Ban Loader

Ban loader merupakan ban yang digunakan pada kendaraan berat. Kendaraan semacam ini biasanya digunakan untuk mengumpulkan, menggeser, dan membawa bahan seperti pasir, kerikil, tanah, batu, aspal, dan puing-puing bangunan untuk dimasukkan ke dalam truk yang digunakan sebagai alat pemindah.

Kendaraan berat semacam ini dikenal juga dengan nama loader. Loader sendiri memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Karena fungsinya, ban yang digunakan tentu saja berbeda dengan ban pada kendaraan biasa. Agar loader berfungsi secara efektif, gunakan ban yang sesuai.

Ban untuk kendaraan berat seperti loader pun sebenarnya memiliki banyak jenis. Setiap jenisnya dibuat sesuai dengan kebutuhan atau fungsi yang diinginkan. Karena itulah sebelum menggunakan dan memanfaatkan loader untuk mempermudah pekerjaan, tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis ban untuk loader.

 

Beberapa Jenis Ban Loader dan Fungsinya

Nah, di bawah ini merupakan beberapa jenis ban pada kendaraan loader sekaligus fungsi dan kegunaannya.

 

  1. Ban Lug
    Ban jenis ini merupakan ban yang terbaik untuk digunakan pada medan yang keras dan bertekstur seperti batu beton. Ban lug dapat memberikan tarikan dan gesekan terbaik sehingga ketika digunakan kendaraan berat dapat bergerak dengan seimbang dan mampu membawa beban tanpa harus membutuhkan banyak tenaga,
    Tidak hanya itu, ban jenis ini juga memiliki kemampuan membersihkan diri sehingga ketika harus melalui medan yang berat dan berlumpur, ban tetap bisa memberikan performa terbaiknya. Lug juga dikenal sebagai ban tapak.

 

  1. Lug Industri
    Ban jenis lug industri merupakan ban multifungsi. Ban jenis ini dapat digunakan pada segala permukaan baik yang keras seperti beton ataupun lunak seperti tanah. Karena fleksibel, ban lug industri cocok untuk semua jenis loader. Terutama loader yang biasa digunakan untuk membuat jalan. Tekstur yang berkualitas serta daya tahan yang kuat merupakan kelebihan dari ban multifungsi ini.

 

  1. Turf Pattern
    Ban turf pattern merupakan salah satu ban untuk kendaraan berat seperti loader yang memiliki pola pada permukaannya. Pola tersebut bentuknya mirip seperti rumput. Karena memiliki pola yang unik, ban turf pattern bisa digunakan pada permukaan beton yang keras dan permukaan tanah yang sensitif seperti tanah berumput.
    Ban jenis ini memiliki gaya gesek yang lumayan tinggi dengan permukaan yang dilewati sehingga saat bergerak, ban memiliki tekanan yang sangat rendah. Selain itu, bagian bahu ban turf pattern termasuk lembut dan mampu bergerak dengan seimbang. Jadi ketika melewati permukaan yang berumput, kendaraan loader bisa meminimalisasi kerusakan pada rumput meskipun barang bawaannya cukup berat.

 

  1. Skid Skeeter
    Skid skeeter atau ban SKD merupakan salah satu jenis ban untuk loader yang memiliki tingkat lapisan tinggi. Ban ini merupakan perpaduan antara 50% gaya gesek dan 50% permukaan yang keras. Jadi bicara soal kualitas dan kemampuan, SKD merupakan salah satu yang terbaik.
    Sayangnya, ban SKD untuk loader hanya tersedia dalam ukuran kecil sehingga tidak semua kendaraan berat bisa memanfaatkan ban jenis ini. Selain permukaan, kelebihan lain ban SKD terletak pada kemampuannya untuk mengontrol rim sehingga ketika bergerak melewati medan apapun, ban tetap bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

 

  1. Ban Radial
    Ban jenis ini termasuk salah satu yang sering digunakan pada loader. Ban radial sendiri memiliki gaya gesek dan stabilitas yang baik. Kemampuan ini dipercaya mampu mengehemat bahan bakar sehingga cukup menguntungkan jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
    Meskipun harga bang radial cenderung lebih mahal, mengingat kemampuannya yang sebelumnya telah disebutkan, biaya yang dikeluarkan terasa sangat sepadan. Tidak hanya itu, pada kecepatan tinggi ban jenis ini mampu memberikan kontrol yang baik serta memiliki ketahanan panas yang cukup tinggi.

 

  1. Ban Bias
    Untuk loader yang memiliki beban berat dan intensitas kerja tinggi, ban bias merupakan pilihan tepat. Ban ini biasanya digunakan pada loader di area pertambangan yang berkerikil dan berlubang. Medan semacam ini memang cukup berpotensi merusak dinding ban.
    Ban bias memang termasuk jenis ban untuk loader yang mudah diperbaiki atau ditambal. Tidak heran jika untuk loader yang beroperasi di medan ekstrem, ban bias selalu digunakan.

 

  1. Ban Solid Loader
    Seperti bias ban solid loader juga sering digunakan pada area kerja yang ekstrem. Pola kembang pada ban ini diyakini mampu memudahkan material terlepas sendiri sehingga jika digunakan pada area berlumpur, ban ini mampu membersihkan dirinya sendiri. Kemampuan ini tentu saja cukup menguntungkan, karena material yang menyangkut di ban biasanya dapat mempengaruhi gaya gesek dan membatasi gerak loader.

 

Itulah beberapa jenis ban untuk loader beserta fungsinya. Jadi, mana yang terbaik menurut Anda? Untuk memaksimalkan usia penggunaan ban pada kendaraan berat ini, sebaiknya para pengguna memahami area kerja tempat loader tersebut akan digunakan nantinya dengan baik.

Karena setiap area memiliki karakteristik masing-masing yang tentunya juga membutuhkan ban dengan fungsi tertentu. Karena jika hal ini tidak diperhatikan, maka kerusakan pada ban atau bagian lain loader tidak bisa dihindari. Umumnya, sebuah ban bisa digunakan dan bertahan sekitar 2000 sampai 3000 jam pemakaian.

Jika ban sudah rusak sebelum waktu yang telah diperkirakan, mungkin ini saatnya untuk menggunakan jenis ban yang sesuai dengan area kerja, loader yang dimiliki, dan kebutuhan yang diinginkan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi saat memilih ban yang tepat untuk loader milik Anda.