Ban Loader Alat Berat

Ban loader merupakan salah satu bagian vital pada sebuah kendaraan berat. Loader sendiri merupakan sebuah kendaraan yang fungsinya adalah untuk membawa, memindah, dan mengangkut aneka material (terutama yang berat). Karena itulah, setiap komponen pada kendaraan berat ini diharapkan mampu menahan beban kerja dan berfungsi secara maksimal.

Loader sendiri memiliki beberapa jenis dengan fungsinya masing-masing. Agar alat berat ini bisa mendatangkan keuntungan dan menjadi salah satu bentuk investasi yang tepat, loader harus senantiasa dalam kondisi yang optimal. Nah, memilih komponen untuk loader merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa benda ini mampu bekerja secara efektis.

Salah satu komponen pada loader yang harus dipilih dengan cermat adalah ban. Ban untuk kendaraan ini memang hadir dalam berbagai jenis dan bentuk. Setiap jenisnya memiliki keunggulan dan fungsi masing-masing. Agar saat memilih Anda tidak melakukan kesalahan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Langkah ini merupakan salah satu bentuk usaha yang kita lakukan, agar investasi dalam bentuk loader dapat menghasilkan profit yang menguntungkan. Lalu, apa saja tips yang bisa kita manfaatkan saat memilih ban untuk kendaraan berat seperti loader. Berikut ulasannya!

 

1. Memilih ban berdasarkan jenisnya

Sama seperti kendaraan lain, ban untuk loader juga hadir dalam berbagai jenis sesuai dengan kualitas dan kebutuhan yang diinginkan. Agar kendaraan bisa menghasilkan fungsi yang optimal, pilihlah jenis ban yang sesuai. Secara umum, ada beberapa jenis ban untuk loader yang beredar di masyarakat, yaitu:

  • Ban Lug
    Ban jenis ini cocok untuk medan yang membutuhkan gaya gesek tinggi. Ban ini biasanya digunakan pada medan berstekstur yang keras seperti beton, atau permukaan sensitif seperti tanah berumput. Karena tekanan dan gaya geseknya cukup tinggi, ban dari jenis ini biasanya lebih cepat menipis.
  • Ban Berpola
    Sama seperti jenis lug, ban ini juga cocok digunakan pada permukaan beton yang keras dan tanah berumput yang lunak, Bedanya, ban berpola memiliki jumlah tapak yang lumayan banyak sehingga gaya gesek serta tekanan yang dihasilkan cukup rendah. Selain itu ban ini memiliki bagian halus di pinggirnya. Pola halus ini berfungsi untuk meratakan beban sehingga ketika harus melewati permukaan berumput, kerusakan pada rumput bisa diminimalisasi.
  • Ban Skid Steer Tread
    Ban jenis ini sangat cocok untuk pekerjaan berat karena memiliki pelindung velg dan lapisan benang yang tebal. Ban skid steer tread memiliki aplikasi 50% gaya gesek dan 50% permukaan yang keras. Umumnya, ban ini hanya hadir dalam ukuran kecil, sehingga secara teknis, skid steer tread hanya bisa digunakan untuk loader jenis compact wheel.

 

2. Memilih ban sesuai dengan penggunaan

Untuk mengetahui apakah sebuah ban tepat untuk kendaraan berat atau loader yang dimiliki, pastikan Anda mengetahui setiap fungsi dari ban dan kemampuan yang dihasilkan. Selain itu, pengemudi loader juga harus tahu bagaimana caranya untuk menjaga agar ban senantiasa tahan lama.

Paduan antara pemilihan yang tepat dan penggunaan yang sesuai akan memberikan manfaat cukup besar. Mengingat pembelian loader sendiri merupakan investasi yang diharapkan dapat menghasilkan profit tinggi. Jadi sebelum memilih ban, pikirkan secara matang untuk apakah loader yang sedang dimiliki saat ini.

Jika loader yang dimiliki digunakan pada medan berat, pilihlan ban dengan kemampuan traksi yang baik dan memiliki tekanan rendah. Jika sebaliknya, Anda bisa memilih ban dengan traksi rendah tetapi memiliki tekanan yang tinggi agar setiap pekerjaan yang dilakukan memiliki hasil optimal.

 

3. Memilih ban baru

Sebuah toko spare part loader biasanya memiliki stock barang-barang yang mereka simpan selama beberapa bulan. Termasuk di dalamnya ban dan komponen terkait lainnya. Idealnya, barang-barang tersebut disimpan pada sebuah tempat yang sejuk, terang, senantiasa bersih, serta jauh dari minyak atau mesin listrik yang aktif, agar tetap bisa dimanfaatkan.

Nah, saat membeli ban untuk loader, usahakan toko yang dituju memiliki stok barang yang disimpan dengan baik. Meskipun ban tersebut mungkin tersimpan lama di gudang, tetapi jika penyimpanannya sesuai standar, Anda tidak perlu ragu dengan kualitas yang ditawarkan.

Ban yang disimpan dengan baik, meskipun tidak baru, biasanya lebih tahan lama dibanding ban yang disimpan secara asal-asalan, Jadi untuk menghindari kerugian, pastikan Anda memilih barang baru atau yang kualitasnya baik saat membeli ban untuk loader.

 

Pada dasarnya pemilihan ban mempertimbangkan tiga hal, yaitu gaya gesek, kekuatan, dan fungsinya. Karena itulah saat memilih ban, pastikan barang yang dipilih memiliki kemampuan sebagaimana yang dibutuhkan. Selain yang telah disebutkan di atas, ada faktor lain yang mempengaruhi awet tidaknya sebuah ban untuk loader.

Salah satunya adalah kemampuan operator saat mengoperasikan kendaraan berat. Operator yang berpengalaman pasti akan menggunakan teknik mengemudi yang sesuai seperti, tidak berputar terlalu cepat, atau tidak menikung dengan kecepatan tinggi, atau tidak dengan sengaja memutar ban pada medan yang berkerikil.

Sebab operator tahu, semua tindakan tersebut akan memengaruhi umur ban. Operator yang berpengalaman juga tahu, bahwa dalam periode tertentu pengecekan tekanan angin pada ban harus dilakukan secara rutin. Karena hal ini juga memiliki pengaruh terhadap daya tahan suatu ban.

Jadi, sudah tahu apa saja yang harus dilakukan dalam memilih ban yang tepat untuk kendaraan berat seperti loader? Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bermanfaat.