Site icon Indo Autozone

Daftar Harga dan Ukuran Ban Grader Terbaru 2020

Salah satu kendaraan alat berat yang sering digunakan saat konstruksi jalan adalah grader. Dikenal juga sebagai motor grader, alat berat ini memiliki fungsi menghaluskan dan meratakan area konstruksi. Misalnya, jalan, beton, maupun permukaan keras lain. Langkah tersebut penting dilakukan sebelum aspal melapisi permukaan tersebut. 

Grader butuh ban yang mampu bergerak stabil sekaligus memiliki traksi tinggi. Ini penting supaya mesin mempunyai tenaga dorong maksimal. Plus, ban harus mampu mengurangi risiko terjadinya slip ketika proses gradasi di tanah lunak atau berlumpur tengah berlangsung.

Indo Autozone merupakan perusahaan distributor Ban Grader di Jakarta. Hubungi: 0877 8805 5651.

Daftar Harga Ban Grader 2020

Berikut daftar harga serta jenis dan ukuran Ban Grader yang dimiliki Indo Autozone. Jika berniat membeli ban untuk grader Anda, berikut daftar lengkap harga eceran tertinggi (belum termasuk diskon) dalam rupiah.

Jenis dan UkuranHarga
Ban Luar Grader BKT 10.00-20/16PRRp 5.500.000
Ban Luar Grader BKT 11.00-20/16PRRp 6.000.000 
Ban Luar Grader Gajah Tunggal 13.00-24/12PRRp 5.323.500 
Ban Luar Grader Gajah Tunggal 14.00-24/12PRRp 6.095.000 
Ban Luar Grader Gajah Tunggal 15.5-25/12PRRp 7.150.000
Ban Luar Grader Gajah Tunggal 17.5-25/12PRRp 8.075.000 
Ban Luar Grader Gajah Tunggal 17.5-25/16PRRp 9.358.000
Ban Luar Grader Amour 13.00-24/16PR (Incl Dalam & Selendang)Rp 4.750.000 
Ban Luar Grader Amour 14.00-24/16PR (Incl Dalam & Selendang)Rp 6.000.000

Mau Diskon Khusus Ban Grader?

Harga ban di atas belum termasuk diskon khusus dari Indo Autozone. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan diskon dan informasi produk terbaru kami. Juga tersedia ukuran ban grader lainnya (selain yang disebutkan di atas) dengan berbagai macam merk.

Macam-macam Ban Grader

Ban bias jadi andalan grader untuk bergerak dan melakukan berbagai pekerjaan berat. Berbeda dengan ban radial, ban jenis ini memiliki beberapa lapisan karet yang saling bertumpuk. Lapisan tersebut membentuk lapisan tebal yang kurang fleksibel, tetapi lebih sensitif terhadap overheating. 

Lapisan tali karet Ban Grader umumnya tampil dalam pola garis-garis diagonal terhadap garis tengah tapak. Kondisi tersebut membuat Ban Grader unggul dalam urusan kapasitas angkut beban. Jumlah lapisan seragam membuat ban mampu menopang bobot kendaraan, baik di dinding samping maupun permukaan tapak. Itulah mengapa ban bias bisa diandalkan saat mengangkut beban berat.

Tiap unit grader dapat memakai jenis ban berbeda tergantung pemakaiannya. Secara umum, berikut beberapa macam-macam Ban Grader yang ditemui di pasaran.

Ban Grip

Dengan fitur desain pola kembang terarah, ban ini dapat melakukan self-cleaning ketika dipakai. Pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan ban berdaya apung dan memiliki traksi luar biasa saat berjibaku dengan tanah lunak maupun berlumpur.

Ban Road Builder

Cari ban anti selip dan punya traksi baik? Jenis road builder boleh jadi tepat untuk itu. Dirancang khusus untuk grader yang memakai perata dengan pelek 5 degree bead taper. 

Ban Rock Grip

Mengandalkan pola kembang lebar yang memberi stabilitas tambahan untuk memberi traksi dan daya apung lebih baik. Terbuat dari lapisan karet yang dirancang tahan aus, ban ini mampu bekerja pada permukaan keras seperti dermaga dan sekitar rel.

Ban Deep Tread Road Builder

Ban ini dirancang khusus untuk alat berat yang bertugas meratakan bebatuan. Mengusung pola kembang non-directional, ban mampu membersihkan sendiri sekaligus menghadirkan traksi off-road ekstra.

