Melepas Velg Loader

Velg loader merupakan salah satu bagian penting pada sebuah alat berat. Bagian ini digunakan sebagai tempat meletakkan ban sebagaimana jenis kendaraan lainnya. Karena dipasang pada alat berat, bentuk dan struktur velg pada loader tentu saja berbeda,

Bahkan dengan bentuk velg pada kendaraan besar lainnya seperti truk pun berbeda. Inilah mengapa ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan dalam hal pemasangan, perawatan, hingga bagaimana cara melepas velg dari ban saat akan melakukan penggantian.

 

Bagian-bagian Velg Loader

Velg pada loader sendiri memiliki beberapa bagian yaitu:

 

  1. Ring Lock
    Dikenal pula sebagai cincin pengunci, bagian ini berfungsi untuk memudahkan proses pemasangan dan pelepasan ban. Dengan adanya ring lock, posisi velg juga akan stabil sehingga secara menyeluruh mampu menopang beban berat. Inilah mengapa, ring lock sering sekali ditemukan pada velg roda kendaraan-kendaraan besar seperti loader.

 

  1. Flange Side
    Flange merupakan sambungan baut yang menghubungkan dua buah komponen. Pada velg roda loader, flange berfungsi sebagai penghubung sekaligus penguat bagian wheelbase dan ring lock. Karena terdapat flange side, proses pemasangan atau pelepasan velg pada loader biasanya cenderung lebih sulit dibanding pada velg kendaraan biasa.

 

  1. Wheelbase
    Merupakan bagian inti dari sebuah velg pada kendaraan besar seperti loader. Pada dasarnya, wheelbase merupakan jarak sumbu roda yang menghubungkan pusat roda bagian depan dan belakang. Semakin panjang wheelbase aktivitas mengemudi konon akan semakin nyeman. Karena panjang tidaknya bagian ini menentukan keseimbangan gaya pada roda saat digerakkan.

 

Karena memiliki beberapa komponen yang sama pentingnya, untuk melakukan penggantian velg pada sebuah ban loader diperlukan teknik tertentu. Prosesnya pun membutuhkan cukup banyak waktu. Apalagi jika bagian velg belum pernah dilepas sejak awal pembelian.

 

Tips Melepas Velg Loader yang Lama Tak Dibongkar

Jika ini yang dihadapi, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu proses pelepasan velg pada kendaraan besar seperti loader lebih mudah. Berikut ulasannya!

 

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Untuk melepas velg pada loader, kita membutuhkan beberapa alat untuk membantu yaitu mesin las dan siku berukuran 7 cm dengan minimal ketebalan sekitar 4 mm. Jika tidak menemukan siku, Anda bisa menggunakan plat besi berbentuk apapun asal ketebalannya minimal 4 mm.

 

2. Membuat tiang

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tiang dengan ketinggian melebihi ban. Fungsi tiang ini adalah untuk menggantung ban, agar proses pelepasan velg pada loader lebih mudah tanpa harus menimbulkan kerusakan.

Ujung tiang yang berbentuk siku tersebut kalau bisa dibuat runcing dengan kedua sudut yang lebih panjang sehingga bentuknya mirip segitiga. Tiang ini nantinya harus pas dengan diameter ban agar saat ban loader ditekan, velg-nya tidak goyang atau meleset.

 

3. Gunakan bucket loader untuk menekan sisi ban

Setelah velg berada pada posisi yang diinginkan, Anda bisa menggunakan bucket loader untuk menekan sisi ban. Agar posisi loader seimbang, gunakan balok atau benda apapun untuk mengganjal bagian loader yang tidak memiliki roda. Setelah itu, lakukan penekanan secara bergantian menggunakan bucket.

Agar flange side pada velg kendaraan berat seperti loader terlepas dengan mudah, sambil menekan ban, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memutar ban. Cukup mudah bukan?

Jika cara yang telah disebutkan di atas masih terlalu susah, Anda bisa memanfaatkan mesin las yang sudah disiapkan. Untuk menggunakan mesin las, posisi ban diusahakan menggantung. Gunakan kaki-kaki atau siku yang memiliki tinggi melebihi ban agar posisinya bisa menggantung.

Setelah itu, ukur diameter flange side dan las sebuah kanal secara menyilang lalu las kembali dengan kaki-kaki atau siku yang tadi disiapkan. Agar velg terlepas, gunakan kaki kita untuk menahan roda lalu tekan siku atau kaki-kaki yang sudah dilas dengan kanal dan diputar searah seperti saat melepas velg memanfaatkan bucket loader pada cara pertama.

Biasanya setelah itu velg pada loader akan terlepas dengan mudah, terutama bagian flange side-nya sehingga kita bisa mengganti ban tanpa merusak bagian apapun. Cara ini bisa dilakukan sendiri atau menyerahkannya pada ahli yang lebih profesional dan mengetahui seluk beluk loader termasuk velg.

Agar di kemudian hari proses bisa dilepas dengan mudah tanpa membutuhkan banyak alat atau teknik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Menghindari tabrakan
    Tabrakan terutama pada bagian velg biasanya malah dapat membuat bagian ini lebih sulit untuk dilepaskan. Karena terdapat bagian yang penyok dan menekan bagian lain yang mungkin dapat menghambat proses pelepasan. Karena itulah agar di masa mendatang velg pada loader mudah dilepas, sebisa mungkin hindari tabrakan.
  • Optimalkan tekanan angin pada ban
    Optimal tidaknya angin pada ban ternyata berpengaruh pada mudah tidaknya proses pelepasan velg. Agar velg mudah dilepas, usahakan angin pada ban loader senantiasa optimal. Periksa tekanan angin setiap sebelum digunakan. Karena medan yang dilalui loader biasanya sulit, tidak optimalnya angin pada ban biasanya dapat membuat velg mudah bengkok. Jika bengkok, tentu saja velg akan lebih sulit untuk dilepaskan.
  • Hindari membawa beban yang terlalu berat
    Sekalipun fungsinya untuk membawa dan melakukan pekerjaan berat, usahakan untuk menggunakan loader sesuai batas kapsitas dan kemampuannya. Karena jika dipaksakan, bagian velg-nya akan terdampak dan mengalami kebengkokan sehingga ketika akan melakukan penggantian ban kita akan mengalami kesulitan.

 

Nah, itulah beberapa tips melepas velg pada ban loader yang lama tidak dibongkar. Semoga bermanfaat.