Velg Loader

Velg Loader pada kendaraan berat kelihatannya merupakan bagian yang sepele. Padahal jika dilihat dari pola kerjanya, velg ternyata memiliki peran yang sangat penting, Terutama dalam hal produktivitas kerja suatu alat berat. Ada tidaknya velg berpengaruh pada kemampuan sebuah loader untuk memindah atau mengangkut material dalam jumlah yang besar.

Pada dasarnya, velg termasuk salah satu bagian yang memiliki daya tahan serta masa pakai lumayan panjang. Meskipun begitu, velg tetap membutuhkan perawatan agar kinerjanya tetap maksimal. Karena bagaimanapun, velg pada loader terbuat dari material yang belum tentu cocok atau awet digunakan dalam kondisi apapun.

 

5 Tips Merawat Velg Loader Agar Tahan Lama

Nah, agar velg yang dimiliki tetap tahan lama, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut beberapa kebiasaan yang harus dilakukan agar velg pada loader tetap memberikan hasil yang maksimal, yaitu:

 

1. Dibersihkan secara rutin

Sama seperti bagian loader lainnya, velg juga membutuhkan pembersihan secara rutin. Apalagi velg merupakan salah satu bagian yang berinteraksi langsung dengan area kerja. Jadi jika medan pekerjaan loader berlumpur, berkerikil, atau basah, velg adalah salah satu yang terdampak dan paling kotor.

Untuk membersihkan velg, gunakan air bersih tanpa atau dengan campuran sabun khusus logam. Pembersihan berkala ini bisa Anda lakukan sendiri atau menggunakan jasa pencucian kendaraan berat. Saat membersihkan, usahakan agar setiap sudut dan bagian terjangkau.

Karena jika tidak, pada bagian yang kurang bersih akan muncul karat. Hal ini tentu saja dapat mengurangi umur dan masa pakai velg. Jadi sebaiknya, lakukan pembersihan bagian velg secara berkala agar tetap tahan lama serta bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

 

2. Beri pelumas secara berkala

Sebagai salah satu bagian dari loder, velg termasuk yang selalu melakukan pergerakan secara intens ketika mesin sedang bekerja. Karena senantiasa bergerak, kemunculan karat atau kurang maksimalnya kinerja bisa terjadi sewaktu-waktu. Agar pekerjaan tidak terhambat, usahakan untuk melakukan pemberian lumas secara berkala pada velg.

Pemberian pelumas ini bisa Anda lakukan sendiri atau menyerahkannya pada profesional. Karena jika tidak, velg yang digunakan terus menerus lama-lama mengalamu aus. Hal ini tentu saja dapat menghambat pekerjaan. Jadi jika ingin umur velg panjang, pemberian pelumas secara rutin tidak boleh diabaikan.

 

3. Lakukan pemeriksaan ban secara rutin

Ban dan velg adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisah. Karena itulah agar velg tahan lama, penting bagi kita untuk memeriksa ban loader secara rutin. Saat memeriksa, ceklah tekanan angin pada ban. Ban yang memiliki tekanan kurang dari standar biasanya akan menghasilkan beban berlebih pada velg.

Mau tidak mau, velg harus menjalankan fungsinya yaitu menggerakkan loader meskipun bannya kurang optimal. Akibatnya, velg akan mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Ini tentu saja dapat membuat umur velg semakin singkat. Jadi jika ingin memiliki velg yang tahan lama, jangan lupa untuk senantiasa melakukan pengecekan pada ban.

 

4. Waspadai batas penggunaan

Seperti halnya makanan, setiap bagian pada kendaraan juga memiliki batas penggunaan yang menunjukkan seberapa lama daya tahan dan penggunaan yang direkomendasikan dalam kondisi normal. Jadi saat membeli velg, pastikan dulu batas penggunaannya.

Biasanya selain batas penggunaan pemakaian normal pembeli juga harus tahu standar penggunaan suatu spare part pada kondisi tertentu. Misalnya, apakah velg tahan terhadap kondisi cuaca panas, dingin, bersalju, hingga berhujan yang ekstrem.

Pengetahuan ini sangat penting demi menghindarkan kita dari potensi berbahaya yang timbul akibat kerusakan pada velg, dan memperpanjang umur velg yang digunakan. Sebab kita sudah tahu, seberapa besar daya tahan velg yang dipakai dan harus digunakan pada kondisi cuaca yang bagaimana.

 

5. Hindari kecelakaan dan tabrakan

Meskipun sebuah velg terlihat kokoh dan kuat, tetapi benda tersebut masih terbuat dari besi atau baja yang mudah bengkok ketika mengalami benturan. Benturan sekilas memang tidak berbahaya, tetapi ketika digunakan, hal tersebut bisa memengaruhi kinerja velg sehingga alat berat atau loader yang digunakan tidak berfungsi maksimal.

Agar hal semacam ini tidak terjadi, awasi penggunaan loader dan hindari kecelakaan atau tabrakan yang akan mengakibatkan penyok pada velg. Sikap berhati-hati ini tidak hanya dapat menghemat penggunaan velg tetapi juga membuat umur salah satu spare part pada loader  tersebut tahan lama.

Jika velg terbentur karena satu atau lain hal, segera lakukan  penggantian velg agar pekerjaan yang dilakukan bisa senantiasa memiliki hasil yang optimal.

 

Harga velg dan spare part untuk kendaraan berat seperti loader memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Karena benda-benda tersebut memiliki kualitas di atas spare part kendaraan biasa. Untuk menjaga agar biaya yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia, rawatlah setiap komponen pada loader dengan baik.

Sebab bagi sebagian orang, biaya besar yang dikeluarkan merupakan salah satu bentuk investasi. Tentu saja sebagaimana halnya investasi lain, diharapkan pula profit yang lebih besar untuk menutup biaya yang digunakan saat pembelian. Melakukan perawatan pada velg dengan memperhatikan beberapa tips di atas merupakan salah satu bentuk komitmen kita untuk menjaga setiap komponen loader agar tahan lama.

Hal tersebut juga dapat menunjang kinerja loader secara maksimal sehingga lama penggunaan setiap komponennya, terutama velg, bisa lebih optimal. Nah, itulah beberapa tips dan ulasan tentang betapa pentingnya merawat setiap bagian pada loader termasuk velg dengan baik.

Semoga informasi di atas bermanfaat.