Bidang kontruksi bangunan seperti pada proyek-proyek pembuatan jalan raya dan lainnya pasti membutuhkan perangkat berukuran besar seperti alat berat berupa truck ataupun lainnya. Dari setiap kendaraan tersebut bisa dipastikan memiliki bagian ataupun sparepart berupa roda yang ditopang oleh sebuah velg berukuran tertentu. Setiap jenis velg alat berat sendiri memang dibedakan menurut jenis perangkat yang digunakan, maka dari itu masyarakat saat ini harus bisa melihatnya secara detail.

Fungsi dari berbagai alat berat memang sudah terlihat dimana sanggup memberikan akses lebih cepat dan mudah dalam mengangkut ataupun membantu proses pembangunan sebuah proyek. Maka dari itu agar Anda lebih jelas dalam mendapatkan informasi fungsi velg tersebut, akan kita ulas secara mendalam seperti apa jenis-jenisnya.

Jenis-jenis velg yang jarang diketahui publik

• Velg atau Rim Forklift
Dari jenis pertama bisa kita lihat bahwa tipe velg forklift sendiri bisa digunakan untuk bebragai merk yang sudah banyak kita kenal. Biasanya ukuran dari velg khusus forklift ini memberikan desain lebih kuat karena kita tahu seringkali membawa beban berat namun dari ukurannya lebih kecil. Ada beberapa merk foklift diantaranya Toyota, Doosan, Shantui, Hangcha, Heli, Sany, Isuzu, TCm, Mitsubishi, dan masih banyak lainnya. 

• Velg Grader
Berikutnya ada jenis velg khusus grader yang mana sangat kuat dan sanggup menopang beban berat sekalipun sehingga dari segi keawetannya benar-benar bisa memberikan kepuasan bagi pengguna. Velg alat berat tipe grader ini sudah banyak digunakan untuk berbagai merk ternama mulai dari Caterpillar, Komatsu, John Deere, Shantui, Mitsubishi, dan masih banyak mer lainnya. 

• Velg Truck
Salah satu jenis velg untuk alat-alat berat yakni tipe rim truck yang mana ukurannya lebih besar dibandignkan jenis velg forklift ataupun dari grader. Kita bisa melihat bahwa desain velg khusus truck memang memberikan banyak keunikan sehingga kekuatan sampai desainnya sangat diandalkan untuk memberi keawetan sampai fungsi lebih maksimal. Adapun beberapa merk sudah menggunakan velg terbaik seperti Toyota, Volvo, Mitsubishi, MAN, Iveco, Hitachi, Beiben, Howo, dan masih banyak merk lainnya.

• Velg Stracker
Tidak lupa masih ada jenis velg stracker dimana sering digunakan untuk berbagai macam merk stacker. Dari sisi kekuatan velg juga terbilang lebih optimal karena bisa digunakan untuk beragam akses perangkat berat ataupun alat berat. Sedangkan dari beberapa merk alat berat yang menggunakan tipe velg stracker diantaranya Linde, Sany, Terex, Kalmar, Hyster, Kamatsu, dan masih banyak lainnya.

• Velg Skid Sfeer Loader
Jenis velg alat berat yang secara khusus menghadirkan kemampuan menarik dan mumpuni adalah jenis skid sfeer loader yang mana sampai sekarang masih banyak digunakan pada beberapa jenis merk alat berat mulai dari New Holland, Liugong, TCM, Babcat, John Deere, Caterpillar, Komatsu, Gehi, Volvo, dan masih banyak merk lainnya.

• Velg Traktor
Perangkat alat berat berupa traktor juga membutuhkan velg untuk roda dimana sampai sekarang banyak brand sudah memberikan kemampuan dan kualitas sebuah velg terbaik diantaranya dari beberapa brand mulai dari Kubota, John Deere, New Holland, Komatsu, Claas, Valtra, Ford, Challenger, Deutz, hingga masih banyak merk lainnya. Jenis velg alat berat pada traktor memang menghadirkan berbagai macam keunggulan sehingga sampai detik ini benar-benar dibutuhkan oleh proses pengolahan lahan.

Berbagai macam merk dan bentuk dari velg alat berat sampai sekarang banyak menghadirkan desain menarik ditambah lagi kekuatanya sangat diandalkan dalam berbagai perangkat transportasi di sektor pembangunan infrastruktur ataupun pada beberapa bagian lainnya.