Berbagai macam bentuk ataupun produk alat berat kini semakin banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Sampai detik ini setiap konstruksi pastinya memiliki proses dan perencanaan secara matang, oleh sebab itu jenis alat berat tire roller masih sering digunakan untuk menghadirkan berbagai macam manfaat utamanya. Biasanya jenis alat berat tertentu disesuaikan dengan tujuan serta fungsinya sehingga dapat bekerja maksimal.


Jenis alat berat tire roller ini memang menghadirkan ciri khas menarik hingga berbeda dengan jenis alat berat lainnya. Maka dari itu siapa saja yang tertarik ingin menggunakan tire roller ini sebaiknya cermati dahulu seperti apa fungsi serta kriteria sampai spesifikasinya.


Alat Berat Tire Roller

Pada umumnya jenis alat berat tore roller ini masih bisa digunakan untuk pekerjaan penggilasan bahan granular kemudian masih bisa digunakan untuk penggilasan lapisan hit mix. Maka dari itu banyak kalangan menyebutkan perangkat satu ini sebagai penggilas antara yang mana memberikan hasil lebih sempurna. 

Tidak hanya itu saja, untuk bagian roda penggilasnya juga terdiri dari roda dengan bahan dasar karet yang kemudian dipompa atau disebut penumatic. Untuk susunan roda bagian belakang dan depannya memperlihatkan keunikan menarik karena dibuat dengan sistem selang-seling sehingga bagian yang tak tergilas pada roda depan akan digilas langsung oleh roda bagian belakangnya. Oleh sebab itu kenapa jenis tire roller ini bisa dikatakan menarik dan efektif dalam proses penggilasan tanah karena memang memperlihatkan kemampuan roda lebih efektif.

Untuk sebuah perangkat berat tire roller ini masih dibagi menjadi beberapa konfigurasi terutama pada bagian rodanya. Kini jumlah roda pada alat berat ini mencapai 9 sampai 19 buah dengan komposisi pada 9 buah terbagi menjadi 4 roda depan kemudian 5 roda di bagian belakang. Sedangkan dari komposisi 11 buah roda terbagi menjadi 5 roda depan kemudian 6 roda belakang. Masih ada lagi komposisi roda mencapai 13 buah yang mana terbagi menjadi 6 roda depan kemudian 7 roda belakang. Sedangkan dari tekanan yang dihasilkan terhadap permukaan tanah masih bisa diatur dengan mengandalkan pengubahan di sektor tekanan ban.

Ternyata masih ada kriteria ataupun fungsi menarik yang mana sebuah perangkat berat tire roller ini mampu menghadirkan tekanan ban cukup besar dimana semakin besar tekanan ban maka tekanan yang terjadi pada bagian tanah akan semakin besar pula. Kemudian pada bagian sumbu roda bisa bergoyang ataupun bersifat fleksibel sehingga dapat mengikuti kontur permukaan tanah hingga akhirnya mampu memperbesar kneading action.

Mungkin masih banyak masyarakat belum terlalu memahami seperti apa karakter sampai spesifikasi sebuah perangkat berat tire roller ini, akan tetapi tekstur tanah menjadi faktor penting dalam menentukan jenis roda tire roller apa yang digunakan. Kita bisa melihat bahwa sifat dari tekanan ban yang semakin besar maka tekanan pada tanah akan semakin besar juga menjadi salah satu karakter alat berat yang wajib dipahami oleh setiap kalangan. Maka dari itu segala macam keunggulan dari tire roller ini diharapkan bisa memberi solusi terbaik kepada siapa saja termasuk kontraktor yang sekarang membutuhkan perangkat alat berat terbaik untuk mempercepat kerja mereka.

Dengan adanya tire roller tersebut diharapkan semua kebutuhan konstruksi dalam hal pengerasan jalan ataupun memadatkan permukaan tanah bisa dijalankan lebih efisien hingga akhirnya proses pembangunan dapat berjalan lebih cepat hingga menghadirkan kualitas terbaik.