Sering disebut vibratory roller/vibrating roller, roller-compactor, atau compactor vibro, ban ini lazim dipakai kendaraan alat berat jenis compactor. Fungsinya tak lain untuk memadatkan tanah, kerikil, beton, hingga aspal saat pembuatan pondasi dan pembangunan jalan. Sektor pertanian dan tempat pembuangan akhir juga kerap memakai ban ini.

Pola kembang wajik atau jajar genjang menjadi ciri khas Ban Vibro sehingga tidak menggaruk atau merusak tanah. Pola tersebut memungkinkan ban bergerak dengan mudah di area pembangunan yang berbatu, tanah maupun lahan yang tidak rata, serta konstruksi jalan. Namun, beberapa area pembangunan justru membutuhkan ban polos alias ban gundul atau ban slick. 

Cara kerja compactor terbilang cukup menarik. Anda harus memulainya dari jalur tepi terendah karena material hasil gilasan cenderung bergeser ke tepi bawah. Memadatkan dulu bagian bawah akan menahan pergeseran material. Saat berpindah jalur, lakukan sewaktu roller berjalan maju. Rata-rata dibutuhkan 8 lintasan atau pass untuk memperoleh permukaan jalanan dengan kepadatan yang diinginkan.

Indo Autozone merupakan perusahaan distributor Ban Vibro di Jakarta. Hubungi: 0877 8805 5651.

Table Of Contents

Daftar Harga Ban Vibro 2020

Berikut daftar harga serta jenis dan ukuran Ban Vibro yang dimiliki Indo Autozone. Jika berniat membeli ban untuk vibratory roller Anda, berikut daftar lengkap harga eceran tertinggi (belum termasuk diskon) dalam rupiah.

Jenis dan UkuranHarga
Ban Luar Vibro JTD 23.1-26/12PR (Tubeless)Rp 10.500.000
Ban Luar Vibro Maxima 23.1-26/12PR (Tubeless)Rp 11.000.000 
Ban Luar Vibro Advance 23.1-26/12PR (Tubeless)Rp 11.000.000 
Ban Luar Vibro BKT 23.1-26/12PR (Tubeless)Rp 14.000.000 
Ban Luar Vibro Armour 23.1-26/12PR (Termasuk Dalam)Rp 12.000.000

Mau Diskon Khusus Ban Vibro?

Harga ban di atas belum termasuk diskon khusus dari Indo Autozone. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan diskon dan informasi produk terbaru kami. Juga tersedia ukuran Ban Vibro lainnya (selain yang disebutkan di atas) dengan berbagai macam merk.

Macam-macam Ban Vibro

Jenis ban adalah salah satu komponen penting dalam pemakaian compactor. Memahami karakteristik Ban Vibro sebagai penggerak alat berat jadi hal penting. Pasalnya, pemakaian ban yang tepat akan mendukung kelancaran proses pembangunan yang tengah berlangsung. 

Kendaraan alat berat compactor memang hadir dalam berbagai tipe tergantung pekerjaan konstruksi. Jika Anda butuh alat untuk memadatkan tanah, maka jatuhkan pilihan pada drum roller atau sheep foot roller. Sementara itu, untuk memadatkan pengaspalan, lebih baik pakai drum roller, tire roller, atau road roller. 

Kali ini Anda akan menyimak jenis Ban Vibro menurut bentuk permukaan roda. Tergolong alat penggilas khusus, vibrating roller mengandalkan getaran guna memaksimalkan usaha pemadatan tanah. Ada dua jenis permukaan ban yang dipakai.

Ban Slick

Ban tanpa pola alias ban gundul ini dirancang khusus untuk roller. Bahan karet yang dipakai mampu memberi ketahanan ekstra terhadap bahan kimia dengan kandungan minyak tinggi seperti batubara. 

Senyawa khusus tersebut memungkinkan ban sanggup menahan panas sehingga material jalan yang dilintasi tidak serta merta melekat pada permukaan ban. Hasil kinerja yang ditampilkan tampak seragam. Anda pun akan memperoleh permukaan yang rata di segala sisi. 

Ban Vibro Berpola

Penggunaan Ban Vibro ini hampir serupa dengan roller roda halus seperti drum ganda dan tunggal. Perbedaan utama ada pada komponen getar khusus yang dibenamkan dalam road roller. Komponen itu akan bergetar ketika roller bekerja memadat dan meratakan suatu permukaan.

Pada dasarnya, tanah, beton, dan aspal memiliki ruang kosong alami. Ketika tidak dipadatkan, permukaan tersebut bisa melengkung dan tenggelam sehingga struktur bangunan di atasnya mungkin mengalami kerusakan. Pemakaian Ban Vibro akan menekan risiko tersebut. Selain itu, bebatuan kasar maupun kerikil juga bisa diratakan dengan Ban Vibro

Tips Memilih Ban Vibro

Memastikan Ban Vibro pilihan berkualitas bagus itu penting supaya bisa mendukung kinerja road roller. Anda bisa mengawalinya dengan memilih mana Ban Vibro paling tepat sesuai kebutuhan. Coba lakukan tips simpel berikut.

