Tidak sedikit kalangan sudah mengetahui seperti apa daftar dari alat-alat berat yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kontruksi bangunan, jalan dan pemanfaatan lahan. Mungkin sejauh ini masih ada masyarakat yang belum mengetahui secara detail seperti apa macam-macam dari alat berat tersebut kemudian seperti apa fungsinya. Maka dari itu agar Anda lebih jelas mengenai macam dan fungsi dari alat berat.


Fungsi alat berat yang perlu dipahami masyarakat luas

• Excavator
Pertama ada Excavator dimana untuk alat berat satu ini sudah sering kita lihat karena memang fungsinya sangat vital sebagai penggali tanah ataupun bisa juga digunakan sebagai pengangkut material untuk dinaikkan ke dalam sebuah truck. Excavator ini memang efektif akan tetapi masih kekurangan yakni tak bisa digunakan jarak jauh sehingga ruang lingkupnya masih terbatas.

• Bulldozer
Masih ada perangkat alat berat lainnya berupa bulldozer dimana sampai sekarang bisa digunakan untuk mengolah lahan. Perangkat bulldozer ini memang memiliki alat untuk mendorong tanah lurus ke depan ataupun samping tergantung pengendalian kendaraan. SEdangkan dari beberapa jenis juga tersedia untuk mengolah tanah dengan jenis tertentu salah satunya swamp bulldozer yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah tanah berawa. 

• Wheel Loader atau Track Loader
Dari dua perangkat alat berat wheel loader dan track loader sendiri memang bisa dimanfaatkan untuk memindahkan material seperti dozer. Sedangkan keunggulannya memang lebih simple, akan tetapi masih ada kekurangan mengenai jarak tempuh yang cenderung lebih pendek dibandingkan dengan truck.

• Motor Grader
Dari sekian banyak alat-alat berat, motor grader ini sangat efektif dalam dunia pertanian salah satunya berguna dalam proses meratakan pembukaan tanah secara mekanis. Tak hanya itu, perangkat motor grader ini juga sanggup dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti meratakan lapisan tanggul, pengurukan kembali dalam sebuah galian tanah hingga proses pencampuran tanah. 

• Mobile Crane
Masih ada alat berat berupa mobile crane dimana sangat berguna sebagai pengangkut material sehingga sangat cocok untuk proyek-proyek infrastruktur yang menggunakan berbagai macam bahan-bahan material yang sangat berat. Menariknya mobile crane ini sangat fleksibel karena bisa berpindah tempat dengan mudah, akan tetapi tidak semua permukaan tanah bisa menopang bobot dari mobile crane ini.

• Motor Scraper
Salah satu alat-alat berat yang banyak dibutuhkan dan digunakan dalam sebuah proyek membuat bendungan adalah motor scraper. Dari fungsinya memang cenderung untuk menggali tanah yang ada di beberapa bangunan beton ataupun bisa juga dimanfaatkan untuk proses meratakan jalan raya. Keunggulan dari motor scraper ini adalah dapat menggali permukaan tanah setelah 2.5 meter akan tetapi masih digunakan dalam jarak yang dekat saja.

• Penumatic Tire Roller
Mungkin Anda sudah pernah melihat macam alat-alat berat salah satunya penumatic tire roller yang mana masih digunakan untuk pekerjaan penggilasan bahan granular sehingga baik juga untuk menggilas lapisan hot mix.

• Asphalt Finisher
Alat berat yang sering kita jumpai dalam proses pembuatan jalan raya yakni asphalt finisher dimana sanggup menghamparkan campuran aspal yang sudah diproduksi oleh alat pembuat aspal. Meskipun fungsinya sangat penting, akan tetapi masih ada kekurangan pada alat berat ini yakni dari roda kelabangnya masih cukup lama dalam bermanuver.

Itulah berbagai macam alat-alat berat yang sering kita lihat dalam berbagai konstruksi bangunan, jalan raya, bidang pertanian, dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui berbagai alat berat beserta fungsinya setidaknya Anda bisa mengetahui secara pasti seperti apa cara kerjanya.