda dapat menggunakan ban Bridgestone atau Gajah Tunggal. Masing-masing menawarkan kelebihan yang membuat proses pengendalian forklift menjadi optimal.

Akan tetapi, perbedaan ban juga dapat dilihat berdasarkan penggunaannya. Ada setidaknya 3 kategori ban yang umum digunakan pada forklift, yaitu ban solid atau ban mati dan ban pneumatic.

  • Ban mati forklift
    Ban mati forklift umum digunakan di area pabrik yang berada dalam ruangan. Jenis ban solid ini berbahan karet dengan tekstur keras dan solid. Di bagian dalamnya terdapat besi baja yang berbentuk cincin. Ban mati pada forklift tergolong lebih awet. Forklift yang menggunakan jenis ban ini sangat cocok digunakan di permukaan yang mulus dan mengerjakan tugas yang tidak terlalu berat.
  • Ban pneumatic forklift
    Jenis ban lainnya adalah ban pneumatic forklift yang biasa digunakan untuk menaklukkan permukaan kasar, terutama di luar ruangan. Ciri ban ini hampir sama dengan ban yang umum digunakan oleh truk pengangkut. Artinya, ban ini diisi oleh udara serta memiliki lekukan yang lebar dan terbuat dari karet yang keras.
  • Ban polyurethane forklift
    Ini adalah jenis ban yang digunakan oleh forklift elektrik. Karakteristiknya ringan, memiliki gesekan halus, serta dapat dikendalikan dengan mudah di dalam ruangan.

 

Mengenal Ban Mati Forklift

Di antaranya ketiganya, ban mati atau ban solid merupakan jenis ban yang umum digunakan. Harga ban mati untuk forklift bervariasi tergantung pada kualitas dan jenisnya. Sebelum membelinya, Anda perlu mengenal terlebih dahulu ciri-ciri ban mati yang dimaksud.

Ada sejumlah ciri ban mati yang perlu diketahui. Ban mati menggunakan karet sebagai bahan dasarnya. Jika dipergunakan di luar ruangan, ban mati ini tidak berkutik atau pergerakannya kurang maksimal.

Ban mati ternyata sangat cocok digunakan untuk kendaraan berat karena dapat mengurangi risiko kerusakan. Keunggulan lainnya adalah ban ini sangat stabil, lebih tahan terhadap tusukan, sekaligus tidak memerlukan perawatan yang berlebihan. Ban mati juga biasanya lebih ekonomis dan dapat menampung beban yang lebih kuat.

Selain untuk forklift, ban mati ini juga kerap digunakan untuk berbagai kendaraan industri lainnya, seperti kendaraan bandara, truk platform, kendaraan yang memindahkan alat-alat berat, dan sebagainya. Hal lainnya yang merupakan keuntungan menggunakan ban mati forklift adalah lebih bersih dan tidak meninggalkan jejak di lantai sehingga umum digunakan di industri makanan dan farmasi.

 

Harga Ban Mati

Lalu, berapa harga ban mati untuk forklift? Harga untuk tiap produk atau benda tentu berkaitan dengan kualitas, jenis, merek, dan ukuran ban tersebut. Untuk ban solid forklift, harga tiap satu ban dimulai dari Rp750.000. Beberapa merek ban solid dibanderol Rp1.000.000. Harga ini tergolong lebih kompetitif dibandingkan penawaran dari penjual yang lain. Semakin berbeda ukuran atau kualitas ban dari normalnya, harga pun tentu akan semakin tinggi.

Meskipun demikian, jangan terburu-buru untuk memutuskan membeli ban dengan harga yang murah hanya karena ingin menghemat pengeluaran. Sebaiknya, Anda juga harus memperhatikan kualitas ban yang ditawarkan. Apakah harga ban mati untuk forklift berbanding lurus dengan kualitasnya?

Hal ini tentu baru bisa dijawab apabila Anda telah mengetahui dan mengenali jenis ban mati yang berkualitas. Hal yang paling utama adalah kualitas karet yang menjadi bahan dasar ban. Selanjutnya, ada fitur-fitur khusus pada ban yang memberikan nilai tambah, misalnya memiliki ukuran yang lebih lebar sehingga berat beban lebih menyebar.

Ban forklift harus dicek secara berkala kualitasnya seperti halnya kendaraan bermotor. Meskipun lebih tahan lama dibandingkan ban biasa, mengenal kondisi ban akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan dan pergantian jika diperlukan. Nah, inilah sekilas ulasan mengenai ban mati untuk forklift. Semoga bermanfaat!