Tipe-tipe Forklift

Bagi Anda yang melakukan bisnis di dalam gudang, di area konstruksi ataupun jenis bisnis lain, mengangkat barang-barang berat adalah aktivitas yang tak bisa dilepaskan dari keseharian. Memiliki forklift tidak hanya akan mempermudah pekerjaan Anda, tapi juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan untuk perusahaan.

 

6 Tipe Forklift dan Keunggulannya

Dengan beragam pilihan forklift yang tersedia di pasaran, memilih yang terbaik mungkin akan jadi hal yang menyulitkan. Dengan mengetahui macam-macam jenis forklift dan pengaplikasiannya berikut ini, Anda bisa memilih yang terbaik dan paling sesuai dengan bisnis Anda.

 

1. Industrial Reach Forklift Truck

Truk ini disebut reach truck karena kemampuannya menjangkau tempat-tempat yang tinggi. Karena bisa diatur ketinggiannya dan bisa diperpanjang, alat ini ideal digunakan untuk pergudangan. Rak-rak bertingkat yang tinggi bisa dijangkau dengan menggunakan forklift ini.

 

2. Industrial Counterbalance Forklift

Industrial counterbalance forklift adalah adalah jenis truk pengangkut yang paling banyak digunakan di gudang dan toko. Alat ini beroperasi dengan baik di atas permukaan yang rata. Menawarkan pengoperasian langsung, forklift ini memiliki dua buah garpu di bagian depan yang berguna untuk mengangkat dan memindahkan beban. Industrial counterbalance forklift memiliki beberapa jenis lagi, salah satunya adalah tiga roda yang memiliki kemampuan manuver sempurna. Cocok digunakan untuk area dengan gang-gang sempit.

 

3. Rough Terrain Forklift

Untuk konstruksi luar ruangan dengan medan yang sulit, rough terrain forklift adalah opsi yang ideal. Forklift ini memiliki ban karet ulir yang lebih tebal sehingga memiliki stabilitas tinggi meski harus beroperasi di atas permukaan yang bergelombang. Mesinnya kuat sehingga bisa mencapai kecepatan tinggi. Kemampuan manuvernya rough terrain forklift juga sangat baik.

Dengan segala kelebihan tersebut, rough terrain forklift adalah alat angkut yang sempurna untuk pekerjaan outdoor. Beberapa jenis di antaranya bahkan mampu mengangkut beban maksimal hingga 3 ton. Kalibrasi keseimbangan yang baik di bagian belakang membuatnya mudah dioperasikan di atas lumpur, es bahkan salju sekalipun.

 

4. Industrial Side Loader Forklift

Side loader forklift adalah alat angkut yang cocok digunakan di gang sempit. Ini karena dua garpu yang berada di sisi truk didesain untuk bisa mengambil muatan melebar dan memanjang.  Ada beberapa jenis side loader forklift yakni forklift dengan kabin tertutup yang banyak digunakan di luar ruangan dan versi berdiri yang cocok untuk melakukan tugas dalam ruangan.

Ada juga versi multi-arah dengan roda yang bisa berputar 90 derajat dan memudahkan transportasi ke segala tempat. Kelebihan ini membuat forklift bisa mengangkat pipa dan material lembaran dengan aman dan efisien. Side loader forklift banyak digunakan dalam industri kayu karena kemampuannya membawa beban berat berbentuk panjang di area sempit.

 

5. Telescopic Handler Forklift

Telescopic handler forklift sangat cocok digunakan dalam pertanian dan semua jenis industri yang memerlukan pengangkatan tinggi. Forklift jenis ini menawarkan beragam fitur yang membuatnya bisa melakukan berbagai tugas di segala keadaan. Karena kemampuannya ini, telescopic handler forklift lebih sering disebut sebagai crane kecil ketimbang truk.

Telescopic handler forklift juga memiliki beberapa fitur tambahan yang memungkinkannya jauh lebih kuat dan fleksibel saat digunakan seperti meja pengangkat, garpu palet dan grabber muck.

 

6. Truk Pengangkat dan Palet untuk Pejalan Kaki

Forklift jenis ini bisa dioperasikan dengan mudah oleh pejalan kaki dan umum digunakan di gudang dan fasilitas penyimpanan untuk memudahkan proses pemindahan. Semua jenis alat pengangkat ini memiliki garpu di bagian bawah palet yang dioperasikan dengan menggunakan dongkrak hidrolik. Gunanya untuk mengangkat beban dari tanah agar mudah bermanuver.

Alat pengangkat ini memiliki berbagai macam gaya dan desain. Beberapa di antaranya bahkan mampu memindahkan beban hingga 2.000-an kilogram. Ada perbedaan antara truk pengangkat dengan truk palet.

Truk palet hanya bisa memindahkan beban dari satu tempat ke tempat lain di satu permukaan dengan jangkauan terbatas. Sementara truk pengangkat memiliki fungsi lebih kompleks karena mampu mengangkat beban ke tingkat yang lebih tinggi dari permukaan tanah/lantai. Ini membuatnya cocok digunakan untuk menumpuk barang.

 

Memilih Ban yang Cocok untuk Forklift Anda

Meskipun setiap forklift menggunakan jenis ban yang berbeda-beda, secara garis besar ban dibedakan berdasarkan tempat di mana forklift dioperasikan: indoor atau outdoor. Ada 2 jenis ban yang paling banyak digunakan di pasaran yakni:

 

  • Ban Pneumatic. Ban ini mirip dengan ban truk atau mobil biasa dan menawarkan kinerja tinggi serta keserbagunaan. Ban pneumatic memiliki daya cengkeram yang kuat pada permukaan yang tidak rata dan medan yang sulit. Ban ini banyak digunakan untuk forklift yang beroperasi di luar ruangan. Ada 2 jenis ban pneumatic yakni solid pneumatic yang padat dan tahan tusukan serta air pneumatic yang berisi angin
  • Ban Cushion. Ban jenis ini dibuat dengan material karet padat dan halus yang dipasang di sekeliling pita logam. Harganya lebih murah dan perawatannya juga lebih mudah. Ban cushion cocok digunakan jika forklift beroperasi di dalam ruangan atau di tempat dengan permukaan yang halus. Karena memiliki radius belok yang kecil, ban ini pas untuk ruangan kecil.

 

Memilih forklift memang memerlukan banyak sekali pertimbangan. Beberapa jenis dan fungsi forklift di atas bisa Anda jadikan rujukan dalam memilih mesin forklift. Agar forklift bekerja dengan maksimal, lengkapi dengan ban yang tepat. Indoautozone.co.id adalah tempat yang paling tepat jika Anda ingin menemukan ban forklift terbaik untuk bisnis Anda.