Mencari forklift yang tepat untuk kebutuhan bisnis dan usaha anda memang membutuhkan pemahaman khusus yang berkesinambungan antara kebutuhan dan jenis mesin yang tersedia agar dapat menghasilkan produktifitas unggulan dan ongkos yang efektif. Dengan pemilihan selektif tersebut diharapkan anda bisa menyimpan sedikit uang dengan menekan ongkos belanja yang menyesuaikan fungsionalitas dan harga forklift dengan kebutuhan kerja. Hal ini dapat menghindarkan anda dalam membeli kendaraan forklift dengan fitur dan ukuran yang tidak sesuai yang dapat menjadi beban pengeluaran berlebih. 

Oleh karena itulah, Anda perlu memahami tipe forklift apa saja yang pada umumnya tersedia di pasaran, berapa harga forklift, dan seberapa efektif mesin untuk pekerjaan Anda. Untuk mempermudah anda memahami jenis dan fungsionalitas forklift agar tak salah pilih, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Fungsi dan macam-macam forklift yang harus dipahami

• Tipe Order Picker
Untuk penggunaan lingkungan kerja seperti gudang barang dan retail, jenis forklift order picker mampu memudahkan operator dalam meraih barang yang tersimpan di rak setinggi 8 hingga 11 kaki. Tipe ini sendiri sebagian besar digunakan hanya untuk kebutuhan indoor ataupun luar ruangan yang telah memiliki lantai dari paving semen yang halus.

Kapasitasnya sendiri memiliki rentang dari 180 kg hingga 320 kg, bahkan beberapa mesin sanggup membawa 1600 kg. Mengingat memang sengaja didesain hanya untuk muatan ringan dan penggunaan indoor, tipe order picker ditenagai dengan baterai dan seringkali sudah dipasangi dengan baterai yang dapat diisi ulang.

Untuk segi biaya, harga forklift dengan tipe order picker ini memiliki rentang dari 44 jutaan 145 jutaan. Bagi anda yang ingin memperoleh kualitas prima dan terpercaya, harganya jatuh di kisaran 72 jutaan lebih.

• Tipe Pallet Jack
Masih memiliki lingkup kerja yang sama dengan tipe pertama untuk kebutuhan gudang, tipe pallet jack ini memang sengaja ditujukan untuk mempermudah pemindahan pallet barang saat diturunkan dari truk atau memindahkan muatan dari yang berada di lantai ke lokasi atau tempat lain sehingga tak menyediakan kapabilitas untuk pemindahan secara vertikal.

Secara umum, ada dua jenis pallet jack yaitu elektrik dan manual. Keduanya mendukung muatan dengan beban 1360 kg hingga 1815 kg. Jenis manual merupakan tipe yang paling umum karena lebih mudah digunakan mengangkat dan juga lebih murah. Untuk ongkos pengadaan, harga forklift tipe ini biasanya berkisar antara 3,6 jutaan hingga 10 jutaan untuk model manual, sementara model elektrik dihargai sekitar 40 hingga 160 jutaan.

• Tipe Reach Truck
Tipe ketiga ini masih sama untuk penggunaan pemindah barang di gudang, hanya saja dilengkapi dengan kemampuan untuk menarik barang di rak penyimpanan dengan cara memasang garpu dan pengangkut yang dapat dipanjangkan. Truk forklif dengan single-reach dapat memanjang hingga jarak 1 pallet sementara forklift dengan double-reach mampu memanjang hingga dua jarak pallet atau peti kemas.

Tak seperti halnya tipe order picker yang menawarkan beban muatan minim, reach truck ini sanggup memindahkan pallet dengan kapasitas beban dari 1130 kg hingga 2500 kg. kaki penyangga bagian depan mampu mendukung beban muatan hingga lebih dari 30 kaki. Harga forklift baru untuk tipe ini mulai dari 270 jutaan hingga 430 jutaan. Sementara yang bekas mulai dari 21 jutaan hingga 116 jutaan.

• Tipe sit-down counterbalance
Dari sekian tipe di atas, tipe inilah yang paling umum digunakan karena menyediakan kapasitas muatan tinggi baik dari segi ketinggian ataupun berat muatan. Karena alasan inilah banyak gudang penyimpanan hingga kebutuhan konstruksi menggunakannya.

Dengan desain yang telah dipasangi beban pada kendaraan truk forklift ini, beban bodi belakang akan menjadi penyeimbang muatan berkapasitas tinggi yang dibawa pada bagian depan. Untuk muatannya sendiri sanggup membawa 1360 kg hingga 3630 kg. Kebanyakan model forklift tipe ini mampu mengangkat beban hingga ketinggian 10 sampai 15 kaki. Harga forklift baru dengan model elektrik berada di angka 360 jutaan, sedang untuk model IC berada di 720 jutaan.