Ban akan bekerja maksimal jika seluruh komponennya telah lengkap, terutama velg. Terlebih, Ban Grader punya tugas penting dalam meratakan dan menghaluskan permukaan tanah lokasi konstruksi. Tanpa Ban Grader, permukaan tanah tidak bisa merata di seluruh bagian. Ini akan berdampak pada pelapisan aspal nantinya.

Agar ban mampu bergerak stabil dan memberi traksi tinggi, butuh Velg Grader yang berkualitas. Selain membantu mesin grader mendorong maksimal, velg bermutu juga dapat membuat ban punya daya cengkram lebih baik sehingga ban bisa bekerja di tanah lunak maupun berlumpur.

Indo Autozone merupakan perusahaan distributor Velg Grader di Jakarta. Hubungi: 0877 8805 5651.

Daftar Harga Velg Grader 2020

Berikut daftar harga serta ukuran Velg Grader yang dimiliki Indo Autozone. Jika berniat membeli velg untuk grader Anda, berikut daftar lengkap harga eceran tertinggi (belum termasuk diskon) dalam rupiah. 

UkuranHarga
Velg Grader (Tire Size: 13.00-24)Rp 8.000.000
Velg Grader (Tire Size: 14.00-24)Rp 9.000.000 
Velg Grader (Tire Size: 15.5-25)Rp 10.000.000 
Velg Grader (Tire Size: 17.5-25)Rp 10.500.000 

Mau Diskon Khusus Velg Grader?

Harga ban di atas belum termasuk diskon khusus dari Indo Autozone. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan diskon dan informasi produk terbaru kami. Juga tersedia ukuran Velg Grader lainnya (selain yang disebutkan di atas) dengan berbagai macam merk.

Macam-macam Velg Grader

Secara umum velg terdiri atas dasar pelek (rim base), dua cincin samping (flanges), pita pengaman (bead seat band), dan cincin kunci (lock ring). Ketika Anda menjumpai velg berukuran lebih kecil, beberapa komponen bisa disambung. Sementara itu, pada ban tubeless, O-ring juga dapat digunakan.

Perlu diingat, ban akan berfungsi maksimal jika dipasang velg berukuran tepat. Khusus ban off-the-road seperti yang digunakan dalam grader, ada empat tipe dasar velg seperti dijelaskan di bawah ini.

Flat Base

Seperti namanya, velg alas datar ini muat di semua base velg sepanjang memiliki lebar dan diameter serupa. Umumnya flat base dipakai pada ban off-the-road yang memiliki diameter relatif kecil.  

Full Tapered Bead Seat 

Mayoritas kendaraan alat berat beroda besar menggunakan velg jenis ini. Ciri khas velg adalah taper berukuran 5 derajat di bagian bead seat yang memperkuat posisi velg saat dipasangkan pada ban. Kemudian, ada alur halus (knurling) yang melapisi permukaan bead sehingga tidak licin. 

Jika diperhatikan, velg flat base cenderung longgar dan sedikit selip ketika kendaraan beroda besar berakselerasi dengan cepat. Maka, hampir semua velg dengan diameter di atas 25 inci tergolong velg jenis ini. Umumnya, produsen juga menyediakan variasi wide base sesuai ukuran ban.

Semi-drop Center (SDC)

Velg ini memiliki bead seat dengan kemiringan 5 derajat terhadap titik pusat velg. Bagian tengahnya agak tertekan masuk ke dalam. Kebanyakan velg SDC digunakan untuk ban off-the-road berdiameter 20 inci atau 24 inci. Biasa digunakan pada grader dan loader, Anda dapat menemukan tanda pada dinding samping ban bertuliskan “for SDC rims”.

Drop Center Rims (DC)

Velg ini juga memiliki bead seat dengan kemiringan 5 derajat, tetapi bagian tengahnya lebih masuk ke dalam ketimbang SDC. Hal tersebut berguna agar pemasangan ban mudah dilakukan. Rata-rata loader kecil memakai velg DC dibandingkan velg lainnya. 

Selain empat tipe velg dasar tadi, tersedia pula O-ring, yaitu velg yang biasa dipakai untuk ban tubeless. Kerap disebut sebagai gasket atau segel ring, bentuk O-ring berupa segel kedap udara di antara bagian velg yang terpisah. Sekalipun diameter velg sama, ukuran O-ring bisa jadi berbeda tergantung jenis velg yang dipakai.

Tips Memilih Velg Grader

Seperti telah disebutkan di atas, pemilihan Velg Grader tepat akan mendukung kinerja Ban Grader secara maksimal. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips pemilihan velg berikut ini. 

