Dalam bidang kontraktor ataupun konstruksi pastinya terdapat berbagai macam jenis alat berat yang digunakan untuk berbagai fungsi utama. Dengan bantuan alat-alat berat tersebut semua aktivitas konstruksi bisa dilakukan lebih cepat sehingga siapa saja termasuk pengembang akan lebih mudah dalam mengatur serta merancang bahan-bahan lainnya hingga mempercepat proses pembangunan. Oleh karena itu Anda harus mengerti seperti apa klasifikasi alat-alat berat tersebut berdasarkan fungsinya.

Baca Juga: Tips Memilih Alat Berat Sesuai dengan Kebutuhan


Setiap alat berat memiliki fungsi tertentu sehingga siapa saja sanggup mendapatkan pengalaman menarik dalam hal menggunakan alat berat sesuai klasifikasinya ataupun fungsinya. Maka dari itu agar Anda lebih mengerti bagaimana fungsi alat berat berikut ada informasi yang penting.

Peralatan Pengolah Lahan

Pertama ada peralatan berat yang mana sering digunakan untuk mengolah lahan dengan kondisi tertentu. Biasanya alat pengolah lahan ini digunakan untuk membuka lahan baru ataupun memberikan ruang baru untuk dijadikan tempat pembangunan. Sedangkan dari spesifikasinya memiliki perbedaan yang dilihat dari sisi rodanya ataupun bentuknya. Dari ketersediaan pengolah lahan bisa terdiri dari beberapa perangkat mulai dari swamp bulldozer, wheel tractor dozer, dozer, crawler tractor dozer, dan scraper. Untuk bentuk dan ukuran peralatan dalam pengolahan lahan biasanya cukup besar sehingga proses pembukaan lahan ataupun pengolahan tanah bisa dilakukan lebih cepat.

Peralatan Penggali

Selain ada alat berat untuk mengolah lahan baru, juga tersedia peralatan penggali tanah dan sering dikenal dengan sebutan excavator. Adapun beberapa peralatan berat memang digunakan menggali tanah serta bebatuan bahkan tersedia juga beberapa pilihan mulai dari front shovel, dragline, backhoe, dan clamshell. Tentu saja konstruksi dari peralatan berat untuk menggali tanah ini memiliki ciri khas yakni terdapat sebuah bagian untuk mengeruk tanah ataupun batu dalam kapasitas besar sehingga prosesnya lebih mudah.

Peralatan Pengangkut Material

Terdapat peralatan berat yang sering digunakan untuk pengangkut material atau masuk dalam kategori pengangkut material yang biasanya dilakukan secara vertical ditambah lagi bisa memindahkan secara horizontal dalam jarak yang relatif kecil. Maka dari itu adapun beberapa peratan masih digunakan mulai dari belt, wagon dan truck. Dari beberapa peralatan berat tersebut masih memerlukan peralatan tambahan yang bisa digunakan untuk membantu memuat material ke dalamnya. 

Peralatan Pemadat

Masih terdapat alat berat berupa peralatan pemadat ataupun penimbunan tanah dimana sangat penting untuk proses pembangunan jalan. Proses pengerasan tanah menggunakan peralatan pemadat akan dikerjakan lebih cepat kemudian masih terdapat beberapa alat pemadat mulai dari penumatic tired roller, tamping roller, hingga compactor dan masih ada lainnya. Biasanya proses pembangunan landasan pesawat terbang, jalan raya, kemudian tanggul sungai dan lainnya memang butuh peralatan tersebut sehingga dapat memberikan akses lebih optimal. 

Peralatan Pemindahan Material

Untuk peralatan pemindahan material memang masih bisa digunakan bahkan terdapat beberapa alat untuk transportasi hingga dapat memindahkan material ke peralatan lainnya. Jenis alat berat yang digunakan untuk pemindahan material ini terdiri dari dozer dan loader sehingga cocok digunakan sebagai alat pemindahan material.

Jadi sudah bisa kita lihat bahwa masih ada berbagai macam peralatan berat tambahan yang sekarang digunakan untuk memperlancar proses konstruksi. Untuk setiap alat berat pastinya memiliki fungsi masing-masing sehingga siapapun akan merasakan seperti apa peluang lebih mudah dalam membangun sebuah konstruksi mengandalkan banyaknya peralatan berat tersebut. Informasi di atas semoga bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang masih penasaran untuk mengenal seputar peralatan berat dan lainnya.