Ban Loader Dozer

Memiliki desain tapak non-directional yang bisa diandalkan untuk tugas berat. Traksi dan ketahanannya tergolong luar biasa sehingga bisa tahan terhadap pemotongan dan panas saat alat berat meratakan tanah.

Tips Memilih Ban Grader

Ban Grader harus berkualitas bagus supaya bisa memberi tenaga dorong maksimal pada alat berat. Maka, pemilihan Ban Grader yang tepat patut jadi perhatian Anda. Beberapa tips berikut bisa dicoba.

Selalu Cek dan Teliti Dulu Spesifikasi Ban

Ingat bahwa ukuran dan varian velg ban beragam. Begitu juga dengan kebutuhan motor grader yang Anda miliki. Pastikan Anda sudah mengecek dan meneliti lebih dulu spesifikasi ban seperti apa yang dibutuhkan. Beberapa poin penting di bawah ini akan membantu pemilihan Ban Grader yang tepat.

Lakukan Pengujian Kualitas Ban

Anda bisa menilainya dari pola kembang di permukaan ban. Pola menyilang adalah pola ideal Ban Grader. Arah lekukan berhadapan memungkinkan udara dalam ban terdistribusi merata. 

Ban bercorak silang juga mampu memecah air saat kendaraan melintasi jalan aspal yang masih basah. Kemampuan mengerem juga cukup mumpuni sehingga Anda tetap aman saat mengendarai grader

Selektif Pilih Penjual Ban Grader

Banyak penjual atau supplier Ban Grader di Indonesia. Supaya tidak salah pilih, pertimbangkan tiga faktor berikut saat menentukan mana supplier andalan Anda.

Buat Perbandingan Harga

Usai menemukan beberapa kandidat supplier terbaik versi Anda, coba buat perbandingan harga Ban Grader satu sama lain. Cek juga apakah mereka sedang membuka promo atau penawaran tertentu. Jangan lupa bandingkan spesifikasi produk, harga, dan kondisi sebenarnya. 

Tips Perawatan Ban Grader

Ketika Ban Grader sudah di tangan, langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana merawat Ban Grader. Pemakaian tanpa pemeliharaan rutin akan berdampak pada kinerja alat berat. Deretan tips di bawah ini bisa jadi panduan Anda memelihara Ban Grader agar tetap bekerja dengan baik.

Rutin Cek Tekanan Udara

Tekanan udara berperan penting dalam menjaga pergerakan ban. Pastikan Anda mengisi tekanan udara sesuai saran pabrik. Segera lakukan pengisian tekanan udara jika kondisi ban tampak kurang prima, seperti terlihat kempes atau tidak berputar maksimal.

Atur Muatan Barang Sesuai Standar

Alat berat bisa tetap bekerja baik jika Anda pandai mengatur muatan barang. Ketika alat mengangkut muatan berlebih, otomatis kendaraan tidak bisa melaju cepat. Dalam situasi demikian, sebaiknya operasikan alat berat dalam kecepatan rendah. Jadi, kendaraan tetap bisa melaju seimbang guna menuntaskan pekerjaan.

Jaga Kecepatan di Bawah Kecepatan Maksimal

Operator alat berat harus menjaga stabilitas alat berat ketika mengemudikannya. Pastikan kecepatan maksimal grader tidak melebihi 40 kilometer per jam. Di atas itu, ada kemungkinan ban terpaksa bekerja berlebihan karena dipacu untuk bergerak melebihi standar.

Cek Kondisi Pola Kembang Ban Secara Rutin

Lakukan pengecekan tread pattern atau pola kembang ban sekaligus membersihkan ban secara rutin. Jika ada bagian aus atau sobek, tentu bisa segera dideteksi dan diperbaiki. 

Periksa Kondisi Jalan Sebelum Mengoperasikan Grader

Memang langkah ini tidak selalu mudah dilakukan. Apalagi, jika area pembangunan masih belum usai digarap sepenuhnya. Namun, tetap cek kondisi jalan sekitar area konstruksi. Hal tersebut akan mempermudah laju grader sekaligus memaksimalkan kinerjanya sesuai kebutuhan Anda di lapangan. 

Exit mobile version