Teliti Ukuran Ban dan Velg

Ukuran memainkan peranan penting dalam penentuan velg yang pas. Anda tentu tidak ingin salah membeli velg. Jika tidak fit, ban tidak bisa bekerja sempurna. Bahkan, ban bisa jadi tidak mampu menanggung muatan maksimal. 

Jauh lebih baik jika Anda memilih velg sesuai standar ban yang dirilis pabrikan. Ketika Anda ingin memakai velg lain yang tidak khusus diperuntukkan bagi ban bawaan grader, konsultasi dengan supplier ban adalah langkah paling bijak.

Jangan lupa pakai velg dengan ukuran, tipe, dan struktur serupa untuk satu unit grader. Kecuali jika pabrikan grader memungkinkan Anda memakai jenis ban dan velg berbeda untuk tiap sumbu. 

Artinya, Anda harus memasang velg dengan ukuran serupa pada ban berporos sama. Ini penting mengingat perbedaan ukuran dapat berpengaruh pada kinerja ban. Jika tidak cermat memilih velg, salah-salah menyebabkan kecelakaan.

Uji Kualitas Velg Secara Menyeluruh

Apalagi jika Anda berencana membeli velg bekas. Teliti seluruh bagian tanpa terkecuali. Periksa apakah ada bagian aus, cacat, maupun tergores dalam. Pastikan juga spesifikasi velg itu sesuai dengan ban yang dimiliki. 

Cermat Memilih Supplier Velg Grader

Ada banyak penjual atau supplier velg yang menawarkan barang serupa. Beberapa faktor berikut bisa jadi pertimbangan supaya Anda tidak salah pilih supplier. 

  • Kualitas produk yang ditawarkan. Jika produk baru, apakah produk itu asli. Begitu juga jika menyediakan velg bekas, bagaimana kondisi sebenarnya, masih layak jual dan layak pakai atau tidak.
  • Ketersediaan produk. Memilih supplier dengan barang yang siap beli alias ready stock tentu lebih menguntungkan. Kalau memang harus pesan lebih dulu, tanyakan berapa lama waktu pemesanan sampai barang siap dikirim.
  • Tempat penjualan produk, bisa berupa toko offline atau online. Apabila Anda berniat membeli secara online, cek tampilan web atau akun penjualan di marketplace, apakah cukup sering update stok barang. Perhatikan juga respons penjual, termasuk kemudahan mengakses informasi terkait detail barang yang dijual.
  • Ketepatan dan kecepatan pengiriman barang. Pekerjaan konstruksi tentu memiliki deadline yang ketat. Pastikan supplier mampu mengirim barang secara aman, tepat, dan cepat supaya pekerjaan Anda bisa diselesaikan sesuai tenggat waktu.

Bandingkan Harga dari Beberapa Supplier

Setelah menentukan kandidat supplier, buat perbandingan harga Velg Grader sesuai barang yang diincar. Tanyakan juga pada masing-masing supplier apakah sedang ada promo atau penawaran khusus. Hal ini tentu bisa membantu Anda mengalkulasikan bujet secara tepat.

Tips Perawatan Velg Grader

Deretan tips perawatan velg berikut akan membantu Anda menjaga kondisi velg tetap prima. 

Jaga Tekanan Udara Ban Secara Konstan

Sebab tekanan udara ban yang tidak tepat bisa menimbulkan bahaya. Pastikan katup pengatur kompresor udara pada ban diisi dengan jumlah tekanan yang dianjurkan. Jika tekanan ban kurang dari standar, velg terpaksa menanggung beban berlebih. Walhasil, umur velg tidak bakal bertahan lama. Hal kecil seperti ini berperan penting guna menjaga produktivitas alat berat, khususnya ban dan Velg Grader

Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Kondisi medan yang dilalui Ban Grader akan berpengaruh pada velg, baik permukaan basah maupun kering. Bersihkan bekas tanah, lumpur, atau aspal yang menempel pada velg agar komponen ini tetap awet hingga batas usia maksimal pemakaian.

Lumasi Velg Secara Berkala

Pergerakan velg tersambung secara intens dengan bagian ban lainnya. Pelumasan secara berkala bisa mengurangi risiko roda aus sebelum waktunya. Jadi, Ban Grader tetap bisa melakukan mobilitas dengan maksimal.

Cari Tahu Batas Penggunaan Maksimal

Pelajari manual yang disertakan saat pembelian velg, khususnya daya tahan dan rekomendasi jangka waktu pemakaian, serta standar penggunaan pada kondisi cuaca tertentu. Mempelajari batas penggunaan alat adalah bentuk antisipasi yang menekan risiko bahaya dan menjaga keselamatan operator.