Perkembangan teknologi sepertinya menyasar ke hampir semua aspek kehidupan termasuk di bidang industri yang memunculkan beragam produk teknologi untuk memudahkan aktivitas manusia. Salah satunya adalah kemunculan kendaraan alat berat yang berfungsi sebagai alat angkat terutama di kawasan pelabuhan ataupun depo peti kemas. Alat berat yang satu ini dikenal dengan sebutan reach stacker yang memiliki kemampuan menumpuk peti kemas ataupun kontainer hingga 6 susun secara vertikal. Kalmar sebagai salah satu pabrikan yang bergerak di bidang peralatan, otomatisasi, serta jasa ini juga ingin menawarkan salah satu produknya berupa Kalmar container reach stacker yang belum lama ini juga telah memasuki dunia industri Indonesia.

Mengapa harus menggunakan Kalmar Container?

Kehadiran Kalmar container reach stacker merupakan salah satu bentuk respon atas kebutuhan pasar yang terus mengalami peningkatan terkait alat berat yang digunakan sebagai alat angkat secara efektif dan efisien saat bongkar muat peti kemas atau kontainer baik di pelabuhan ataupun depo-depo peti kemas. Spesifikasi alat berat yang satu ini juga beragam tergantung ukuran serta jenisnya. Reach stacker dari Kalmar memiliki kemampuan untuk mengangkut beban hingga 45 ton. Selain itu, alat angkat ini juga bisa memudahkan proses penumpukan peti kemas hingga sehingga enam susun secara vertikal. Meskipun digunakan sebagai alat angkat peti kemas dengan beban angkut yang cukup besar, kendaraan ini juga didesain mampu bergerak lincah sebagaimana kendaraan penumpang dengan beban yang lebih ringan.

Kalmar sendiri merupakan pabrikan berbagai alat angkat dari Italia yang menyediakan beragam jenis alat angkat untuk pelayanan bongkar muat peti kemas atau kontainer. Salah satu jenis alat angkat yang ditawarkan adalah Kalmar container reach stacker sebagaimana yang dijelaskan di atas. Alat angkat ini merupakan kombinasi dari lift truck dan mobile crane yang dirancang khusus untuk menjalankan fungsi stacking serta unstacking di pelabuhan ataupun lapangan penumpukan. Fitur spreader yang ada di alat angkat ini juga bisa berputar hingga 360 derajat sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya.

Selain Kalmar container reach stacker, pabrikan alat angkat dari Italia tersebut sebenarnya juga mengembangkan jenis angkat lainnya. Salah satunya adalah Kalmar straddle carrier yang merupakan peralatan yang dipergunakan untuk mengangkut peti kemas atau kontainer dari berbagai lapangan penumpukan kontainer. Alat angkat yang demikian tentunya sangat cocok untuk digunakan pada penumpukan serta pembongkaran baik dari ataupun ke chassis. Pengembangan alat angkat yang satu ini diharapkan mampu bekerja secara optimal pada setiap operasi yang ada di pengangkutan dermaga hingga ke lapangan penumpukan kontainer.

Keberadaan Kalmar container reach stacker ini sangat membantu memudahkan penumpukan kontainer ataupun peti kemas baik di pelabuhan ataupun depo-depo peti kemas. Dengan menggunakan alat angkat reach stacker, ini bisa memenuhi kebutuhan untuk mengangkat sejumlah material serta barang-barang industri baik logistik, kehutanan, energi, ataupun lainnya dengan aman. Tentunya, alat angkat ini juga mendapatkan sejumlah pengembangan dan inovasi supaya bisa dioperasikan dengan lebih optimal seperti dengan adanya proses otomatisasi yang membuat kendaraan bisa menyesuaikan beban sehingga bisa menghemat penggunaan daya. Selain itu, dengan perputaran hingga 360 derajat tentu sangat memudahkan dalam proses operasi pengangkatan serta penumpukan beban.

Sebenarnya selain Kalmar container reach stacker, ada pula beberapa pabrikan lain yang mengeluarkan jenis kendaraan alat berat yang spesialisasinya di bidang alat angkat tersebut. Inilah mengapa para pelaku usaha di bidang penumpukan peti kemas bisa lebih selektif dalam memilih untuk menemukan kendaraan alat angkat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan serta kelancaran dalam proses operasionalnya.