Perawatan merupakan bagian penting untuk dilakukan supaya dump truck yang Anda miliki bisa lebih awet dan tahan lama, terutama bagi para pemilik bisnis yang fokus dalam bidang konstruksi serta pertambangan. Truk yang memiliki kualitas dan kinerja bagus tentunya akan menjadikan proyek konstruksi bisa berjalan lebih baik. Untuk mendapatkan kinerja truk yang andal maka perawatan dibutuhkan. Tentunya, melakukan perawatannya pun harus tepat. ini tidak harus menghabiskan banyak biaya. Bahkan, dengan perawatan yang tepat, biaya yang dibutuhkan tentu akan jauh lebih kecil dibandingkan ketika terjadi kerusakan.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Bagian Penting Dump Truck

Dalam bisnis angkutan, perawatan truk memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga umur kendaraan supaya bisa lebih awet dan tahan lama. Namun demikian, banyak pengusaha yang memberikan beban berlebih pada kendaraan dan ini bisa memperpendek umur kendaraan. Bagaimanapun setiap kendaraan dump truck memiliki kemampuan maksimum yang mana ini tidak boleh dilampaui. Ketika kelebihan beban dilakukan secara terus menerus maka ini akan berpotensi membuat kontrol kendaraan menjadi berkurang dan risiko kecelakaan akan semakin besar.

Beberapa hal yang perlu diketahui untuk merawat truk.

1. Melakukan pemanasan mesin bisa dilakukan selama sekitar lima menit sebelum digunakan. Pemanasan mesin ini difungsikan supaya seluruh komponen mesin bisa terlumasi secara merata sebelum nantinya digunakan untuk membawa beban berat.

2. Biasakan untuk senantiasa melakukan pengecekan tangki bahan bakar. Pastikan tangki berisi bahan bakar untuk mencegah kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Ketika mesin truk kehabisan bahan bakar maka sistem injeksi perlu melakukan pemompaan. Bila proses pemompaan bermasalah maka perlu dilakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Inilah mengapa sebelum masalah timbul, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan sebelum digunakan. 

3. Penggunaan oli mesin pun sebaiknya tidak asal-asalan untuk menjaga kualitas mesin. Dalam hal ini, menggunakan oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan bisa jadi pilihan yang masuk akal. Selain itu, pemeriksaan oli mesin perlu dilakukan lebih sering ketika truk digunakan di area tambang setidaknya satu minggu dua kali. 

4. Dump truck lebih sering digunakan di area konstruksi ataupun pertambangan yang mana biasanya daerah tersebut lebih rawan debu yang menyebabkan filter cepat kotor. Inilah mengapa untuk merawat truk sebaiknya tidak lupa untuk mengganti filter solar secara rutin. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kotoran halus tidak masuk ke mesin.

5. Perawatan yang tak kalah penting untuk kendaraan berat seperti dump truck adalah bagian hidrolik. Kedudukan hidrolik pada truk dump sama pentingnya dengan mesin sehingga perawatannya sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah bagian batangan besi untuk memastikan tidak terjadi kebocoran. Selain itu, pastikan untuk menjauhkan batang besi hidrolik tersebut dari goresan benda tajam karena goresan tersebut bisa mempercepat aus pada karet sel yang memicu kebocoran. Setelah digunakan, akan lebih baik bila selalu dibersihkan dengan menggunakan oli berkualitas untuk menjaga kinerja hidrolik.

6. Sangat penting untuk memperhatikan beban muatan kendaraan. Setiap kendaraan memiliki beban maksimal. Hal ini hendaknya tidak digunakan melebihi kapasitas maksimalnya untuk mencegah masalah. Kendaraan yang mendapatkan beban muatan melampaui batas maksimal akan lebih mudah rusak serta berisiko terjadi kecelakaan.

Meskipun memiliki kekuatan yang lebih tangguh dibandingkan kendaraan mobil kecil, perawatan tentu sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa perawatan untuk menjaga supaya dump truck lebih awet dan tahan lama sebenarnya tidak sulit dilakukan yang terpenting dilakukan secara rutin.