Banyak yang kurang memahami pentingnya menggunakan ban truk yang tepat dan berkualitas bagus. Hal ini bukan hanya untuk kenyamanan saat berkendara tetapi juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Usia ban kendaraan terpengaruh oleh banyak faktor mulai dari kondisi jalanan, cara mengemudikan kendaraan, kondisi cuaca, dan lainnya. saat ban kendaraan menunjukkan tanda mulai aus, tak ada salahnya memikirkan untuk membeli ban yang baru. Tentunya, beli ban baru juga tak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ban supaya tidak kecewa setelah belanja. Selain itu, dengan selektif dalam memilih ban maka ini juga akan membantu menemukan ban mana yang benar-benar sesuai dengan kendaraan serta cara mengemudikan kendaraannya.

Baca Juga: Tips Memilih Ban Truk

Sebelum memilih ban truk yang baru, pastikan memahami bahwa ban truk biasanya memiliki ukuran yang lebih besar serta dinamis dibandingkan kendaraan lainnya. jenis truk pun beragam yang mana hal ini akan penting untuk diperhatikan dalam memilih ban nantinya. Secara umum, ada dua jenis ban yang digunakan untuk truk yaitu all season truck dan all terrain. Untuk jenis all season truck memiliki tepian membulat yang dirancang untuk segala macam kondisi, terutama untuk on road driving. Sedangkan untuk jenis all terrain biasanya dirancang untuk jenis off road ringan dengan adanya tambahan traksi untuk jalanan yang bersalju ataupun jalanan tidak rata.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih ban truk yang tepat dan berkualitas untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Faktor yang perlu diperhatikan pada ban truk

1. Utamakan keselamatan
Hal pertama dan yang penting untuk diperhatikan saat memilih ban adalah utamakan keselamatan dan keamanan. Carilah ban yang saat dipakai saat handling, pengereman, ataupun hydroplaning memiliki kualitas yang baik. Bagaimana keselamatan menjadi hal utama untuk diperhatikan ketika berkendara.

2. Baca petunjuk yang ada
Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Pastikan produk ban truk yang kamu pilih memiliki jaminan yang diberikan oleh pihak produsen seperti adanya jaminan penggantian kerugian bila ban mengalami kerusakan ataupun masalah dalam jarak tempuh sesuai yang ditetapkan. Biasanya semakin jauh jarak tempuh pad aban maka nilai penggantian untuk produk ban tersebut juga semakin kecil. selain itu, jaminan produsen terhadap produk ban biasanya juga hanya mencakup kerusakan yang disebabkan penggunaan reguler dan bukan sebab kerusakan jalan ataupun bahaya jalanan. Inilah mengapa penting untuk membaca secara detail tentang petunjuk yang ditetapkan oleh pihak produsen.

3. Kenali ukuran ban
Tentunya, ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ingin beli ban truk baru. Pastikan untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh perusahaan kendaraan. Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban bisa dilakukan pengecekan pada bagian plakat yang ada di laci kendaraan, penutup bahan bakar, ataupun buku panduan pemilik. Memilih ban yang sesuai dengan tipe dan ukuran yang direkomendasikan pabrikan kendaraan tentu akan jauh lebih aman.

4. Dapatkan harga terbaik
Bila spesifikasi ban yang dibutuhkan telah sesuai, maka yang tak boleh ketinggalan adalah memperhatikan bagaimana harga ban tersebut. Masing-masing supplier ban biasanya akan menawarkan harga yang beragam. Ketika merasa produk ban yang ditawarkan memiliki harga yang cukup tinggi, melakukan perbandingan dengan beberapa penyedia produk ban truk lainnya tentu bisa jadi solusi. Pastikan pula bahwa harga yang tercantum apakah sudah termasuk balancing, mounting, serta katup baru. Lebih jeli dan teliti saat belanja tentu akan lebih menguntungkan mengingat harga ban juga tidak murah.