Menjadi petani yang sukses tidaklah. Memang, keberhasilan panen sangat bergantung oleh musim atau cuaca. Namun, pengetahuan akan pertanian pun wajib dimiliki. Salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah mengetahui cara merawat traktor quick. Alat ini adalah alat yang wajib dimiliki oleh para petani. Sebab, dengan traktor ini, sawah bisa menjadi jauh lebih gembur dari sebelumnya. Jika lahan pertanian subur, ini akan memberikan dampak yang baik untuk hasil panen para petani. Sayangnya, tak semua petani memperhatikan tentang kondisi tractor quick yang dimiliki. Padahal, jika traktor yang dimiliki bermasalah, maka sawah pun akan terbengkalai. Di bawah ini ada beberapa tips bagaimana cara merawat traktor yang baik. Simak baik-baik.

Cara merawat traktor agar tidak cepat rusak

1. Lakukan Pengecekan Berkala
Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik traktor quick adalah mengecek secara rutin sebelum Anda menggunakan traktor. Dengan adanya pengecekan ini, Anda akan mengurangi kemungkinan terburuk yaitu macet atau tidak berfungsinya saat digunakan. Bisa dibayangkan jika mesin traktor tiba-tiba mati saat digunakan. Alhasil, pekerjaan Anda akan terhambat.

Sebaiknya sebelum menggunakan traktor, Anda harus memeriksa kekencangan baut-bautnya dan kondisi minyak pelumas pada traktor tersebut. Selain kedua bagian tersebut, kelengkapan-kelengkapan lainnya pun harus diperiksa. 

2. Menambah Bahan Bakar Traktor
Tak hanya diwajibkan untuk memeriksa traktor, Anda sebagai pemilik pun disarankan untuk menambah bahan bakar maupun air yang dibutuhkan oleh traktor quick. Sama seperti kendaraan, traktor membutuhkan bahan bakar yang mencukupi. Jika bahan bakar habis, maka otomatis traktor macet dan tak bisa digunakan. Hal ini tentu akan membuat kondisi traktor cepat rusak jika berkali-kali macet karena kehabisan bahan bakar. 

Cara terbaik untuk memiliki traktor yang awet adalah dengan menambah oli hingga batas maksimal yang diperlukan. Anda juga perlu menambahkan air radiator apabila diperlukan. Selain menambah oli dan air, Anda pun harus mengurangi tekanan gas dalam ban jika memang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan ban yang terlalu keras akan membuat traktor tidak nyaman saat digunakan. Untuk itu, periksa pula kondisi tekanan ban apakah sudah pas atau belum.

3. Pembersihan Rutin
Langkah yang penting dan tak boleh dilewatkan adalah melakukan pembersihan rutin pada seluruh bagian traktor quick. Jika kondisi traktor kotor, Maka kotoran akan membuat performa traktor kurang maksimal. Sebagai contoh, jika tiba-tiba keluar asap hitam mengepul, bisa jadi bagian saringan udara traktor kotor. Mau tak mau jalan keluarnya adalah dengan membersihkannya. Maka dari itu, traktor perlu dibersihkan secara berkala agar performanya tetap baik dan tak mudah rusak.

Ketika membersihkan traktor, Anda mungkin akan melakukan pembongkaran beberapa pada beberapa bagian traktor. Saat melakukannya, berhati-hatilah. Sebab, jika antara baut satu dengan baut lainnya mengalami pergesekan, bisa-bisa mesin Anda akan sedikit cacat dan mempengaruhi keawetan traktor quick. Maka dari itu, bersihkan secara hati-hati.

Selain langkah-langkah di atas, Anda pun harus sedikit jeli dalam membuka atau menutup bagian traktor. Salah satu kasus yang sering terjadi adalah air aki yang ceat habis. Ini tentu sedikit mengesalkan karena Anda harus segera mengisinya jika ingin segera memakainya. Jalan keluarnya adalah dengan menutup tutup baterai dengan benar dan pastikan tutup tersebut tidak kendor. Kencangkan hingga aki tersimpan dengan baik.

Jadi, itulah informasi mengenai cara merawat traktor quick yang harus Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.