Apakah Anda tahu bahwa ban merupakan salah satu komponen yang penting pada forklift? Sebelum mengulas lebih jauh tentang hal ini, mari mengenal terlebih dahulu seputar apa itu forklift dan apa kegunaannya bagi pengguna, khususnya pemilik usaha.

Forklift adalah sejenis kendaraan yang memiliki alat pengangkat berbentuk garpu. Kendaraan ini biasa digunakan di area pabrik untuk mengangkut benda-benda yang berat atau berjumlah banyak dari satu tempat ke tempat lain. Jika menggunakan tenaga manusia, tugas ini tergolong berat. Selain itu, sangat menyita waktu dan tenaga.

Saat ini, forklift hadir sebagai solusi bagi para pengusaha yang ingin melakukan efektivitas dalam proses pekerjaan di pabrik atau tempat usaha lain. Alat ini sangat tangguh digunakan dalam kondisi apa pun karena memang telah dirancang sebaik mungkin demi mempermudah pekerjaan.

 

Pentingnya Komponen Ban Pada Forklift

Ada sejumlah komponen penting yang harus ada pada sebuah kendaraan forklift. Beberapa di antaranya adalah truck frame, counterweight, overhead guard, mast, dan tires atau ban. Setiap komponen ini memiliki fungsi masing-masing yang membuat forklift dapat bekerja secara maksimal.

Khusus untuk ban forklift, komponen ini tidak ubahnya seperti ban kendaraan bermotor. Hanya saja, fungsinya vital bagi keamanan operator maupun orang lain yang berada di sekitar area kerja forklift. Apabila ban dalam kondisi yang tidak baik, dapat menyebabkan operasional forklift tidak stabil.

 

Ukuran Ban Forklift

Berapa ukuran ban forklift yang tepat? Ternyata, ada beberapa pilihan ukuran yang bisa digunakan. Berdasarkan jenis atau merek ban yang tersedia, berikut pengelompokkan ukuran ban pada kendaraan forklift.

 

Ban Forklift Bridgestone

Salah satu merek ban yang umum digunakan untuk forklift adalah merek Bridgestone. Ada 2 jenis ban forklift Bridgestone, yaitu tipe Bridgestone JLug dan tipe Bridgestone Ulug. Merek ban ini biasanya digunakan untuk forklift dengan merek Komatsu, Mitsubishi, Toyota, dan sebagainya.

Nah, ukuran ban forklift merek Bridgestone adalah sebagai berikut:

4.00–8; 5.00–8; 18 x 7–8; 16 x 6 – 8; 6.00 – 9; 21 x 8 – 9; 6.50 – 10; 23 x 9 – 10; 7.00 – 12; 23 x 10 -12; 8.25 – 12; 28 x 9 -15; 8.25 – 15; 2.50 – 15; 3.00 – 15; 3.50 – 15; 6.00 – 15; 7.00 – 15; 7.50 – 15; 9.00 – 20; 10.00 – 20; 11.00 – 20; dan 12.00 – 20.

Pada kondisi normal, ukuran ban yang biasa digunakan adalah 6.50-10. Sementara itu, forklift yang berukuran 1 ton hingga 10 ton biasanya menggunakan ukuran ban 600-9, 600-15, 650-10, 700-12, 700-12.750-15, 8.25-15, dan sebagainya.

 

Ban Forklift Gajah Tunggal

Jenis ban lain yang dapat digunakan untuk forklift diproduksi oleh Gajah Tunggal. Ban forklift Gajah Tunggal memiliki karakteristik antara lain berupa pola telapak silang (interlock). Pola ini membuat pengendalian forklift lebih stabil, khususnya untuk daerah industri. Dengan pola ini pula, produktivitas kerja lebih baik karena mobilitas forklift lebih tinggi.

Ciri lainnya adalah memiliki kompon telapak khusus. Dengan fitur ini, ban forklift lebih tahan lama. Ban juga dapat mencengkeram permukaan jalan secara kuat, baik ketika berada di luar kawasan industri maupun ketika berada di dalam pabrik. Dinding ban Gajah Tunggal juga diperkuat oleh konstruksi benang nilon sehingga forklift lebih tahan terhadap beban maksimal.

Ada setidaknya 4 ukuran ban forklift Gajah Tunggal yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu 6.00 – 9; 6.50 – 10; 7.00 – 12; dan 8.25 – 15. Masing-masing ukuran ban ini memiliki spesifikasi yang berbeda.

Selain perbedaan ukuran, Gajah Tunggal sendiri menyediakan beberapa jenis ban berdasarkan polanya. Di antaranya adalah GT Lug, GT Max Traction, GT Mud Traction, GT Super, GT Super 88, GT Super 88N, dan GT Super Grip.

Kedua merek ban ini merupakan jenis ban forklift yang umum digunakan. Keduanya tentu memiliki perbedaan yang harus diperhatikan dengan baik supaya produktivitas menggunakan forklift lebih optimal.

 

Cara Memilih Ukuran Ban yang Tepat

Nah, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih ban untuk forklift adalah ukurannya. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa ban forklift terbagi atas dua jenis, yaitu ban solid dan ban pneumatic. Kedua ban ini memiliki penggunaan yang berbeda sehingga karakteristiknya pun dipastikan tidak sama. Jika ingin forklift melakukan kegiatan mengangkut dengan lancar, pemilihan ban yang tepat harus diperhatikan.

Untuk menentukan ukuran ban, hal yang harus diperhitungkan terlebih dahulu adalah berat beban yang ditanggung oleh setiap roda. Umumnya, Anda sebaiknya memilih ban dengan tekanan inflasi paling rendah. Hal lain yang harus dipertimbangkan ketika menentukan ukuran ban adalah seberapa sering forklift akan digunakan dan kondisi jalur yang akan dilalui oleh forklift.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal tersebut, barulah Anda menentukan ukuran ban yang akan digunakan. Ingatlah bahwa kesempurnaan ban forklift menjadi salah satu faktor yang akan menjamin keselamatan operator. Jadi, keputusan tentang ukuran ban merupakan keputusan yang sangat penting.

Meskipun ban sudah tepat, cara mengemudikan forklift juga sangat berpengaruh terhadap keselamatan operator dan pekerja lain. Perlu diketahui bahwa kendaraan forklift sebaiknya tidak digunakan untuk berputar cepat, menikung dalam kecepatan tinggi, atau berbagai kebiasaan mengemudi yang buruk lainnya. Selain untuk melindungi keselamatan, hal ini juga dilakukan untuk merawat ban supaya tidak cepat rusak.

 

Jadi, inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar ukuran ban forklift dan pertimbangan pemilihannya. Semoga bermanfaat!