Excavator atau bego merupakan jenis alat berat yang sering digunakan sebagai mesin pengeruk. Alat berat bego ini terdiri dari tongkat, batang, keranjang serta rumah-rumah dalam wahan putar serta dipakai sebagai penggalian. Untuk rumah-rumah pada alat berat ini diletakkan di atas kereta bawah yang juga dilengkapi dengan roda atau roda rantai. Bego ini biasanya menggunakan kabel winch serta tali besi untuk bergerak. Untuk bego kabel merupakan perkembangan alami dari penggaruk uap dan disebut juga dengan power shovel. 

Sedangkan bego hidrolik menggunakan cairan hidrolik, motor hidrolik dan silinder hidrolik untuk menggerakkannya. Karena pengaktifan secara linier dilakukan oleh silinder hidrolik maka mode operasi bego hidrolik berbeda dengan bego kabel. Meskipun memiliki jenis yang berbeda namun pada umumnya bego dipakai untuk memudahkan pekerjaan pemindahan material dari suatu tempat ke tempat lainnya. Tetapi selain itu alat berat bego juga memiliki fungsi yang lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan lainnya yang sifatnya bukan sebagai pekerjaan utama. Untuk menambah wawasan serta pemahaman Anda mengenai bego maka berikut ini akan dijelaskan fungsi bego yang perlu Anda ketahui.

Fungsi bego untuk kebutuhan konstruksi

1. Alat berat bego dipakai untuk menancapkan batang pondasi yang mungkin pekerjaan ini akan sulit dilakukan dengan tenaga manusia. Terlebih batang pondasi memiliki ukuran yang besar dan berat sehingga dengan menggunakan bego maka pekerjaan tersebut semakin mudah dan hemat waktu. 

2. Bego juga dipakai untuk menggali parit, pondasi bangunan serta menggali lubang. Dimana jika dikerjakan menggunakan tenaga manusia maka membutuhkan waktu yang lama serta tenaga yang lebih besar.

3. Alat berat bego bisa dipakai untuk pekerjaan kehutanan seperti menggali tanah atau pengolahan hutan yang ingin kembali ditanami.

4. Kebanyakan proyek konstruksi bangunan telah menggunakan bego sebagai alat untuk penanganan material terutama untuk memindahkan material. Jumlah material yang banyak dan berat memang membutuhkan tenaga yang besar sehingga dengan bego ini pekerjaan memindah material menjadi lebih praktis dan efektif.

5. Bego bisa mempermudah aktivitas pengerukan sungai yang sudah mulai dangkal. Biasanya sungai tersebut sudah terutup oleh pasir maupun sampah yang mengendap dan bila dibiarkan akan menimbulkan banjir. Untuk itulah pengerukan sungai bisa dilakukan secara cepat menggunakan bego.

6. Bego bisa digunakan untuk pertambangan terutama pada pertambangan pit terbuka. Seperti yang telah diketahui dalam industri tambang membutuhkan peralatan berat supaya pekerjaan semakin mudah dan cepat.

7. Untuk penghancuran bangunan akan lebih cepat dengan menggunakan bego karena alat berat ini memiliki kemampuan yang besar serta bisa mengangkut material bongkaran yang lebih berat.

8. Untuk proses perataan tanah bisa lebih mudah jika dilakukan dengan menggunakan bego sebab bego bisa membawa banyak material tanah yang akan diratakan sehingga pengerjaannya lebih cepat dan mudah.

9. Bego bisa digunakan dalam pengolahan tanah karena bisa membantu merobohkan pepohonan yang dianggap mengganggu pekerjaan sekaligus menyingkirkan pohon tersebut.

10 Alat berat Bego bisa digunakan sebagat alat pemancangan tiang pancang dengan ukuran yang tidak terlalu besar serta relatif pendek. Biasanya pekerjaan ini dilakukan untuk tiang pancang kayu dengan ukuran panjangnya sekitar 4 meter.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai fungsi alat berat bego yang bisa menambah wawasan Anda. Dengan memiliki banyak fungsi maka tak heran jika bego kini semakin banyak digunakan untuk berbagai jenis proyek terutama yang berkaitan dengan konstruksi bangunan. Tentunya dengan menggunakan bego akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan terutama lebih hemat waktu dan tenaga dibandingkan dikerjakan dengan tenaga manusia.0 0