Truk menjadi kendaraan yang sangat familiar dan sudah biasa dilihat di berbagai daerah. Truk tidak hanya digunakan di perkotaan atau pedesaan saja karena banyak sekali jenisnya sehingga menjadi kendaraan angkut favorite karena bisa menampung kapasitas muatan dalam jumlah yang cukup besar. Ukuran truk sendiri juga berbeda dan diikuti dengan ukuran ban truk yang berbeda pula. Jangan pernah memaksakan usia sebuah ban kendaraan apalagi untuk kendaraan angkut seperti truk karena akan berdampak pada semua proses kerja. Mungkin terkesan hemat namun jika truk mengalami pecah ban karena ukuran ban yang salah, kondisi yang sudah rusak atau tipis maka pekerjaan yang harusnya bisa selesai justru semakin tertunda lama. 

Baca Juga: Tips Memilih Ban Truk yang Tepat dan Berkualitas

Panjang atau pendek usia sebuah ban truk dipengaruhi oleh banyak factor seperti misalnya kondisi jalanan yang mereka lewati, cara sopir mengemudikan truk hingga kondisi cuaca di tempat medan apakah ekstrim ataukah tidak. Dan hal itu sangat berpengaruh dengan performa truk juga. Jangan sampai memaksakan kondisi ban yang sudah tipis bahkan benang atau kawat sudah sampai kelihatan tetap untuk bekerja seperti biasa. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan disaat memutuskan akan membeli ban untuk truk Anda seperti membeli dan memilih ban demi keselamatan. Tidak ada hal yang lebih penting dibandingkan dengan keselamatan Anda sebagai manusia. Jika terjadi sesuatu dijalan seperti kecelakaan maka nyawa adalah taruhannya. Ingat bahwa fungsi ban adalah vital dan sangat penting. 

Kemudian berikutnya adalah Anda harus memahami dan membaca semua petunjuk mengenai jenis ban truk yang sesuai dengan kendaraan Anda. Biasanya pabrik ban memberikan garansi untuk pembeli berupa ganti rugi jika ban rusak atau mengalami gangguan dengan jarak tempuh yang ditetapkan. Jika jarak tempuh yang sudah dicapai ban tersebut sudah jauh maka nilai pengganti juga akan semakin kecil. Biasanya yang diberikan hanya kerusakan yang disebabkan karena hal umum atau regular dan tidak disebabkan karena hal seperti bahaya dijalanan atau lubang. 

Selain itu Anda juga harus benar-benar mengenal ukuran ban yang akan Anda beli beserta type nya. Ada banyak sekali ukuran yang direkomendasikan oleh pabrik sesuai dengan truk yang Anda miliki. Cek terlebih dahulu di bagian plakat yang sudah dipasang di laci truk atau di doorjamb, di buku panduan atau di penutup tangki bahan bakar. Jangan lupa hunting untuk harga terbaik. Harga terbaik bukan harga yang paling mahal tetapi yang memang sesuai dengan kualitas yang Anda harapkan untuk ban truk yang akan Anda beli tersebut. Jika memang ingin ban yang berkualitas maka membeli dengan harga lebih tinggi sedikit tidaklah jadi soal karena ada pepatah bahwa ada harga ada kualitas dan itu benar.Teliti Sebelum Membeli Agar Tidak Salah Memilih
Surveilah merk ban khusus truk yang sesuai dengan type pekerjaan yang dilakukan oleh truk Anda. Apakah hanya untuk di jalan aspal biasa, ataukah masuk ke area tambang atau area perkebunan yang jalannya sangat terjal berbatu. Antisipasi juga untuk saat memilih ban truk cadangan harus dengan kualitas yang sama sehingga jika terjadi pecah ban atau hal lainnya tidak lantas membuat Anda panic apalagi jika kondisi pecah ban sedang di dalam hutan atau areal yang sulit dijangkau oleh orang lain. Jika memang sudah waktunya ganti maka mau tidak mau harus membeli yang baru jangan menggunakan ban tipis atau membeli ban vulkanisir yang dijual murah namun resikonya sangat membahayakan keselamatan.