Setiap kendaraan pastinya memiliki fungsi utama sehingga dapat digunakan untuk beragam keperluan. Hingga sekarang terdapat jenis mobil truk besar dimana sanggup menghadirkan banyak fungsi terutama dalam bidang kontraktor ataupun pembangunan. Maka dari itu setiap jenis mobil truk besar tersebut harus diketahui seperti apa fungsinya kemudian seperti apa spesifikasinya hingga daya angkutnya. 

Sebagian besar dari jenis mobil truk besar yang sekarang sudah banyak beredan memang menghadirkan berbagai desain, bahkan kendaraan pengangkut barang hingga jenis truk lainnya sudah familiar di bidang konstruksi sehingga siapa saja bisa langsung menggunakannya untuk keperluan tertentu. Maka dari itu akan kita lihat seperti apa jenis beserta fungsi dari setiap jenis mobil truk besar seperti berikut ini.

Jenis Truk Tronton
Pertama ada jenis truk tronton yang mana sampai sekarang masih banyak digunakan untuk keperluan pengangkutan muatan dengan kisaran 20 ton bahkan bisa lebih. Kini desain dan bentuk dari truk tronton sendiri terbilang kecil karena menggunakan 3 sumbu roda dengan tambahan diameter tujuh sampai sembilan meter hingga lebarnya antara 2,3 ataupun 2,5 meter saja. Biasanya beban buatan yang diberikan dilihat berdasarkan jenis truk dan kelasnya. Untuk tiga sumbu roda pada umumnya diberikan beban mencapai 23 ton, sedangkan dari jenis empat sumbu bisa diberikan muatan totalnya mencapai 30 ton. Jadi jumlah muatan harus diatur untuk memberi aspek keamanan saat berkendara.

Jenis Truk Kontainer atau Trailer
Kedua ada jenis truk yang masuk dalam daftar mobil truk besar besar karena bisa mengangkut berat barang yang lebih besar. Biasanya ada dua jenis truk kontainer yakni 20 kaki dan 40 kaki, bahkan dari sisi dimensinya memiliki perbedaan. Kemampuan mengangkut berat baik itu dari 20 sampai 27 ton sangat tergantung dari jumlah sumbu roda yang digunakan, maka dari itu kemampuan angkut barang antara truk tonton dengan kontainer sebenarnya hampir sama, akan tetapi desain truk sudah jelas berbeda sehingga fungsinya terbilang penting dalam aktivitas mengangkut barang dalam kapasitas besar.

Jenis Truk Molen
Masih ada daftar mobil truk besar jenis molen yang mana masih digunakan dalam keperluan konstruksi ataupun kontraktor. Menariknya desain dari truk molen ini berbeda-beda namun fungsinya tetap sama yakni mengangkut material cor beton dalam kapasitas besar. Maka dari itu truk molen sendiri sering disebut sebagai truk mixer karena memang dapat mencampur material cor beton dalam kapasitas besar. Ada dua jenis yakni molen mini dengan molen besar, dari jenis molen mini ini memiliki volume maksimal empat meter kubik, sedangkan truk molen standar masih memberikan kapasitas volume sampai tujuh meter kubik. Biasanya jarak tempuh dari truk molen ini masih dikatakan jarak dekat karena kita tahu material cor beton ini akan cepat mengeras dalam waktu dua jam.

Truk Wing Box
Ada jenis mobil truk besar wing box dimana menjadi salah satu jenis truk paling besar. Untuk dimensi boks pada truk satu ini terbilang besar karena memang rata-rata menggunakan panjang 8.85 meter ditambah lebar 2.4 meter, dan tinggi mencapai 2.1 meter. Biasanya volume dari truk satu ini mencapai 34 kubik karena memang besarnya kapasitas truk satu ini bisa membawa muatan mencapai 36 ton.

Jadi itulah berbagai macam jenis mobil truk besar yang masih umum terlihat dalam aktivitas konstruksi gedung ataupun pembangunan jalan dan sebagainya sehingga masyarakat mampu membedakan satu-satu sesuai fungsinya.