Pahami Dulu Tipe dan Skala Proyek yang Dikerjakan

Beda tipe dan skala proyek, beda pula kebutuhan Anda akan Ban Vibro serta alat berat yang digunakan. Sebagai contoh, jika Anda ingin meratakan dan memadatkan tanah dengan kedalaman tertentu, memakai roller dengan pola kembang tertentu jadi solusi. Sementara itu, untuk pengerjaan pondasi, pemadatan tanah dan kerikil, Anda bisa memakai vibrating roller. 

Teliti Dulu Spesifikasi Ban

Setiap ukuran ban punya kinerja berbeda. Anda juga perlu memperhitungkan luas bidang pengerjaan guna memperoleh ukuran ban yang tepat. Maka, meneliti lebih dulu seperti apa spesifikasi ban yang dibutuhkan jadi tips berikut yang patut diperhatikan. Kriteria di bawah ini dapat jadi acuan.

  • Ukuran ban
  • Kecepatan dan kapasitas ban
  • Kondisi permukaan yang akan dikerjakan

Cek Uji Kualitas Ban

Salah satunya dengan menilai pola kembang permukaan ban. Untuk Ban Vibro, pola wajik atau jajar genjang jadi pilihan terbaik. Efek getaran yang dihasilkan mampu memadatkan tanah secara efisien berkat kehadiran gaya dinamis terhadap tanah. Butiran tanah bisa mengisi bagian kosong pada permukaan. 

Pastikan pola kembang masih terlihat mulus, ketebalan merata, dan tidak ada bagian yang cacat. Ada sedikit bagian yang kurang sempurna dapat berpengaruh pada hasil kerja Anda nantinya.

Hati-hati Saat Pilih Supplier

Dari sekian banyak supplier, Anda harus berhati-hati dalam memilih kepada siapa akan membeli Ban Vibro. Agar tidak salah pilih, tiga faktor ini bisa jadi pertimbangan.

  • Kualitas produk yang disediakan
    Apakah mereka menawarkan berbagai merek ternama dan terjamin keasliannya (bukan rekondisi). Jika supplier menyediakan merek baru, cek juga bagaimana kualitas barangnya apakah cukup sepadan dengan harga yang tertera.
  • Kuantitas produk yang diperjualbelikan
    Bukan hanya kualitas, pertimbangkan juga keberadaan stok barang supplier. Status barang ready stock akan lebih menguntungkan Anda karena tidak perlu menunggu barang dipesan ke produsen dahulu. 
  • Kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman
    Pekerjaan konstruksi tentu punya tenggat waktu tersendiri. Apabila supplier bisa mengirim barang cepat dan tepat, pekerjaan Anda pasti akan terbantu dan bisa diselesaikan segera.

Bandingkan Harga Beberapa Supplier

Hal terpenting adalah membuat perbandingan harga Ban Vibro dari beberapa supplier. Coba kontak langsung pihak supplier apakah punya penawaran atau promo khusus. Plus, cek sekali lagi spesifikasi produk, harga, dan biaya pengiriman.

Tips Perawatan Ban Vibro

Pemakaian tanpa perawatan rutin bisa berpengaruh pada kinerja kendaraan berat. Lakukan tips berikut supaya Ban Vibro tetap bisa bekerja maksimal.

Cek Tekanan Udara Ban Secara Berkala

Pergerakan ban bisa terjaga jika tekanan udara dalam ban optimal. Mengisi tekanan udara sesuai saran produsen jadi poin utama. Ketika ban tampak tidak berputar maksimal atau kempes, segera cek tekanan udaranya.

Kendarai Alat Berat di Bawah Kecepatan Maksimal

Guna memastikan permukaan tanah rata dan padat sampai ke dalam, operator alat berat juga harus menjaga kecepatan mengemudi. Kecepatan rata-rata road roller berbeda-beda tergantung jenis compactor yang dipakai. Contoh, pneumatic tired roller dengan penggerak sendiri punya kecepatan 11 km/jam. 

Periksa Kondisi Pola Kembang Ban Secara Rutin

Memeriksa pola kembang ban secara rutin dapat dilakukan sembari membersihkan seluruh bagian. Ini untuk antisipasi jika ada bagian ban yang tergores, terkelupas, atau justru ada penumpukan material. 

Gunakan Sesuai Kapasitas Produksi Compactor

Cara kerja compactor bisa diketahui dengan memperhitungkan luas permukaan lapisan yang ingin dipadatkan, lebar efektif roller, kecepatan compactor, kondisi medan kerja dan manajemen, serta jumlah lintasan (pass) yang dibutuhkan sampai terbentuk kemampatan yang diinginkan. 

Dengan mengetahui produktivitas compactor, Anda bisa memperkirakan berapa lama Ban Vibro harus bertugas setiap harinya. Jadi, kondisi ban tetap terjaga karena dipakai dalam rentang waktu terukur.